20 Kebohongan SEO yang Mungkin Anda Percayai

Kebohongan-kebohongan SEO menjadi topik yang menyenangkan untuk dibahas. Terlebih dengan banyaknya artikel SEO yang ditulis oleh orang yang bukan ahli dibidang SEO. Apakah Anda mengikuti salah satu teori SEO yang tidak jelas?

Sangat banyak teori-teori SEO yang bisa Anda akses dengan mudah. Hanya segelintir yang benar, sisanya, hanyalah bentuk lain pembodohan publik. Sebuah kebohongan besar. Jika Anda salah memilih teknik SEO, maka itu adalah sesuatu yang buruk. Artikel 18 Kesalahan SEO yang Mungkin Anda Lakukan akan membantu Anda memahami SEO dengan baik.

Jadi, apa kebohongan SEO yang saya maksudkan? Berikut adalah kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai:

1. Saya Bisa Membuat Anda Tampil di Halaman Pertama Google

Tidak ada seorang pun yang mampu menjamin untuk tampil di halaman pertama google.

Jika Anda pernah berurusan dengan perusahaan jasa SEO yang mampu memberi garansi berada di halaman pertama google, maka itu adalah kebohongan SEO terbesar yang Anda dengar.

Google webmaster menyatakan dengan jelas bahwa Anda harus berhati-hati dengan perusahaan atau konsultan SEO yang menjanjikan mampu membawa konten Anda berada di pencarian teratas.

Tapi perusahaan SEO tersebut benar-benar membuat halaman saya berada di halaman pertama google dalam jangka waktu yang lama. Bagaimana menurut Anda?

Kalau begitu saya ucapkan selamat kepada Anda karena Anda beruntung menemukan jasa SEO yang demikian. Bagi saya, bersikap skeptis terhadap jasa SEO adalah tindakan tercerdas yang pernah saya lakukan.

2. Strategi SEO Sama Saja

Respon terbaik yang bisa saya katakan adalah apakah Anda memiliki pengalaman dalam industri SEO?

Meskipun saya hanya sedikit mengetahui tentang SEO, saya berani menjamin bahwa SEO benar-benar tidak sama.

Inti dari SEO hanya link-building, bukankah demikian?

Untuk seorang pemula, saya akan menjawab ya. Tapi untuk seorang profesional, saya akan menyatakan TIDAK.

SEO tidak sesederhana itu. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti branding produk, target pasar, atau social responsbility suatu perusahaan. Terlalu rumit untuk dituliskan dengan kata-kata.

Saran saya, temukan konsultan SEO yang benar-benar tahu tentang industri yang Anda jalankan. Mengeluarkan beberapa juta untuk hasil maksimal bukanlah ide yang buruk.

3. Duplicate Konten Tidak Apa-Apa

Tidak peduli sebaik apa pun tulisan Anda, jika itu duplikat konten, maka itu bukanlah sesuatu yang bagus.

Google sangat sensitif terhadap keorisinilan suatu artikel. Duplikat konten tidak dapat dimaklumi.

Saya pernah melihat seorang blogger menerbitkan artikel yang sama di dua situs secara bersamaan. Satu di blognya, dan satu lagi di kompasiana. Berhubungan dengan SEO, itu bukanlah sesuatu yang baik.

Lalu bagaimana jika artikel saya dikopas, bukankah akan menciptakan duplikat konten?

Ya, Anda benar. Salah satu ganguan SEO yang sampai sekarang masih menjadi masalah sebagian besar blogger adalah kegiatan kopas.

Menurut pengalaman saya, selama konten Anda menempati posisi yang lebih baik di halaman pertama google, itu bukanlah masalah besar.

Salah satu cara terbaik menghadapi orang yang kopas sejauh ini hanya dengan mengingatkannya untuku memberi link pada sumber artikel. Masalah selesai.

4. Semakin Banyak Link, Semakin Baik

Hanya beberapa tahun yang lalu seorang “ahli” SEO lebih banyak menggunakan taktic spam untuk mendapatkan link buat website client mereka. Kabar baiknya, google mengijinkannya. Meskipun tidak secara resmi google mengijinkan, google juga tidak memberi penalti bagi orang-orang yang menggunakan taktik spam link. Dan kenyataan paling menyedihkan adalah taktik itu benar-benar bekerja dengan sangat baik. Singkatnya, SEO hanyalah kontes mendapatkan backlink yang menuju website kita. Tidak lebih dari itu.

Sekarang, hal ini telah benar-benar berubah. Meskipun jumlah link masih menjadi salah satu faktor menempati halaman pertama google, tapi google telah berubah. Mereka, google, sekarang lebih memprioritaskan kualitas daripada kuantitas. Terlalu banyak link spam akan merusak reputasi website Anda, bahkan Anda bisa terkena penalti oleh google yang mana bukanlah sesuatu yang baik untuk website Anda.

5. Lebih Banyak Kata Kunci Semakin Baik

Beberapa tahun yang lalu kepadatan kata kunci menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan Anda untuk tampil di halaman pertama google. Tapi itu tidak akan banyak membantu Anda di masa sekarang ini.

Google tidak menyukai spam kata kunci. Tapi Anda harus tetap menyertakan kata kunci agar google menganggap bahwa halaman Andalah yang paling relevan dengan kata kunci.

Misalkan pada artikel ini, berapa kali Anda menemukan kata “kebohongan SEO”? Sangat jarang bukan? Tapi halaman ini mampu tampil dihalaman pertama google untuk kata kunci “kebohongan SEO” tahukah Anda rahasianya?

Sebaiknya kata kunci disebutkan setiap 100 kata. Jika panjang artikel Anda 800 kata, maka kepadatan kata kunci yang ideal adalah menyebutkannya sebanyak 8 kali. Mudah bukan?

Jangan menyebutkan kata kunci lebih dari itu karena tidak akan baik untuk Anda.

6. Saya Akan Mendaftarkan Situs Anda ke Ratusan Direktori Mesin Pencari

Dan Anda akan menghabiskan waktu dengan sia-sia. Google tidak terlalu menyukai link yang berasal dari direktori tertentu. Dalam hal ini, tidak semua direktori buruk. Ada beberapa direktori yang berkualitas dan layak untuk Anda coba.

Tetapi Anda harus ingat, terlalu banyak link yang tidak alami akan membuat situs Anda terkena penalti oleh google. Nasihat saya, bijaksanalah memilih direktori.

Terkadang, mendaftarkan situs kita ke direktori hanya membuang-buang waktu. Daripada sibuk mendaftar dengan hasil yang kurang jelas, lebih baik Anda berlatih untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda.

7. Teknik Saya Terlalu Rumit Untuk Dijelaskan

Anda mungkin tidak terlalu pintar, tapi Anda cukup pandai untuk memahami bagaimana cara kerja orang yang Anda bayar untuk keperluan SEO. Sejujurnya, itu tidaklah rumit.

SEO yang baik hanya berkutat pada 3 hal utama yakni konten, link, dan sosial media. Setiap hal bukanlah hal rumit untuk dijelaskan. Yang terpenting adalah memiliki sumber daya yang cukup untuk menjalankan masing-masing dari konten, link, dan sosial media.

Berhati-hatilah dengan jasa SEO yang tidak mau menjelaskan bagaimana mereka bekerja. Black Hat SEO bukanlah hal yang bagus untuk website Anda. Bertanyalah dengan gamblang pada setiap jasa SEO yang Anda gunakan sehingga Anda tahu persis apa yang Anda implementasikan pada website Anda.

Jasa SEO yang tidak menjelaskan bagaimana cara kerja mereka adalah jasa SEO yang meragukan. Sebaiknya Anda jangan terlalu percaya.

8. Anda Tidak Perlu Khawatir Dengan Perkembangan Algoritma Google

Faktanya, kita semua perlu untuk memperdulikan perkembangan algoritma google jika Anda ingin tetap bertahan di dunia SEO.

Algoritma google adalah sesuatu yang cukup rumit. Dengan mengetahui bagaimana Algoritma google bekerja, Anda akan semakin mudah memenangkan kompetisi di hasil pencarian google melawan musuh Anda. Jadi, buka telinga lebar-lebar untuk terus mengetahui perkembangan algoritma google.

9. Ada Baiknya Membiarkan Situs Otoritas Menerbitkan Ulang Konten Anda

Biasanya, ketika situs otoritas yang lebih besar dari Anda menerbitkan ulang konten Anda, itu adalah sesuatu yang bagus. Anda mendapatkan backlink, traffic, bahkan mungkin meningkatkan penjualan.

Masalahnya, dengan membiarkan situs lain menerbitkan konten Anda, akan tercipta duplikat konten seperti pada poin nomor dua. Itu bukanlah sesuatu yang bagus.

Quicksprout mengalami penurunan traffic hingga 29% ketika membiarkan situs lain menerbitkan kontennya. mereka terkena penalti oleh panda. Sebuah pelajaran yang bisa petik “Jangan biarkan situs otoritas mempublikasi ulang artikel Anda”.

10. Link yang Buruk bisa Merusak Website Anda

Ketika google merilis tools disavow, banyak pemasar internet yang menanggapi secara berlebihan. Mereka merasa setiap link yang buruk akan merusak peringkat website. Untuk beberapa hal mereka benar: link yang buruk dapat merusak peringkat website. Tapi itu jarang terjadi.

Apa yang sedang dilakukan oleh google adalah menghentikan praktik yang mencoba memanipulasi algoritma melalui link building.

Banyak link berkualitas rendah yang menuju situs Anda berasal dari situs aggregator. Anda bisa menghentikan aktivitas situs aggregator dengan menggunakan cloudflare. Tapi jangan paranoid dan mendisavow semua link yang tidak Anda sukai. Bijaksanalah.

Semakin besar situs Anda, semakin banyak junk sites yang secara alami akan melink kepada Anda.

Daripada Anda mengkhawatirkan link yang berkualitas rendah ini, lebih baik Anda memfokuskan diri untuk membuat produk/jasa yang baik.

11. Semakin Banyak Halaman, Semakin Baik

Berkenaan dengan blogging, masalah yang sering Anda lakukan adalah menciptakan puluhan atau ratusan konten kering atau tidak berisi dan membosankan. Itu artinya sangat sedikit yang membagikan konten Anda melalui media sosial dan sedikit pula yang memberikan link untuk artikel tersebut.

Sebelum Anda menambah konten pada situs Anda, pikirkan tentang kemungkinan apakah orang mau membagikan konten tersebut atau sekedar memberikan link untuk konten Anda. Karena tak peduli betapa baik konten Anda, jika orang tidak mau membagikannya atau memberi link, itu bisa merusak SEO yang Anda bangun.

Berbeda dengan website saya yang memang kebanyakan berisi coretan tidak penting. Website ini diciptakan bukan untuk SEO, jadi merupakan sebuah pengecualian.

Menurut saya, jika Anda serius dengan SEO, maka Anda harus konsisten menciptakan konten berkualitas. Lebih baik update artikel seminggu sekali tapi berkualitas daripada update artikel setiap hari tapi tidak berkualitas.

Intinya, konten yang tidak berkualitas bisa merusak SEO Anda. Itulah alasan mengelola website dengan niche tertentu lebih muda dibanding mengelola blog gado-gado.

12. Anda Tidak Seharusnya Membeli Link

Tentu saja mesin pencari tidak ingin Anda membeli link karena taktik ini bisa memanipulasi peringkat hasil pencarian. Tapi ini bukan berarti Anda tidak boleh melakukannya. Itu hanya kebohongan SEO jika Anda tidak seharusnya membeli link.

Link adalah cara terbaik untuk menghasilkan penjualan pada situs Anda. Quicksprout membeli link dengan harga $ 10,000,00 untuk crazy egg sebelum situs itu diluncurkan. Hasilnya, dalam sebulan situs tersebut menghasilkan $ 2,000.

Membeli link pada website terkenal merupakan strategi yang bagus untuk SEO. Yang perlu digarisbawahi adalah apakah Anda mampu memilih website yang pengunjung menyukai konten milik Anda?

13. Semakin Tinggi Bounce Rate, Semakin Rendah Peringkatnya

Saya tidak melihat ada kaitan antara bounce rate dan SEO. Ini hanya masalah sederhana. Ini masalah kepuasan prngunjung.

Pengunjung yang tidak segera menutup browser berarti menemukan apa yang mereka cari. Hal itu diterjemahkan google bahwa konten Anda relevan dan sesuai dengan kata kunci yang diketik. Hasilnya, Anda akan berada di urutan pertama google.

14. Menambah Kata Kunci pada Meta Tags

Banyak perusahaan SEO yang akan datang dengan daftar kata kunci yang harus Anda letakan pada meta tags keyword.

Itu tidak benar. Sementara menambahkan paragraf singkat pada tags deskription adalah bagian yang penting, menambahkan meta tags keyword tidak akan berpengaruh pada hasil pencarian.

Google sudah menghilangkan meta tags keyword beberapa tahun yang lalu. Kemudian mesin pencari lainnya mengikuti langkah google untuk menghilangkan faktor meta tags keyword.

15. Traffic yang Tinggi Adalah Hal Bagus Untuk SEO

Apakah Anda memiliki banyak traffic? Dari mana asalnya. Apakah dari direktori dimana Anda telah mendaftarkan situs Anda atau dari backlink yang sudah Anda peroleh dengan susah payah.

Jika ya, apakah Anda memiliki bounce rate yang tinggi? Jika ya, itu berarti ada yang salah. Pengunjung tidak mendapatkan apa yang mereka cari di halaman situs Anda dan segera menutupnya sehingga bounce rate Anda tinggi. Anda harus membuat sedikit perubahan agar tulisan Anda relevan dengan apa yang dicari orang.

Traffic yang besar sama sekali tidak akan berpengaruh terhadap SEO yang Anda lakukan. Traffik terbaik adalah traffic yang sesuai sasaran berkenaan dengan target pasar Anda. Jika Anda beruntung, mereka, target pasar Anda, akan memberikan link untuk konten Anda. Itu intinya.

16. Pagerank Tinggi akan Menghasilkan Peringkat yang Lebih Baik

Ini adalah kebohongan SEO terbesar yang pernah saya dengar. Algoritma google telah semakin canggih guna menambah pengalaman menyenangkan bagi penggunanya.

Dewasa ini, page rank tidak banyak mempengaruhi hasil pencarian. Terkadang website yang tidak populer pun mampu duduk di peringkat pertama hasil pencarian.

Jadi, saat ini page rank bukanlah sebuah hal penting sebagaimana beberapa tahun yang lalu.

17. Konten Berkualitas akan Membuat Peringkat yang Baik

Itu benar bahwa google akan memberikan peringkat tinggi untuk konten yang baru atau segar, unik, dan memberi pengalaman membaca yang menyenangkan.

Tapi apakah Anda tahu kriteria konten berkualitas? Yang berkualitas menurut pembaca atau untuk google?

Harus untuk keduanya. Buat pembaca dan buat mesin pencari. Adalah kebohongan SEO jika Anda mempercayai bahwa kualitas konten bagi pembaca akan membuatnya tampil di halaman pertama google.

Tak peduli betapa berkualitasnya konten Anda, Anda harus tetap mengikuti petunjuk google seperti kata kunci pada judul, kata kunci pada deskripsi, dan variasi kata kunci yang panjang. Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda akan kesulitan untuk tampil di halaman pertama google.

18. Google Tahu Segalanya

Ini juga merupakan kebohongan SEO. Pada kenyataannya google masih bisa dimanipulasi. Banyak cara untuk mengakali google sehingga kita bisa berada di halaman pertama google.

Saya termasuk orang yang jujur berkaitan dengan SEO. Saya murni menggunakan white SEO. Jadi manipulasinya hanya berkisar pada onpage SEO.

Beberapa halaman yang saya manipulasi bisa bertahan lama di halaman pertama google. Sebagai contoh artikel berjudul tips menulis artikel SEO berada di urutan 5 untuk kata kunci “tips menulis artikel SEO” dan berada di urutan 7 untuk kata kunci “menulis artikel SEO“. Mudah bukan?

19. Harus Mendapat Link dari Website Sejenis

Mitos yang satu ini membuat banyak blogger yang bingung. Sebenarnya tidak ada aturan yang seperti itu di dunia SEO. Anda bisa mendapatkan link dari website mana pun secara bebas.

Hanya saja jangan terlalu banyak menyebarkan link dalam waktu singkat. Karena akhir-akhir ini google sangat sensitif berkaitan dengan link.

Sebenarnya keuntungan dari link yang berasal dari blog atau website dengan tema yang sejenis adalah berkaitan dengan target pembaca. Orang-orang yang mengunjungi website dengan tema review buku biasanya adalah orang yang suka membaca. Akan sangat baik jika ada link yang menuju ke website sejenis seperti toko buku. Kebanyakan akan berakhir dengan sejumlah pembelian.

Jadi, dalam dunia SEO, tidak diharuskan untuk mendapatkan link dari website. Tapi jika Anda mampu melakukannya, itu adalah sesuatu yang baik.

20. Meraih Posisi Pertama Google Sangatlah Sulit

Ini juga merupakan kebohongan SEO yang sangat populer. Saya telah menerapkan seluruh teknik SEO yang saya temui tetapi tidak pernah berada di urutan pertama google. Apakah Anda yakin dengan pernyataan tersebut?

Itu berarti ada yang salah.

Untuk bisa tampil di halaman pertama google, Anda harus membuat konten berkualitas. Lebih berkualitas dari saingan Anda. Buat satu contoh artikel berkualitas dan saya akan siap membantu Anda berada di halaman pertama google.

Lihatlah pada praktik SEO pertama saya, saya dengan mudah menempati urutan ke-10 untuk kata kunci “Kesalahan SEO“. Tidak begitu sulit.

Anda hanya perlu membuat satu artikel SEO, lalu berusaha mengoptimalkannya dengan membangun internal link terlebih dahulu. Disusul dengan mencari backlink sehingga Anda bisa nyaman duduk di halaman pertama google.

Untuk lebih jelasnya baca pengaruh internal link untuk sebuah website.

Itulah 20 kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai. Setelah membaca artikel ini, saya berdo’a agar Anda diberi pemahaman untuk bersikap bijaksana ketika Anda menjumpai kebohongan-kebohongan SEO di internet.

Referensi:
1. 10 Lies You Should Never Believe From SEO “Gurus”.

2. 7 Lies About SEO You Probably Believe

3. 8 lies your SEO company is telling
you

4. Inilah 7 Kebohongan Seputar SEO Yang Menyesatkan

Iklan

13 tanggapan untuk “20 Kebohongan SEO yang Mungkin Anda Percayai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s