5 Alasan Kuat Berhenti Ngeblog

Berhenti ngeblog bisa menjadi pilihan yang bijaksana ketika Anda sudah tidak termotivasi lagi untuk ngeblog. Alasannya, daripada membuang waktu untuk melakukan kegiatan yang sudah tidak Anda sukai dan bikin Anda stress, alangkah baiknya untuk mengalihkan waktu Anda yang berharga untuk kegiatan yang lainnya. Kecuali jika Anda telah berkomitmen untuk terus menulis, tentu saja Anda harus mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah Anda.

Jika ada perasaan di bawah ini yang Anda alami atau Anda rasakan, demi kebaikan Anda, sebaiknya Anda berhenti ngeblog.

1. Tidak Suka Menulis

Ngeblog itu adalah dunia tulis menulis. Jika Anda tidak suka menulis, maka ngeblog bukanlah kegiatan yang cocok bagi Anda.

Bagaimana pun juga, ngeblog membutuhkan kreativitas yang besar dalam menulis untuk membuat blog yang Anda kelola terus berkembang.

Kalau Anda memiliki minat yang besar dalam dunia menulis dan ingin belajar mengembangkan kemampuan menulis Anda, tentu saja Anda tidak punya alasan yang cukup untuk berhenti ngeblog.

Anda bisa menciptakan kebiasaan menulis yang bisa mendukung kegiatan Anda dalam blogging. Dalam tahap ini, Anda jangan berfokus untuk menciptakan artikel yang panjang seperti blogger lainnya. Anda bisa mulai belajar menulis seperti saya, yakni menulis artikel yang hanya 200 kata. Yang penting terus menulis dulu. Pelan-pelan tapi pasti, sampai Anda benar-benar mampu menulis artikel yang berkualitas.

2. Ngeblog Tanpa Aturan

Anda suka menulis, mau belajar menulis, dan ingin mengembangkan kemampuan menulis Anda. Tetapi Anda juga sering tergoda untuk copy paste, sebaiknya Anda berhenti ngeblog.

Ngeblog memiliki aturan yang jelas, yakni mengedepankan orisinilitas suatu artikel. Percuma saja Anda menulis jika Anda masih sering copy paste. Itu adalah sebuah kesalahan fatal yang harus Anda hindari.

Apa tujuan Anda copy paste?

Mencari cara termudah agar bisa mengupdate artikel ? Semua itu sia-sia karena tidak akan ada yang menghargai artikel copy paste, sebaik apapun artikel tersebut.

Ngeblog punya aturan yang jelas. Meskipun tidak tertulis, ada aturan-aturan yang harus Anda penuhi jika Anda ingin sukses, diantaranya:

1. Membalas komentar yang masuk. Salah satu cara agar blog Anda disukai pembaca adalah dengan membalas semua komentar yang masuk.

Membalas komentar yang masuk bisa menjadi faktor yang sangat menentukan bagi kesuksesan blog Anda di masa yang akan datang.

2. Menciptakan Artikel yang Orisinil. Perbedaan yang membuat orang-orang membaca blog dibandingkan dengan website penyedia berita adalah subyektivitas penulis.

Jika Anda copy paste, itu akan merusal kredibelitas Anda sebagai blogger. Meskipun bukan aturan yang tertulis, sepertinya seluruh blogger telah bersepakat bahwa copy paste bukanlah bagian dari kegiatan blogging.

3. Etika Berkomentar. Berkomentar juga memiliki aturan. Anda tidak bisa sembarangan berkomentar tanpa harus mempertanggungjawabkannya.

Untuk mengetahui etika berkomentar yang baik, silahkan baca 7 etika berkomentar bagi blogger.

3. Menulis Untuk Mesin Pencari

Bagi saya, tujuan ngeblog adalah menulis untuk pembaca, memberi opini sehingga ikut mempengaruhi keputusan pembaca mengenai suatu hal dan memberi informasi yang jujur sehingga pembaca bisa bersikap bijaksana. Bukan untuk mesin pencari.

Menulis untuk mesin pencari adalah salah satu kesalahan yang pernah saya lakukan. Lihatlah artikel tips menulis untuk pemula, tulisan ini begitu banyak di jejali kata kunci sehingga tampak begitu buruk. Sudah begitu, artikel ini juga tidak tampil di halaman pertama google. Sungguh sebuah kesia-siaan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang masih gemar menulis untuk mesin pencari, sebaiknya Anda berhenti ngeblog. Karena dalam jangka panjang bisa membuat Anda stress jika artikel Anda tidak tampil di halaman pertama google.

Menulis artikel SEO atau untuk mesin pencari boleh saja, sepanjang Anda mampu menuliskannya secara menarik sehingga artikel tersebut enak dibaca.

4. Ingin Cepat Terkenal

Sah-sah saja kalau ada yang ingin cepat terkenal melalui ngeblog. Namun, Anda harus melalui proses yang panjang sebelum meraihnya.

Tidak ada yang instan.

Jangan bermimpi jadi blogger sukses tanpa kerja keras. Anda harus bekerja lebih keras dibandingkan dengan blogger-blogger lain. Karena persaingan di dunia blogger begitu ketat, banyak blogger pemula yang akhirnya menyerah dan berhenti ngeblog tanpa alasan yang jelas.

Satu-satunya cara agar Anda cepat terkenal adalah terus menulis artikel berkualitas. Tingkatkan kemampuan menulis Anda, kenali pembaca Anda, dan belajarlah tips-tips ngeblog dari ahlinya. Lihat tempat belajar ngeblog yang saya rekomendasikan.

5. Terlalu Sibuk Di Dunia Offline

Sebenarnya jika tujuan Anda ngeblog hanya sebatas bersenang-senang, tidak ada sesuatu yang perlu Anda khawatirkan.

Anda hanya perlu meluangkan 1 jam saja perhari untuk sekedar menulis dan bersenang-senang. Namun, bagi Anda yang terlalu lama tidak update artikel sehingga blog Anda terbengkalai, lebih baik Anda berhenti ngeblog.

Kecuali jika Anda mampu disiplin menulis di blog milik Anda, dengan menulis setidaknya satu artikel perminggu, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Iklan

4 tanggapan untuk “5 Alasan Kuat Berhenti Ngeblog

  1. blog memang harus sering di update ya, kalo lama gak di update biasanya malah pembaca jai males datang ke blog kita. tapi saya memang gak bisa kalo harus posting tiap hari, biasanya seminggu sekali posting aja đŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s