Belajar SEO Di Malam yang Sepi

Malam ini tidak seperti malam yang sudah-sudah. Meskipun saat ini telah memasuki musim kemarau, hujan tetap turun. Tidak deras, tetapi mampu membuat udara menjadi lebih dingin.

Aku masih tetap dengan kebiasaan lamaku. Apalagi kalau bukan merokok. Ya…sebatang rokok yang tentu saja rasanya nikmat. Kali ini ditemani secangkir kopi nescafe. Merek kopi murahan seharga Rp 1000.

Aku sedang kebingungan mau nulis apa. Tidak ada ide sama sekali. Perasaanku sedang puas setelah membaca beberapa artikel tentang SEO. Ya… Akhir-akhir ini saya tertarik untuk belajar segala sesuatu tentang SEO. Praktis, tidak ada proyek lain yang ingin saya lakukan terhadap blog ini kecuali masalah SEO.

Setelah 6 bulan ngeblog, kemampuan menulis saya telah berkembang dengan pesat. Saya tidak lagi canggung untuk menulis pengetahuan-pengetahuan yang saya miliki. Terakhir, saya menulis tips sederhana bangun tidur. Sayangnya, artikel tersebut hanya menempati urutan ke-13 di halaman google sehingga tidak mendapatkan banyak pengunjung. Saya kecewa.

Belajar SEO Secara Otodidak

Sejak pertama saya ngeblog, saya hanya mengetahui cara satu-satunya untuk menulis artikel yang baik dan benar. Saya tidak bisa membuat artikel yang saya kehendaki muncul di halaman pertama google. Merasa iri, malam ini saya mulai belajar SEO.

Salah satu panduan SEO terbaik yang menggunakan Bahasa Indonesia adalah panduan SEO untuk pemula yang ditulis oleh mas darmawan, blogger pemilik situs panduanim.com. Saya ingin membaca semua panduan ini malam ini juga. Jika semuanya berjalan lancar, besok pasti saya bisa mengaplikasikan ilmu SEO pada blog ini agar artikel saya selalu muncul di halaman pertama google.

Apakah SEO itu mudah? Bisakah artikel saya berada di halaman pertama google setelah menerapkan teknik-teknik SEO ala kadarnya? Saya merasa tidak sabar ingin mengetahui hasilnya.

Mencari Referensi Lain

Untuk memahami SEO secara lebih dalam, tidak afdol rasanya jika saya membaca satu sumber saja. Ada baiknya untuk mencari referensi lain tentang SEO. Kabar buruknya, sangat sedikit informasi yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Dengan terpaksa saya mencari referensi lain dari blog orang bule.

Salah satu yang paling populer adalah backlinko.com dan moz.com . Dengan adanya situs ini, saya bisa merasa tenang. Malam ini saya memutuskan untuk belajar dari 2 sumber diatas.

Malam semakin gelap. Hampir semua orang telah terlelap. Sementara itu, aku, sendirian, mulai memasuki dunia SEO yang tampak begitu misterius. Semoga saya cepat bisa memahami segala hal tentang SEO dan segera mengaplikasikannya ke dalam blog ini agar mampu bersaing sehat dengan blogger-blogger lainnya.

Iklan

8 tanggapan untuk “Belajar SEO Di Malam yang Sepi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s