Cara Mudah Belajar SEO

Cara Mudah Belajar SEO

Ini merupakan cara yang saya gunakan untuk mempelajari SEO mulai dari nol setahun yang lalu. Saat itu saya bahkan tidak tahu pengertian SEO.  Meskipun sampai saat ini saya masih tergolong pemula, namun saya merasa sudah cukup memiliki pengalaman untuk membahas topik SEO setelah beberapa kali berhasil duduk di peringkat pertama untuk kata kunci yang saya targetkan.

Bagi Anda yang merasa SEO itu sulit dan membingunkan, mungkin Anda menggunakan metode yang salah. Dan saya ada disini untuk membantu Anda belajar SEO dengan cara yang terbukti manjur. Jadi, pastikan Anda membaca postingan ini hingga tuntas dan berikan komentar yang bagus untuk mengkritik atau memberi saran sehingga saya bisa memperbaiki penyajian seri SEO di masa depan.

SEO Itu Sesuatu yang Rumit

Bagi pemula, mungkin SEO itu hanya sekadar On-Page dan Off Page saja. Mengoptimalkan halaman dengan menaruh kata kunci di tempat-tempat yang strategis, kemudian mencari backlink berkualitas sebanyak mungkin, dan selesai sudah apa yang disebut SEO.

Jika Anda masih beranggapan demikian, maka Anda hanya berenang di tepian samudra SEO saja. SEO itu lebih rumit dari apa yang Anda pikirkan. Mungkin karena jumlah blogger profesional di Indonesia masih sedikit sehingga persaingan tidak terlalu ketat. Akibatnya, pemahaman tentang SEO pun masih sangat dangkal.

Dengan sedikit pengetahuan di atas, biasanya para pelaku SEO beranggapan bahwa faktor terbesar penentu peringkat adalah backlink. Memang backlink merupakan faktor penting, tapi menurut rumor yang beredar, peranan semakin tidak signifikan lagi. Bahkan bukan bagian skema SEO di masa depan menurut Neil Patel.

Menurut Brian Dean, ada sekitar 200 faktor yang menentukan peringkat suatu halaman. Dengan jumlah faktor sebanyak itu, semua orang yang ingin menguasai SEO dengan baik harus mulai mempelajarinya. Bukan tidak mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi ahli di bidang SEO.

Anda masih tidak percaya bahwa SEO itu sesuatu yang rumit? Cobalah bermain di Moz dan bacalah artikel dari expert dari seluruh dunia. Saya akan terkesan jika Anda mampu memahaminya. Karena ketika saya bermain di sana, saya merasa bahwa saya tidak tahu apa-apa tentang SEO sedikit pun. Bahkan setelah satu tahun mengaplikasikan SEO dalam pengembangan blog ini.

Jadi, sebenarnya tidak ada cara mudah belajar SEO. Keberhasilan Anda mempelajari SEO ditentukan oleh seberapa keras Anda belajar dan praktik. Tidak ada cara lain. Tapi disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika belajar SEO. Dan saya sudah menyederhanakannya dengan kalimat yang mudah dipahami sehingga akan memudahkan Anda. Hanya ada satu syarat, yaitu…..

Passion Terhadap Perkembangan SEO

Saya termasuk orang bertipe realistis. Jadi jangan mengatakan impian yang tidak mungkin. Saya tidak menyukainya. Maksud saya seperti ini, mayoritas blogger yang mempelajari SEO hanya bertujuan menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya. Kemudian mengkonversi pengunjung menjadi customer. Skemanya sih seperti itu. Mereka tidak benar-benar memiliki passion terhadap perkembangan SEO.

Biasanya setelah mencoba beberapa kali dan mendapatkan hasil yang kurang baik, walaupun mereka telah menerapkan semua teori SEO yang mereka pelajari, mungkin mereka akan menyimpulkan bahwa SEO itu tentang keberuntungan, benar? Terkadang konten kita bisa tampil di halaman pertama, terkadang kita kurang beruntung dan tidak bisa duduk di halaman pertama untuk kata kunci yang kita targetkan.

Jika gagal, mereka akan mulai malas mengupgrade pengetahuan SEO mereka dan menyimpulkan seperti diatas. Tapi bagi orang yang memiliki passion, di hatinya akan selalu diliputi rasa penasaran. Lautan SEO sangat luas. Anda bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyelaminya dan Anda masih terus merasa penasaran. Itu yang disebut passion.

Karena saya termasuk tipe realistis, maka saya ingin bertanya sebelum Anda melanjutkan membaca. Apakah Anda punya passion tersebut? Karena jika tidak, biasanya setelah strategi SEO Anda gagal, Anda akan frustasi dan menyerah. Sekarang jujurlah. Jika Anda merasa punya passion, maka lanjutkan membaca.

Cara Mudah Belajar SEO Versi Shiq4

So, Anda merasa punya passion dan memilih untuk melanjutkan membaca. Saya harap Anda mampu mempertahankan passion tersebut agar Anda mau belajar dengan sungguh-sungguh untuk memahami SEO.

Berikut adalah cara mudah belajar SEO yang biasa saya lakukan sehari-hari :

1. Pondasi Pertama SEO adalah Konten Berkualitas

Ingin memiliki puluhan ribu pengunjung bukanlah sesuatu yang salah. Bahkan itu bagus sehingga kita terus termotivasi untuk mengaplikasikan seluruh pengetahuan SEO yang kita pelajari. Namun akan menjadi sesuatu yang tidak berguna jika Anda tidak menyadari satu hal, kualitas konten.

Mayoritas blogger pelaku SEO yang saya temui beranggapan bahwa jika mereka melakukan optimasi SEO dengan benar, konten apapun akan berada di halaman pertama Google dan menjaring pengunjung sesuai yang mereka harapkan. Padahal itu mindset yang salah.

Seandainya konten Anda tidak memenuhi standart kualitas, walaupun Anda menyirami dengan backlick, biasanya konten Anda akan segera turun peringkatnya. Hal ini disebabkan Google ikut mengkalkulasikan seberapa lama orang yang melakukan klik berada di halaman Anda. Jika mereka melakukan klik dan tidak menemukan apa yang mereka inginkan, kemudian mengklik tombol back, lama kelamaan posisi Anda akan turun. Sebaliknya, walaupun Anda berada di peringkat 10, kalau banyak yang melakukan klik terhadap konten Anda dan mereka merasa puas, bahkan menjelajahi blog Anda, maka sedikit demi sedikit posisi halaman Anda akan meningkat.

Apalagi sekarang ada algoritma Google Panda, algoritma yang memfilter konten-konten berkualitas rendah. Jika konten Anda tidak berbobot, maka mustahil bisa berada di halaman pertama. Walaupun Anda melakukan optimasi.

Jadi, sebelum mempelajari SEO, pertama kali yang harus dipelajari adalah kemampuan menghasilkan konten-konten berkualitas. Baca disini untuk mengetahui kriteria artikel yang berkualitas. Dan beberapa artikel yang mungkin membantu Anda dalam membuat konten :

2. SEO Diawali dengan Pemilihan Kata Kunci yang Tepat

Sebelum kita menulis konten, sangat penting untuk memilih kata kunci yang tepat. Biasanya kata kunci yang bagus adalah kata kunci yang tingkat persaingannya rendah tapi memiliki volume pencarian yang tinggi. Anda bisa menggunakan Tools dari Google untuk mencari kata kunci yang tepat.

Bagi blogger profesional, satu artikel digunakan untuk menembak banyak kata kunci. Tapi jangan tergoda untuk melakukan hal ini karena tanpa pengalaman yang mumpuni, peluang kegagalannya sangat besar. Idealnya, bagi pelaku SEO pemula, cukup menargetkan satu kata kunci untuk sebuah halaman.

Tapi sebagai pemanasan, sebelum Anda menggunakan data-data yang disajika tools-tools riset kata kunci, akan sangat baik jika Anda mencoba menargetkan kata kunci secara acak. Kira-kira kata kunci apa yang sering diketik orang berhubungan dengan topik ngeblog Anda?

Sebagai contoh, saya mampu menduduki halaman pertama untuk kata kunci “bingung mau nulis apa?”. Walaupun terlihat sepele, kata kunci tersebut sering diketik oleh orang-orang yang mengeluti dunia tulis menulis. Dan saya telah mendapatkan ratusan pengunjung dari kata kunci sederhana diatas.

Sekarang gunakan otak Anda. Pikirkan kata kunci “alami” yang sesuai dengan topik blog Anda. Jika Anda sudah mahir dan berhasil tampil di halaman pertama Google, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan tools-tools SEO untuk mencari kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Seandainya Anda gagal dalam hal ini, maka lakukan terus sampai Anda benar-benar mahir. Ini merupakan latihan dasar yang harus Anda kuasai sesegera mungkin.

3. Berhati-hatilah Mengaplikasikan Teknik SEO yang Berasal dari Sumber Lain

Di internet bertebaran informasi. Sayangnya tidak semua informasi tersebut valid. Terkadang merupakan informasi yang salah dan menyesatkan. Begitu pula dengan SEO. Saya masih sering menemui informasi salah yang beredar. Bahkan ditulis berulang kali orang yang berbeda-beda. Hal semacam ini terjadi karena mereka terlalu mempercayai informasi tanpa melakukan cross check informasi ke situs-situs otoritas SEO.

Jika Anda menggunakan informasi yang salah, maka semua tindakan Anda pun akan salah. Akibatnya Anda tidak akan pernah bisa bersaing dengan blogger lain dalam hal SEO. Saya pernah merangkumnya dalam “20 Kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai”. Bacalah konten tersebut dan Anda akan tahu beberapa kebohongan SEO yang sering beredar di internet.
Selain itu, ketika mempelajari SEO, jangan langsung mengaplikasikan apa yang ditulis situs-situs bukan otoritas. Walaupun Anda merasakan pengaruhnya dalam waktu singkat, mungkin tutorial yang Anda baca termasuk black hat SEO. Kalau Anda mengaplikasikannya, blog Anda beresiko terkena penalti dan akan di hapus dari halaman hasil pencarian. Sangat banyak teknik black hat SEO yang beredar, tapi Anda bisa membaca “14 Teknik black hat SEO yang bisa menghancurkan blog Anda” agar Anda memahami teknik apa saja yang tidak boleh Anda lakukan.

4. Baca, Baca, dan Baca

Perkembangan SEO lumayan cepat. Jika Anda tidak mau terus memantau perkembangan apa saja yang terjadi di SEO, segala usaha Anda bisa sia-sia. Bagi Anda yang ingin serius belajar SEO, membaca konten SEO merupakan makanan sehari-hari. Karena apa yang bisa bekerja dengan baik di masa lalu, bisa menjadi sesuatu yang usang di masa sekarang.

Selain itu, dengan membaca perkembangan terbaru tentang SEO, wawasan Anda akan semakin luas. Mungkin Anda akan mengetahui teknik-teknik rahasia para expert. Biasanya kontennya merupakan studi kasus. Anda bisa meniru studi kasus yang ada, tinggal pilih mana yang sesuai dengan blog Anda. Anda akan mendapatkan pengalaman berharga sekalipun gagal.

Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih bacaan. Agar lebih aman, cukup membaca dari tiga sumber utama saja, yakni Moz.com, Searchengineland.com, dan searchenginejournal.com. Agar pengetahuan Anda semakin luas, Anda bisa mengunjungi situs pribadi penulis-penulis dari ketiga situs tersebut karena orang dengan keahlian SEO saja yang mengisi ketiga situs tersebut. Jadi, kredibelitas mereka tidak perlu dipertanyakan.

5. Tuliskan Semua Pengalaman Anda

Agar Anda tidak lupa dengan apa yang Anda baca dan apa yang sudah Anda lakukan, tuliskan semua pengalaman Anda. Dengan demikian Anda akan tahu perkembangan ilmu SEO Anda. Lebih dari yang Anda bayangkan, ilmu SEO Anda mungkin akan berguna bagi blogger lainnya. Lumayanlah untuk menambah pageview dan pengunjung.

Jika Anda sudah cukup berpengalaman, mungkin menulis studi kasus blog Anda sendiri akan sangat menantang. Atau mungkin menuliskan opini tentang perkembangan SEO di dunia, tentu akan sangat menyenangkan. Tapi jangan berharap Anda akan langsung terkenal sebagai salah satu blogger expert di bidang SEO, itu tidak mungkin. Masih banyak tahun yang harus Anda lalui untuk mendapatkan gelar master. Itu pun jika Anda cukup tangguh untuk bertahan.

6. Anda harus Terbiasa dengan Kegagalan

Belajar SEO membutuhkan mental yang kuat karena orang yang baru belajar SEO akan sering mengalami kegagalan. Tidak peduli sebaik apapun memilih kata kunci dan mengopimasi halaman, Anda tetap akan mengalami kegagalan.

Karena permainan SEO tidak Anda mainkan sendirian. Blogger lainnya juga melakukan apa yang Anda lakukan. Mereka juga melakukan riset kata kunci, menghitung peluang kegagalan, mencari backlink, dan menciptakan konten-konten berkualitas dan berbobot. Sebagai pemula, mustahil Anda mampu bersaing dengan blogger-blogger yang sudah lama eksis.

Tapi tidak perlu khawatir. Seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman Anda akan bertambah. Anda akan lebih bijaksana dalam melakukan optimasi dan memilih kata kunci, dan Anda akan segera mendapatkan pengalaman pertama duduk di halaman pertama Google.

Namun sebelum hal tersebut terjadi, Anda akan sering mengalami kegagalan. Jadi, biasakan diri Anda menerima kegagalan. Apalagi kinerja SEO itu sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Anda juga perlu bersabar untuk menikmati hasilnya.

Oh ya…. artikel “18 Kesalahan SEO yang mungkin Anda lakukan” mungkin merupakan bacaan yang bagus. Setidaknya Anda bisa mengurangi resiko kegagalan jika Anda tahu dimana letak kesalahannya. Bukankah lebih bijaksana belajar dari pengalaman orang lain daripada melakukan kesalahan yang tidak perlu?

7. Tidak Semua Halaman Harus Tampil Di Halaman Pertama

Untuk mengoptimasi sebuah halaman saja membutuhkan waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Akan sangat membuang-buang waktu jika Anda berpikir bisa membuat semua konten Anda berada di halaman pertama. Apalagi jika Anda masih pemula, itu sangat mustahil.

Dalam pengaplikasiannya, saya tidak berusaha membuat konten saya selalu memenangkan persaingan. Biasanya hanya konten yang panjang dan berbobot saja yang saya optimasi dan saya pantau perkembangan. Jangan khawatir, sebuah halaman yang bisa tampil di halaman pertama akan membawa cukup banyak pengunjung. Dan biasanya mereka juga tertarik dengan konten lainnya yang masih berhubungan.

Dan perlu diingat, SEO yang bagus selalu dilandasi dengan blog yang selalu terupdate. Kalau Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk sekadar mengejar peringkat satu dan jarang update, maka Anda tidak akan pernah berhasil. Lagipula Anda harus terus menjaga loyalitas pengunjung yang sudah Ada. Tidak teratur update blog, pengunjung akan malas berkunjung kembali ke blog Anda.

8. Jika Memungkinkan Carilah Mentor

Di internet semua informasi tentang SEO sangat lengkap. Namun untuk mampu memahaminya, Anda tetap membutuhkan mentor. Memang bukan sesuatu yang tidak mungkin mempelajari SEO secara otodidak, namun hal semacam itu membutuhkan waktu yang lama.

Semuanya akan tampak lebih mudah jika Anda ikut kelas-kelas SEO online. Materinya sudah tersusun rapi sehingga mudah dipelajari. Anda akan segera menguasai dasar SEO dalam beberapa pertemuan saja. Dan yang lebih penting, Anda bisa bertanya mengenai hal-hal yang tampak membingungkan. Pemahaman Anda akan lebih baik dibanding ketika Anda belajar otodidak.

Sayangnya kelas SEO sangat mahal. Harganya bisa jutaan untuk beberapa kali pertemuan. Jika Anda tidak punya cukup dana, pilihan yang ada adalah dengan belajar dari blogger yang sudah lama eksis. Lebih baik jika blogger tersebut merupakan teman ngeblog Anda. Anda bisa minta diajari untuk menerapkan SEO. Tentunya akan lebih baik jika Anda memberikan imbalan yang cukup sehingga ia akan mengajarkan semua pengetuannya kepada Anda karena Anda mampu menghargai ilmu SEO miliknya dengan layak.

9. Praktik Terus dan Eksperimen

Untuk mengetahui teknik mana yang cocok untuk blog Anda dan mana yang memberikan ROI terbesar, Anda harus terus praktik dan bereksperimen. Seperti yang saya katakan sebelumnya, hampir bisa dipastikan Anda akan gagal. Namun pengalaman dari kegagalan tersebut akan sangat membantu Anda mengembangkan skill SEO.

Lakukan evaluasi terus menerus dan perhatikan baik-baik bagaimana sebuah halaman diurutkan. Lihat siapa yang menduduki urutan pertama, cobalah mengamati halaman tersebut, kemudian tiru dan aplikasikan untuk blog Anda.

Lakukan eksperimen dan praktik secara terus menerus dan Anda akan mulai menyadari ilmu SEO mana yang bekerja paling efektif. Segera setelah Anda menguasai skill SEO, Anda bisa mulai menargetkan kata kunci yang sulit. lalu lakukan evaluasi lagi. Begitu seterusnya sampai level Anda terus meningkat sejajar dengan blogger berpengalaman lainnya.

Apakah Anda Masih Berniat Belajar SEO?

Benar kan, tidak ada cara mudah untuk belajar SEO? Apakah Anda merasa cukup tangguh untuk terus mempelajari SEO, bahkan setelah serangkaian kegagalan yang Anda alami?

Tapi tidak ada yang sia-sia di dunia ini. Anda mendapatkan apa yang Anda usahakan. Tinggal seberapa keras usaha Anda untuk menguasai SEO. Semakin banyak waktu yang Anda luangkan, semakin cepat Anda memahami SEO.

Jadi, bagaimana pengalaman belajar SEO yang pernah Anda lakukan? Apakah rasanya menyenangkan? Atau menyakitkan? Bagikan pengalaman Anda di kotak komentar yang disediakan. Saya akan senang membaca pengalaman orang lain.

Sumber gambar : realworldbussiness.com

17 thoughts on “Cara Mudah Belajar SEO

  1. Ehm, , , jujur setiap membaca tentang strategi SEO dari Kak Shiq4, saya sering menemukan perintah “carilah mentor”. . .

    Ehm, , , saya sama sekali blank sebanyak apapun saya membaca tentang SEO i mean selain membuat judul dan menempatkan kata kunci di mana-mana (saya benar-benar buta). Maukah kak Shiq4 berkirim beberapa email dengan saya, sebagai seorang mentor? ^^

    Suka

  2. terima kasih sharing-nya Mas.

    Kadang yang menjadi kendala adalah tool-tool SEO berbayar, mahal lagi,
    ahref saja sekarang gak ada yang gratis lagi ya dan yg lain-lain.
    dan jarang mereka yang ‘mumpuni’ mau berbagi ilmu-nya dengan gratis, karena memang gak ada yang gratis 🙂

    Jadi mau gak mau ya harus belajar sendiri, kalau tahan akan berhasil, kalau ditengah jalan ‘loyo’ ya nyerah deh….

    Ditunggu sharing SEO nya Mas.

    Terima kasih dan salam kenal

    Suka

  3. Dulu pas masih pegang website dengan domain sendiri ada plugin yang mempermudah buat input apa-apa aja biar konten kita keindex google di halaman awal, tapi sejak pegang wordpress gratis jadi belum kepikiran buat ini itu mas.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s