Yasmin

Buku ini merupakan buku hadiah seperti halnya buku rembulan tenggelam di wajahmu. Itu berarti tanggung jawab saya untuk membaca dan mereview buku ini di blog yang belum berumur satu tahun ini.

Judul          : Yasmin
Penerbit     : Penerbit Bunyan
Pengarang : Diyana Millah Islami
Halaman    : 263 halaman
Harga         : –



Jalannya Cerita

Buku ini berkisah tentang yasmin, gadis cilik yang hidup dalam kemiskinan. Yasmin memiliki seorang Bapak yang sakit-sakitan, emak yang suka mengomel, dan kakak laki-laki yang memiliki keterbelakangan mental. Sungguh, yasmin memiliki kehidupan yang serba sulit.

Di usianya yang belum genap 10 tahun, yasmin harus ikut membantu segala pekerjaan emak. Beli kain, mengendong leli, keponakannya yang masih bayi, dan hal-hal lain yang seharusnya tidak dikerjakan oleh anak-anak seusianya.

Yasmin ingin mondok. Itulah impiannya.

Suatu ketika cak pri, kakak tiri yasmin punya keinginan untuk bertemu leli, anaknya. Tapi cak pri takut dengan emak karena cak pri sudah lama pergi tanpa mengirim kabar. Yasmin harus banyak berbohong untuk mempertemukan cak pri dengan keponakannya, leli. Untung emak tidak tahu.

Suatu hari ketika yasmin pulang sekolah, ia mendapati rumahnya ramai dengan orang. Setelah mendengarkan dengungan orang membaca yasin, mengertilah yasmin bahwa bapaknya telah meninggal dunia. Yasmin menangis sejadi-jadinya.

Setelah lama menangis, yasmin mendengar suara bapak “uhuk-uhuk, yasmin jangan teriak-teriak nak! Diluar banyak orang orang tahlilan” kata bapak setengah berbisik. Ternyata yasmin salah. Bapaknya belum meninggal. Ini acara haulnya yu maryam. Yasmin pun segera berganti baju sambil menggosok-gosok telinganya yang sakit akibat dijewer emak.

Pada akhirnya, yasmin mampu mewujudkan impiannya untuk mondok. Tentu saja setelah melewati masalah yang tidak sedikit. Yasmin mondok mak.

Kelebihan Novel Yasmin

Novel ini penuh dengan kesederhanaan. Saya banyak merasa terharu ketika membaca novel ini.

Impian yasmin untuk mondok tidaklah semudah yang dibayangkan. Permasalahan-permasalahan sederhana bisa begitu menggoda ketika dibawakan oleh millah islami. Saya hanyut terbawa suasana bacaan.

Bagi saya, novel ini mengajarkan kepada kita untuk bersyukur. Saya terkadang merasa benar-benar kasihan dengan kondisi yasmin yang serba kekurangan. Namun, kepolosan yasmin selalu bisa menyelesaikan masalah-masalah yang muncul.

Kekurangan Novel Yasmin

Tidak ada permasalahan yang klimaks. Maksud saya sesuatu yang membuat pembaca merasa tegang. Semuanya terlihat begitu datar.

Sejak awal mulai hingga selesai, novel ini dibawakan dengan santai. Tidak ada bagian yang benar-benar saya sukai. Menurut saya, monoton.

Kisahnya selalu sederhana. Untunglah dibalik kesederhanaan itu, ada nilai-nilai kehidupan yang ditonjolkan sehingga membuat novel ini tidak terlalu buruk untuk dijadikan novel ringan.

Penilaian

Saya memberi nilai 72 untuk novel ini. Sangat cocok bagi Anda yang mencari bacaan ringan untuk mengisi waktu. Penuh kesederhanaan. Sesuatu yang kadang membuat saya merasa jadi orang yang beruntung.

One thought on “Yasmin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s