Tidak Punya Waktu Menulis!

Tidak punya waktu menulis merupakan masalah yang sering terjadi pada beberapa orang. Dari pagi harus bekerja, menghabiskan waktu petang untuk keluarga, dan di malam hari tubuh terasa sangat lelah untuk sekedar menulis sesuatu yang belum  tentu memiliki manfaat.

Benarkah hobi menulis begitu rumit sehingga Anda tidak punya cukup banyak waktu? Saya rasa tidak.

Menulis tidak pernah membutuhkan “terlalu banyak” waktu. Anda bisa menulis kapan pun Anda inginkan. Meskipun sebenarnya lebih baik Anda memiliki waktu tersendiri untuk menulis agar Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan kemampuan menulis Anda.

Komitmen Menulis, Itu yang Penting

Anda tidak akan pernah memulai untuk menulis jika Anda beralasan tidak punya waktu. Percayalah, hal itu tidaklah berlebihan.

Anda harus memiliki komitmen jika Anda benar-benar ingin menulis. Luangkan 1 jam dari waktu 24 jam yang Anda miliki saat ini juga. Tentukan waktu dimana akan Anda habiskan untuk menulis. Nasehat terbaik saya, luangkan waktu pada pukul 8 hingga 9 malam.

Waktu yang tepat untuk menulis bukan?

Jika Anda sudah menentukan waktu yang tepat untuk menulis, sekarang tugas Anda adalah mematuhi jadwal tersebut. Itu adalah waktu Anda untuk menulis dan tidak ada seorang pun yang bisa menganggu Anda.

Apa yang Harus Ditulis?

Bingung mau nulis apa? Bagaimana cara untuk memulai sebuah tulisan? Yakinlah, Anda tidak sendirian.

Saya juga sempat mengalami apa yang Anda rasakan. Tidak tahu harus mulai darimana. Saran saya, mulailah menulis diary atau buku harian. Tulis segala perasaan Anda dan bagaimana Anda menghabiskan waktu seharian ini. Apa saja yang telah Anda lakukan? Apa yang Anda pikirkan? Apa yang Anda sukai?

Kemudian bacalah hasil tulisan Anda. Saya tahu, pasti Anda menghakimi diri terlalu berlebihan. Tulisan Anda terlihat jelek dan itu bukanlah awal yang buruk. Seiring berjalannya waktu tulisan Anda akan membaik. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selanjutnya, lakukan hal itu berulang-ulang. Jika Anda telah menulis diary selama sebulan penuh, kini waktunya mengevaluasi.

Pertahankan apa yang Anda sukai pada tulisan Anda. Sesuatu yang terlihat bagus dimata Anda. Lalu, buanglah bagian-bagian yang menurut Anda buruk. Tulis dalam secarik kertas kecil kelebihan dan kekurangan tulisan Anda sendiri. Dengan demikian Anda akan mendapatkan jenis tulisan yang bisa membuat Anda senang ketika membacanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s