9 Cara Membuat Konten Berkualitas! Baca dan Praktikan

Banyak cara untuk membuat konten berkualitas. Anda hanya perlu mengetikan kata kunci “cara membuat konten berkualitas” di mesin pencari dan Anda akan mengetahui cara-cara terbaik untuk membuat konten berkualitas.

Pertanyaannya, apakah Anda puas dengan cara-cara tersebut? Kebanyakan akan berkata TIDAK karena terkadang mesin pencari tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga artikel-artikel yang muncul “terkadang” tidak pernah benar-benar relevan.

Pertama, sebelum saya membeberkan cara-cara membuat artikel berkualitas, ada baiknya kita menyamakan dulu persepsi “konten berkualitas” agar tidak terjadi salah paham.

Jadi, Apa definisi konten berkualitas menurut Anda? Karena jika Anda tidak tahu bentuk dari artikel berkualitas, bagaimana kita bisa membuatnya?

Konten berkualitas adalah artikel yang ditulis dengan baik ejaan dan tanda bacanya, disajikan secara sistematis sehingga mudah dipahami maksud dan tujuannya, dan sebagai tambahan, bisa muncul di halaman pertama google alias SEO friendly.

Jadi, kita telah paham pengertian konten berkualitas. Artikel yang ditulis dengan buruk? Bukan konten berkualitas. Artikel yang tidak keluar di halaman pertama google? Juga bukan konten berkualitas. Kita benar-benar akan membuat satu contoh konten berkualitas yang sempurna. Berikut adalah 9 Cara membuat konten berkualitas:

1. Anda harus tahu apa itu SEO!. Yang terpenting dari segalanya adalah pengetahuan Anda tentang SEO.

Tidak peduli bagaimana cara Anda membuat konten berkualitas, Anda harus tetap menyertakan kata kunci dalam artikel Anda agar halaman Anda muncul di halaman pertama google.

Tidak perlu terlalu serius. Anda hanya perlu menyusun kata kunci secara alami. Misalkan pada artikel saya ini, saya tetap harus menyertakan kata kunci “cara membuat konten berkualitas”. Semudah itu.

Berpikirlah kreatif untuk bisa memasukan kata kunci yang Anda targetkan. Satu-satunya hal yang harus Anda pahami adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk memasukan kata kunci. Semua harus alami agar Anda tidak terkena penalti dari google.

Dua cara yang wajib Anda ketahui adalah hal berikut:

1. Kata kunci pada judul. Anda harus meletakan kata kunci pada judul agar google bisa bekerja sebagai mana mestinya. Sangat banyak tutorial yang bisa membantu Anda untuk membuat judul yang SEO.

Salah satunya adalah cara membuat judul yang sempurna. Pelajari dengan seksama dan terapkan.

2. Deskripsi. Apa yang membuat konten Anda layak untuk diklik adalah deskripsi yang bisa menggambarkan seluruh isi artikel.

Deskripsi blog Anda adalah 160 kata awal yang ada dalam setiap konten. Lihatlah deskripsi pada blog ini :

Banyak cara untuk membuat konten berkualitas. Anda hanya perlu mengetikan kata kunci “cara membuat konten berkualitas” dan Anda akan mengetahui cara-cara terbaik untuk membuat konten berkualitas.

Apakah Anda tahu bahwa deskripsi diatas mengandung kata kunci “cara membuat konten berkualitas”? Itulah yang membuat Anda melakukan klik dan membaca artikel ini.

Anda ingin mendapatkan jawaban tentang cara membuat konten berkualitas yang baik dan benar. Bukankah demikian?

2. Orisinil, lain dari yang lain. Dunia internet begitu luas. Persaingan untuk tampil di halaman pertama google juga sangat ketat. Lantas apa yang membuat halaman ini mendapatkan klik?

Orisinilitasnya. Sangat banyak artikel yang membahas tentang konten berkualitas. Saya menyadarinya. Satu-satunya kelebihan artikel ini ada pada penyampaiannya atau gaya menulisnya.

Saya juga memberi tahu Anda bagaimana seni memasukan kata kunci “cara membuat konten berkualitas” tanpa mengurangi keindahan kata. Terasa alami bukan?

Pengunjung sudah jemu dengan artikel yang biasa. Berikan nilai lebih pada setiap artikel Anda dan Anda akan menikmati duduk di halaman pertama google dalam jangka waktu yang lama.

3. Memiliki ide yang baru. Pembaca blog Anda adalah kumpulan orang-orang pintar. Tak peduli sebaik apapun Anda menyajikan suatu konten, tidak akan banyak berarti jika itu adalah ide-ide lama yang sudah sangat umum.

Pembaca ingin pendekatan lain. Sesuatu yang baru. Pemikiran yang tidak dimiliki oleh website atau blog manapun. Untuk itulah mereka mau membaca tulisan Anda.

Bacalah tulisan pesaing-pesaing Anda. Apa yang mereka tuliskan? Apakah Anda mampu memberi pendekatan yang baru? Sesuatu yang membuat Anda menonjol dari kebanyakan blogger. Jika ya, maka buatlah satu. Saya siap membaca tulisan Anda.

4. Perhatikan panjang konten. Konten berkualitas harus panjang. Menjelaskan sesuatu hingga detail tertentu bisa menjadi senjata untuk mendapat perhatian pembaca.

Jika beruntung, maka pembaca akan membagikan tulisan Anda kepada teman-temannya. Jika tidak beruntung, maka Anda harus siap berbenah diri.

Konten berkualitas terdiri dari 2 hal yakni:

1. Permasalahan utama. Adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban pasti. Bukan teori konspirasi.

Misalnya pada artikel ini. Apa permasalahan utamanya? Yakni seorang blogger yang ingin membuat konten berkualitas tapi tidak tahu bagaimana caranya.

Oleh karena itu, artikel ini menjelaskan dengan detail cara-cara membuat konten berkualitas sehingga pembaca mampu menulis konten-konten berkualitas setelah membaca artikel ini.

2. Solusi dari pertanyaan. Pada tulisan ini menjelaskan 9 cara untuk membuat konten berkualitas. Itu adalah jawaban dari pertanyaan.

Terlepas dari setuju atau tidak, pembaca harus merasa bahwa masalah mereka telah terpecahkan setelah membaca artikel ini. Jika tidak, maka itu berarti saya gagal menyelesaikan masalah pembaca dan perlu mengoreksi ulang artikel ini.

5. Sistematis dan enak dibaca. Konten yang berkualitas selalu tersusun rapi dan enak dibaca. Ini berkaitan dengan kenyamanan pembaca saat membaca.

Pengalaman membaca yang memuaskan akan memicu pembaca untuk membaca artikel lainnya.

Artikel 16 tips menulis artikel yang enak dibaca akan banyak menolong Anda ketika membuat konten berkualitas.

6. Pilih topik yang unik. Terkadang, menentukan tema menulis butuh waktu yang cukup lama. Anda harus benar-benar memutuskan topik apa yang cocok untuk Anda.

Semakin spesifik, hasil yang diperoleh pun semakin baik. Misalkan, topik artikel ini adalah cara membuat konten berkualitas. Merupakan topik yang lebih spesifik dari tema tips menulis.

Dalam memilih tema menulis, setidaknya mempertimbangkan hal berikut:

1. Tema yang mudah yaitu tema yang Anda kuasai.

2. Mudah mencari referensi tambahan.

3. Tema yang Anda sukai.

7. Mudah dipahami. Konten berkualitas harus mudah dipahami. Percuma saja Anda menulis sesuatu yang tidak dimengerti oleh orang lain.

Gunakan bahasa baku yang sederhana. Jelaskan setiap poin dengan detail. Cetak tebal kata-kata yang penting.

Dan yang paling penting, orang lain harus benar-benar paham setelah membaca tulisan Anda.

8. Fokus menulis untuk pembaca. Banyak orang membuat konten hanya untuk berada di halaman pertama google. Itu orientasi yang salah.

Idealnya, jika Anda menulis untuk pengguna internet dan itu bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, maka Anda akan tampil di halaman pertama google.

Jadi, Anda harus bijaksana dalam menyikapinya. Menulis untuk pembaca, juga untuk mesin pencari.

Karena adalah bodoh menulis konten yang tidak muncul di halaman pertama google. Kecuali Anda seperti saya, blogger yang hanya bersenang-senang dengan menulis.

9. Bangun interaksi. Sapalah pembaca Anda dengan menggunakan kata “Anda”. Manusia memiliki sifat egois. Berkenaan dengan pengalaman membaca, mereka hanya menginginkan manfaat yang sebesar-besarnya.

Mereka hanya berfokus pada apa yang Anda peroleh setelah membaca dan tidak terlalu senang dengan kata saya.

Menulislah seolah-olah Anda berbicara. Gunakan nada yang santai dan selalu gunakan kata persuasif seperti sebaiknya, seharusnya, semestinya, dan lain-lain.

Balaslah setiap komentar yang masuk dengan ramah. Bila perlu lakukan kunjungan balik dan berkomentarlah di blog lain.

Itulah 9 cara membuat konten berkualitas. Pelajari dan terapkan!. Dan Anda akan berada di halaman pertama google dalam waktu yang lama.

Iklan

16 tanggapan untuk “9 Cara Membuat Konten Berkualitas! Baca dan Praktikan

  1. Suka banget sama bagian kalimat agan “Pembaca blog anda adalah kumpulan orang-orang pintar”

    Ah itu bener banget, banyak blogger di luar sana yang menganggap dirinya lebih pintar dari para pembaca, haduh 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s