Tips Menulis Artikel Berkualitas

Tips menulis artikel berkualitas – Mungkin Anda sudah jenuh dengan jargon konten adalah raja. Tapi mau tak mau Anda harus menempatkan artikel berkualitas sebagai prioritas utama dalam mengelola sebuah website.

Tips-tips berikut ini akan membantu Anda menulis artikel berkualitas:

1. Buat Artikel Panjang

Salah satu ciri artikel berkualitas adalah panjang artikel itu sendiri. Menurut beberapa penelitian, artikel dengan panjang 1500 kata atau lebih memiliki kemungkinan lebih besar untuk tampil di halaman pertama google.

Google menyukai konten unik, orisinil, dan panjang. Itu bukanlah suatu rahasia lagi.

Lantas, apakah dengan menulis artikel yang panjang kita bisa menempati halaman pertama google?

Jawabanya tergantung bagaimana Anda menyajikan artikel tersebut. Jika artikel panjang tapi hanya berisi basa-basi yang tidak penting, kemungkinan besar Anda akan terdepak dari halaman pertama google.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menulis artikel panjang yang berkualitas? Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Tulis dengan detail. Kalau Anda ingin tulisan Anda panjang, Anda bisa melakukannya dengan menulis sampai detail. Tulis dengan gaya deskripsi sehingga Anda bisa menggambarkan suatu keadaan atau kondisi dengan sedetail mungkin.

2. Cari bahan menulis yang banyak. Misalkan dalam penulisan artikel ini, saya mengumpulkan semua bahan yang ada di internet yang berhubungan dengan topik tips menulis artikel berkualitas. Ya… Saya menulis ulang apa yang saya baca.

Dengan banyaknya bahan menulis tersebut, saya tidak akan kesulitan untuk membuat satu artikel berkualitas yang mampu bersaing di halaman pertama google.

3. Tambahkan opini Anda dalam pembuatan artikel. Opini Anda secara pribadi akan mampu membuat tulisan Anda tampak lebih panjang. Selain itu, opini pribadi dapat menjadikan artikel Anda unik dan berbeda.

Perlu Anda ketahui, google akan menandai artikel panjang sebagai artikel yang kaya informasi sehingga menempatkannya di peringkat tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya artikel Anda terdiri dari 800 kata atau lebih agar Anda bisa bersaing untuk menempati halaman pertama google.

2. Artikel berkualitas harus enak dibaca. Apa jadinya jika Anda menulis artikel panjang yang tidak enak dibaca? Pengunjung akan menutup browsernya sebelum membaca seluruh artikel Anda.

Tanpa sifat enak dibaca, artikel Anda hanyalah sebuah artikel panjang yang membosankan. Oleh karena itu, perhatikan cara penyajian Anda.

Artikel yang enak dibaca bukanlah artikel yang penuh dengan istilah-istilah blogging. Artikel yang enak dibaca biasanya adalah artikel sederhana dan mudah dimengerti. Tidak berbelit-belit.

Untuk lebih jelasnya silakan baca tips menulis artikel yang enak dibaca.

3. Standart SEO. Artikel Anda harus menyertakan kata kunci. Pada artikel ini, saya menggunakan kata kunci panjang “tips menulis artikel berkualitas”.

Tanpa menyertakan kata kunci, artikel Anda tidak akan mampu bersaing dengan blogger lain. Berapa kali Anda membaca “tips menulis artikel berkualitas” pada artikel ini? Sebanyak itulah Anda harus mengulangi kata kunci yang Anda targetkan.

Masih banyak faktor yang membuat sebuah artikel berkualitas bisa tampil di halaman pertama google. Anda bisa mulai belajar SEO dan mengenal SEO offpage dan SEO onpage pada artikel pengertian SEO.

Anda juga bisa melihat detailnya jika Anda meluangkan waktu untuk membaca tips menulis artikel SEO.

4. Menulis artikel yang disukai google. Google juga menyukai beberapa jenis artikel. Salah satunya adalah artikel yang mampu menyelesaikan suatu permasalahan.

Salah satu contohnya adalah cara membuat konten berkualitas. Artikel tersebut disukai google karena mampu memberikan jawaban bagi pengguna yang ingin mengetahui cara membuat konten berkualitas.

Google juga menyukai beberapa jenis konten lainnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca tips menulis artikel yang disukai google.

5. Membuat internal link yang baik. Salah satu tips menulis artikel berkualitas adalah dengan membuat internal link menuju artikel-artikel lainnya.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pageview, internal link berguna untuk memberikan informasi yang masih berhubungan kepada pembaca.

Dengan demikian akan tercipta artikel berkualitas yang akan memanjakan pembaca Anda dengan berbagai informasi yang ada.

Lebih jauh lagi, internal link bisa berpengaruh terhadap hasil pencarian pada mesin pencari. Sesuatu yang Anda harapkan bukan?

6. Harus disukai pembaca. Jangan hanya menulis untuk mesin pencari dengan menyertakan banyak kata kunci. Semuanya harus berimbang. Anda juga harus memperhatikan pembaca setia Anda.

Pastikan Anda membaca tips menulis artikel yang disukai pembaca dan mengaplikasikannya untuk membuat satu konten berkualitas.

7. Gunakan kata kunci panjang. Artikel berkualitas adalah artikel yang membahas sesuatu dengan spesifik. Contoh sederhananya ada pada artikel ini, daripada menembak kata kunci “artikel berkualitas”, saya cenderung lebih menyukai untuk kata kunci yang panjang menjadi “tips menulis artikel berkualitas”.

Pastikan semua postingan Anda memiliki setidaknya satu kata kunci panjang agar artikel tersebut mampu bersaing untuk tampil di halaman pertama google.

Iklan

6 tanggapan untuk “Tips Menulis Artikel Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s