Apa Itu Blogwalking?

Salah satu kegiatan utama seorang blogger adalah blogwalking. Tanpa blogwalking, sebuah blog akan sulit berkembang dan tidak akan ramai pengunjung mengingat begitu efektifnya blogwalking untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Meskipun demikian, perlu digarisbawahi bahwa berkomentar pun memiliki etika yang harus dipatuhi.

Apa itu blogwalking?
Blogwalking adalah jalan-jalan ke blog lain dan meninggalkan komentar, saran, dan kritik yang membangun. Kadang kala ada juga komentar yang hanya bertujuan menyapa pemilik blog. Kemudian, diharapkan pemilik blog yang dikomentari melakukan kunjungan balik melalui link yang ditinggalkan pada identitas komentar.

Selain itu, melalui blogwalking kita juga bisa membangun hubungan baik dengan blogger lain. Saling berkomentar pada artikel masing-masing sebagai pertanda telah membaca artikel yang dipublish. Dengan demikian, lama kelamaan hal tersebut akan membawa ke perkenalan pribadi yang lebih serius; yakni berteman, meskipun blognya terkadang tidak membahas tema sejenis.

Apa manfaat blogwalking?
Mengapa banyak blogger melakukan blogwalking? Apa yang mereka harapkan dari blogwalking? Apa manfaat blogwalking? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

1. Sebagai sarana berbagi pengetahuan. Sebelum berkomentar tentu saja kita “terpaksa” membaca artikel yang dipublish terlebih dahulu. Secara tidak langsung kita membaca dan berbagi ilmu pengetahuan.

2. Blogwalking untuk meningkatkan pengujung. Ketika blogwalking, kita meninggalkan jejak dengan harapan adanya kunjungan balik dari pemilik blog dan pengunjung yang membaca komentar kita. Jika ada yang mengklik tautan yang kita tinggalkan, secara otomatis akan menuju blog milik kita.

3. Membangun link berkualitas. Secara tidak langsung kita membangun link saat meninggalkan komentar yang tentu saja sangat baik untuk popularitas suatu blog.

Dan tentu saja masih banyak manfaat lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Terkadang bagi saya, blogwalking memberi saya inspirasi menulis setelah membaca artikel blogger lain. Sekian dan terima kasih.

Iklan

26 tanggapan untuk “Apa Itu Blogwalking?

  1. Setuju. Blogwalking sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Sebenarnya dunia blogger tidak jauh berbeda dengan dunia nyata dimana networking dan silaturahmi sangatlah diperlukan. Tak kenal maka tak sayang.

    Suka

  2. Om selain bisa meningkatkan trafic, apa blogwalking itu baik untuk seo? Sy sedang belajar seo dr internet, karena belajar sendiri jadi suka bingung sendiri ^.^

    Suka

    1. Tidak. Blogwalking tidak bisa buat SEO bisa2 nanti dikira spam. Lebih baik mencari backlink secara alami meskipun kadang2 ada blog yang do follow sehingga komentar kita bisa meningkatkan SEO.

      Suka

      1. baru tahu saya dampaknya blogwalking, tapi belum sempat memikirkan monetize karena pengunjung yang masih memprihatinkan

        Suka

Komentar ditutup.