Tips Menulis Artikel yang Disukai Google

Tips menulis artikel yang disukai google ini tidak akan bekerja dengan baik jika Anda semata-mata menulis untuk mesin pencari.

Bijaksananya, Anda juga harus menulis untuk pengunjung. Maksudnya, artikel Anda harus enak dibaca, sistematis atau terarah dengan baik, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Jika tidak, maka semua akan sia-sia.

Menulis untuk mesin pencari itu relatif mudah. Hanya dibutuhkan sedikit kerja keras. Anda akan tersenyum geli jika sudah mengetahui caranya.

Tidak usah panjang lebar, mari kita bahas tips-tips menulis artikel yang disukai google:

1. Tulis Artikel Orisinil

Saya tahu masalah terbesar Anda. Di dunia web yang begitu dinamis dan perkembangannya sangat cepat ini tidak ada yang orisinil. Semuanya hampir mirip.

Tapi ada yang Anda lewatkan.

Sebuah gaya menulis. Artikel boleh saja isinya sama tetapi cara penyampaianya harus benar-benar berbeda.

Artikel orisinil adalah artikel yang unik, berbobot, dan bersifat informatif.

Pengunjung menyukai hal-hal tersebut. Jadi, daripada Anda sibuk menulis untuk mesin pencari, lebih baik Anda berfokus untuk menulis artikel yang disukai pembaca.

Tips: Kebanyakan blogger yang menulis agar disukai google cenderung lupa bahwa pengunjung adalah yang nomer satu. Menulislah untuk pengunjung dulu, mesin pencari yang nomer dua.

2. Artikel Panjang Disukai Google

Percaya atau tidak, google menyukai artikel yang panjang. Jika Anda bisa membuat satu artikel yang panjang, kemudian mengoptimasinya, maka bisa dipastikan Anda akan berada di halaman pertama google.

Salah satu artikel SEO yang pernah saya buat adalah kebohongan SEO yang mungkin Anda Percayai. Artikel tersebut unik dan juga panjang sehingga google menampilkannya di urutan pertama untuk kata kunci “kebohongan SEO”.

Lihatlah pada kenyataan. Kalau Anda menemukan artikel pesaing Anda cukup panjang untuk berada di urutan pertama google, maka buatlah artikel yang lebih panjang.

Artikel panjang bukanlah artikel yang penuh dengan basa basi. Tetapi artikel yang memuat banyak informasi. Selain itu, kelebihan dari artikel panjang adalah mudahnya dioptimalkan untuk keperluan SEO. Keyword density yang paling ideal adalah satu kata kunci per 100 kata. Anda berhak menuliskan kata kunci setiap Anda berhasil mengetik 100 kata.

Misal, pada artikel ini, saya memakai kata kunci “tips menulis artikel yang disukai google”. Berapa kali Anda melihat kata tersebut muncul? Sejauh ini hanya 4 kali. Berapa jumlah kata dalam artikel ini? Setidaknya lebih dari 400 kata.

Tips : Panjang artikel yang terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal adalah minimal 800 kata. Itu yang saya percayai.

3. Google Menyukai Artikel yang Fokus

Percuma saja Anda menulis artikel orisinil dan panjang jika Anda tidak fokus pada satu permasalahan.

Misal, pada artikel ini, apa permasalahan utamanya? Permasalahan utamanya adalah ada orang yang ingin membuat atau menulis artikel yang disukai google tetapi tidak tahu caranya.

Saya menjawabnya dengan rinci satu persatu sehingga setelah selesai membaca artikel ini orang tersebut akan mampu menulis artikel yang disukai oleh google. Bukankah demikian? Sederhana bukan?

Untuk bisa fokus membahas artikel yang rinci, sebaiknya Anda memperhatikan 3 hal yakni:

1. Buat poin-poin spesifik. Dengan membuat poin-poin tertentu, tulisan Anda akan terlihat rapi dan enak dibaca. Selain itu, lebih mudah untuk memberi penjelasan pada pembaca.

2. Tentukan tema yang jelas. Jika Anda sudah terbiasa menulis menggunakan tema, maka Anda tidak akan ngalor ngidul membicarakan yang lain. Anda akan fokus.

3. Buat sederhana. Untuk apa menulis kalimat panjang jika Anda bisa menuliskannya dengan cara singkat, padat, dan jelas.

Itulah poin utama agar bisa menulis artikel yang fokus sehingga Anda bisa menulis seluruh detail hingga detail terkecil sekalipun.

Tips: Untuk bisa menulis artikel yang fokus, Anda harus banyak berlatih menulis. Minimal satu jam tiap hari.

4. Memahi Konsep Dasar SEO

Google menyukai artikel yang SEO. Tak peduli sebaik apapun tulisan Anda, jika Anda tidak menyertakan kata kunci pada artikel Anda, maka Anda tidak akan menghasilkan secara optimal. Anda harus menyertakan kata kunci.

Berikut adalah tempat-tempat terbaik untuk menyebarkan kata kunci:

1. Kata kunci pada judul. Hal dasar yang saya rasa sudah dimengerti oleh semua blogger. Saya hanya mengingatkan. Siapa tahu ada yang lupa dengan hal ini.

2. Kata kunci pada URL. Anda tidak perlu khawatir dengan poin ini jika judul Anda sudah mengandung kata kunci. Biasanya URL akan otomatis mengikuti judul.

3. Letakan Kata Kunci pada Meta Description. Hal ini hanya sedikit berpengaruh terhadap SEO tetapi tidak ada salahnya untuk mengaplikasikannya. Terkadang deskripsi yang baik akan mengundang banyak klik.

4. Letakan Kata Kunci pada 100 Kata Pertama. Jangan meletakan kata kunci di tengah atau di akhir paragraf. Tempat terbaik adalah di awal kalimat. Lihatlah pada artikel ini. Dimana saya meletakan kata kunci?

5. Gunakan Alt Attribute. Letakan kata kunci pada nama gambar, judul gambar, dan deskripsi gambar. Google menyukai hal tersebut.

6. Terakhir Gunakan internal link. Anda tidak akan tahu betapa hebatnya pengaruh internal link terhadap SEO blog. Gunakan anchor text yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Tips: Untuk hasil yang optimal, Anda bisa membaca selengkapnya pada artikel tips menulis artikel SEO friendly.

5. Google Menyukai Informasi yang Benar

Itu bukanlah sesuatu yang berlebihan. Dunia internet adalah hutan informasi. Sangat banyak situs yang memuat berita dan informasi yang salah. Bahkan ada yang sifatnya penipuan.

Google membenci hal tersebut. Jadi buat Anda yang ingin tampil di halaman pertama google, sebaiknya Anda mulai dengan menulis informasi yang benar.

Tips : Sebelum menulis, ada baiknya Anda mencari referensi dari situs-situs yang sudah terpercaya.

Itulah tips-tips menulis artikel yang disukai oleh google. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda berbuat banyak menghadapi persaingan informasi yang begitu ketat. Selamat mencoba.

Iklan

21 tanggapan untuk “Tips Menulis Artikel yang Disukai Google

    1. Frekuensi update hanya berpengaruh terhadap kecepatan bot google mengindeks blog kita. Artikel pendek biasanya sulit tembus paga one. Tergantung saingannya.

      Suka

  1. Iya, saya setuju dengan sebagian besar pendapat dari tulisan ini. Dalam menulis, isi memang yang paling utama ya Mas. Kalau kita bisa menulis artikel dengan isi yang berbobot, berkualitas, dan lengkap, maka sekali dibaca oleh seseorang, ia pasti akan puas. Demikian pula dengan pembaca-pembaca lainnya. Pada akhirnya, banyak pembaca yang puas pelan-pelan akan menaikkan halaman tersebut di halaman pencari Google.

    Yah, dan bukankah memang demikian ya, kita menulis untuk manusia, bukan untuk “menipu” mesin pencari :)). Jadi konten intinya hal yang paling utama :hehe.

    Suka

        1. Iya baiknya sih gitu. Misalnya artikel di atas judulnya tips menulis artikel yang disukai google maka dalam paragraf awal harus ada kalimant paling tidak menulis artikel yang disukai google. Dalam 3 hari pasti artikelnya muncul di halaman pertama google

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s