Menulis dan Bakat!

Di dunia ini ada anggapan keliru yang diyakini sebagian orang bahwa menulis itu membutuhkan sesuatu yang disebut bakat. Pada kenyataannya, menulis itu hanya membutuhkan disiplin menulis, dan kesungguhan untuk menciptakan karya tulis. Saya sendiri meyakini asalkan ada kemauan, dengan sedikit kreativitas, semua orang pasti bisa menciptakan tulisan yang bagus. Bahkan penulis tanpa bakat sekalipun.

Adapun pernyataan menulis itu membutuhkan bakat hanya akan menjadi penghambat yang nyata bagi penulis-penulis pemula ketika mereka mengalami kesulitan dalam hal menulis.

Lalu bagaimana jika saya dan Anda adalah penganut doktrin “menulis itu butuh bakat”? Bakat itu adalah 99 persen ketekunan dan 1 persen keberuntungan. Jika Anda rajin berlatih menulis, niscaya kemampuan Anda pun akan semakin berkembang seiring dengan banyaknya pengalaman menulis. Perkembangan kemampuan menulis ini ditandai dengan pengolahan kata yang tepat dan pemilihan kata yang efektif. Salah satu cara untuk memastikan bahwa kemampuan menulis Anda berkembang adalah dengan membandingkan setiap tulisan yang pernah Anda buat. Mana tulisan yang bagus? Mengapa tulisan yang satu lebih baik dari tulisan lainnya? Apakah Anda percaya bahwa ketika Anda menulis tulisan tersebut Anda hanya butuh keseriusan dan kesungguhan menulis tanpa membutuhkan bakat?

Untuk mengembangkan kemampuan menulis tidak dibutuhkan bakat, melainkan atmosfir yang bisa memotivasi Anda untuk terus menulis. Bergaul lah dengan sesama penulis dan cobalah memiliki sebuah blog. Anda bisa memanfaatkan blog sebagai media menciptakan atmosfir “menulis setiap hari” untuk terus mengasah kemampuan menulis Anda.

Menulis itu bukan bakat melainkan kebiasaan yang terlatih. Kebiasaan yang harus terus-menerus diasah setiap hari agar goresannya dalam dan menciptakan kesan yang baik. Sudahkah Anda berlatih menulis hari ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s