Mengapa Blog Sepi Pengunjung? Penyebab dan Solusinya

Mengapa blog sepi pengunjung? Mungkin pertanyaan tersebut pernah Anda tanyakan pada diri sendiri. Sudah susah payah menulis artikel, eh… Pengunjungnya masih sepi saja. Ironis bukan?

Tidak perlu bingung. Sudah saatnya Anda mencari penyebabnya dan segera mengatasinya agar blog Anda ramai pengunjung. Berikut adalah kemungkinan terbesar mengapa blog Anda sepi pengunjung beserta solusinya:

1. Blog Anda masih baru, tidak semua artikel terindeks google. Ini masalah sederhana. Blogger pemula cenderung tergesa-gesa untuk menyimpulkan sesuatu. Mereka sering bertanya “mengapa blog saya sepi pengunjung?” di kotak komentar dan di forum-forum.

Kemudian beberapa blogger yang lebih senior berusaha mencari tahu sebab-sebabnya. Blogger senior pun bertanya “berapa umur blognya?”.

Dengan semangat blogger pemula menjawab “masih 3 bulan”. Oh…. Ternyata itu masalahnya. Paling-paling blogger senior berkata “blog yang berumur segitu memang sepi, tetap konsisten ngeblog ntar traffiknya bakalan naik dengan sendirinya”. Dan berakhirlah percakapan antar blogger tersebut.

Ya… Kalau blog Anda masih baru, mungkin tidak semua artikel Anda terindeks dengan baik oleh google sehingga tidak bisa muncul di hasil pencarian. Itu bukanlah masalah besar. Seiring dengan berjalannya waktu, blog Anda akan terindeks oleh google. Anda tidak perlu melakukan apapun.

Solusi: metode add url sudah basi karena membutuhkan waktu berminggu-minggu. Jika blog Anda masih baru dan ingin cepat terindeks google, Cara terbaik adalah dengan mencari backlink berkualitas dari blog yang sudah berumur lebih dari satu tahun. Anda bisa meminta teman Anda yang memiliki blog berumur lebih dari satu tahun untuk mereview blog Anda.

Dan dalam waktu seminggu blog Anda akan segera di indeks oleh google. Kalau Anda tidak memiliki teman seperti diatas, dengan terpaksa Anda harus merogoh kocek dan membayar blogger lain untuk mereview blog baru Anda. Mudah bukan?

2. Blog Anda miskin konten. Blog saya sudah genap berumur 6 bulan, tapi kok masih sepi? Pertanyaan ini juga sering saya temui.

Memang, blog yang sudah berumur 6 bulan atau lebih hampir pasti akan memiliki setidaknya 1500 pengunjung unik setiap bulannya. Jika blog Anda tidak demikian, pasti ada sebabnya.

Setelah ditelusuri, ternyata masalah utamanya adalah blog Anda masih miskin konten. Berapa banyak artikel yang telah Anda tulis? Jika masih dibawah 200 artikel, itu berarti Anda harus sering update.

Solusi: Jangan memikirkan kualitas dulu. Yang penting Anda harus rajin update. Tapi juga jangan update artikel-artikel yang buruk. Menulislah sewajarnya. Pastikan tulisan Anda terdiri dari 300 kata atau lebih.

3. Loading blog Anda lama sehingga pengunjung meninggalkan blog Anda. Bisa jadi masalah utama mengapa blog Anda sepi pengunjung adalah memiliki loading yang lama.

Loading blog yang lama membuat pengunjung Anda jengkel sehingga menutup browsernya dan mencari sumber informasi lain, mungkin pesaing Anda. Bounce rate akan tinggi, meskipun ini bukanlah sesuatu yang penting, tetapi google menandai blog dengan bounce rate tinggi sebagai situs yang buruk. Tentunya Anda tidak ingin situs Anda dicap sebagai situs yang buruk bukan?

Solusi: Kurangi penggunaan gambar dengan ukuran yang besar. Juga pastikan Anda telah mengkompress javascript sebelum menggunakannya. Lebih jauh lagi, panduan berikut akan membuat situs Anda semakin cepat : Best Practices for Speeding Up Your
Web Site.

4. Anda tidak menggunakan SEO. Dulu pertama kali saya ngeblog, sering saya bertanya kepada diri sendiri seperti ini:

Kok bisa ya website orang lain muncul di halaman pertama google?, padahal artikelnya biasa saja tuh…

Seiring berjalannya waktu, saya terus mencari cara tampil di halaman pertama google dan mulai menyadari saya membutuhkan SEO.

Saya masih ingat artikel SEO pertama yang saya buat adalah 18 Kesalahan SEO yang mungkin Anda lakukan dengan kata kunci “kesalahan SEO”. Artikel tersebut tampil di urutan kedua dan sampai saat ini terus mendatangkan pengunjung.

Mau tidak mau, suka tidak suka, Anda membutuhkan SEO untuk mengelola blog Anda. Tanpa SEO yang baik, Anda tidak akan kemana-mana.

Solusi: pelajari SEO mulai dasarnya. Anda bisa mulai dengan membaca pengertian SEO untuk pemula. Kalau Anda memiliki budget berlebih, belilah buku tentang SEO di toko buku terdekat.

5. Kurang Promosi. Bisa jadi blog Anda tidak ada pengunjung karena orang lain tidak pernah tahu bahwa blog Anda eksis. Untuk itu, Anda harus promosi.

Jangan malu untuk shared artikel yang Anda tulis sendiri. Bagikan tulisan Anda ke media-media sosial yang Anda gunakan. Pasti nanti ada yang melakukan klik dan menjadi pengunjung Anda.

Solusi: Buat saya, promosi terbaik adalah melalui blogwalking. Jika Anda bisa berkomentar sesuai etika, maka dapat saya pastikan blogger lain akan mengunjungi blog Anda.

Itulah 5 sebab dan solusi mengapa blog sepi pengunjung. Meskipun masih banyak penyebab lainnya, saya sengaja tidak menuliskannya karena akan saya kupas tuntas di artikel berikutnya. Terima kasih sudah membaca.

Iklan

13 tanggapan untuk “Mengapa Blog Sepi Pengunjung? Penyebab dan Solusinya

  1. Begitu, ya :hehe. Masalah saya (semua bermasalah sih, tapi yang paling membutuhkan perbaikan ya ini) adalah di konten yang berkualitas dan konsisten karena jumlah artikel saya masih di bawah 100 dan update-nya juga kadang-kadang :haha. Mesti lebih berkomitmen dan lebih meluangkan waktu lagi nih untuk ini supaya konsistensi bisa tercapai. Terima kasih karena sudah mengingatkan ya Mas.

    Suka

  2. Yang paling susah itu cari backlink berkualitas.. dengan cara mereview blog kita… gmna yaa caranya….????? Apakah om admin bersedia mereview blog saya.? 😀 di tunggu ya om reviewnya… xixixixi ^_^

    Suka

  3. Artikelnya bagus dan baik hati. Thanks, admin. Saya tergolong spesies dinosaurus untuk urusan ngeblog, tapi dinosaurus yang mau belajar. Nanti kalau sudah agak pinteran dikit cara nanyanya, nanya-nanya boleh, ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s