Pengertian SEO untuk Pemula

Pengertian SEO atau search engine optimization adalah berbagai cara yang dilakukan agar halaman kita bisa muncul di halaman pertama google. Jadi, segala bentuk usaha Anda untuk tampil di halaman pertama google bisa dikatakan sebagai teknik SEO.

Saya rasa sekarang Anda telah memahami dengan jelas pengertian SEO.

Contoh SEO untuk halaman ini, saya menulis beberapa kali kata “pengertian SEO” sehingga halaman ini bisa keluar di halaman pertama google ketika Anda mengetik “pengertian SEO“. Itu disebut kata kunci.

Untuk memaksimalkan kata kunci, Anda harus mengulanginya beberapa kali. Perlu diingat, jangan memasukan terlalu banyak kata kunci dalam artikel atau SEO tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya, artikel berikut akan membantu Andaberapa jumlah keyword density dalam artikel“.

Pengertian SEO Lebih Mendalam

Seiring berjalannya waktu, perkembangan SEO telah sampai pada titik yang mencegangkan. Anda tidak akan memahami pengertian SEO secara mendalam jika Anda tidak mempraktikannya.

Menurut pengalaman saya selama 8 bulan ngeblog ini, pengertian SEO bukanlah cara-cara agar tampil di halaman pertama google. Saya mendefinisikan pengertian SEO dengan berbeda. Jadi menurut saya:

Pengertian SEO adalah menciptakan konten berkualitas dan kemudian mengoptimalkan konten tersebut agar tampil di halaman pertama google sehingga mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Ya… Menciptakan konten berkualitas. Itu intinya.

Salah satu yang membuat saya gregetan adalah ketika menemukan blogger pemula yang menerapkan ilmu SEO padahal ia tidak memiliki konten berkualitas.

Itu adalah sebuah kesalahan SEO yang seharusnya tidak Anda lakukan.

Bayangkan, konten yang minim informasi berada di halaman google? Sebaik apapun ilmu SEO Anda, konten tersebut tidak akan pernah berada di sana. Kecuali karena faktor keberuntungan.

Selama ini saya cukup berpengalaman dalam bidang SEO. Nasihat saya, perbaiki kualitas konten Anda sebelum terjun di dunia SEO. Dan Anda akan melihat banyak faktor yang memudahkan Anda untuk berada di halaman pertama google.

Mengapa Harus Menciptakan Konten Berkualitas sebelum Terjun di Dunia SEO?

Ada kutipan yang selalu mendorong saya untuk mencari satu-satunya cara membuat konten berkualitas. Anda tahu apa kutipan itu? Ya… Anda benar. Jargon yang selalu dipakai oleh setiap blogger yang Anda temui. Konten adalah raja.

Terlihat membosankan bukan? Setiap artikel yang Anda temui selalu mengatakan hal itu berulang kali. Tetapi apa yang Anda temui adalah sering melihat konten-konten tidak berkualitas. Ironis bukan?

Jangan melihat sisi negatifnya. Lihat sisi positifnya. Ini adalah peluang emas yang harus benar-benar Anda manfaatkan.

Sebelum kita membahas lebih jauh, saya ingin kita memiliki pandangan yang sama tentang pengertian konten berkualitas. Konten berkualitas biasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Menyelesaikan suatu permasalahan. Konten berkualitas adalah konten yang mampu menyelesaikan permasalahan seseorang. Biasanya merupakan artikel berupa tips atau cara-cara.

Selain itu, biasanya artikel yang membahas pengertian sesuatu juga merupakan konten yang banyak dicari. Misalkan artikel sederhana apa itu blogwalking? Yang senantiasa mendapatkan pengunjung. Artikel tersebut beruntung berada di halaman pertama google sehingga mampu menjawab pertanyaan blogger pemula. Meskipun singkat tetapi cukup untuk menjelaskan apa itu blogwalking?.

2. Bahasa Indonesia yang baku. Artikel yang menggunakan bahasa alay cenderung tidak disukai google karena kebanyakan pengguna google selalu menggunakan bahasa indonesia.

Bahasa indonesia yang baik dan benar akan memudahkan google mengindeks konten Anda sehingga apabila konten Anda relevan, google akan menempatkannya di urutan pertama mesin pencari.

3. Artikel yang dirujuk website lain. Berapa banyak artikel Anda yang menjadi rujukan bagi website lain?

Salah satu artikel saya yang menjadi rujukan website lain adalah 18 Kesalahan SEO yang Mungkin Anda Lakukan. Sangat mudah untuk tampil di halaman pertama google karena mendapatkan backlink dari situs lain.

Jika ada artikel Anda yang menjadi rujukan, maka artikel tersebut bisa dikategorikan artikel berkualitas. Meskipun ada sebagian artikel yang tidak berkualitas menjadi rujukan karena faktor keberuntungan.

4. Artikel penuh informasi dan mudah dipahami. Konten jenis ini singkat namun berisi. Biasanya merupakan artikel berbentuk daftar. Contohnya adalah 10 kesalahan blogger pemula yang wajib Anda waspadai.

Jadi, kita sekarang sudah mengetahui apa itu konten berkualitas. Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa harus konten berkualitas ?

* Karena memudahkan kita mengoptimalkannya untuk mesin pencari.

* Karena google menyukai kualitas dibanding dengan kuantitas.

* Karena tujuan SEO yang sebenarnya adalah mengarahkan pengunjung untuk menemukan konten berkualitas.

Jenis-Jenis SEO

Agar pemahaman Anda lebih dalam, sekalian saja saya tuliskan jenis-jenis SEO.

Ini pelajaran mudah. Saya yakin Anda akan langsung memahaminya begitu selesai membaca. SEO dibagi menjadi dua, yakni SEO onpage dan SEO offpage. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti SEO pada halaman dan SEO diluar halaman.
Berikut penjelasannya:

Pengertian SEO onpage dan Tekniknya

Pengertian SEO onpage adalah segala bentuk usaha untuk memanipulasi suatu halaman agar bisa tampil di halaman pertama google.

Saya akan mencontohkan dengan jelas bagaimana kita memiliki keleluasaan yang bisa mengubah hasil pencarian google. Berikut teknik-,teknik SEO onpage pada halaman ini.

1. Url yang singkat. Anda ingin url yang singkat namun kaya kata kunci? Hindari url seperti shiq4.wordpress.com/p=123 atau shiq4.wordpress.com/pengertian-SEO-untuk-blogger-pemula-dijamin-berhasil.

Gunakan url sewajarnya. Seperti shiq4.wordpress.com/pengertian-SEO/.

Tips: kata kunci pada url menjadi semakin tidak penting sejak google meluncurkan hummingbird. Tapi mereka masih mencetak tebal url yang memiliki kata kunci pada hasil pencarian.

2. Mulai title tag dengan kata kunci. Anda tidak perlu memahami banyak kode untuk mengoptimalkan title tag. Secara default, title tag otomatis mengikuti judul artikel. Usahakan untuk menaruh kata kunci pada awal judul. Jangan ditaruh di tengah atau di akhir judul.

* Pengertian SEO untuk pemula

* Memahami pengertian SEO

* Belajar Pengertian SEO yang mudah dipahami.

Judul yang nomer satu adalah yang terbaik jika kata kunci yang digunakan adalah “pengertian SEO”.

Tips: title tag adalah bagian terpenting dalam SEO onpage. Pastikan kata kunci Anda berada di awal kalimat.

3. Gunakan multimedia. Dengan menambahkan multimedia seperti gambar, video, dan diagram bisa membuat bounce rate Anda tinggi.

Mengapa saya tidak menambahkan multimedia pada setiap postingan? Karena situs ini merupakan situs subdomain pada wordpress. Menambahkan multimedia bisa membuat loading lebih lama. Sesuatu yang saya hindari agar situs ini tidak lelet.

Tips: jangan lupa untuk meletakkan kata kunci pada judul atau keterangan multimedia.

4. Gunakan outbound links. Yang dimaksud dengan outbound link adalah link keluar menuju website lain.

Ini sangat mudah. White hat SEO yang bisa mendatangkan traffic jika dilakukan dengan benar. Memberi link keluar memberi sinyal pada google bahwa halaman kita relevan dengan topik tertentu. Sesuatu yang baik untuk SEO.

Tips: jangan pelit untuk memberi link keluar agar website Anda mendapatkan nilai lebih di mata google.

5. Letakkan kata kunci pada awal paragraf pertama. Kata kunci Anda harus muncul pada 100-150 kata awal setiap artikel. Semakin awal, maka hasilnya akan semakin baik.

Tips: lakukan secara alami. Jangan terlalu banyak basa-basi. Kebanyakan penulis terlalu banyak berbasa-basi untuk bisa meletakkan kata kunci pada paragraf pertama.

6. Gunakan H1 tags pada judul. Jika Anda pengguna wordpress.com, Anda tidak perlu khawatir karena semua theme di setting secara otomatis untuk memberi h1 pada judul.

Hanya saja terkadang ada themes yang terlalu banyak menggunakan h1. Hindari hal tersebut.

Tips: H1 hanya boleh dipakai satu kali dalam satu artikel. Hati-hati menggunakannya.

7. Berhubungan dengan kecepatan loading situs. Gunakan cache pada setiap situs Anda. Kecepatan situs bisa mempengaruhi hasil pencarian. Beberapa tips untuk mempercepat situs Anda:

* 10 Tips mempercepat loading halaman

* Best Practices for Speeding Up Your
Web Site

Tips: Jangan gunakan terlalu banyak gambar jika Anda ngeblog dengan penyedia blog gratisan. Jika Anda memiliki self-hosting, maka ini bukanlah masalah besar karena sangat mudah untuk mempercepat loading halaman situs berbayar.

8. Tambahkan modifikasi untuk judul Anda. Dengan menambahkan kata seperti “terbaik”, “2015”, atau “untuk pemula” akan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan.

Tips : Anda harus kreatif memilih kata yang tepat untuk judul Anda.

9. Tulis artikel panjang. Studi membuktikan bahwa konten-konten yang panjang biasanya mampu menempati halaman pertama google.

Berapa panjang? Kalau menurut saya konten panjang adalah konten yang terdiri dari 800 kata atau lebih. Semakin panjang konten Anda, maka hasilnya semakin baik.

Tips: bukan berarti konten yang pendek tidak SEO. Bijaksanalah. Konten panjang bisa menjaring banyak kata kunci yang panjang.

10. Tingkatkan Time on Site . Time On Site adalah berapa lama orang membaca artikel kita sebelum menekan tombol exit. Itulah mengapa artikel harus berkualitas.

Alasannya, agar pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

Tips: jangan menggunakan ilmu SEO untuk konten-konten pendek atau curhatan-curhatan yang tidak jelas karena terlalu sulit. Bahkan kemungkinan gagalnya besar.

Pilihlah konten-konten berkualitas dan panjang untuk dioptimalkan.

11. Gunakan LSI. Pengertian LSI keyword adalah (Latent Semantic Indexing) artinya kata kunci turunan yang memiliki relasi dengan kata kunci yang kita bidik.

Tips: saya tidak begitu paham dengan LSI. Bagi saya cukup menulis artikel panjang, maka semuanya akan berjalan secara otomatis.

Anda bisa membaca informasinya di “Apa Itu LSI dan LSI Keyword

Pengertian SEO offpage dan tekniknya

Pengertian SEO offpage adalah usaha-usaha kita mengoptimalkan halaman dari luar situs . Intinya mencari backlink berkualitas. Beberapa teknik SEO offpage:

1. Blogwalking secara teratur. Silakan baca apa itu blogwalking? sehingga Anda memiliki pemahaman yang jelas dan mampu menerapkannya secara efektif.

Tips: Untuk bisa blogwalking secara efektif, Anda harus mematuhi beberapa aturan yang disebut etika berkomentar yang baik.

2. Melalui situs bookmarking. Saya sudah pernah mengulas bahwa link yang berasal dari situs social bookmarking tergolong link yang buruk. Anda bisa membaca detailnya dalam artikel 20 kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai.

Tapi tidak semua situs bookmarking adalah situs yang buruk. Anda boleh mencari dan memilah situs bookmarking mana yang berkualitas baik. Usahakan situs bookmarking Anda adalah situs bookmarking yang banyak direkomendasikan blogger indonesia.

3. Melalui forum. Anda juga bisa mendapatkan link dari forum-forum yang aktif membahas tentang blogging. Saran saya, untuk pemula lebih baik aktif di forum kompas.

Ikutlah aktif dalam diskusi. Jika Anda sudah lumayan terkenal, maka buatlah bahasan tersendiri yang memuat link blog Anda. Ingat, jangan nyepam.

4. Melalui artikel directori. Sama seperti halnya situs social bookmarking, kebanyakan situs directori tidak banyak membantu untuk mempopulerkan suatu blog.

Kebanyakan ditandai sebagai situs link spam oleh google. Jangan sembarangan menggunakan artikel direktori atau situs Anda akan dicap buruk pula oleh google.

Carilah situs direktori yang melakukan filter terhadap situs-situs yang mendaftar. Memang sulit, tapi tidak ada pilihan lain karena itulah situs direktori yang bagus.

5. Membuat blog dummies. Blog dummies adalah blog yang tidak serius dikelola. Hanya berisi beberapa artikel yang tidak penting. Tapi ini sangat cocok bagi blogger pemula sebagai tempat menanam backlink.

Hanya butuh beberapa menit dan Anda akan mendapatkan sebuah link. Semakin baik blog dummies Anda, semakin baik pula nilai link dimata mesin pencari.

Mungkin hanya itu saja yang perlu Anda ketahui tentang pengertian SEO. Artikel lain yang lebih mendalam akan saya bahas pada kesempatan lain. Semoga hari Anda menyenangkan.

Iklan

14 tanggapan untuk “Pengertian SEO untuk Pemula

  1. Kalo ngomong enak tapi buktikan dulu,terus terang saya percaya sih sama artikelnya tapi kalau sama blog ente saya ga percaya soalnya setelah saya liat ini artikel hasil Copaz dan Page Rank blog sampaen masih NOL alias N/A..jadi saya tidak percaya,beda kalau yang bikin artikel ini para mastah SEO seperti: Om Ricky Pratama,Om Reza Ilmi,Ahmad Khoirul Azmi,Icah Banjarmasin,Charlie M. Sianipar,Reja Aprianto,Rudi Nazar,Marixon..dll baru saya percaya.

    Suka

    1. Mohon maaf mas ini bukan artikel kopas. Klo ngomong ya mbok hati-hati. Memang saya masih newbie dan pr masih nol karena memang sekarang google sudah tidak update pr lagi. Tapi klo masalah SEO, beberapa artikel di blog ini selalu tampil di halaman pertama google. Monggo di cek dulu.

      Suka

    1. Nulis normal aja dulu mas desfortin. dulu saya melakukan kesalahan dengan sering memasukkan keyword. setelah belajar lebih lanjut, ternyata yang lebih menentukan adalah kualitas artikel itu sendiri. kalo bagus meskipun hanya sedikit kata kunci bisa masuk halaman satu Google.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s