Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Cara mendapatkan sitelink merupakan hal yang rahasia. Google dalam situs resminya tidak pernah memberikan penjelasan yang spesifik mengapa sebuah situs dihadiahi sitelink. Jadi, hampir setiap webmaster mempunyai teori-teori spekulasi tentang cara mendapatkan sitelink.

Saya akan membahas semua teori spekulasi yang pernah saya jumpai dan akan memberikan penilaian pro atau kontra terhadap teori-teori tersebut. Tapi sebelum itu saya ingin bercerita dulu tentang kisah saya dan sitelink dari google.

Shiq4 Mendapatkan Sitelink di Bulan Juli

Sebenarnya, saya tidak pernah tahu dan tidak ingin tahu apa itu sitelink. Awal mulanya, saya secara tidak sengaja menemukan artikel mas herman yudiono berjudul Blogodolar Mendapat Google Sitelinks dalam
Usia 5 Bulan. Rasa penasaran pun muncul, apa itu sitelink? Dan saya membaca artikel tersebut hingga selesai.

Saya terkesan. Saya baru tahu bahwa di dunia blogging ada yang namamya sitelink. Jadi apa itu sitelink? Kutipan dibawah ini adalah pengertian sitelink:

Sitelink adalah link-link yang berada dibawah nama domain. Biasanya merupakan halaman yang memiliki jumlah klik tertinggi dalam sebuah website.

Jadi, jika Anda mengetikkan “shiq4” tanpa tanda kutip, maka Anda akan menemukan 6 sitelink yang unik. Saya baru mengeceknya. Ternyata website ini sudah “dihadiahi” sitelink dalam usia 8 bulan. Sebuah kebanggaan tersendiri ketika saya baru menyadari bahwa website ini memiliki sitelink.

Apa Itu Sitelink

Sitelink adalah tautan artikel yang berada dibawah nama domain ketika Anda mengetikkan nama sebuah situs. Misalnya situs shiq4.wordpress.com memiliki enam buah sitelink. Berikut adalah gambarnya :

Jadi, saya mendapatkan sitelink berikut:

1. Tips ngeblog.
2. Halaman about me.
3. Author shiq4
4. 18 Kesalahan SEO yang mungkin Anda lakukan.
5. Belajar SEO di malam hari.
6. Dan terakhir pencapaian baru 100 artikel.

Itulah yang dimaksud dengan sitelink. Tujuannya adalah agar memudahkan pengunjung untuk menjelajahi situs kita.

Atau Anda bisa berbangga hati karena hanya situs yang berkualitas saja yang mendapatkan sitelink dari google.

Manfaat Sitelink

Setelah mengerti pengertian sitelink, tentu Anda bertanya apa manfaat dari sitelink untuk Anda? Menurut berbagai sumber di internet, berikut adalah manfaat sitelink :

* Indikator bahwa situs Anda adalah situs yang berkualitas mengingat tidak semua situs mendapat hadiah ini.

* Memudahkan pengunjung untuk menjelajahi situs Anda.

* Indikator bahwa situs Anda mudah dijelajahi oleh crawler google.

* Menjadi kebanggaan tersendiri karena google tidak pernah memberi tahu bagaimana cara mendapatkan sitelink.

Teori Spekulasi Cara Mendapatkan sitelink

Ada banyak teori yang membahas tentang bagaimana cara mendapatkan sitelink. Saya akan membahasnya satu persatu agar Anda bisa segera mengaplikasikannya sehingga Anda bisa mendapatkan sitelink. Berikut adalah caranya:

1. Gunakan nama domain yang unik. Apalah arti sebuah nama? Bukanlah sesuatu yang penting dalam mengelola sebuah blog. Tapi Anda harus ingat bahwa nama mencerminkan brand Anda.

Jangan menggunakan nama merk yang sudah lazim digunakan seperti nescafe atau coca cola karena akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan sitelink.

2. Update setiap hari selama 60 hari. Google menyukai situs yang terus update. Saya mendapatkan sitelink setelah secara terus menerus mengupdate blog ini setiap hari selama 60 hari.

Bagi Anda yang merasa kesulitanh untuk melakukan hal ini, ada baiknya Anda membaca tips agar konsisten update artikel setiap hari dan segera mengaplikasikannya.

3. Bangun internal link yang baik. Selain untuk keperluan SEO, membangun internal link yang baik merupakan satu-satunya cara terbaik agar google dapat mengindeks semua halaman tanpa terkecuali.

Menurut pengalaman saya, sitelink diberikan untuk halaman yang paling sering mendapatkan klik. Jadi tingkatkan jumlah klik pada suatu halaman, dalam waktu 2 bulan pasti salah satunya menjadi sitelink.

4. Gunakan theme yang SEO. Pastikan theme Anda hanya menggunakan html saja karena bot google tidak mampu membaca flash dan javascipt.

Theme yang SEO memudahkan google untuk mengetahui suatu halaman dengan baik. Dan kemudian memberi peringkat berdasarkan kata kunci yang relevan.

5. Usia blog. Ada banyak anggapan bahwa sitelink hanya diberikan kepada blog yang sudah memiliki usia di atas 6 bulan. Tapi itu adalah anggapan yang salah karena saya pernah menjumpai blog yang mendapatkan sitelink dalam waktu 5 bulan.

Menurut saya, daripada Anda bingung mencari cara mendapatkan sitelink, lebih baik Anda fokus dulu untuk terus menulis. Jika blog Anda sudah berjalan selama 8 bulan atau lebih, tetapi Anda belum mendapatkan sitelink, maka barulah Anda bertindak untuk mencari cara mendapatkan sitelink.

6. Sitelink hanya diberikan untuk blog yang memiliki pageview tinggi. Ini juga teori yang menurut saya sangat tidak relevan.

Contohnya blog shiq4, blog ini hanya memiliki pageview paling tinggi 100 pageview per hari, tetapi kok sudah mendapatkan sitelink?

7. Pastikan blog Anda memiliki konten yang unik. Well, ini berkaitan dengan kualitas konten yang Anda miliki.

Saya meyakini bahwa blog yang memiliki konten-konten unik lebih mudah untuk mendapatkan sitelink dari google.

Jangan pernah sekalipun untuk menerbitkan artikel kopas karena google tidak menyukainya.

Buatlah konten-konten yang disukai google. Jika Anda ingin membuat satu konten yang disukai google, maka tips berikut akan membantu Anda >>> tips menulis artikel yang disukai google.

8. Buat sitemap dan daftarkan pada google. Sitemap dapat berguna bagi pengunjung yang ingin menjelajahi situs Anda.

Tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

9. Bangun backlink dengan anchor text nama blog Anda. Selain untuk SEO, membangun backlink dengan anchor text nama situs juga berfungsi untuk meningkatkan brand Anda di mata para pengunjung.

Tidak perlu tergesa-gesa untuk membangun backlink. Santai saja agar Anda tidak terkena penalti google. Kebanyakan kasus, blog yang tiba-tiba mendapatkan banyak link dianggap google sebagai situs spam. Tentu Anda tidak ingin kejadian semacam itu terjadi pada blog Anda bukan?

10. Hanya blog TLD yang mendapatkan sitekink. Ini juga teori spekulasi yang sudah lama terpatahkan. Kenyataannya, blog saya yang merupakan sub domain dari wordpress.com tetap mendapat sitelink.

Tapi ada kemungkinan yang baik bahwa memang blog TLD lebih mudah untuk memperoleh sitelink dari google. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat blog baru dengan TLD.

11. Jumlah konten cukup mempengaruhi. Jika Anda masih memiliki artikel di bawah angka 100 artikel, ada baiknya Anda segera mempublikasikan artikel Anda sebanyak-banyaknya.

Blog yang kaya konten sepertinya menjadi syarat utama untuk mendapatkan sitelink. Fokus untuk terus menulis dan menerbitkan artikel akan dengan mudah membuat google menyukai blog Anda. Imbasnya, mungkin Anda akan diberi sitelink.

12. Lakukan ping secara teratur. Boleh jadi masalah utama Anda adalah banyak artikel yang tidak terindeks dengan baik sehingga google tidak memberi sitelink pada blog Anda.

Lakukan ping 2 kali dalam seminggu untuk memastikan bahwa artikel Anda telah terindeks dengan baik.

13. Lakukan riset kata kunci dan pastikan Anda berada di halaman pertama google. Salah satu indikator blog berkualitas adalah blog yang duduk di halaman pertama google untuk kata kunci tertentu.

Kebanyakan blog yang mendapatkan sitelink merupakan blog yang mendominasi mesin pencari sehingga bisa dipastikan mendapat kepercayaan dari mesin pencari.

Artikel 6 cara tampil di halaman pertama google akan membantu Anda mendominasi mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

Itulah ketiga belas cara mendapatkan sitelink. Apakah Anda memiliki cara tersendiri? Bagaimana caranya? Pastikan Anda meninggalkan komentar dan saya akan menambahkannya ke dalam artikel saya.

Terima kasih atas kunjungannya.

Iklan

18 tanggapan untuk “Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

  1. Saya masih perlu belajar banyak soal istilah-istilah yang ada di sini, Mas :haha, soalnya masih ada beberapa yang kurang saya pahami :hehe. Tapi barusan saya search blog saya di Google dan ternyata blog saya dapat sitelink, dua banyaknya :hore. Kayaknya cara-cara di artikel ini penting supaya blog kita bisa semakin dikenal :)).

    Suka

  2. Oooh gitu ya sitelink, sering lihat model begitu pas mencari sesuatu, ada abiut dan halaman lainnya, Habis baca postingan Shiq saya coba punya saya ada 10 sitelink 😀 . Saya baca di forum wp konon ping sudah ga berguna lagi ga tau deh benar apa tidak ya 😀 .

    Suka

      1. Caranya ketikan nama website kita. Misalnya nama blog ini shiq4.wordpress.com maka sitelink akan keluar ketika mengetik nama shiq4. Tuliskan saja nama blog Anda. Kalau nggak ada sitelinknya berarti belum dapat

        Suka

  3. maaf menurut saya situs yang mendpatkan sitelink belum pasti juga situs yang berkualitas, itu tergantung bnyk visitor yang masuk dalam blog. jika blog saya berkualitas dan dapat sitelink tentu saja saya tidak percaya, blog saya hanya blog copas yang meragukan sisi kualitasnya. sumber: pengalaman pribadi

    Suka

    1. Wah saya kurang tahu mas. Blog kopas kalau dilaporkan juga bakalan ke banned. Mungkin belum ke deteck ama google. Seandainya kena penalty bakalan susah dapat sitelink lagi. 😀

      Suka

  4. Walaaah, ternyata sitelink itu judul artikel yang muncul ketika mengetik nama blog to? Baru tahu saya. Kalau itu saya punya banyak, ada 45 sitelink. Tidak percaya? coba ketikkan juragan les. Atau mungkin hanya hp saya saja ya, yang bisa menampilkan. Kok banyak bingits

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s