Berapa Panjang Artikel yang Ideal untuk Postingan Blog?

Hari ini kita akan membahas .topik yang selalu menjadi perdebatan para blogger yakni berapa panjang artikel yang ideal untuk postingan di blog?

Menurut saya, panjang atau pendek suatu artikel bukanlah masalah besar yang butuh perhatian serius. Selama Anda mampu membuat artikel tersebut enak dibaca dan bersifat scannable, saya rasa panjang atau pendeknya tidak akan memberi dampak besar pada artikel yang Anda tulis.

Saya mencoba untuk memakai keduanya. Kadang-Kadang saya menulis artikel panjang dan kadang-kadang saya menulis artikel pendek. Setelah beberapa lama menulis, saya menemukan bahwa artikel dengan panjang 500 kata atau 600 kata adalah bentuk yang paling ideal. Jadi, usahakan untuk membuat artikel dengan panjang 600 kata agar artikel Anda menarik untuk dibaca.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Panjang Pendek Suatu Artikel

Menurut pengalaman ngeblog saya selama satu tahun terakhir, ada beberapa faktor yang membuat artikel harus ditulis panjang atau pendek. Jadi, Anda harus tahu kapan sebaiknya menulis artikel panjang dan kapan sebaiknya menulis artikel pendek. Berikut adalah faktor-faktornya:

1. Apa Kesukaan Pembaca Anda?

Ini berkaitan dengan seberapa jauh Anda mengenali pembaca Anda. Apakah pembaca Anda menyukai artikel panjang? Atau apakah mereka lebih menyukai artikel pendek?

Jika Anda masih kebingungan dan tidak mengetahuinya (seperti yang saya alami), maka angka ideal untuk setiap postingan adalah 600 kata. Tidak panjang. Juga tidak terlalu pendek.

2. Berkenaan Dengan SEO

Saya tidak tahu dengan strategi Anda dalam menulis postingan, tetapi jika Anda berniat membuat artikel SEO, maka panjang yang paling ideal adalah 800 kata.

Dalam 800 kata tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk “menembak” kata kunci sebanyak 8 kali. Itu artinya Anda harus menempatkan kata kunci setiap 100 kata. Saya sudah mencobanya pada artikel 20 kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai untuk kata kunci “kebohongan SEO”. Hasilnya, artikel tersebut tidak pernah beranjak dari urutan pertama untuk kata kunci “kebohongan SEO”.

Namun, jika Anda hebat dalam membangun backlink, Anda tidak perlu membuat konten panjang minimal 800 kata. Buktinya, artikel pendek apa itu blogwalking? Mampu menempati urutan kedua untuk kata kunci “apa itu blogwalking” hanya dengan satu backlink berkualitas.

3. Apa Strategi Ngeblog Anda?

Beberapa blogger lebih menyukai untuk mengupdate blognya beberapa minggu sekali. Kebanyakan, postingan mereka panjang dan berbobot.

Sementara blogger lain, hanya menulis artikel-artikel pendek tapi mereka update setiap hari.

Mana yang mencerminkan strategi ngeblog Anda? Menulis panjang lebih dari 600 kata? Atau menulis artikel pendek yang tidak lebih dari 500 kata?

Apapun pilihan Anda, jika Anda mampu konsisten, maka cepat atau lambat akan mencapai kesuksesan. Semoga seperti itu. Amiin.

4. Topik Artikel

Salah satu faktor yang mempengaruhi berapa panjang artikel yang ideal adalah topik artikel itu sendiri.

Artikel how to yang biasa menyebutkam “cara” biasanya lebih panjang dan detail. Juga artikel tentang review produk pasti lebih panjang dari artikel-artikel yang memiliki link ke tulisan yang sudah ditulis orang lain.

Berapa panjang artikel yang ideal untuk setiap jenis topik sangat beragam. Anda harus menguji satu persatu agar mengetahui panjang ideal suatu artikel dengan topik-topik yang spesifik.

Setelah semua yang Anda baca, Anda tetap harus mencoba-coba untuk menulis artikel panjang dan artikel pendek untuk mengetahui mana yang terbaik. Jangan ikut-ikutan standart blogger lain.

Jadi Berapa Panjang Artikel yang Ideal

Ini kesimpulan yang akan menentukan segalanya. Lihat kesimpulan di bawah ini:

* 75-300 Kata. Artikel pendek cocok untuk diskusi. Tidak akan mendapat angka share yang banyak. Juga sangat buruk untuk keperluan SEO. Tapi jika Anda ingin banyak komentar, buat artikel pendek.

* 300-600 Kata. Panjang standart untuk blogging. Direkomendasikan oleh banyak blogger profesional. Mudah untuk mendapatkan share dan komentar. Tapi terlalu pendek untuk menjadi blog otoritas.

* 750 Kata. Ini merupakan standart panjang jurnalis profesional, terutama koran. Artikel dengan panjang seperti ini lebih mudah untuk mendapat link dari blogger lain.

* 1000-1500 kata. Anda akan mendapat sedikit komentar jika menulis artikel dengan panjang ini. Tapi Anda akan mendapatkan banyak share jika artikel Anda bersifat memecahkan masalah orang lain. Juga lebih mudah untuk keperluan SEO.

*2450 kata atau lebih. Anda akan mendominasi mesin pencari jika mampu menulis dengan panjang seperti ini.

Jadi, mana yang lebih Anda sukai? Atau Anda punya pengalaman yang berbeda berkenaan dengan panjang artikel? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

5 tanggapan untuk “Berapa Panjang Artikel yang Ideal untuk Postingan Blog?

  1. Kalau saya sih mencoba untuk tidak terlalu terikat dengan pakem seberapa panjang seharusnya sebuah postingan itu :hehe. Buat saya, selama informasi yang ingin saya sampaikan bisa tersampaikan dengan lengkap, maka sepanjang atau sependek apa pun itu, ya akan saya lakukan. Yang tinggal sih cuma apakah kita mau menggabung semua informasi dalam satu postingan (walhasil akan panjang banget), atau memecahnya menjadi beberapa tulisan supaya lebih fokus. Saya memilih cara kedua, tak heran di blog saya banyak serial :haha.

    Suka

  2. kalo saya sih biasanya nulis artikel panjang kalo saya buat artikelnya di laptop. tapi, kalo saya ketika pake hp, biasanya agak susah untuk memperpanjang artikelnya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s