11 Alasan Mengapa Strategi SEO Anda Gagal!

Mengapa strategi SEO saya gagal? Mungkin banyak dari Anda yang bertanya seperti pertanyaan di atas. Kebanyakan orang tidak pernah menyadari kesalahan SEO apa yang telah mereka lakukan sampai mereka benar-benar memahami pengertian SEO:

SEO bukan cara untuk tampil dihalaman pertama google, tapi teknik mengarahkan pengunjung ke artikel sesuai kata kunci yang dicari.

Jadi, ketika Anda merekomendasikan blog lain dengan anchor text tertentu, itu juga merupakan teknik SEO. Pengunjung yang menggangap link Anda sangat berguna pasti sangat berterima kasih karena Anda mengarahkan mereka ke sumber artikel yang relevan. SEO sesederhana itu.

Mari kita simak beberapa penyebab mengapa strategi SEO Anda gagal dan tidak bisa bersaing di halaman pertama google:

1. Anda menggunakan Teknik SEO Lama

Praktik terbaik SEO berubah setiap saat, google dan mesin pencari lainnya secara continue mengupdate algoritmanya. Sebagai dampaknya, jika Anda tidak mengikuti perubahan update algoritma selama beberapa hari, mungkin Anda telah tertinggal jauh dan tidak menggunakan teknik terbaru sehingga halaman Anda tidak muncul di 10 besar google.

Untuk alasan ini, Anda harus mengganti semua teknik SEO lama yang sudah tidak bekerja dengan baik setelah pergantian algoritma. Bacalah dengan seksama artikel-artikel yang membahas algoritma terbaru. Dan lakukan penyesuaian pada teknik Anda agar strategi Anda berjalan dengan baik.

2. Website Anda Payah

Dewasa ini, SEO telah berkembang sedemikian pesat. SEO bukan hanya on-site trik dan inbound link. Untuk memenangkan perhatian google dan menempatkan halaman Anda di 3 besar, Anda butuh konten berkualitas.

Jika website Anda payah dan tidak banyak memiliki konten berkualitas, Strategi SEO apapun yang Anda rancang akan berakhir dengan kegagalan. Oleh karena itu, perbaiki kualitas konten Anda. Artikel cara membuat konten berkualitas akan membantu Anda keluar dari masalah ini.

3. Anda Tidak Menggunakan Analytic dan Goal Tracking

Jika Anda tidak berpikir bahwa menggunakan analytic adalah langkah yang baik, bagaimana mungkin Anda bisa menyimpulkan bahwa strategi SEO Anda telah gagal?

Analytic dan program tracking goal akan membantu Anda menentukan strategi mana yang bekerja dengan baik dan strategi apa yang tidak bekerja sesuai dengan yang Anda harapkan.

Anda tidak akan pernah tahu mengapa strategi SEO Anda gagal sampai Anda menengok masa lalu dan melihat bagaimana Anda membuat pilihan yang berdampak pada kinerja Anda di masa sekarang. Jadi, strategi SEO apa yang cocok untuk blog Anda?

4. Niche Anda Terlalu Kompetitif

Anda bisa mencoba untuk bersaing di bidang finansial dan kesehatan. Sayangnya, Anda tidak akan pernah berhasil.

Ada banyak situs yang memiliki brand besar didalamnya. Untuk bersaing dengan mereka, kesempatan Anda untuk tampil di halaman pertama google sangatlah kecil. Oleh karena itu, jika Anda tetap ingin bersaing dengan menggusung kata kunci yang populer, maka pilihan terbaik adalah membuat konten marketing dan menggunakan sosial media sebagai senjata utama Anda atau Anda tidak akan pernah berkembang.

5. Fokus Kata Kunci Anda Terlalu Sempit

Apa yang salah dengan mengusung kata kunci yang sempit? Misalnya “sepatu biru untuk wanita karir”?

Tidak. Tidak ada yang salah dengan kata kunci Anda. Dengan kata kunci tersebut Anda bisa mendapatkan pengunjung wanita karir yang menyukai warna biru.

Tapi tetap saja hal tersebut bukanlah ide yang baik karena jumlah wanita karir yang menyukai warna biru terlalu sedikit. Cobalah untuk melebarkan kata kunci Anda menjadi “sepatu untuk wanita karir”. Cakupannya akan lebih luas dan kesempatan Anda untuk mendapatkan pengunjung akan terbuka lebar. Kecuali jika Anda memang hanya menjual sepatu berwarna biru, maka tidak ada yang harus dilakukan.

6. Anda Salah Membangun Link

Ya… Dalam membangun blog berkualitas, Anda membutuhkan link. Itu adalah hal yang fantastik. Tapi di era google panda dan penguin, Anda harus berhati-hati ketika melakukan link-building.

“1.000 link untuk Rp 100.000,00?” jangan digunakan. Membangun link dengan mendaftar di situs-situs terkenal dan menanam link pada halaman profile? Itu juga sudah tidak berguna.

Permainan saat ini adalah bagaimana mendapat link berkualitas yang natural, jika Anda merasa sulit dengan hal tersebut, Anda bisa melupakan SEO. Itu mengapa stategi SEO Anda selalu gagal. Karena Anda masih membangun blog dengan link-link yang tidak berkualitas sama sekali.

7. Anda Terlalu Berlebihan Menggunakan Anchor text

Anchor text sangat baik untuk SEO. Tapi di era sekarang terlalu berlebihan menggunakan anchor text bisa membuat google menganggap Anda memanipulasi link.

Gunakan Anchor text yang beragam sehingga halaman Anda memiliki variasi kata kunci yang banyak. Tahu contoh terburuk dari Anchor text yang berlebihan? Yaitu kontes SEO dengan kata kunci tertentu yang di set untuk sebuah website.

Beberapa pakar SEO sangat membenci kontes SEO dan berpendapat bahwa mengadakan kontes SEO untuk mengoptimalkan sebuah kata kunci bisa berakibat fatal. Saya termasuk orang yang sependapat dengan ide tersebut.

Seperti pada poin ke-6, permainan yang sekarang adalah bagaimana caranya mendapatkan link berkualitas yang natural.

8. Kata Kunci yang Anda Bidik Tidak Banyak Dicari

Volume pencarian kata kunci sulit diukur secara pasti. Tetapi bukan berarti Anda tidak perlu mengukur volume pencarian sama sekali.

Banyak strategi SEO gagal karena memang kata kunci yang dibidik sangat jarang dicari orang. Itu berarti meskipun Anda berada di peringkat hasil pencarian yang tinggi, pengunjung yang datang hanya sedikit.

Jika Anda ingin banyak pengunjung, pastikan Anda memilih kata kunci yang tepat dengan volume pencarian yang tinggi. Rencanakan strategi SEO Anda berdasarkan kata kunci yang banyak dicari orang, minimal Anda berada di 3 besar pencarian teratas.

9. Anda Tidak Memahami Pembaca Anda

Sementara seorang ahli SEO menerapkan strateginya langkah demi langkah agar bisa tampil di halaman pencarian untuk kata kunci tertentu, Anda memiliki pembaca yang menginginkan konten-konten tertentu.

Jika Anda memenuhi konten Anda dengan kata kunci, mereka tidak akan berpikir dua kali untuk mencari referensi lain. Oleh karena itu, buatlah konten SEO yang tidak penuh dengan kata kunci.

Sebagian blogger meyakini bahwa keberhasilan strategi SEO bukan sekedar tampil di halaman pertama google. Tapi pada kejeliannya memahami apa yang dicari oleh pengunjung Anda.

10. Anda Tidak Menggunakan Sosial Media

Ayolah… Ini tahun 2015. Jika Anda tidak menggunakan sosial media sebagai bagian strategi SEO, sesungguhnya Anda sengaja terlihat bodoh.

Pengguna sosial media meningkat setiap hari dan mereka adalah calon pembaca potensial Anda. Bagaimana mungkin Anda tidak mau menginvestasikan uang Anda untuk secara khusus menargetkan pengguna sosial media.

Dengan sosial media, kesempatan konten Anda untuk menjadi viral sangat besar karena orang secara bergantian membagikan konten yang dibagikan oleh orang lain.

11. Anda Tidak Sabaran

Sayangnya, SEO bukanlah sesuatu yang bisa dilihat hasilnya dalam semalam. Butuh proses yang lama. 3 minggu, satu bulan, bahkan berbulan-bulan.

Contohnya artikel sederhana saya berjudul menumbuhkan kembali semangat ngeblog baru berada di urutan pertama untuk kata kunci “semangat ngeblog” setelah mengalami beberapa kali google dance.

Itu berarti butuh waktu 3 bulan sejak optimasi saya pada artikel tersebut. Untungnya, kata kunci “semangat ngeblog” tidaklah terlalu dihiraukan orang. Itu adalah kata kunci yang tepat untuk belajar mengoptimasi konten SEO.

Iklan

8 tanggapan untuk “11 Alasan Mengapa Strategi SEO Anda Gagal!

  1. SEO memang penting ya Mas untuk memastikan pembaca membaca apa yang kita sajikan ke dunia internet :hehe. Saya masih kurang paham soal ini tapi dari postinganmu saya belajar sedikit-sedikitlah :hehe, terima kasih. Kayaknya teknik-teknik SEO ini mesti diterapkan tapi pelan-pelan dululah, having fun bloggingnya kudu tetep :)).

    Suka

    1. Klo kata kunci pakar SEO masih sangat terbuka mas persaingannya. Coba nulis 2800 kata trus ditambah lima backlink berkualitas ntar pasti rangking satu mengingat saingannya cuma konten konten yang minim

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s