Cara Terbaik Memilih Topik Blog

Memilih topik blog merupakan langkah awal yang besar untuk menuju kesuksesan. Pada titik inilah ujian pertama bagi blogger untuk menentukan sebuah sikap terhadap berbagai pilihan yang ada. Terkadang, memilih topik tidak semudah membalik telapak tangan. Anda tidak perlu bingung karena saya akan memandu Anda untuk memilih topik terbaik untuk blog Anda. Mari kita mulai perjalanan memilih topik ini.

Mana yang lebih penting ketika memilih topik, minat Anda terhadap topik tersebut atau topik populer yang banyak dicari orang?

Jawabannya, keduanya sangat penting. Tapi jika harus memilih, maka saya lebih menyukai untuk memilih topik yang Anda minati. Mengapa? Berikut beberapa alasannya:

1. Kepuasan pribadi. Ketika Anda menulis sesuatu dimana Anda memiliki minat tentang topik tersebut, maka Anda sudah 50% berhasil.

Anda akan merasa senang sepanjang waktu sehingga produktivitas menulis Anda akan bertambah. Bagi saya, kesenangan dalam mengelola blog adalah nomer satu. Sedangkan menghasilkan uang, itu mudah diatur jika Anda sudah konsisten menerbitkan artikel.

Dulu, saya benar-benar mengira bahwa blog yang berupa jurnal atau sekedar catatan pribadi tidak akan mampu mendatangkan pengunjung. Kenyataannya, saya bisa mendapatkan 50-70 pengunjung unik setiap hari. Padahal usia blog ini masih belum genap satu tahun. Diakhir tahun, saya optimis untuk mendapatkan 100 pengunjung unik setiap hari.

Ini masalah kepuasan pribadi. Anda akan merasa nyaman dan mudah menghasilkan uang hanya jika Anda menulis apa yang Anda sukai. Bukan menulis sesuatu yang tidak Anda sukai.

2. Lebih mudah mendapatkan ide menulis. Saya sering berkeliling membaca blog teman-teman dan sering menemukan postingan yang mengatakan bahwa blogger tersebut kehabisan ide. Apa yang terjadi? Apa ada yang salah?

Kesalahan yang mungkin tidak pernah disadari adalah blogger tersebut tidak pernah memiliki minat terhadap apa yang ditulisnya sehingga seolah-olah telah menuliskan semua ide yang pernah ada. Ia menjadi malas dan beberapa bulan ke depan, Anda akan menemukan blog tersebut telah terbengkalai.

Berbeda halnya dengan blogger yang menulis karena ia memiliki minat terhadap topik tersebut. Ia akan selalu punya ide baru seolah-olah ada bagian kosong yang perlu diisi untuk menyempurnakan tulisannya. Ia akan selalu antusias untuk menulis.

3. Belajar menjadi ahli. Setelah sekian lama menulis dan membaca artikel dengan topik yang Anda minati, Anda akan menjadi ahli di bidang tersebut.

Ini hanyalah masalah waktu sampai Anda benar-benar menjadi seorang ahli. Seiring berjalannya waktu, pengalaman Anda akan bertambah. Dan itu sesuatu yang baik bagi perkembangan blog Anda di masa depan.

Jadi, tips pertama dari cara terbaik memilih topik blog adalah pilih topik yang Anda minati.

Hindari Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Perlu

Saya telah cukup berpengalaman dalam bidang ngeblog sehingga cukup berani untuk menulis tutorial “cara terbaik memilih topik blog” ini.

Dulu, saya sering membuat kesalahan sehingga tidak satu blog pun yang berhasil. Kabar baiknya, Anda bisa belajar dari pengalaman saya agar tidak mengalami kesalahan yang sama. Beberapa kesalahan yang pernah saya buat adalah sebagai berikut:

1. Jangan meniru topik karena blogger lain mampu menghasilkan uang dari topik tersebut. Siapa yang tidak ingin menghasilkan uang dari blog? Tinggal menulis, melakukan promosi, mendapatkan pengunjung, dan kemudian mendapatkan beberapa dollar dari klik pengunjung pada iklan yang kita pasang. Semua orang pasti menginginkannya, kecuali bagi Anda yang ngeblog untuk bersenang-senang.

Tapi jangan pernah meniru topik yang membawa blogger lain sukses, sedangkan Anda tidak menyukai topik tersebut. Mungkin Anda bisa bertahan selama beberapa bulan, tapi cepat atau lambat Anda akan bosan. Tulisan Anda akan terlihat kering karena Anda menulis dengan beban berat. Tidak ada lagi kesenangan dalam ngeblog. Anda akan gagal.

2. Memilih topik populer tetapi Anda tidak memiliki pengetahuan tentang topik tersebut. Topik populer seperti tips ngeblog menjadi pilihan utama blogger pemula karena banyak dicari. Selain mudah dibuat, tips-tips ngeblog merupakan hal-hal yang kita lakukan sehari-hari sehingga kita bisa dengan leluasa menuliskannya.

Pertanyaan terbesarnya adalah sampai kapan Anda bisa menulis padahal Anda tidak tahu banyak tentang dunia ngeblog? Sebagian besar menyerah di tengah jalan. Hanya sebagian saja yang mampu terus menulis tips ngeblog tanpa henti. Mengapa? Karena blogger sukses memiliki segudang pengalaman pahit. Yang membuat mereka bertahan adalah niat yang sungguh-sungguh. Mereka mau terus belajar.

Bagi Anda yang ingin memilih topik populer lainnya seperti teknologi atau kesehatan tapi Anda tidak pernah memiliki minat dalam bidang tersebut, sudah siapkah Anda dengan kegagalan? Menurut saya hanya 20% blogger yang mampu bertahan untuk menulis apa yang tidak mereka ketahui. Apakah Anda salah satunya? Biar waktu yang akan menjawabnya.

3. Hindari memilih topik yang Anda sukai tapi tidak ada yang mencari. Kadang-kadang saya sebagai blogger sering menghadapi dilema ini. Saya orang yang suka dengan teori ekonomi. Saya kuliah di jurusan tersebut. Sempat terpikir untuk membuat blog bertema ekonomi. Tetapi apa yang menjadi masalah adalah tidak ada atau jarang sekali orang yang mencari teori tersebut.

Akhirnya, blog bertema ekonomi itu pun hanya sebatas wacana. Untunglah saya memiliki blog gado-gado ini sehingga saya tidak pernah kesulitan untuk menerbitkan artikel bertema ekonomi. Saya ngeblog hanya untuk kepuasan pribadi. Jadi hal ini bukanlah masalah yang besar.

Ini hanya menjadi masalah besar bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari blog. Jangan pernah memilih topik yang tidak ada seorang pun yang mencarinya.

Jadi tips kedua cara memilih topik blog adalah hindari 3 kesalahan diatas.

Pertanyaan Penting Sebelum Memilih Topik

Untuk menentukan topik terbaik bagi Anda adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Apa keahlian Anda? Topik blog yang sesuai dengan keahlian Anda akan memudahkan Anda update artikel setiap hari karena berkenaan dengan pengalaman Anda sehari-hari.

2. Topik apa yang Anda minati? Topik apa yang Anda sukai untuk dibaca setiap hari? Dengan membaca topik tertentu akan membuat Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk menulis opini Anda sendiri.

Jangan takut untuk menjadi berbeda dengan yang lain karena semakin berbeda Anda menyampaikan informasi, maka hasilnya akan semakin baik pula.

3. Apa topik bacaan kesukaan Anda sebulan terakhir ini? Membaca topik tertentu dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda jatuh cinta pada topik tersebut.

Anda akan memiliki pengetahuan yang lebih dari cukup untuk inspirasi menulis Anda. Saya menghabiskan banyak waktu untuk membaca artikel-artikel SEO. Saya menyukainya. Dan tak lama kemudian, setelah saya memulai praktik SEO pertama saya, saya menerbitkan dua artikel pertama tentang SEO yakni pengaruh internal link pada SEO blog dan pengertian SEO untuk pemula yang merupakan dasar pemahaman SEO.

Di masa yang akan datang, saya rasa tidak akan mengalami kesulitan untuk menulis artikel-artikel tentang SEO lainnya.

Jika jawaban Anda adalah tidak ada karena Anda tidak suka membaca, sebaiknya Anda segera mulai membaca mengingat begitu besarnya manfaat membaca bagi blogger.

4. Hobi apa yang Anda gemari? Jika Anda memiliki hobi, maka tidak ada salahnya untuk menulis artikel berdasarkan hobi Anda.

Misalnya Anda hobi memodifikasi mobil. Tuliskan kegiatan Anda selama memodifikasi mobil. Tunjukkan satu-satunya cara agar mobil yang dimodifikasi tampak indah dan elegan.

Biasanya blog yang Anda tulis berdasarkan hobi akan menjadi blog otoritas. Salah satu contohnya adalah blog omkicau yang terkenal sebagai tempat informasi bagi Anda pecinta burung.

5. Ilmu apa yang sedang Anda pelajari? Biasanya orang akan lebih mudah untuk menulis sesuatu yang sedang ia pelajari.

Pengalaman setiap orang berbeda-beda ketika ia sedang mempelajari sesuatu. Tuliskan pengalaman Anda! Entah itu ketika Anda berhasil atau gagal mengerjakan sesuatu.

Contoh sederhana adalah artikel tentang kesalahan blogger pemula. Itu merupakan pengalaman pribadi saya selama menjadi blogger. Jadi, semua terlihat begitu unik dan alami sehingga bisa menjadi pelajaran berharga bagi Anda yang sedang belajar ngeblog.

6. Apa pekerjaan Anda? Anda pasti memiliki pengalaman yang lebih dari cukup berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda tekuni.

Misalkan saya seorang pedagang buah. Saya biasa menuliskan pengalaman sederhana yang sering terjadi ketika bertransaksi buah-buahan. Salah satu artikel favorit saya adalah 6 tips mendapatkan pelanggan ketika berjualan. Saya tidak pernah kesulitan untuk membuatnya.

Saya rasa 6 pertanyaan di atas cukup memberikan gambaran topik apa yang cocok bagi Anda. Jadi, tips ketiga cara memilih topik blog adalah jawab pertanyaan-pertanyaan penting di atas.

Persaingan dengan Blogger Lain

Apapun topik yang Anda pilih, Anda akan menemukan bahwa topik tersebut telah banyak di bahas oleh blogger lain. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Itu sesuatu yang lumrah!

Segeralah menulis setidaknya 30 artikel awal untuk mengupdate blog Anda sekali setiap hari selama 30 hari berturut-turut. Tidak perlu artikel berkualitas. Cukup artikel ala kadarnya sebagai tanda perkenalan kepada google bahwa blog Anda terus terupdate. Hal ini bertujuan agar blog Anda cepat terindeks sehingga bisa keluar di halaman hasil pencarian.

Dalam sebulan, Anda harus mulai belajar SEO. Tidak ada cara lain lagi. Anda bisa mulai belajar SEO mulai dari pengertian SEO. Kemudian perbanyaklah membaca artikel tentang SEO. Agar Anda tidak salah ketika mendalami SEO, ada baiknya Anda membaca 20 kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai.

Setelah Anda mengetahui SEO, cobalah mulai berani bersaing untuk kata kunci yang panjang. Jangan membidik kata kunci yang pendek dulu.

Setelah beberapa kali artikel Anda bisa berada di halaman pertama google, Anda bisa melupakan SEO. Tulislah artikel sesuka hati Anda karena Anda telah memiliki pengunjung setia. Jika memungkinkan, fokuslah untuk membidik satu kata kunci pendek.

Jadi tips terakhir cara memilih topik pada blog adalah carilah topik yang memiliki persaingan rendah agar Anda mampu mendominasi mesin pencari.

Bagaimana Jika Membahas Banyak Topik Saja

Itu terserah Anda.

Dalam artikel pilih mana, membahas banyak topik atau satu topik? Saya telah menjelaskan kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Tapi jika boleh saya menyarankan, lebih baik membahas banyak topik dulu. Setelah Anda cukup mahir menulis dan menguasai banyak tips ngeblog, baru buat blog dengan topik yang spesifik.

Tidak ada yang salah dengan blog gado-gado. Meskipun cenderung sulit untuk mendapatkan pengunjung setia, blog gado-gado bisa dengan mudah mendominasi mesin pencari. Syaratnya, Anda harus giat menulis artikel-artikel berkualitas dan menggunakan ilmu SEO dengan bijaksana karena tidak semua halaman harus berada di halaman pertama google.

Kadang-kadang Anda harus merelakan halaman yang lebih baik untuk berada di halaman pertama google.

Kesimpulan

Apapun topik yang Anda pilih, jika Anda merasa mampu konsisten menulis tentang topik tersebut, maka Anda akan menjadi blogger sukses.

Terkadang Anda harus melupakan semua tutorial cara memilih topik blog dan bertanya ke hati kecil Anda. Apakah saya senang ketika berhasil menyelesaikan tulisan tentang topik pilihan Anda?

Jika ya, maka Anda berada di jalur yang tepat. Cepat atau lambat Anda akan segera mendapatkan pengunjung setia dan blog Anda akan semakin besar seiring berjalannya waktu.

6 thoughts on “Cara Terbaik Memilih Topik Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s