Mitos Kaya dari Internet

Akhir-Akhir ini saya mulai belajar internet marketing, ilmu tentang bagaimana orang memasarkan barang atau jasa di internet. Sayangnya, tutorial internet marketing dalam bahasa indonesia masih sangat terbatas dan sangat sedikit sekali sehingga membuat saya merasa kesulitan untuk mempelajarinya.

Selama beberapa hari terakhir, kata-kata “kaya dari internet” sering saya baca. Entah mengapa saya tidak terlalu suka artikel-artikel yang mengatakan bahwa menghasilkan uang dari internet itu mudah jika Anda tahu caranya.

Kebanyakan, semua tutorial tersebut merekomendasikan untuk membuat blog, belajar SEO agar halaman blog kita muncul di 10 besar mesin pencari, tawarkan barang atau jasa, kemudian laku terjual dan kita mendapatkan banyak keuntungan.

Sayangnya, bagi saya, itu semua adalah pekerjaan yang rumit. Bahkan terlalu rumit untuk disederhanakan dalam kata-kata sehingga semua yang dikatakan hanyalah isapan jempol semata.

Kaya dari internet adalah mitos yang terus berkembang. Banyaknya artikel yang membahas cara menghasilkan uang dari internet terlalu dibesar-besarkan sehingga banyak korban yang berjatuhan.

Banyak orang yang berkali-kali ditolak adsense tapi tidak juga menyerah. Mereka terus mencoba seolah-olah adsense akan mampu mewujudkan impian mereka. Anda tidak terlihat sebagai orang yang pantang menyerah, melainkan terlihat bodoh dengan kegagalan Anda. Bagaimana mungkin ada orang berkali-kali mendaftar tapi tetap ditolak? Itu karena kualitas blog Anda tidak memenuhi kriteria blog berkualitas, terlalu banyak artikel sampah dan mungkin hanya mengulangi apa yang sudah banyak dituliskan oleh orang lain.

Bisakah Menghasilkan Uang dari Blog?

Pertanyaan di atas sering saya dengar dan kebanyakan blogger akan mengatakan bisa meskipun mereka sendiri belum pernah sekali pun menghasilkan uang dari blog berbahasa indonesia mereka.

Untuk itu, saya lebih suka menjawab pertanyaan diatas dengan 2 jawaban yang berbeda:

1. Tidak Bisa Jika Pengunjung Blog Anda Kurang dari 1000 Pengunjung Per Hari

Apapun metode menghasilkan uang yang Anda terapkan, semua akan sia-sia jika Anda belum memiliki pengunjung minimal 1000 orang per hari.

Kalau pun bisa, itu sedikit sekali. Tidak cukup untuk membayar tagihan internet Anda setiap bulan. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin meningkat saja setiap tahun.

Apa yang salah dari blogger pemula adalah terlalu cepat berharap dan bermimpi. Mereka terlalu tergesa-gesa memonitize blog mereka yang belum memiliki cukup banyak pengunjung sehingga hasilnya pun kurang optimal.

Yang terpenting adalah traffik. Berbicara tentang pemasaran, dimana banyak orang berkumpul, disana adalah tempat paling tepat untuk memasarkan barang atau jasa.

Intinya, Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan uang jika belum memiliki traffik minimal 1000 pengunjung unik per hari. Jadi, fokuslah dulu untuk mendapatkan traffik, lupakan semua tutorial tentang cara mendapatkan uang dari blog.

2. Jika Traffik 1000 Pengunjung Per Hari atau Lebih, Bisa Menghasilkan Uang Tapi Sedikit Saja

Yang saya bicarakan adalah blog bahasa indonesia, bukan blog bahasa inggris agar Anda tidak salah paham.

Jika Anda sudah memiliki traffik 1000 orang per hari, maka sudah saatnya kita membicarakan cara menghasilkan uang dari blog.

Sebenarnya metode apapun pasti menghasilkan uang. Hanya saja yang kita bicarakan adalah mitos kaya dari internet, jadi saya tidak akan berbicara banyak tentang teknik menghasilkan uang dari blog.

Sebaik apapun Anda mengoptimalkan blog Anda sebagai mesin penghasil uang, saya rasa tidak akan cukup untuk membuat Anda menjadi kaya.

Sejauh ini saya belum pernah melihat sendiri orang yang menjadi kaya dari internet yang berasal dari Indonesia. Jadi, tidak benar pernyataan “orang bisa kaya dari internet”.

Bagi Anda yang sudah terdoktrin dengan mitos kaya dari internet, sebaiknya Anda mengevaluasi diri sendiri apakah impian Anda itu masuk akal dan dapat diterima logika?

Tapiiii saya sudah banyak melihat cerita orang yang benar-benar bisa menghasilkan uang dari blog dengan angka yang fantastis? Bahkan ada screen shotnya!

Iya. Tapi Anda tidak pernah tahu bahwa blog yang mereka, orang-orang yang menghasilkan uang dari internet, tidak hanya mengelola satu blog. Tapi banyak blog.

Terkadang banyak blogger yang tekor. Mereka mengeluarkan uang $ 2.000,00 untuk menghasilkan $ 300 saja. Mereka hanya menunjukan screen shot penghasilan tanpa bercerita berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk mengelola blog-blog mereka.

Kesimpulan

Untuk sementara biarlah kaya dari internet tetap menjadi mitos bagi kita.

Jangan terlalu serius mencari uang dengan modal dengkul karena tidak akan berhasil.

Seandainya ada cerita orang yang kaya dari internet, perlu diselidiki dari mana saja penghasilan tersebut didapat. Semua harus transparan karena di internet cukup banyak cerita yang tidak masuk akal dan membodohi publik.

Akhirnya, jangan terlalu berharap hanya dengan mengelola beberapa blog saja Anda bisa bersantai dan menghasilkan jutaan rupiah dari internet. Itu adalah mimpi yang sulit jadi nyata.

Seandainya Anda tidak percaya dan ingin membuktikan bahwa menghasilkan uang dari internet itu mudah, saya mendo’akan Anda berhasil sehingga bisa dijadikan contoh bagi yang lain tentang cara menghasilkan uang yang mudah dari internet.

6 tanggapan untuk “Mitos Kaya dari Internet

  1. Bagi saya blog pribadi saya adalah tempat untuk menyalurkan ide dan opini saya, dan karenanya menjadi tempat bagi para pembaca yang sedang mengunjungi blog saya untuk bisa berkomentar, menyampaikan ide dan opini mereka sehingga diharapkan dapat menjadi ajang untuk berdiskusi mengenai suatu hal. Secara tidak langsung blog saya menjadi “media pemasaran” untuk keahlian saya. Jadi media blog ini hanyalah sebuah media tak langsung untuk di monetize. Entah saya yang memang tidak mengerti teori SEO, atau teori-teori yang berkaitan dengan direct memonetizekan sebuah blog, entah saya memang sangat old fashioned.

    Suka

  2. banyak yang beranggapan, bahwa memiliki sebuah blog akan atau bisa menghasilkan uang. tapi bagi pemula, hal itu memang sangat menggiurkan, tapi banyak juga yang tidak memahami arti blogger itu sendiri. sehingga, tidaklah mengherankan kalau banyak yang stres gara-gara ditolak adsense. hal ini saya tangkap dari komentar-komentar yang tergabung dalam grup-grup facebook.

    Suka

Tinggalkan Balasan

