7 Alasan Konyol Untuk Tidak Berhenti Ngeblog

Blogger Tidak Berhenti Ngeblog

Sedang merasa bimbang tentang masa depan blog Anda? Mulai merasa bosan? Atau Anda berpikir bahwa ngeblog adalah kegiatan sia-sia yang menghabiskan banyak waktu?

Itu wajar. Blogger yang baru ngeblog terkadang mengalami hal semacam itu. Apalagi jika Anda melihat teman ngeblog Anda tiba-tiba hilang dan tidak mengupdate blognya, tentu Anda akan sedikit terpengaruh. Dan mungkin akan memicu timbulnya keinginan untuk mengakhiri petualangan ngeblog Anda.

Saya pernah mengalami hal semacam itu. Ada keraguan di hati, sebenarnya apa yang saya cari dari kegiatan ngeblog? Semakin saya memikirkannya, semakin saya bimbang. Perasaan untuk berhenti ngeblog datang begitu saja tanpa diundang. Rasanya aneh. Dan selama beberapa waktu tetap ada perasaan semacam itu.

Jika Anda sedang mengalaminya, maka Anda tidak perlu terlalu bingung mencari jawabannya. Karena saya punya 10 alasan konyol agar Anda tidak berhenti ngeblog :

1. Tidak Ada yang Mewajibkan Anda Menjadi Blogger Sukses

Keinginan berhenti ngeblog biasanya merupakan hasil dari rasa frustasi. Anda menaruh ekspektasi tinggi terhadap diri sendiri. Anda menghabiskan banyak waktu mempelajari semua konsep tentang mengembangkan blog. Dan ketika Anda merasa gagal, Anda merasa semuanya sia-sia.

Tapi tahukah Anda, tidak ada orang yang mewajibkan Anda menjadi blogger sukses dalam waktu dekat. Santai saja dan nikmati aktivitas ngeblog Anda. Suatu saat, ketika Anda sudah memiliki banyak pengalaman, mungkin saat itulah Anda akan sukses. Jadi, jangan menyerah terlalu dini dan bersemangatlah untuk terus berbagi melalui blog Anda.

2. Rasanya Lucu Membaca Postingan-Postingan Lama

Blogger baru biasanya fokus untuk terus menghasilkan konten. Segera setelah ia mempublikasikan konten, maka saat itu pula ia mulai mencari ide untuk postingan-postingan berikutnya. Selalu seperti itu. Mereka bahkan tidak pernah meluangkan waktu untuk membaca postingan yang sudah terkubur.

Sekali-kali cobalah untuk menjelajahi blog Anda sendiri. Kemudian bacalah postingan-postingan lama dan Anda akan tertawa sendiri dengan apa yang Anda temukan. Terkadang kita terlalu alay, terkadang kita menulis sesuatu yang konyol, terkadang tulisan kita benar-benar jelek. Itu menyenangkan.

Apalagi jika selama ini Anda terus belajar memperbaiki kemampuan menulis Anda, melihat perbedaan antara tulisan lama dan tulisan baru akan sangat lucu. Lalu, mengapa Anda harus berhenti ngeblog jika ada rasa semenyenangkan itu?

3. Bayangkan Jika Anda Mampu Ngeblog Selama 8 Tahun

Sebenarnya saya selalu menaruh rasa hormat yang tinggi bagi blogger yang sudah lebih dari 5 tahun ngeblog dan mereka masih konsisten. Menurut saya itu pencapaian yang hebat karena lebih banyak blogger yang menyerah di tahun-tahun awal dan tidak pernah sempat merasakan menjadi blogger senior.

Setiap kali ada rasa ingin berhenti ngeblog, saya selalu memikirkan blogger-blogger tersebut. Saya tidak akan berhenti ngeblog sebelum menikmati rasa bangga menjadi blogger senior seperti mereka. Memang konyol, tapi itu membuat saya bersemangat untuk terus berkarya.

4. Berteman dengan Blogger Lain

Kalau boleh beropini, hubungan pertemanan dengan sesama blogger kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan orang-orang di dunia nyata. Itu karena teman blogger kita selalu setia mendengarkan semua cerita kita, membaca tentang keluh kesah kita, dan selalu ada disaat kita sedang jatuh. Mereka teman yang baik.

Jika Anda berhenti ngeblog sekarang, maka Anda akan kesulitan menemukan banyak teman sejati, orang yang tahu semua tentang Anda dan mau mengerti Anda.

Lebih jauh lagi, rasanya menyenangkan jika kita sudah dekat blogger lain dan bertemu di dunia nyata. Siapa tahu teman-teman ngeblog Anda akan membawa Anda pada kesuksesan suatu saat nanti. Memiliki banyak teman adalah langkah terbaik menuju kesuksesan. Dan tidak ada yang lebih baik dari ngeblog untuk menjalin hubungan dengan profesional lainnya.

5. Ngeblog Merupakan Tempat Mengekspresikan Diri Paling Efektif

Menulis merupakan sarana paling efektif untuk mengekspresikan diri. Anda bisa berbagi kesedihan, penderitaan, kebahagiaan, pengalaman, pemikiran, maupun rasa-rasa yang sulit diceritakan dengan lisan. Kita bisa merasa bebas seperti seekor burung yang terbang di udara.

Dengan teratur menulis, mental kita menjadi lebih kuat. Tidak ada obat stres selain membicarakan semua permasalahan kita (curhat) kepada orang lain. Setidaknya kita akan lega setelah menuliskan semuanya. Jika beruntung, mungkin beberapa orang akan meninggalkan nasihat yang bagus di kotak komentar.

6. Anda Bisa Menjadi Apapun yang Anda Impikan

Apakah Anda tahu bagian paling menyenangkan dari kegiatan ngeblog? Itu adalah saat kita berakting seperti profesional. Saya sering menulis seperti itu, menulis konten-konten pemasaran berdasarkan pengalaman saya berjualan di pasar tradisional. Terkadang juga menulis tips-tips menulis, padahal saya bukanlah penulis profesional. Atau berakting menulis tips-tips ngeblog seperti orang yang sudah lama berpengalaman dalam ngeblog.

Setidaknya saya bisa menjadi apapun yang saya inginkan. Dan itu merupakan alasan yang bagus untuk tidak berhenti ngeblog.

7. Tulisan Sederhana Kita bisa Membantu Orang Lain

Sebenarnya tujuan ngeblog saya adalah mengarsipkan semua hal dalam hidup saya. Menulis cerita sehari-hari, menulis ulang materi-materi yang saya pelajari, dan beropini tentang kejadian-kejadian yang sedang hangat di masyarakat.

Tapi kemudian saya mendapatkan beberapa komentar positif. Ternyata tulisan saya yang sederhana mampu membantu orang lain. Mereka mengucapkan terima kasih atas apa yang saya sajikan.

Dengan terus ngeblog, mungkin akan lebih banyak orang yang terbantu dengan tulisan kita. Apa lagi yang lebih baik dari menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang banyak? Tidak ada.

Kesimpulan

Apakah sekarang Anda sudah bersemangat dan punya alasan yang bagus untuk terus ngeblog? Jika ya, berarti tulisan saya sedikit berguna.

Seandainya Anda masih ragu dan punya pertanyaan, saya siap membantu Anda. Anda hanya harus menuliskan permasalahan Anda di kotak komentar yang telah disediakan.

22 thoughts on “7 Alasan Konyol Untuk Tidak Berhenti Ngeblog

  1. Nomer 7 benar. Kadang-kadang nulis sederhana tentang cerita sehari-hari atau tentang sebuah opini, malah dapat sambutan banyak. Padahal awalnya pas nulis cerita sederhana itu ga terlalu berharap ada yang komen, malah rame.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s