Siapa Lagi Bloger Baru yang Mau Mendapatkan 100 Pengunjung / Hari?

Cara mendapatkan 100 pengunjung per hari

Sumber gambar : maseteguh.com

Semua bloger menyukai pengunjung. Kita menulis untuk didengarkan orang lain. Kita menghabiskan banyak waktu untuk menciptakan konten yang bagus, sesuatu yang merangsang orang lain mengatakan “wow… ini informasi yang menarik” atau “Sepertinya yang menulis konten ini termasuk orang cerdas”, agar tulisan kita dibaca.

Tapi ngeblog benar-benar tidak semudah membaca teori, lalu mengaplikasikannya, dan tiba-tiba blog kebanjiran pengunjung. Terutama bagi bloger baru.

Saat pertama kali ngeblog, saya sering membaca tutorial ngeblog tentang mendatangkan pengunjung. Saya mencoba semua trik. Tapi tidak mengubah apapun. Blog saya masih sepi pengunjung.

Padahal saya hanya menargetkan mendapatkan 100 pengunjung saja per hari. Tapi itu benar-benar sulit. Membuat saya frustasi. Dan ya… saya merasa tersiksa.

Bagi Anda, bloger baru, mendapatkan 100 pengunjung per hari bukanlah sebuah keniscayaan. Saya akan memberi tahu Anda bagaimana melakukannya. Anda hanya perlu membaca artikel ini sampai tuntas dan Anda akan mendapatkan short cut yang Anda butuhkan.

Jawabannya Bukan SEO

Saya masih ingat saat pertama kali belajar SEO. Saat itu saya menyeleksi berbagai macam cara untuk mendatangkan pengunjung, mulai dari content marketing, email marketing, sosial media marketing, SEO, dan sebagiannya. Jadi, saya memilih SEO sebagai ujung tombak mendatangkan pengunjung dan saya merasa mampu mengaplikasikannya.

Tapi hasilnya seperti ini:

Gambar grafik hasil SEO Shiq4
Rata-rata satu artikel hanya menghasilkan 1 pengujung. Kalau sedang beruntung, beberapa artikel mendapatkan 3 sampai 5 pengunjung organik per hari. Jika saya menargetkan 100 pengunjung per hari, maka setidaknya saya harus menulis 100 konten dan semuanya harus berada di halaman pertama. Itu terlalu berat bagi pemula.

Mungkin Anda bertanya, mengapa kok jumlah pengunjung organik sedikit sekali, benar?

Itu karena blog saya masih baru. Usia domain memiliki pengaruh terhadap keberhasilan SEO, meskipun pengaruhnya kecil. Dan yang paling penting, masih sedikit situs yang memberi link menuju blog saya. Jadi, tidak mungkin saya bersaing memperebutkan posisi pertama untuk kata kunci populer.

Saya hanya menargetkan kata kunci yang tidak populer saja. Dan beberapa konten berhasil di halaman pertama. Dan saya benar-benar merasa bahwa tidak masalah jika pengunjung organik hanya 1-5 orang saja untuk setiap artikel. Saya hanya perlu menulis lebih banyak lagi dan pasti akan berhasil.

Dan ya… saya berhasil. Tapi membutuhkan waktu sekitar 7 bulan.

Seni Blogwalking adalah Jawaban untuk Pemula

Saya jarang blogwalking. Sejak awal ngeblog saya hanya blogwalking ke sedikit blog. Tapi 2 bulan terakhir ini saya menyempatkan untuk blogwalking ke lebih banyak blog. Setidaknya saya menghabiskan 2 jam setiap siang. Dan saya tiba-tiba mendapatkan tambahan 50-70 pengunjung setiap hari. Berikut screen shot nya:

Grafik pengunjung harian shiq4 yang meningkat
Pengunjung harian meningkat dari 100 pengunjung menjadi sekitar 150 sampai 170 pengunjung dua bulan terakhir. Itulah kekuatan blogwalking.

Tapi blogwalking pun memiliki seni tersendiri. Anda tidak bisa blogwalking sembarangan dan berharap trafik akan naik dengan sendirinya. Ada seni yang harus Anda pelajarari. Berikut adalah yang harus Anda perhatikan ketika blogwalking agar mendapatkan tambahan pengunjung:

1. Komentar yang Relevan dan Panjang

Komentar yang bagus akan mendapat perhatian, baik itu dari pemilik blog tempat kita menaruh komentar maupun pengunjung lainnya. Sedangkan komentar buruk, sebanyak apapun Anda meninggalkannya, tidak akan ada orang yang tertarik mengklik nama Anda.

Jika kita mengacu pada bloger profesional, maka panjang komentar yang bagus adalah 50 kata. Tidak terlalu panjang. Juga tidak terlalu pendek. Dan terlihat manis.

Selain itu, jangan lupa tentang relevansi komentar yang Anda tinggalkan dengan isi artikel. Kecuali jika Anda sudah akrab dengan pemilik blog, sesekali bercanda dan tidak relevan juga tidak apa-apa.

2. Jadilah 10 Komentator Pertama

Komentar di bagian awal memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan perhatian. Bahkan terkadang komentator lainnya pun akan melihat apa yang dikatakan komentator sebelumnya. Dan jika komentar Anda menarik, maka mereka akan melakukan klik dan mendarat di blog Anda.

Untuk menjadi yang 10 komentator pertama, Anda tinggal mengikuti blog target yang ingin Anda komentari. Setiap kali ada update konten, akan ada notifikasi di wordpress reader. Jadi, Anda bisa segera meninggalkan komentar setelah membacanya.

3.Jangan Lupa Memakai Gravatar

Foto mampu menarik perhatian. Apalagi sekarang sudah terlalu banyak spam. Jika Anda kebetulan berkomentar singkat, dan tidak ada foto, maka orang lain akan mengira Anda spammer. Jadi, pergi ke gravatar,  mendaftar dan upload foto terbaik Anda.

Untuk mengerti komentar seperti apa yang mampu mendatangkan trafik, Anda bisa membaca “Cara berkomentar yang baik di blog”. Kemudian aplikasikan tips-tipsnya dan Anda akan siap berpetualang meninggalkan komentar di blog lain.

Bagian Akhir : Konsistensi

Mendatangkan pengunjung itu mudah. Tapi sampai kapan Anda mau terus blogwalking? Cara di atas akan tidak berguna jika Anda tidak mampu mengubah pengunjung menjadi pembaca setia. Ibaratnya pengunjung di toko, jika mereka hanya menjadi pembeli dan bukan menjadi pelanggan, itu bukanlah sesuatu yang bagus. Jadi, silakan baca “Cara meningkatkan loyalitas pengunjung di blog”.

Dan tentu saja, semua juga akan sia-sia jika Anda tidak konsisten menerbitkan konten. Katakanlah Anda sudah punya pembaca setia sebanyak 100 orang. Mereka selalu mengunjungi blog Anda setiap kali update. Apa yang akan terjadi jika mereka sering berkunjung, namun tidak ada konten baru di blog Anda?

Mereka akan meninggalkan blog Anda. Dan loyalitas mereka menurun. Bagian terburuknya, mereka tidak lagi mengunjungi blog Anda. dan Anda harus mengulang dari awal untuk mendatangkan pengunjung dan membuat mereka menjadi pembaca setia.

Sekarang Anda tahu satu hal pasti : “Jika saya rutin blogwalking, maka akan ada pengunjung. Kemudian ubah mereka menjadi pembaca setia, dan pengunjung pun akan meningkat dengan sendiri. Dengan satu kondisi yang harus terpenuhi, yaitu konsisten menerbitkan konten baru.”

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah blogwalking dengan rutin dan mendapat banyak pengunjung ke blog Anda? Akan sangat menyenangkan jika kita berdiskusi tentang efektivitas blogwalking dalam mendatangkan pengunjung blog di kotak komentar yang telah disediakan. Jadi, luangkan waktu sejenak dan berkomentarlah.

Iklan

104 tanggapan untuk “Siapa Lagi Bloger Baru yang Mau Mendapatkan 100 Pengunjung / Hari?

        1. Tapi blogger kalo kata saya ya (yang nggak bisa otak atik codingannya), blogger nggak SEO friendly. Susah dapet pengunjung. Saya dulu di blogger dua tahun klik nya cuman 6000-an. Di WP nggak nyampe satu tahun udah 55 ribu.

          Suka

        2. Rahasia 55 ribu? Er, blogwalking (dulu. Sekarang sih aku fokus baca yang udah aku follow aja nggak keliaran di beranda lagi.) Nggak ada yang special sih, update sering-sering, interaksi sama reader. . . Itu sih yang aku lakuin. He he

          Dan well kalo emang demen belajar coding sih ya blogger aja.. gratis..

          Disukai oleh 1 orang

        3. Wah dapat pelajaran berharga…
          Makasih…
          Enaknya WP gitu yak, pengunjungnya bener2 asli dari wp juga..
          Hanya sebagian kecil pengunjung dari search engine…
          Sedangkan blogger, untuk mencari pengikut atau folowe, itu tidak semudah wp..
          Jadi SEO harus benar2 bekerja keras agar dapat pengunjung dari search engine..
          Dan konten jg harus bener2 berbobot agar di nilai di search engine

          Disukai oleh 2 orang

        4. Hi hi hi hi. . . Sama-sama.

          Makanya. . . Kan mana bisa kebaca sama search engine kalo jarang di klik sama orang. Untuk mengawali, WP jauh lebih mudah daripada blogger.

          Apalagi buat yang nggak ngerti SEO kayak aku😅

          Mas Shiq4 maaf ngerecoh nih bedua ya😂

          Disukai oleh 2 orang

        5. Kan penghargaan wp banyak mas..
          Kayak kemarin, aku yang dapat 1000 like, dan 100 postingan…
          Trus report jumlah komentar terbanyak dalam satu post, jumlah like terbanyak dalam satu post..
          Kan ada penghargaan tersendiri saat kita melampaui record kita sebelumya

          Suka

    1. Berhasil mas klo konsisten komentar ke blog yg sama setiap kali mereka menerbitkan konten. Tujuan saya awalnya sih cuma mencari teman ngeblog saja agar dapat backlink, eh pengunjung malah naik he he he…..

      Suka

  1. Berarti ini saya komentar kelima? Hahaha saya setiap kali buat post baru, share ke grup kelas, grup yg saya terlibat didalamnya sih haha.. Tapi kalau dari blogwalking belom sangat serign, paling cuma like soalnya juga kadang bingung mau komentar apa 😅😅😅

    Suka

  2. Sudah. Memang benar blogwalking sangat memberi pengaruh menaikkan pengunjung. Kalau saya blogwalking ikhlas sih, baik ada kunjungan balik maupun tidak.. Hehehe.. Mengenai komentar, saya berkomentar kalau memang tema nya hal yang saya kuasai, kalau tidak, tekan tombol like saja.. 😊

    Suka

    1. Saya sih nggak masalah pak saifan soalnya suka baca. Masalahnya baterai hp saya agak error. Jadi kadang2 ngelike saja biar hemat baterai klo udah tinggal dikit baterainya. Tapi seringnya sih selalu komen klo habis baca.

      Suka

  3. Upgrade ke TLD aja bro, supaya karya tulismu lebih dihargai google dll. Sehingga bisa di monetisasi dan menghasilkan dollar. Tapi ingat, jangan menulis karena dolar, tapi menulislah karena suka dan mau berbagi shg memuaskan reader. 😄

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah saya nggak tertarik dgn menghasilkan uang dari blog melalui iklan. Bahkan saya pun menolak postingan berbayar. Soalnya saya sudah niat ngeblog untuk bersenang-senang saja. Jangan sampai niatnya berubah. Maunya sih setelah 4 tahun ngeblog saya akan menulis ebook untuk dijual di pembaca setia blog ini. Gitu aja rencananya.

      Suka

  4. Tiap kali kesini jadi nambah pengetahuan …makasih ya mas.. 🙂 sharing ilmunya bagus banget. Btw, tadi aku ngerepost ulang postinganku yang terakhir ttg badai di Greenland itu loh…jadinya koment mas juga hilang. Ada sesuatu yang membuat saya harus tulis lagi di new post…Makasih sudah mampir ya mas, saya sangat senang sekali bila mas berkunjung kembali 🙂

    Suka

  5. saya hobi blogwalking, saya hobi ngerusuh di blog orang (hahaha), tapi saya jarang apdet blog. iyes itulah kenapa blog saya masih sepi-sepi saja. hahaha
    dan ini komen saya yang keberapa yah di blog ini? tapi sepertinya belum pernah masuk 10 komen pertama. hehe.
    gak papa, saya sih dari dulu ikhlas blog saya sepi. hehehe

    Suka

    1. Klo dipikir2 ya kembali ke tujuan kita ngeblog. Klo sudah merasa senang ya gak papa. Toh tidak ada bedanya antara tulisan yg dibaca oleh 10 atau 100 orang. Rasanya sama saja he he he…….

      Suka

  6. Terimakasih ya mas, selama ini saya masih buta dengan tip2 meningkatkan pengunjung dan karena kesibukan juga belum konsisten posting konten. In sya Allah, mulai semangat lagi cari2 ilmu antara lain dengan blogwalking…Sekali lagi terimakasih…

    Suka

  7. Yup…. Lagi2 power of BW atau Blog Walking. Memang ini tradisi turun temurun setiap blogger. Memang begitu kuat ya ? Saya pun merasakan dampak juga dari Blogwalking. Terimakasih atas informasinya. Salam admin SURGA BLOGGING. Tapi sayang, ini profil belum ada fotonya. Hehhe

    Suka

    1. Iya blogwalking sudah tradisi diantara bloger amatir. Klo profesional mah mengandalkan teknik2 pemasaran tertentu yg tidak bisa ditiru bloger lain. Terima kasih juga sudah berkunjung

      Suka

  8. Saya sangat setuju dengan pendapatan agan, saya sudah berbulan belajar seo tetapi hasilnya masih belum kelihatan, memang seo perlu waktu dan konsisten dalam ngblog kalau gak konsisten putus di tengah jalan, makasih gan ilmunya sangat memotifasi saya untuk ngblog. salam sukses

    Suka

  9. Mmmm salam mbak…saya pendatang baru sih di WP ..jdi SEO dan Blogwalking masih terdengar asing ditelinga saya, yang saya lakukan saat ini hanya rajin ngeblog apa saja trs baca, like dan komentarin blog2nya tmn2 yang saya ikuti…well done, thank ttg info tambahannya, saya kurang klw dalam baca2 artikel, sy lbh banyak menfollow blog2 ttg cerpen dam sejenisnya. 🙂

    Suka

    1. Ya gak masalah mbak. Maksudnya blogwalking itu ya jalan-jalan ke blog lain dan meninggalkan komentar agar ada yg ngeklik nama kita sehingga pengunjung pun meningkat.

      Klo seo itu maksudnya agar konten kita tampil di halaman google. Misalnya ada orang yg nyari “Cara tidur dgn pulas”. Nah klo seo blog kita bagus, ntar muncul deh blog kita. Klau udah muncul otomatis pengunjung pun meningkat.

      Disukai oleh 1 orang

      1. oh begitu… hehe maklum baru pertama pke WP, sebelumnya pke Blogspot tapi ke blokir..jadi jarang update info artikel ttg bgaimana cara ngeblog, yg penting ngepost aja, mau belajar rutin nulis juga sih..dan kita ada club nulis juga.. hee
        salam kenal ya 🙂

        Suka

    1. Klo saya mah dulu juga gitu. Cuma akhir2 ini agak rajin. Tapi 2 minggu lagi pasti kendor lagi bw nya. Soalnya bakalan sibuk buat persiapan jualan pada natal dan tahun baru.

      Suka

  10. Aku tau ini komen udah yang kesekian puluh, jadi nggak masuk itunganlah. Ujung ujungnya untuk naikkan traffic pake BW juga ya.#harusrajinBW blogku masih sepi pengunjung sih,mungkin karena masih agak baru juga. Plus kuupdate artikel juga #hahahaha #ngakudeh salam kenal ya mas

    Suka

  11. Shiq yg point no.2 Jadilah 10 Komentator Pertama nah nih tergantung blog tempat kita komen, ada blog yg komen pertama akan tetap dibagian atas jd kesempatan dilirik pegunjung bakalan tetap ada terus, tp klo komen pertama ditaruh paling bawah, jdnya tiap komen baru dibagian atas kesempatan dilirik pembaca 50:50 apalagi klo blog yg baru 2 hari komennya sdh ratusan ya komen2 pertama ga dilirik lagi hehe klo pembaca baru malas scroll down sampai bawah.. klo saya bikin yg model terakhir ini spy komentator barupun dilirik 🙂 .

    Suka

    1. Iya sebagian blog ada yg komenya berurutan sehingga komentar pertama berada diurutan terbawa. Tapi itu jarang. Seandainya seperti itu saya tetap lebih suka komen dibagian awal karena akan mendapat perhatian lebih dari pemilik blog. Soalnya klo ntar udah rame, pemiliknya biasanya udah jenuh jawab komen yg masuk dan memberi respons sekedarnya (ini contohnya saya biasanya pas kpmennya rame banget). Lagian blogwalking sebenarnya tujuan utamanya menjalin hubungan dgn pemilik blog, sedangkan traffik dari pembaca srtia pemilik blog adalah bonus saja. Klo saya seperti itu mbak nella.

      Disukai oleh 1 orang

  12. Wuhuuuuu tulisan ini komennya buanyak banget, mantep mas! Aku sih sekarang BW nya gak sesering dulu. Kalau sekarang lebih ke santai gitu sih, ga mesti tiap hari, tapi yang pasti kalau dia pernah mampir blog pasti ku mampir balik. Gitu aja hehehe.

    Suka

  13. Saya pribadi, dulu memang termasuk yang memperhatikan Konten, SEO dan Blogwalking. Tapi sekarang semua agak saya kurangi. SEO gak saya perhatikan, isi konten ngasal gak ada nyambungnya malah, dan blogwalking pun bisa dibilang sangat amat jarang. Sekarang yg ada di otak saya cuman kalimat, “yang penting gue posting” hahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s