Review Buku The Secret by Rhonda Byrne

Sumber gambar : kitareview.com

Ini buku lama. Di masa kuliah dulu sempat membaca beberapa lembar saja, namun tidak melanjutkan karena lebih tertarik membaca buku-buku lain. Sebelum saya sadari, buku The Secret telah hilang dari data komputer saya.

Bodohnya lagi, saya mendengar bahwa The Secret adalah buku yang bagus. Jadi agak menyesal mengapa tidak saya baca ketika memiliki kesempatan dan waktu luang. Tapi tidak apa-apa, sepertinya saya berjodoh dengan karya Rhonda Byrne tersebut.

Karena kebetulan saya menemukan web yang membagikan e-book The Secret secara gratis. Kemudian saya mendownloadnya. Dan kali ini langsung membacanya.

Pada tanggal 26 Maret 2017, saya berkomitmen menyelesaikan buku ini sebelum beralih ke buku-buku lain. Dan malam itu saya benar-benar mulai membaca, menyelesaikan apa yang sudah saya mulai beberapa tahun yang lalu.

Berikut adalah review buku The Secret :

Judul : The Secret (Rahasia)

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Pengarang : Rhonda Byrne

Halaman : 145 Halaman (versi E-book) 232 Halaman (versi buku cetal)

Sekilas Mengenai Isi Buku The Secret

Di bagian pendahuluan sangat mengesankan saya :

“Saya telah diberi kilasan sebuah Rahasia Besar – Rahasia Kehidupan. Kilasan ini datang melalui sebuah buku berusia seratus tahun, yang dihadiahkan putri saya, Hayley. Dan saya mulai melacak Rahasia ini melalui sejarah. Saya sangat terkejut menemukan orang-orang telah mengenal Rahasia ini. Mereka adalah orang-orang besar dalam sejarah : Plato, Shakespeare, Newton, Hugo, Beethoven, Lincoln, Emerson, Edison, dan Einstein.”

Sekarang saya benar-benar bersemangat untuk segera membaca isi buku. Namun tidak afdal jika tidak membaca bab pendahuluan sampai selesai. Dan ternyata di bab pendahuluan berisi tentang betapa hebatnya buku ini karena telah mengubah jutaan orang menjadi lebih baik lagi.

Bagian pertama merupakan kekuatan hukum tarik-menarik. Pikiran merupakan magnet. Jika Anda berpikir hal-hal buruk, maka itulah yang akan terjadi. Sebaliknya, memastikan berpikir tentang hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup akan membuat hal tersebut benar-benar menjadi kenyataan.

Lalu bagaimana mengetahui bahwa kita telah berpikir sesuatu yang baik? Itu adalah perasaan. Perasaan merupakan hasil yang Anda terima dari pemikiran-pemikiran Anda. Ketika Anda memulai hari dengan perasaan buruk, maka itu merupakan sinyal untuk segera mengubah pikiran Anda atau Anda akan mendatangkan lebih banyak hal-hal negatif di sekitar Anda.

Hukum tarik-menarik cukup mudah. Anda meminta, meyakini bahwa permintaan Anda terwujud, kemudian menerima. Ketika Anda mampu melakukan semuanya dengan baik, Anda bisa meminta apapun yang Anda butuhkan kepada Semesta. Dan keajaiban-keajaiban akan segera terwujud.

Ada juga bab bersyukur. Agar mampu menjadi tuan bagi pikiran-pikiran kita sendiri, biasakan mengucapkan syukur. Terkadang orang-orang berfokus kepada apa yang tidak ia miliki dan melupakan apa yang sudah ia miiki. Dan itu merupakan frekuensi di mana Anda tidak akan mewujudkan apapun yang Anda inginkan.

Seperti kata Wallace Wattles, “Bersyukur setiap hari merupakan salah satu syarat untuk mendatangkan kekayaan.

Memasuki bab ketiga, di bagian akhir bab 2 akan ada tulisan seperti ini : file selanjutnya (file 3) berisi Rahasia uang, Rahasia relasi, dan Rahasia kesehatan. Topik-Topik yang tidak kalah menarik.

Bagian ini mengajarkan tentang Rahasia dibalik Rahasia. Untuk mendatangkan uang, Anda harus merasa bahagia. Energi positif ini akan selaras dengan hukum tarik-menarik. Dan kekayaan dan kemakmuran akan hadir di kehidupan Anda dengan sendirinya.

Begitu pula dengan kesehatan. Di dunia ini telah terbukti adanya efek placebo. Jika Anda yakin tubuh Anda sehat dan tidak berpikir negatif atau khawatir tentang suatu penyakit, maka Anda akan sembuh secara alami. Ini sudah dibuktikan dengan kesaksian bermacam-macam orang yang menderita sakit parah dan dengan menggunakan Rahasia, mereka menjadi sembuh seperti sedia kala.

Lalu memasuki bagian akhir, membahas mengenai Rahasia dunia, Rahasia Anda, dan Rahasia kehidupan. Kita akan memasuki bab yang paling menarik dalam buku ini.

Ringkasan di bab bagian ini :

  • Anda menarik apa yang Anda tolak karena Anda berfokus padanya dengan emosi yang kuat.
  • Anda tidak dapat menolong dunia dengan berfokus pada hal-hal negatif.
  • Daripada berfokus pada permasalahan dunia, fokuslah kepada cinta, kepercayaan, kelimpahan, pendidikan, dan perdamaian.
  • Kita tidak akan pernah kehabisan sesuatu karena ada lebih dari cukup kebaikan untuk semua orang.
  • Puji dan berkati segala sesuatu di dunia untuk masuk di frekuensi cinta.

Kita semua adalah energi. Anda adalah kumpulan energi. Begitulah kata kuantum fisika. Atau jika Anda bertanya kepada para teolog, dulu, sekarang, atau nanti, Tuhan akan selalu ada. Kita terhubung satu sama lain dengan cara yang tidak terbatas. Jadi, apapun yang Anda pikirkan akan benar-benar menjadi kenyataan. Semua guru besar yang menyadari kekuatan Rahasia ini telah banyak menjelaskan mengenai konsep Rahasia dan bagaimana Anda menggunakannya.

Juga lupakan masa lalu yang buruk. Jika Anda terus memikirkannya, maka Anda hanya akan menarik kejadian-kejadian yang sama buruknya. Hukum tarik-menarik tidak peduli. Anda berpikir, dan Anda akan mendapatkannya. Terlepas itu baik atau buruk bagi Anda.

Kelebihan Buku The Secret

Beberapa kelebihan yang paling menonjol di dalam buku The Secret adalah sebagai berikut:

  • Banyak Kutipan Orang Hebat – Di dalam buku ini banyak sekali kutipan-kutipan dari orang-orang terhebat dalam sejarah. Dan secara mengejutkan, semuanya merupakan sari dari Rahasia. Semua orang-orang hebat percaya akan kekuatan Rahasia.
  • Bacaannya Ringan – Walaupun topik yang diangkat termasuk berat, namun susunan huruf dan kalimat-kalimat yang digunakan begitu ringan. Saya bahkan tidak menyadarinya dan tiba-tiba berada di bagian akhir buku.
  • Kesederhanaan – selain itu penjelasan di buku ini begitu sederhana. Saya rasa semua orang akan memahami dengan baik bagaimana menggunakan Rahasia dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan Buku The Secret

Adapaun kekuarangan buku The Secret :

  • Berputar-putar – Menurut saya sepanjang buku ini hanya membahas mengenai satu permasalahan saja, yakni mengenai Rahasia. Entah bagaimana menurut saya hanya berputar-putar saja. Akan lebih baik jika dibuat konsep yang lebih sistematis.
  • Kurang Contoh Nyata – Di buku ini begitu banyak orang-orang yang mendapatkan keajaiban-keajaiban besar menggunakan Rahasia. Tetapi mayoritas mereka orang yang sudah berkelimpahan. Bayangkan bagaimana sulitnya berpikir positif dan menggunakan Rahasia bagi orang-orang yang telah banyak mengalami kemalangan dalam hidupnya.
  • Ingin Sedikit Lebih Banyak tentang Para Tokoh – Di dalam buku ini banyak sekali kutipan dari orang-orang hebat dalam sejarah. Itu membuat saya penasaran apa yang sebenarnya mereka maksudkan. Seandainya ada penjelasan yang lebih detail atau paragraf panjang yang menjelaskan kutipan-kutipan itu, tentu akan sangat menyenangkan.

Nilai

Saya memberi nilai 77 untuk buku The Secret. Buku ini merupakan buku pertama yang saya baca berkaitan dengan hukum tarik-menarik yang menjadi Rahasia orang-orang hebat. Saya ingin mencari lebih banyak referensi lagi untuk menyempurnakan pemahaman saya mengenai Rahasia.

Iklan

19 tanggapan untuk “Review Buku The Secret by Rhonda Byrne

  1. Menarik bukunya. Koq saya belum pernah baca ya mas. Kacau ni..pdahal sya trmasuk yg bergerlya buku, hee…mrasa blum ada apa2 ni dibanding mas Shiq4.

    Maaf, tp klo gak keberatan ksih link nya dong biar saya unduh sendiri, kirim via email sya. Mksih

    Suka

    1. Nanti saya kirimkan ebooknya. Ini lupa downloadnya dimana ha ha ha…. Coba aja search “download ebook the secret bahasa indonesia 2017” klo nggak nemu tahunnya diganti 2016. Biasanya bakalan ada. Atau tadi malam saya baru nemu situs bagus, tapi belum sempat download semua bukunya http://www.downloadbuku.net/. Ntar sore saya mau download semua buku di situs tersebut.

      Suka

  2. Saya belum selesai baca buku ini. Pada intinya hampir sama dengan buku “Terapi Berpikir Positif” karya Dr. Ibrahim Elfiky. Tapi The Secret bahasanya lebih ‘provokatif’. Emmm maksudku, lebih terbakar setelah membacanya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ha ha ha….. Ini bukunya cuma mengangkat dasarnya saja. Klo mau lebih jelas ada lagi, buku berjudul law of attraction. Klo terapi berpikir positif belum punya saya.

      Suka

  3. Saya malah sudah pernah lihat videonya mas … 🙂
    Isinya mirip dengan buku Ippho Santosa… Hukum tarik menarik … Pernah mjd kontroversial krn seakan meniadakan eksistensi Tuhan…
    Menurut saya, bagus buku ini.
    Salam kenal mas …

    Disukai oleh 1 orang

    1. Kalau dalam filsafat ini termasuk logika alam. Bukan berarti meniadakan Tuhan. Lagipula ini berdasarkan :

      Dan apapun yang kamu minta dalam do’a dengan kepercayaan, kamu akan menerimanya. Matius 21:22

      Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dam doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. Markus 11:24.

      Salam kenal juga.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Logika alam … ada benarnya juga mas. Hukum tarik menarik memang selalu terjadi. Tidak hanya di bibel mas. Kitab saya-pun juga mengatakan hal yang sama tentang law of attraction ini. 🙂

        Suka

  4. Saya sudah membaca buku ini 2 kali. Menurut saya ada terlalu banyak pengulangan.

    Maksudnya mungkin agar kita selalu teringat untuk berpikir positif, tetapi saya jadi agak bosan bacanya.

    Tapi secara umum buku ini bagus dan kayaknya kalau benar2 diterapkan akan menciptakan hal2 positif.

    Suka

    1. Iya mas mahami buku ini agak sulit karena poinnya sama saja. Ada buku lain tentang topik yang sama judulnya law of attraction. Tadi saya baru download. Cuma belum saya baca sih ha ha ha……

      Suka

  5. Aku sering liat review buku ini, tapi belom tertarik bacanya. Kayaknya berat. Tapi baca reviewnya Shiqa kok ‘beda’, cepet banget bisa ngelesaiin baca. Cuma beberapa hari.

    Suka

    1. Bukunya termasuk ringan menulisnya. Cuma karena banyak ucapan orang2 hebat jadi saya berusaha memahami eh gak paham2 ha ha ha….. Akhirnya baca aja. Untungnya ada bebrrapa poin yg saya ingat dan langsung saya aplikasikan biar nggak lupa. Klo mau saya kirimin ebooknya mbak Grant.

      Suka

  6. Yg dibahas di buku ini lebih fokus ke potensi akal..padahal potensi terbesar manusia adalah potensi hati. Ada 3 buku kelanjutannya dari buku ini : the power, the magic sma hero

    Suka

  7. Saya tau buku ini sekitar taun 2008/09an kl tidak salah.. seseorang memberikannya sebagai hadiah, buku ini memang bagus dan juga best seller. Tapi, sayangnya di pinjam kawan dan tidak di kembalikan. Sekarang susah mau cari lagi, nemunya yang The Secret of Mental Magic stelah slesai baca saya donasikan bukunya. Saya tidak terlalu sering baca, tapi ga tau kenapa saya jatuh hati dengan The Secret dan Chicken Soup. Btw.. mas mnta link untuk downlad e-booknya kl sdh ktmu.hehe terima kasih sudah berbagi ceritanya…:))

    Suka

    1. Cari saja di internet. Buanyak kok link download buku the secret. Soalnya komputer saya sedang error dan gak bisa diakses. Klo bisa pasti dipakai pasti saya kirimkan ebooknya 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s