12 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

Bagi kebanyakan blogger, kemampuan menulis adalah sesuatu yang harus ditingkatkan karena persaingan untuk tampil di halaman mesin pencari semakin ketat saja setiap hari.

Mereka, para blogger, selalu berusaha mencari “rumus ajaib” untuk menciptakan artikel berkualitas. Sama seperti bentuk ketrampilan lainnya, Anda harus banyak-banyak menulis agar menguasai teknik-teknik menulis yang baik. Setelah itu, kembangkan teknik menulis Anda dengan menggunakan cara-cara berikut:

1. Disiplin Menulis

Ketrampilan menulis bisa dengan mudah ditingkatkan jika Anda rajin menulis.

Dalam hal menulis, tidak ada cara instan untuk menguasai ketrampilan menulis. Anda harus terus menulis dalam jangka waktu yang lama sampai Anda terbiasa untuk menulis segala sesuatu yang menarik perhatian Anda.

Kebanyakan blogger, yang gagal meningkatkan kemampuan menulis mereka, tidak memiliki jadwal menulis yang baik sehingga kemampuan menulis mereka stagnan, tidak berkembang.

Jika Anda ingin kemampuan menulis Anda meningkat, maka Anda harus bisa menciptakan kebiasaan menulis yang baik sehingga kemampuan Anda terua terasah dan semakin baik setiap harinya.

2. Membaca dengan Teratur

Biasanya, penulis yang baik merupakan pembaca yang baik pula.

Kegiatan menulis itu selalu berhubungan dengan kegiatan membaca. Gunakan pengetahuan yang Anda dapat dari kegiatan membaca untuk menopang ide-ide Anda. Perhatikan juga bagaimana penulis lain menyusun suatu kalimat. Apakah kalimatnya sudah efektif dan efisien?

Jika tidak mengapa demikian? Kalau ya, maka pelajari mengapa tulisan tersebut efektif. Apakah karena ketepatannya menggunakan kata? Apakah karena kesederhanaannya sehingga mudah dipahami?

Belajarlah menulis kalimat efektif melalui bacaan Anda. Selain bisa memperkaya kosa kata, membaca juga sebagai media untuk mencari inspirasi. Anda tidak akan percaya bahwa membaca memiliki manfaat yang besar bagi blogger. Ketika Anda sudah terbiasa membaca sebelum menulis, Anda akan merasakan manfaatnya sebelum Anda menyadarinya.

3. Belajar Menulis Sesuai EYD

Cara meningkatkan kemampuan menulis yang paling mudah adalah belajar sesuai EYD. Belilah kamus bahasa indonesia. Dengan harga dibawah Rp 20.000,00, kamus bahasa indonesia adalah investasi yang murah.

Mulailah mempraktikkan kata-kata yang baku. Sebisa mungkin hindari penggunaan kata-kata gaul karena menggunakan kata yang tidak baku membuat tulisan Anda sulit untuk dibaca.

4. Perhatikan Mood Anda

Ini berkaitan dengan bagaimana Anda mengatur waktu menulis. Kapan Anda merasa nyaman untuk menulis? Apakah ketika malam hari sebelum tidur? Pagi hari setelah bangun tidur? Atau di sore hari ketika beristirahat sepulang kerja?

Pilihlah waktu menulis dimana perasaan Anda tenang dan sedang ingin menulis. Jika Anda memiliki masalah atau hal-hal lain yang harus segera Anda kerjakan, selesaikan terlebih dahulu.

Menurut saya, 90% keberhasilan menulis dipengaruhi oleh ketepatan Anda dalam memilih waktu yang tepat untuk menulis. Oleh karena itu, buatlah waktu luang khusus untuk menulis agar Anda bisa berkonsentrasi penuh untul menghasilkan tulisan yang berkualitas.

5. Lakukan Evaluasi Setiap Selesai Menulis

Mungkin saja Anda melakukan kesalahan ketika tergesa-gesa untuk menyelesaikan tulisan. Biasakan untuk mengevaluasi tulisan Anda setelah Anda selesai menulis sesuatu. Periksa ejaannya, lihat apakah antar kalimat tidak terjadi kerancuan?, apakah ada kalimat tidak perlu yang harus dihapus?

Kalimat atau paragraf yang baik adalah sesuatu yang sederhana. Semakin sederhana tulisan Anda, maka semakin mudah tulisan itu dipahami. Itu adalah hal terbaik yang pernah ada jika Anda mampu membuat kalimat sederhana yang jenius ketika mengevaluasi tulisan Anda.

6. Minta Saran dan Kritik pada Pembaca Anda

Setelah Anda selesai menulis dan mengevaluasinya, tanyakan kepada pembaca Anda apakah tulisan Anda memiliki kekurangan?

Saran dan kritik dari pembaca tidak hanya akan memperbaiki cara Anda menyampaikan sesuatu tapi akan menyempurnakan setiap tulisan Anda.

Segera perbaiki tulisan Anda begitu Anda mendapatkan saran atau kritik yang membangun. Pikirkan dengan baik saran dan kritik dari pembaca. Pilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Dengan demikian, Anda akan terus berkembang sampai suatu saat menemukan gaya menulis Anda sendiri.

7. Bergabunglah dengan Forum atau Grup Menulis

Anda bisa menemukan thread-thread yang membahas topik menulis dengan mudah di internet. Bergabunglah dengan forum dan jadilah anggota yang aktif.

Sebagai seorang pemula, Anda pasti mempunyai banyak pertanyaan. Tanyakan apa yang membuat Anda bingung ketika menulis dan pastikan Anda memakai bahasa yang sopan.

Jika Anda malas untuk bergabung dengan forum menulis karena beberapa alasan, maka cara termudah adalah dengan bergabung di grup facebook.

Bergabung pada komunitas tertentu akan membuat Anda bersemangat. Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi-informasi seputar menulis yang bisa meningkatkan kemampuan menulis Anda.

8. Gunakan Kalimat Aktif

Salah satu hal yang membuat tulisan Anda terlihat buruk adalah terlalu banyak menggunakan kalimat pasif.

Berhati-hatilah dengan penggunaan kalimat pasif. Gunakan dengan bijaksana. Meskipun menggunakan kalimat pasif bukanlah suatu kesalahan, tapi bisa membuat kalimat Anda terlihat jelek.

Walaupun demikian, ada saat dimana Anda memang harus menggunakan kalimat pasih. Ini bukanlah sebuah latangan untuk dilakukan karena untuk bisa kreatif dalam menulis Anda harus berani mendobrak aturan-aturan baku.

9. Ikut Kelas Menulis

Kalau Anda serius dan ingin meningkatkan kemampuan menulis Anda, invesatasi kecil untuk ikut kelas menulis adalah ide terbaik yang pernah ada.

Anda tidak akan kebingungan karena semua materi telah disusun sedemikian rupa untuk memudahkan Anda memahami setiap materi. Berbeda dengan belajar otodidak, Anda bisa langsung bertanya kepada pembimbing dan mendapatkan jawaban atas segala pertanyaan Anda.

Selain itu, jika Anda ikut kelas menulis, Anda akan memiliki banyak teman yang juga suka menulis. Biasanya, orang akan lebih bersemangat menulis jika dikerjakan dengan bersama-sama.

Carilah tempat les menulis yang terbaik di kota Anda dan kembangkan potensi Anda sampai batas yang maksimal.

10. Kembangkan Gaya Bahasa Anda

Anda harus memiliki ciri khas. Hal ini butuh waktu berbulan-bulan sampai Anda menemukan gaya bahasa sendiri.

Pertama, sangat tidak mungkin seorang pemula memiliki gaya bahasa sendiri. Jadi, cara tercepat adalah dengan meniru gaya menulis penulis favorit Anda.

Seiring berjalannya waktu, cepat atau lambat, jika Anda terus menulis, Anda akan menemukan gaya bahasa Anda sendiri.

Kedua, tulisan yang bagus bukan tulisan yang mengandung kata ilmiah atau hal-hal yang sulit dimengerti. Tulisan yang sederhana adalah yang terbaik.

Dan terakhir, cobalah menggabungkan gaya bahasa orang lain dengan gaya bahasa Anda sendiri. Hal ini akan mendorong Anda menjadi penulis kreatif dengan ide-ide yang bagus.

11. Temukan Editor yang Bagus

Jika Anda mengelola situs yang besar dan telah menghasilkan uang, temukan editor yang bagus. Anda tidak harus mengedit tulisan Anda sendiri karena pasti akan memakan banyak waktu. Dengan memilih editor yang bagus, Anda 80% Telah membuat konten berkualitas.

Meskipun ini jarang dipakai oleh website atau blog kecil, tidak ada salahnya untuk mencoba jika Anda memiliki dana berlebih.

12. Gunakan Juga Kalimat Kompleks

Cara terakhir untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda adalah mempraktikannya setiap hari.

Meskipun kalimat sederhana adalah jenius, bukan berarti kalimat kompleks tidak memberi warna pada tulisan Anda.

Penulis yang kreatif selalu memiliki variasi tersendiri ketika menulis. Variasikan kalimat kompleks dengan kalimat sederhana sehingga Anda benar-benar menghasilkan tulisan yang bermutu tinggi.

Memang sulit tapi Anda harus melakukannya. Cobalah terus-menerus sampai Anda mahir menggunakan kalimat kompleks dan kalimat sederhana secara bersamaan.

Itulah  12 cara meningkatkan kemampuan menulis. Jika Anda memiliki rahasia atau  cara lain, Anda bisa menambahkannya di kotak komentar. Terima kasih sudah berkunjung.
Referensi:
1. 6 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis

Iklan

10 tanggapan untuk “12 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

  1. Kalau menurut saya sih menulis harus menikmati juga Mas :hehe. Kadang tak usah memikirkan apa pun, tulislah apa yang ada di kepala. Tapi tips-tips di sini keren sih, spesifik dan lebih mengena, soalnya kita jadi tahu apa yang harus kita lakukan (perbanyak membaca, kalimat aktif, hindari kalimat pasif terlalu banyak dsb.), intinya menulis adalah skill yang kudu perlu terus dilatih, tidak cuma dengan banyak menulis tapi juga dengan banyak membaca :hehe. Saya belajar banyak deh dari tulisan ini, terima kasih banyak ya :hehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s