18 Kesalahan SEO yang Mungkin Anda Lakukan

Kesalahan SEO ini sering saya lakukan. Mengingat saya hanya ngeblog untuk bersenang-senang, kesalahan-kesalahan tersebut seolah bisa dimaklumi. Namun, bagi Anda yang ingin serius dalam ngeblog, tidak ada kesalahan yang bisa dimaklumi.

Maksud saya, semua harus sempurna. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal dalam jangka panjang. Berikut adalah kesalahan SEO yang pernah saya lakukan:

1. Terlalu Banyak Kata Kunci

Sebenarnya saya tidak terlalu serius ketika belajar SEO secara otodidak. Maklum, saya hanya punya blog pribadi yang penuh dengan coretan yang tidak berarti.

Saya tidak pernah punya niat untuk duduk di halaman pertama google. Jadi, saya menulis semuanya secara alami.

Pernah suatu ketika saya ingin mencoba membuat artikel SEO dan memenuhinya dengan kata kunci sehingga artikel tersebut tidak enak dibaca. Artikel itu tidak keluar di halaman pertama google. Saya pun mulai memahami bahwa google lebih menyukai artikel yang alami.

Tips: Menulis konten secara alami lebih menjamin “dihargai” orang lain daripada duduk di halaman pertama google tetapi tidak enak dibaca.

2. Konten Kurang Detail

Saya belum pernah sekalipun menulis artikel untuk keperluan SEO. Jadi ini adalah artikel pertama saya yang saya tulis khusus untuk SEO dengan kata kunci “kesalahan SEO”. Jika berhasil, maka Anda akan mendapati artikel ini berada di halaman pertama google untuk kata kunci “kesalahan SEO”. Jika tidak berhasil, maka saya siap mereview ulang artikel ini.

Salah satu ciri konten SEO adalah konten selalu panjang. Hal ini dikarenakan artikel SEO biasanya membahas sesuatu lebih mendetail daripada konten-konten yang bukan ditujukan untuk keperluan SEO.

Alasannya, untuk menjaga keseimbangan konten agar terlihat alami mengingat Anda terlalu sering mengetik kata kunci.

Panjang artikel untuk SEO minimal 800 kata. Itu jika Anda benar-benar ingin berada di halaman pertama google. Jika Anda tidak mampu, maka Anda bisa melupakan semua kegiatan Anda dalam optimasi SEO.

Tips: Bahaslah suatu permasalahan dengan detail sehingga Anda bisa mencapai panjang artikel sebanyak 800 kata.

3. Url Terlalu Panjang

Google tidak menyukai url yang terlalu panjang. Sebisa mungkin buatlah url yang mengandung kata kunci tetapi tidak terlalu panjang.

Saya “biasanya” tidak terlalu memperhatikan panjang url karena memang konten di blog ini cenderung berisi pengalaman pribadi dan kegiatan-kegiatan ringan yang saya kerjakan. Tetapi, untuk pertama kalinya saya membuat url singkat berikut (khusus untuk artikel berjudul 18 Kesalahan SEO yang Mungkin Anda lakukan

https://shiq4.wordpress.com/2015/06/18/kesalahan-seo/

Bukan

https://shiq4.wordpress.com/2015/06/18/kesalahan-seo-yang-mungkin-anda-lakukan/

Meskipun kebenarannya masih diragukan, tetapi tidak ada salahnya mencoba. Beberapa artikel yang sepaham dengan saya:

1.URL Yang Terlalu Panjang Tidak Bagus Untuk SEO

2. 15 SEO Best Practices for Structuring URLs

Tips: Jangan lupa untuk menaruh kata kunci pada url.

4. Backlink Spam

Dalam dunia SEO, backlink spam merupakan kesalahan fatal yang harus Anda hindari sedini mungkin. Mungkin untuk sesaat Anda akan puas berada di halaman pertama google. Tapi itu tidak akan berlangsung lama.

Backlink yang berasal dari spam benar-benar bisa menghancurkan situs Anda. Alangkah baiknya jika Anda menulis konten berkualitas dan membangun link secara alami.

Butuh waktu lama tetapi akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

Tips: Membangun backlink berkualitas butuh proses. Tetapi jika Anda berhasil, maka konten Anda akan berada di halaman pertama google dalam jangka waktu yang lama.

5. Terlalu Sibuk Mencari Kata Kunci

Tidak ada yang salah dengan melakukan riset kata kunci. Hanya saja terkadang Anda terlalu lama memutuskan.

Dunia internet berkembang dengan begitu pesat. Pesaing Anda tidak terlalu banyak pilih-pilih kata kunci. Mereka terus menulis tema-tema yang mereka inginkan dan berhasil mendominasi mesin pencari.

Rahasianya, mereka mendapat banyak manfaat dari update artikel secara teratur. Mereka memiliki pembaca setia. Dalam hal ini ilmu SEO benar-benar terlihat tidak berguna.

Tips: Kadang-kadang Anda harus tetap update artikel dan melupakan kata kunci yang populer untuk memanjakan pembaca blog Anda.

6. Blog Terlalu Lambat

Kecepatan loading blog adalah sesuatu yang besar. Jangan pernah meremehkan peranan kecepatan halaman jika Anda ingin berada di halaman pertama google.

Menurut search engine journal, semakin cepat loading suatu halaman, maka pengunjung pun ikut senang. Lagi pula loading halaman juga termasuk 200 faktor yang mempengaruhi hasil pencarian.

Biasanya loading lambat dikarenakan terlalu banyak javascript, gambar berlebihan, atau menggunakan flash. Berikut beberapa artikel yang bisa membantu Anda mempercepat loading halaman:

1. cara mempercepat loading blog

2. Best Practices for Speeding Up Your
Web Site

Tips: Kalau boleh memilih, lebih baik website sederhana dengan kecepatan yang baik daripada website cantik tetapi lambat. Itu jika Anda benar-benar menggeluti dunia SEO.

7. Judul Palsu

Ini adalah kesalahan elementer yang patut dihindari. Memberi judul palsu bisa sangat merusak reputasi blog Anda.

Jangan pernah sekalipun mencoba untuk membuat judul yang tidak sesuai dengan isi artikel. Anda boleh untuk sementara merasa menang karena mengungguli pesaing Anda di halaman pencarian google. Tapi itu tidak akan bertahan lama.

Jika pengunjung melakukan klik pada halaman milik Anda, kemudian mendapati judul Anda hanya tipuan, maka pengunjung tersebut tidak akan berpikir lama untuk segera menutup browsernya. Akibatnya, bounce rate Anda tinggi dan itu bukanlah sesuatu yang bagus.

Dalam dua hari, halaman milik Anda akan hilang dari halaman pertama google. Reputasi blog Anda pun jelek di mata google.

Di kemudian hari, semua usaha Anda akan sia-sia. Blog Anda sudah terlanjur di cap buruk oleh google. Apakah itu yang Anda inginkan?

Tips: Berilah judul yang sesuai dengan isi artikel. Jangan berlebihan tapi harus tetap menarik.

8. Link Keluar yang Berkualitas

Link keluar atau lebih dikenal dengan outbond link juga mempengaruhi SEO. Meskipun hal ini masih jadi perdebatan diantara pakar SEO, saya percaya bahwa memberi pembaca rujukan menuju blog atau website berkualitas akan meningkatkan nilai situs kita di mata google.

Tips: Jangan pelit untuk memberi link pada blogger lain. Jika Anda merasa berat untuk sekedar memberi link, maka blogger lain pun tidak akan mau memberi link.

9. Internal Link

Internal link menjadi salah satu faktor keberhasilan Anda dalam SEO. Gunakan anchor text ketika Anda membangun internal link daripada tulisan disini atau silakan klik.

Internal link digunakan google untuk mengetahui konten mana yang penting di blog Anda. Semakin banyak internal link yang menuju suatu halaman, google akan mengira bahwa halaman tersebut adalah halaman penting. Google seperti memberi skala prioritas. Dan jika halaman tersebut memiliki prioritas yang tinggi, biasanya akan dengan mudah keluar di halaman pertama google.

Sayangnya, untuk membangun internal link yang baik, Anda harus dengan sabar membuatnya satu persatu.

Tips: Membuat internal link membutuhkan kecerdasan yang lumayan tinggi. Ada baiknya jika Anda membaca tips-tips menulis sehingga Anda bisa membangun internal link tanpa harus mengurangi keindahan kata.

10. Menulis Deskripsi yang Baik

Tag deskripsi merupakan sesuatu yang vital setelah judul artikel. Usahakan kata kunci terletak di awal deskripsi. Beberapa pakar SEO menyimpulkan bahwa kata kunci yang diletakan di awal deskripsi lebih cenderung efektif dibanding ketika Anda meletakan di tengah atau akhir deskripsi.

Tag deskripsi mampu memuat hingga 160 karakter. Buatlah deskripsi yang menarik sehingga pembaca mau mengklik halaman Anda.

Bagaimana caranya? Artikel berikut ini akan membantu Anda keluar dari masalah :

1. Cara menulis meta description untuk mendapatkan klik

2. 6 Ways to Craft Better Meta Descriptions That Rock The SERPs

Tips: Jika berkenaan dengan Search Engine Optimisation (SEO), selalu menulislah untuk pengunjung dulu, mesin pencari yang kedua.

11. Konten Tidak Orisinil

Salah satu kesalahan paling fatal dan mematikan adalah konten yang tidak orisinil. Anda hanya copy paste konten milik orang lain dan berharap berada di halaman pertama google?

Artikel spinning juga masih saya anggap konten yang copy paste.

Meskipun dalam beberapa kasus artikel copas bisa mengalahkan artikel orisinil, alangkah baiknya jika Anda tetap menulis sesuatu yang orisinil.

Tips: Pekerjaan utama seorang blogger adalah menulis. Jika Anda membencinya, maka sebaiknya Anda berhenti ngeblog.

12. Tidak Memasukan Kata Kunci

Dalam dunia SEO, Anda tidak boleh terlalu berharap pada keberuntungan. Ada beberapa artikel yang tidak memasukan banyak kata kunci tetapi artikel mereka berada di halaman pertama google. Itu sebuah keberuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan.

Anda harus memasukan kata kunci dalam artikel Anda atau berada di halaman pertama google hanya jadi mimpi belaka.

Berapa Banyak?

Sebanyak mungkin. Saya percaya bahwa jika Anda menulis secara alami, Anda tidak akan terlalu banyak menulis kata kunci seperti pada poin pertama.

Misalnya, lihat artikel ini, berapa banyak Anda temui kata “Kesalahan SEO”? Sebanyak itulah kata kunci yang patut dimasukan.

Tips: Jika Anda menulis konten secara alami, tidak akan ada kata “terlalu banyak”.

13. Tidak Mengoptimalkan Gambar

Jika Anda mengelola banyak gambar dalam blog Anda, tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan gambar.

Berikan atribut nama, judul, dan deskripsi yang mengandung kata kunci pada setiap gambar yang Anda miliki. Biasanya, hal kecil seperti ini memberi efek besar.

Tips: Gambar juga memegang peranan penting dalam SEO. Adalah kesalahan besar jika Anda tidak mengoptimalkan gambar.

14. Tidak Mobile Friendly

Banyaknya pengguna mobile membuat google terpaksa memasukan mobile friendly sebagai salah satu penentu suatu halaman untuk tampil di halaman pertama google.

Di era sekarang, situs Anda akan kalah bersaing jika Anda tidak membuatnya mobile friendly.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca Aturan mobile friendly dari google.

Tips : buatlah situs Anda mobile friendly atau Anda akan kehilangan potensi pengunjung yang besar.

15. Minimnya Pengetahuan Tentang SEO

SEO bukanlah ilmu yang mudah. Banyak faktor yang membuat suatu halaman muncul di halaman pertama google.

Khusus pemula, saya lebih merekomendasikan untuk lebih fokus dalam pembuatan konten terlebih dahulu sebelum mempelajari tentang SEO.

Percuma saja Anda berada di halaman pertama google jika konten Anda masih belum berkualitas. Anda tidak akan berada di sana dalam waktu yang lama.

Tips: Sebenarnya SEO adalah teknik mengarahkan pengunjung ke halaman yang bisa membantu mereka menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Bukan cara untuk tampil di halaman pertama google.

16. Terlalu Banyak Referensi

Jangan terlalu terobsesi dengan SEO. Banyak informasi yang salah bertebaran di internet. Terkadang, membaca terlalu banyak referensi adalah ide yang buruk.

Jika Anda masih pemula dalam hal ini, maka saya merekomendasikan Anda untuk hanya mengikuti satu website saja. blog dari moz.

Ikuti blog itu sampai Anda memahami bagaimana mesin pencari bekerja dan Anda akan siap bersaing untuk menempati halaman pertama google.

Tips: Dalam belajar SEO, tidak dibenarkan untuk tergesa-gesa. Belajarlah untuk bersabar agar memperoleh hasil maksimal

17. Jangan Terlalu Bernafsu atau Anda Akan Kecewa

Sekarang Anda telah menguasai SEO dengan baik. Anda bisa membuat halaman blog atau website Anda berada di halaman pertama google.

Lalu, Apa yang Salah?

Jangan gunakan ilmu SEO Anda dengan tidak bijaksana. Gunakan ilmu Anda untuk membantu orang lain yang membutuhkan informasi.

Tips: Master SEO tahu mana halaman yang harus tampil di halaman pertama google. Terlalu memaksakan diri untuk membuat setiap halaman berada di halaman pertama google adalah tindakan bodoh.

18. Tidak Mau Berbagi Ilmu

Ilmu itu akan bermanfaat jika Anda telah mampu membagikannya kepada orang lain.

Meskipun ini hanyalah akal-akalan saya untuk memenuhi artikel dan bukanlah suatu kesalahan yang wajar, tetapi menurut saya ini juga termasuk kesalahan SEO.

Orang yang pelit untuk membagikan ilmunya biasanya mengalami kesalahan yang tidak perlu. Bagikan ilmu Anda agar Anda tidak lupa dasar-dasar SEO.

Berada di level tertentu bisa membuat orang lupa untuk melakukan apa yang seharusnya ia lakukan.

Tips: Ilmu Anda tidak akan berkurang jika Anda membagikannya. Malah sebaliknya, membuat Anda selalu ingat untuk terus  berada di jalur yang benar.

Itulah 18 kesalahan SEO yang mungkin Anda lakukan. Saya sendiri menuliskannya agar tidak lupa dengan kesalahan-kesalahan saya ketika belajar SEO secara otodidak.

Iklan

20 tanggapan untuk “18 Kesalahan SEO yang Mungkin Anda Lakukan

      1. Kalo dilihat secara SEO sebenarnya pengaruhnya kecil terhadap rangking. Hanya saja broken link itu berpengaruh langsung pada user experience yg mana merupakan faktor pertama penentuan peringkat.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s