Blogging 201 Cukup Menarik

Hari ini saya mengikuti kursus Blogging 201: Branding and Growth. Dalam tutorial di hari pertama adalah menentukan 3 target dalam blogging. Mengapa? Ini alasannya:

* Karena dengan menuliskan target dengan spesifik akan membuat Anda berpikir dengan hati-hati tentang apa arti sukses bagi Anda. “Sukses” adalah hal yang berbeda-beda untuk masing-masing individu.

* Karena dengan memiliki target Anda bisa memfokuskan energi Anda untuk mencapai target tersebut. Jika ada sesuatu hal yang tidak membantu Anda mencapai target tersebut, sebaiknya tidak Anda lakukan.

* Karena ketika membuat pencapaian sesuai target adalah perasaan yang hebat yang memaksa Anda membuat dan menemukan target baru, membuat siklus berkelanjutan yang menyenangkan.

Jadi, segera putuskan 3 target utama Anda. Apa yang benar-benar ingin Anda capai dengan blog yang Anda miliki? Ini target saya:

1. Mendapatkan 1000 Pengunjung Kedua sebelum akhir tahun

Salah satu pencapaian terbesar blog ini adalah ketika mendapatkan 1000 pengunjung pertama.

Tak terasa blog ini sudah berkembang dengan begitu cepat hingga telah mendapatkan 1000 pengunjung (pada saat artikel ini ditulis telah mencapai lebih dari 1000 pengunjung).

Saya ingin sebelum tahun 2015 berakhir, blog ini mendapatkan lebih dari 2000 pengunjung unik. Angka yang sangat mungkin mengingat blog ini memiliki pengunjung harian 15 sampai 20 orang setiap hari.

2. Mendapatkan 75 Follower sebelum 2016

Follower adalah orang-orang yang mengikuti perkembangan blog kita. Mereka juga menerima email pemberitahuan jika kita menerbitkan artikel baru di blog kita.

Bagi saya, memiliki follower yang banyak adalah nilai lebih. Meskipun mereka tidak senantiasa membaca tulisan kita, setidaknya mereka tahu bahwa kita menerbitkan konten-konten terbaru.

Agar mereka mau membaca artikel kita, salah satu caranya adalah membuat judul yang menghasilkan klik. Sesuatu yang saya pelajari hingga saat ini. Semoga di masa depan saya mampu membuat judul-judul yang menarik.

Sampai artikel ini dibuat, saya memiliki lebih dari 60 follower. Angka 75 adalah angka yang realistis. Bahkan di masa blog yang sepi ini. Mungkin karena pengguna internet di indonesia cenderung memakai twitter dan facebook untuk mengekspresikan diri. Di masa yang akan datang, saya meyakini bahwa pengguna blog akan semakin banyak. Dan itulah calon follower saya yang menjadi target utama pemasaran dalam jangka pendek.

3. Tampil di Halaman Pertama Google di bulan juli.

Sejauh ini, hanya satu artikel yang saya tulis untuk keperluan SEO, yakni kesalahan SEO. Selebihnya, saya tidak peduli.

Sebenarnya cukup banyak artikel saya yang menempati halaman pertama google seperti menumbuhkan kembali semangat ngeblog untuk kata kunci “semangat ngeblog” atau 7 Alasan Mengapa Anda Harus Ngeblog untuk kata kunci “alasan ngeblog”. Tapi itu kata kunci-kata kunci yang tidak begitu populer.

Saya ingin menulis sesuatu yang lebih. Misalnya untuk kata kunci “kebohongan SEO”. Saya melihat peluang untuk tampil di halaman pertama google sangat terbuka lebar. Saya optimis untuk bisa duduk di halaman pertama google.

Rasanya begitu menyenangkan ketika kita duduk di halaman pertama google. Bahkan kesenangannya bisa berlangsung dalam waktu yang lama.

Bagaimana dengan Anda? Apa 3 target yang ingin Anda capai dalam waktu dekat? Masih bingung? Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu Anda menemukan apa yang paling penting bagi Anda berkenaan dengan blog yang Anda kelola:

1. Mengapa Anda ngeblog? Untuk berekspresi? Untuk menghasilkan uang? Untuk mendapatkan follower? Untuk mempublikasikan hasil kerja Anda? Traffic? Atau untuk berhubungan dengan yang lain?

2. Jika blog Anda mencerminkan impian terliar Anda, bagaimana sebaiknya hal itu terlihat? Apakah memiliki design yang berbeda? Berapa banyak follower yang Anda inginkan? Berapa banyak pengunjung? Berapa sering harus posting?

Menjawab pertanyaan diatas akan membantu Anda menemukan visi ngeblog. Kemudian tuliskan 3 target spesifik seperti yang saya tuliskan diatas. Jika Anda masih merasa kesulitan, berikut adalah contoh kongrit lainnya:

* Mendapatkan follower hingga 20% pada tanggal 15 oktober.

* Meningkatkan rata-rata daily hits 30%.

* Posting tiga kali seminggu pada bulan mei, juni, dan juli.

*. Menghabiskan satu jam dalam seminggu untuk mengunjungi blog para follower, membaca postingan mereka, dan meninggalkan komentar, mulai hari ini hingga tanggal 30 desember.

Untuk bonus poin, tulis dengan detail tujuan blog Anda dan publikasikan. Mungkin saja pengunjung yang tahu tujuan blog Anda dalam jangka pendek akan membantu Anda mencapai target tersebut.

Masih kesulitan? Berikut tips tambahan dari saya:

1. Tentukan target yang mudah. Buatlah target-target yang mudah dahulu karena jika Anda membuat target yang sulit, Anda bisa frustasi.

Target yang mudah akan membuat hal itu mudah dicapai sehingga Anda lebih termotivasi untuk membuat pencapaian yang lebih besar lagi.

Sebagai permulaan, Anda bisa membuat target seperti apa yang saya tuliskan diatas. Apakah target-target tersebut realistis?

2. Beri waktu yang longgar. Target 1000 pengunjung kedua sangatlah mudah. Jika sehari saja saya mendapatkan 10 orang pengunjung, maka target tersebut akan tercapai dalam waktu 3 bulan saja.

Saya tidak memberi tenggat hingga bulan oktober. Mengapa? Karena saya tidak ingin membebani diri terlalu berlebihan. Blog ini belum sepenuhmya stabil. Terkadang dalam satu hari saya mendapatkan lebih dari 20 pengunjung. Namun, di hari lainnya hanya 8 pengunjung. Menurut saya, mendapatkan 1000 pengunjung untuk kedua kalinya tidak akan membebani saya jika menetapkannya sampai bulan desember.

3. Harus ada unsur tantangan. Tantangan akan membuat Anda lebih fokus untuk mengelola blog. Saya memberikan tantangan untuk mendapatkan 75 follower hingga akhir tahun.

Pekerjaan yang lumayan sulit mengingat blogger yang menggunakan platform wordpress tidaklah sebanyak blogger.

Itulah 3 tips tambahan dari saya. Semoga Anda sukses menjalankan kursus hari pertama ini.

Iklan

24 tanggapan untuk “Blogging 201 Cukup Menarik

  1. Salam kenal mas. Saya baru memulai blog, blog pribadi sih, cuma sekedar sharing pengalaman pribadi. Setelah membaca tulisan di atas, saya kayanya kudu punya target ngeblog juga biar tambah semangat ngeblognya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s