Apa itu SEO? Saya Masih Pemula

Apa itu SEO? Sebuah pertanyaan yang muncul dalam kepala saya ketika pertama kali belajar SEO.

Setelah membaca banyak artikel tentang SEO, saya merasa bahwa SEO bukanlah hal yang terlalu penting dibandingkan dengan menulis konten berkualitas.

SEO berada diluar jangkauan saya. Ilmu yang rumit. Bahkan cenderung membosankan. Jadi, apa itu seo?

Secara singkat, jika ada orang yang bertanya kepada saya “apa itu SEO?”, maka saya akan menjawabnya demikian:

SEO adalah singkatan dari search engine optimisation atau mengoptimalkan mesin pencari. Jadi, SEO bisa diterjemahkan sebagai cara atau tindakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan suatu halaman agar tampil di halaman pertama google.

Sangat banyak artikel yang membahas tentang SEO di internet. Anda bisa browsing sendiri dan memilih mana yang paling cocok untuk Anda.

Pentingkah SEO untuk Blogger

Sekarang Anda tahu apa itu SEO. Pertanyaan selanjutnya apakah itu suatu yang penting untuk blogger?

Tidak penting. Itu hanya digunakan oleh pemasar internet. Jika Anda tidak memiliki produk atau jasa untuk ditawarkan, maka sebaiknya Anda tidak belajar SEO.

Saya tidak ingin Anda tersesat dengan pemahaman yang dangkal tentang SEO. Banyak blogger yang “mendewakan” SEO cenderung banyak menghabiskan waktu secara sia-sia ingin tampil di halaman pertama google.

Saya tidak ingin Anda tersesat.

Tapi saya sangat ingin tampil di halaman pertama google. Bukankah itu butuh SEO?

Ya. Tapi jangan pernah sekali-kali terobsesi dengan SEO. Dalam artikel berjudul “Jangan Bermimpi Jadi Blogger Sukses Tanpa Kerja Keras” telah saya sebutkan “sebaiknya” Anda tidak mempelajari SEO sebelum blog Anda berumur satu tahun.

Untuk tahun pertama, saya menekankan untuk fokus menulis dulu. SEO belakangan.

Kecanggihan algoritma google telah berkembang sedemikian pesat. Anda tidak perlu khawatir artikel Anda tidak tampil di halaman pertama google. Selama itu adalah konten berkualitas, saya berani menjamin artikel Anda akan mampu berada di halaman pertama google.

Tapi Saya Ingin Bersenang-senang dengan SEO

Ya. Saya mengerti perasaan Anda. Saya juga mengalami hal yang serupa. Anda bisa mulai dengan membaca 18 Kesalahan SEO yang Mungkin Anda Lakukan. Itu adalah awal yang baik.

Bersenang-senang dengan SEO tidak perlu membidik kata kunci yang tingkat persaingannya tinggi. Anda bisa mulai dengan kata kunci yang tidak terlalu penting.

Anda bisa membaca “praktik SEO pertamaku” untuk melihat pengalaman pertama saya yang sukses tampil di halaman pertama google.

Saya hanya ingin mengarisbawahi bahwa SEO selalu berbanding lurus dengan kualitas suatu konten. Semakin berkualitas suatu konten, semakin mudah pula untuk di optimisasi.

Nasihat terbaik saya adalah menulislah untuk pembaca. Jangan sekali-kali terobsesi untuk selalu berada di halaman pertama google karena Anda akan tersesat selamanya.

Menghabiskan waktu untuk membangun pembaca setia dengan update setiap hari lebih baik daripada pusing-pusing memikirkan SEO. Camkan itu.

Tapi sekali-kali bermain SEO sangat saya rekomendasikan. Jika Anda benar-benar memahami apa itu SEO?, Anda tidak akan terlalu banyak menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimalkan setiap artikel. Mengapa? Karena hal itu sia-sia.

Iklan

8 tanggapan untuk “Apa itu SEO? Saya Masih Pemula

  1. sampe sekarang belom pengen belajar SEO. Soalnya ngeblog cuma untuk nulis apa yang ingin ditulis, kalaupun dibaca pengennya yang baca temen-temen juga. Jadi gak merasa penting ada di page 1 google πŸ˜€

    tapi ada kok beberapa postingan aku yang masuk page 1. alasannya seh kalau aku lihat karena aku orang pertama yang ngebahas itu dan gak ada lagi yang ngebahas, hahahaha.. walaupun sekarang udah banyak yang membahas topik tersebut tapi karena postingan aku udah lama jadi tetap di page 1 deh tanpa ada di SEO-SEO kan πŸ˜€

    Suka

  2. Nah bener tuh , Isi Konten dulu baru SEO .. Ibaratnya Untuk Dapat hasil Panen Padi Yang Banyak Yah Harus Menanam Yang Banyak JUga… Hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s