Menentukan Tema Menulis Artikel

Dalam dunia tulis menulis, tema merupakan pokok bahasan yang akan ditulis dalam sebuah artikel. Semakin spesifik suatu tema maka semakin baik pula artikel yang dihasilkan.

Untuk memilih tema artikel yang menarik, pilihlah topik sederhana namun banyak orang yang mencarinya. Misalkan tema blogging dan tips menulis, ada banyak topik yang bisa dibahas secara spesifik untuk dijadikan artikel yang menarik.

Menentukan tema artikel juga harus berhati-hati karena tema yang dipilih itulah yang menentukan arah dan tujuan artikel dibuat. Untuk menentukan tema artikel yang baik, hendaklah memperhatikan hal-hal berikut secara spesifik:

1. Pilihlah tema artikel yang Anda kuasai dengan baik. Dengan memilih tema artikel yang benar-benar Anda kuasai, Anda akan lebih mudah menulis artikel yang Anda inginkan. Jangan meniru orang lain dalam menentukan tema artikel.

2. Pilih tema yang menarik. Pilihlah tema yang banyak diminati oleh kebanyakan orang dan Anda juga tertarik dengan tema tersebut. Hal ini akan membuat blog Anda kaya content dan membuat Anda terus-menerus menulis dengan tema yang sama.

3. Bahan-bahannya mudah diperoleh. Sebuh tema yang baik harus dapat dipikirkan apakah bahannya cukup tersedia di sekitar kita atau tidak. Bila cukup tersedia, hal ini memungkinkan penulis untuk dapat memperolehnya kemudian mempelajari dan menguasai sepenuhnya.

4. Tema yang dibatasi ruang lingkupnya. Tema yang terlampau umum dan luas mungkin belum cukup kemampuan untuk menggarapnya. Akan lebih bijaksana kalau dibatasi ruang lingkupnya.

Demikianlah tips untuk menentukan tema artikel. Semoga bermanfaat.

Referensi:
1.mutiaramarini.blogspot.com/2013/01/bagaimana-menentukan-tema-dan-judul.html?m=1

One thought on “Menentukan Tema Menulis Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s