Cara Menulis dengan Cepat dan Lancar

Cara Menulis Cepat dan Lancar

Sumber gambar : Okezone.com

Salah satu tips untuk menjadi blogger sukses adalah konsisten. Maksudnya terus menulis guna keperluan update blog. Siapa yang tidak mampu terus konsisten menulis, maka ia tidak akan pernah mencapai kesuksesan.

Logikanya sederhana. Semakin banyak konten yang mampu Anda hasilkan, semakin cepat blog Anda berkembang. Apalagi jika didukung dengan kemampuan memasarkan konten yang bagus, tentu blog Anda akan diperhitungkan oleh blogger lain.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai cara menulis cepat dan lancar sehingga kita mampu menciptakan konten unggulan sebanyak mungkin. Semakin sedikit waktu yang kita gunakan untuk menulis, berarti kita bisa mengalokasikan waktu lainnya untuk melakukan tugas-tugas ngeblog lainnya seperti berkomentar di blog lain, membalas email pengunjung, atau membaca informasi terbaru sesuai dengan industri yang kita sukai.

Lebih efisien. Dan itu akan sangat bagus jika mampu kita pertahankan dalam mengelola blog.

Penasaran dengan caranya? Ingin tahu salah satu rahasia menulis dengan cepat dan lancar? Anda berada di halaman yang tepat. Segera setelah Anda selesai membaca postingan ini, Anda akan mampu menulis konten sebanyak apapun yang Anda inginkan hanya dengan sedikit waktu.

Anda hanya perlu terus membaca sampai akhir. Persyaratan yang mudah, bukan?

Sebuah Keharusan

Sebelum saya memberitahu Anda bagaimana menulis dengan cepat dan lancar, pastikan Anda memiliki skill mengetik tanpa harus melihat keyboard. Akan lebih bagus jika Anda mampu menggunakan 10 jari.

Karena ini merupakan syarat mutlak. Jika Anda masih mengetik dengan melihat keyboard, maka segera luangkan waktu untuk mengasah kemampuan mengetik Anda. Setidaknya butuh waktu sekitar 1-3 bulan. Itupun kalau Anda berlatih dengan sungguh-sungguh.

Cobalah mencari program untuk mengetik 10 jari di internet. Kemudian berlatihlah mengetik setiap hari. Semakin sering Anda berlatih, semakin cepat Anda menguasainya.

Cara Menulis dengan Cepat dan Lancar

Jadi Anda telah menguasai skill mengetik tanpa melihat keyboard. Maka sudah saatnya Anda menerapkan beberapa tips berikut ini agar Anda mampu menulis dengan cepat dan lancar sesuai dengan yang Anda harapkan :

1. Pilih Topik Menulis yang Tepat

Sebenarnya perjuangan menulis kita sudah dimulai sejak kita menentukan topik. Hasilnya akan baik jika kita memiliki pengetahuan dan pengalaman sesuai dengan topik. Sebaliknya, jika kita memilih topik yang salah, bisa dipastikan kita akan kesulitan menyelesaikan tulisan.

Oleh karena itu, sebelum Anda memilih topik-topik yang sulit, sebaiknya Anda berkaca dan temukan topik favorit Anda  Kemudian jadilah ahli sesuai dengan topik favorit Anda. Di waktu luang, Anda bisa mencoba menulis topik menarik lainnya sebagai tantangan tersendiri. Dengan demikian kemampuan menulis Anda akan terus terasah dengan baik.

Anda hanya akan mampu menulis dengan cepat dan lancar hanya jika topik yang Angkat sesuai dengan ilmu pengetahuan Anda.

2. Lakukan Riset Sebelum Menulis

Yang dimaksud riset adalah membaca tulisan-tulisan yang masih berhubungan dengan topik yang Anda angkat. Pengetahuan sekecil apapun yang Anda dapatkan ketika membaca merupakan senjata untuk membuat variasi tulisan sehingga tulisan Anda akan dipenuhi dengan ide-ide kreatif.

Selain itu, membaca tulisan orang lain bisa sangat berguna agar Anda tidak menulis sesuatu yang sudah basi. Paling tidak Anda akan tahu bagaimana orang lain menyajikan informasi. Semakin banyak Anda membaca, semakin lancar Anda menuangkan ide sesuai dengan gaya menulis yang Anda kembangkan.

Anda hanya perlu memastikan bahwa ide Anda tidak sama persis dengan ide orang lain. HARUS ada pembeda. Tanpa hal tersebut, intuisi menulis Anda akan tumpul. Buat apa menulis ulang tulisan orang lain jika Anda tidak mampu menambahkan bumbu penyedap atau informasi tambahan?

3. Hilangkan Semua Gangguan

Bagi Anda yang serius dalam menulis, pasti sudah menyadari bahwa menulis itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hanya jika Anda ingin meningkatkan kualitas tulisan Anda. Akan sangat baik seandainya Anda meminimalisir terjadinya gangguan-gangguan yang tidak perlu. Berikut yang bisa Anda lakukan :

  • Matikan Koneksi Internet – Mendapatkan notifikasi dari media sosial maupun email bisa membangkitkan rasa penasaran. Bukannya malah fokus, terkadang kita lupa dan memilih membuka notifikasi tersebut. Akibatnya adalah tulisan tidak kunjung selesai dan malah asyik bermain dengan sosial media atau membalas email yang masuk.
  •  Jauhkan Handphone Anda – Saat Anda berada dalam mode menulis, pastikan saja Anda menjauhkan HP dari jangkauan Anda. Buat menjadi silent sehingga ketika ada panggilan masuk maupun pesan masuk, Anda tidak akan terganggu.
  • Beritahukan Kepada Keluarga Anda Bahwa Anda sedang Menulis – Memberi tahu keluarga ketika waktu menulis telah tiba dan Anda tidak ingin diganggu akan membuat semua orang terdekat Anda tidak akan memanggil Anda untuk kepentingan yang tidak terlalu penting.

4. Jangan Menulis Sambil Mengedit

Tidak perlu terlalu khawatir terhadap kesalahan menulis ejaan maupun terjadinya kalimat yang tidak nyambung karena Anda bisa menghilangkan keduanya saat tulisan sudah selesai. Saat kita menulis, lebih baik tuliskan saja semua yang ada di pikiran. Tidak peduli segila apapun ide Anda saat itu.

Setelah Anda selesai menulis, barulah baca ulang tulisan yang sudah jadi. Lakukan beberapa kali dan baca dengan suara keras agar Anda menyadari kesalahan yang ada di tulisan. Kemudian hapus kalimat yang tidak perlu, tambahkan informasi pada sesuatu yang tidak jelas, ubah kata yang salah ketik, juga pastikan kalimat yang satu dengan kalimat lainnya masih nyambung dan relevan.

Dengan menulis tanpa mengedit, kecepatan menulis Anda akan meningkat drastis. Terapkan hal ini ketika Anda menulis, dan Anda akan punya lebih banyak waktu untuk menulis konten-konten selanjutnya tanpa masalah yang berarti.

5. Tetapkan Waktu Menulis/ Deadline

Memberi batasan waktu selama menulis akan membuat Anda mengeluarkan semua kemampuan terbaik Anda. Cara ini biasa dilakukan oleh profesional. Mereka bekerja sesuai deadline sehingga mau tidak mau, mereka harus menyelesaikan tulisannya.

Tapi jangan keterlaluan. Jika Anda masih pemula, maka tetapkan waktu yang masuk akal. Misalkan 3 jam untuk menulis 3000 kata. Itu contoh yang paling sederhana. Seandainya Anda sudah terbiasa menulis, maka Anda bisa menetapkan waktu yang lebih pendek. Mungkin 2 jam untuk menulis 3000 kata.

Semua terserah Anda. Teknik ini akan bekerja sangat baik jika Anda mengetahui kemampuan menulis Anda sendiri. Kira-kira berapa banyak waktu ideal yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah tulisan? Tetapkan waktu berdasarkan pengalaman menulis selama ini.

6. Pastikan Anda dalam Kondisi yang Baik

Ketika tiba waktu menulis, maka pastikan Anda sedang dalam kondisi terbaik. Artinya sedang tidak ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan. Anda santai dan rileks, juga tidak tergesa-gesa.

Dan pastikan mood menulis Anda sedang bagus. Bersihkan ruangan Anda atau putar musik. Pokoknya yang membuat Anda merasa nyaman saat menulis.

Tapi juga harus diingat, Anda tidak berlebihan ketika menulis. Saat Anda merasa lelah atau bosan, berhentilah sejenak untuk beristirahat. Biasanya istirahat dilakukan setiap 30 menit sekali. Itu untuk memastikan bahwa otak Anda tidak terlalu stres untuk menyelesaikan tulisan.

Saatnya Bekerja

Sekarang buka laptop Anda. Pergilah ke tempat favorit menulis Anda dan segera buat sebuah tulisan.

Jangan lupa untuk menjawab 6 pertanyaan saat menulis postingan sehingga kualitas tulisan Anda bisa meningkat. Juga pastikan untuk mengaplikasikan SEO agar tulisan Anda bisa ditemukan orang lain.

Apakah Anda punya tips lain untuk menulis dengan cepat dan lancar? Pastikan untuk berbagi di kotak komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

Iklan

29 tanggapan untuk “Cara Menulis dengan Cepat dan Lancar

  1. bisa karena biasa itu mungkin resepnya..
    dari komentarnya aja udah dapet ilmu…

    semoga bermanfaat..
    kalau soal nulis, saya satu hari baru bisa 500 kata, jahhaha
    baru pemula di dunia tulis-menulis.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s