9 Latihan Menulis Untuk Menghasilkan Artikel yang Bagus

Latihan menulis artikel yang bagus

Jika Anda ingin menjadi blogger yang baik, maka luangkan waktu untuk berlatih menulis. Dengan latihan menulis sesering mungkin, tulisan Anda akan semakin hidup dan menarik. Juga akan menarik lebih banyak pengunjung.  

Tapi beberapa blogger berkata bahwa bagaimana pun mereka mengasah kemampuan menulis dengan mengikuti tantangan menulis atau prompt menulis yang disediakan beberapa website, mereka mengeluhkan tidak adanya perubahan yang signifikan terhadap kemampuan menulis mereka. Itu masalah besar dan sering mengakibatkan rasa frustasi.

Namun semua akan berubah setelah Anda membaca artikel ini. Saya akan membagikan beberapa trik yang saya gunakan untuk melatih kemampuan menulis sehingga tulisan saya diakses lebih dari 36.000 orang. Berikut adalah 9 latihan menulis yang biasa saya lakukan agar menghasilkan tulisan yang bagus :

1. Luangkan Lebih Banyak Waktu untuk Memilih Judul yang Tepat

Menulis judul butuh kerja keras. Jika judul Anda tidak menarik atau tidak mampu menimbulkan rasa ingin membaca, maka tidak akan ada orang yang membaca tulisan Anda. Begitulah kejadiannya mengapa jumlah pengunjung Anda masih sepi, salah memilih judul.

Lalu bagaimana menulis judul yang bagus? Berikut tipsnya :

Jangan Gunakan Hiperbola – Di dunia internet sudah terlalu banyak yang menggunakan hiperbola. Memang banyak yang akan membaca, tapi jika artikel Anda tidak sehebat judulnya, biasanya orang akan mengingat blog Anda. Dan di kemudian hari, ketika mereka mencari informasi di mesin pencari dan menemukan judul hiperbola dari blog Anda, mereka tidak akan tertipu dua kali dan lebih memilih mengklik website lainnya.

• Tambahkan Angka – Artikel dengan Angka sudah terbukti untuk menjadi populer. Majalah, media online, dan blog-blog terkenal menggunakannya. Anda pun perlu mencobanya.

• Judul Harus Sesuai dengan Isi – Beberapa orang tidak pernah memikirkan pembacanya. Terkadang mereka membuat judul populer yang banyak dicari orang. Sayangnya, karena mereka tidak punya informasi apapun, mereka memaksakan diri untuk membuat berita hoax. Ini juga harus Anda hindari. Tulisan harus sesuai dengan judul. Jika Anda tidak bisa melakukannya, lebih baik Anda tidak menulis sepatah kata pun.

Judul Panjang Lebih Menarik – Judul pendek tidak jelek, hanya saja tidak mampu mendapatkan klik. Sedangkan judul panjang lebih mudah menarik perhatian netizen. Jadi, buat judul Anda lebih panjang dan lebih detail.

Tunjukkan Manfaat Nyata Pada Judul – Artikel cara atau tips biasanya lebih mudah mendapatkan pembaca. Meskipun orang lain tidak membutuhkannya, tapi biasanya artikel yang menunjukkan manfaat nyata akan mendapat lebih banyak klik karena mampu menumbuhkan rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Berlatihlah menulis judul menggunakan tips diatas, pasti artikel Anda akan mendapatkan lebih banyak klik. Suatu hari saya akan menulis dengan detail bagaimana membuat judul yang bagus dan menarik. Jadi, jika Anda tidak ingin melewatkan tips-tips menulis lainnya, jangan ragu untuk mengikuti blog ini atau menjadi subsriber.

2. Berlatihlah Menulis Paragraf Pembuka

Setelah membaca judul, biasanya pencari infromasi (pembaca) akan melihat sekilas paragraf pembukanya. Seandainya Anda salah menulis atau paragraf pembuka Anda tidak menarik, mereka tidak akan membaca sisanya.

Blogger biasanya terlalu fokus pada isi artikel seperti poin-poin yang mereka jabarkan ketika menulis listicle. Atau mereka lebih banyak berpikir tentang bagaimana menyampaikan opini tertentu atau kalimat-kalimat persuasif. Tanpa memikirkan lebih jauh paragraf pembukanya.

Paragraf pembuka lebih penting dari apa yang Anda pikirkan. Pastikan saja Anda menulis permasalahan yang Anda angkat dan “Janji” penyelesaian masalah tersebut dengan jelas. Itu akan sangat berpengaruh terhadap baik buruknya tulisan Anda di mata pembaca. Juga berpengaruh terhadap keputusan apakah pembaca melanjutkan membaca atau tidak.

Berlatihlah untuk menulis paragraf pembuka. Bisa juga Anda menulis 3 atau 4 paragraf pembuka, kemudian bacalah paragraf pembuka Anda, dan tentukan mana yang terbaik. Itu akan membantu Anda menghasilkan artikel-artikel yang bagus dan disukai pembaca.

3. Panjang Pendek Artikel

Sebagian orang terlalu banyak yang berpikir bahwa artikel bagus itu adalah artikel yang panjang. Itu salah. Anda tidak perlu menulis 2000 kata jika Anda bisa menjelaskan maksud Anda dalam 500 kata. Artikel terbaik adalah artikel yang efektif.

Namun, jika Anda membutuhkan 3000 kata atau 4000 kata agar artikel Anda jelas, maka jangan malas, tulislah sebanyak apapun kata yang Anda butuhkan untuk menjelaskan.

Latihan yang cocok adalah mengedit tulisan. Baca lagi karya Anda dan tanyakan kepada diri sendiri : ”Apakah ada kata-kata yang tidak perlu yang bisa dihilangkan?” atau “Apakah bisa menyingkat tanpa menghilangkan kejelasan maksud Anda?”. Semakin efektif, semakin bagus tulisan Anda.

4. Menulis Ulang Artikel Orang Lain

Latihan menulis yang diajarkan ketika masih duduk di bangku SD, tapi banyak penulis yang melupakannya : Menulis ulang. Menulis ulang tidak hanya membantu Anda agar mempunyai ingatan yang kuat, tapi juga berguna untuk melatih kreativitas menulis.

Ketika saya baru meluncurkan blog ini, menulis ulang merupakan senjata utama saya dalam menghasilkan artikel. Saya tidak perlu bingung mencari ide menulis, hanya butuh mesin pencari dan membaca 10 artikel yang tampil di halaman pertama. Berdasarkan 10 artikel tersebut kemudian saya menulis ulang poin-poin yang saya anggap penting. Jadi, tulisan saya bisa lebih lengkap.

Catatan : Jika dalam menulis ulang Anda melakukan pengutipan, sebaiknya Anda juga menyertakan artikel asli pada bagian referensi di bagian bawah. Takutnya nanti ada orang yang mengira kita menjiplak dan menyalahi hak cipta.

5. Menerjemahkan Artikel Bahasa Inggris

Latihan ini yang paling sulit. Menerjemahkan karya tulis Bahasa Inggris membutuhkan kesabaran tinggi. Selain terkadang kita menemukan kata Bahasa Inggris yang tidak kita mengerti, membuat hasil terjemahan enak dibaca merupakan tantangan tersendiri.

Dengan cara ini Anda akan tahu bagaimana menulis sesuatu yang bagus. Hanya satu hal penting yang harus Anda perhatikan : pastikan sumber artikel yang Anda terjemahkan merupakan karya penulis terkenal atau dari website populer.

Tujuannya agar Anda bisa menguasai gaya menulis yang bagus. Belajarlah dari hasil terjemahan Anda. Kosa kata apa yang digunakan, bagaimana mereka menjelaskan sesuatu, dan istilah-istilah yang sering dipakai dalam topik yang diangkat. Tanda keberhasilan latihan Anda adalah jika tulisan Anda jelas, menggunakan kata yang tepat, dan lebih ringkas dalam penggunaan kata.

6. Kehebatan Penulis Terlihat Dalam Kekayaan Kosa Kata

Saya pernah melihat beberapa orang terlalu mengagungkan Bahasa Inggris. Katanya Bahasa Indonesia miskin kata dan tidak menarik. Itu sedikit menganggu. Tapi saya tidak setuju dengan hal tersebut.

Walaupun kosa kata Bahasa Indonesia tidak sekomplit Bahasa Inggris, tapi sudah lebih cukup untuk menghasilkan tulisan yang cantik. Yang dibutuhkan hanyalah menemukan kosa kata baru sebanyak mungkin dan membiasakan diri mengaplikasikan dalam tulisan kita.

Perbanyak membaca untuk menemukan kosa kata langka dan gunakan dalam artikel Anda. Tulisan sederhana sudah cukup baik, namun jika Anda mampu menciptakan tulisan sederhana dan indah, itu adalah sesuatu yang mengesankan. Jadi, berlatihlah menulis menggunakan kosa kata yang tidak umum dan langka, namun masih bisa dimengerti oleh orang lain.

Perhatikan : Jangan terobsesi menggunakan terlalu banyak kata langka karena nanti bisa menganggu kejelasan maksud Anda. Gunakan sewajarnya saja. Juga lebih baik gunakan istilah-istilah umum. Walaupun nanti sebagian pembaca tidak mengerti istilah tersebut, tapi jika Anda terus menggunakannya, orang lain akan mencari tahu artinya.

7. Tulis Pengalaman Pribadi

Berlatih menulis pengalaman pribadi merupakan bagian terpenting dalam menulis. Jika Anda tidak mampu menyajikan tulisan yang menarik berdasarkan pengalaman pribadi Anda, maka biasanya artikel apapun yang Anda hasilkan pasti juga tidak menarik.

Masalahnya ada pada kekontradiktifan antara privasi dan kejujuran. Bagaimana Anda menulis secara jujur tanpa menuliskan hal-hal privasi yang tidak ingin Anda bagikan. Ini akan melatih kreativitas Anda. Dengan rutin melakukannya, Anda akan tahu seberapa banyak informasi yang bisa memuaskan pengunjung sehingga Anda bisa menyimpan informasi lainnya untuk artikel selanjutnya.

8. Berlatihlah Melakukan Riset Sebelum Menulis

Menulis artikel tutorial itu sulit. Bukan hanya mengenai “kejelasan” tapi kebenarannya pun akan diuji oleh orang lain. Kesalahan terbesar blogger yang menulis tutorial,tips, dan cara adalah efisiensi kata dan kebenarannya.

Karena begitu ingin mendapatkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari, terkadang mereka menulis sesuatu yang salah. Ini merupakan kesalahan fatal. Bahkan Anda bisa ditertawakan. Kredibelitas Anda turun dan orang tidak lagi mempercayai Anda.

Melakukan riset juga merupakan latihan menulis. Jika Anda melewatkannya, nilai kebenaran tulisan Anda bisa dipertanyakan. Ketidakmampuan mengolah data ini bisa menjadi boomerang. Sebagus apapun tulisan Anda, jika itu sesuatu yang salah, tidak akan ada orang yang membaca.

Berlatihlah menulis menggunakan data-data yang ada (biasanya berupa statistik atau opini-opini para ahli). Itu akan membantu Anda memperoleh kredibelitas di mata pengunjung. Setelah Anda terkenal, mungkin sesekali menulis opini yang memancing perdebatan akan membuat reputasi Anda semakin baik.

9. Biasakan menaruh Link di Artikel Anda

Artikel berbeda dengan buku. Jika menulis buku Anda bisa membahas apapun dengan santai, maka diartikel Anda tidak bisa melakukannya. Untuk menjelaskan maksud Anda, Anda tidak perlu menulis semua penjelasan. Cukup menaruh link dan pembaca akan mengklik untuk memahami maksud Anda.

Selain itu, berlatih menaruh link dalam artikel baru Anda akan meningkatkan visibilitas tulisan Anda. Juga “memaksa” orang lain membaca tulisan-tulisan lama yang terkubur postingan-postingan baru (Lihat disini untuk internal link).

Jika dibutuhkan, berlatihlah juga untuk menyisipkan link-link menuju tulisan blogger profesional. Tidak hanya membuat pendapat Anda semakin kuat, namun bisa menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda serius membahas tema yang Anda angkat karena menggunakan opini atau tulisan blogger profesional. Selain itu, eksternal ini bisa membantu SEO Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Sebagian orang mengatakan bahwa kemampuan menulis merupakan bakat sejak lahir, Mungkin benar.

Sebagian lainnya mengatakan bahwa untuk menjadi penulis terkenal, Anda harus mengikuti kelas-kelas menulis yang mahal, mungkin itu juga benar.

Namun menurut pengalaman pribadi dan cerita yang pernah saya baca, untuk menjadi penulis yang baik hanya dibutuhkan latihan. Saya mempercayainya. Dan jika Anda sependapat dengan saya, berlatihlah sampai Anda lelah. Berlatihlah sesering yang Anda bisa. Berlatihlah mengaplikasikan semua hal diatas. Maka suatu hari Anda akan mampu menulis artikel yang bagus.

Tidak ada usaha yang lebih baik dari berlatih. Itu faktanya. Apakah Anda punya metode latihan lainnya untuk menciptakan artikel yang bagus? Saya menunggunya di kotak komentar.

Sumber gambar : indotrading.com

22 thoughts on “9 Latihan Menulis Untuk Menghasilkan Artikel yang Bagus

  1. Meskipun seseorang mempunyai bakat menulis, tetapi bakat juga perlu diasah agak tetap tajam kemampuannya. Aku kalau menulis selalu membuka KBBI untuk mencari padanan kata maupun kata-kata baku yang sesuai kaidah Bahasa Indonesia. Memperkaya pengetahuan kita juga agar kata yang digunakan dalam kalimat jadi beragam. Oh iya, aku masih punya hutang ya untuk mengirimkan tata penulisan sesuai EYD. Aku masih nyari2 belum ketemu nih di laptop. Tapi Insya Allah aku akan kirimkan begitu ketemu.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Pernah mbaca klo penulis profesional menghabiskan berjam-jam hanya untuk membuat paragraf pembuka. Jadi, sangat penting menulis paragraf pembuka yang bisa merangsang rasa ingin tahu.

      Suka

  2. Wuah mas Shiq4…menarik sekali artikelnya. Makasih utk sharing ilmunya mas. Kl Cinta kerepotan utk membuat cerpen berbahasa Inggris, sdg dicoba tp msh takut utk mempublikasikannya, msh takut slah2 di kosakatanya 😁

    Suka

    1. “Artikel ringan” atau “artikel berat” kadang tergantung penulisnya sih..

      Orang yang terbiasa menulis artikel tentang memasak akan merasa ringan/biasa saja untuk menulis artikel tentang memasak. Tapi bagi yang tidak terbiasa pasti akan merasa artikel tentang memasak adalah artikel yang berat.

      Bagi Mas Shiq4, menulis artikel tentang “kepenulisan”, “blog”, “SEO” adalah hal yang biasa. Jadi baginya pasti itu bukanlah hal yang berat.. 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s