7 Langkah Menciptakan Kebiasaan Menulis

Sebagai penulis pemula, hal pertama dan paling dasar adalah keharusan untuk memiliki kebiasaan menulis yang teratur setiap hari. Anda diwajibkan untuk terus mengasah kemampuan menulis secara teratur agar menghasilkan karya tulis yang bagus dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Kebiasaan menulis itu dapat diciptakan dengan berbagai hal, Mulai dari cara-cara sederhana hingga sesuatu yang sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Berikut adalah tips dan trik untuk menciptakan kebiasaan menulis yang baik :

1. Buatlah blog pribadi. Untuk penulis pemula saya sangat menyarankan untuk memiliki sebuah blog pribadi. Kemudian gunakan blog sebagai diary Anda. Tulislah apa yang sering Anda pikirkan dan lakukan sehari-hari. Jika terlalu berat bagi Anda untuk update artikel setiap hari, maka menulislah minimal satu minggu sekali. Yang terpenting adalah Anda tetap menulis secara teratur.

2. Membaca dengan baik. Tidak ada gunanya Anda menulis tanpa membaca. Biasakanlah untuk membaca agar setiap tulisan yang Anda buat dapat mempengaruhi orang lain dan bermanfaat bagi pembacanya. Bacalah dengan perlahan-lahan untuk memahami maksud dan tujuan penulis. Kemudian gunakan pengetahuan yang Anda peroleh melalui membaca sebagai kekuatan menulis Anda.

3. Apa motivasi Anda menulis? Agar memiliki kebiasaan menulis yang baik, Anda harus memiliki motivasi yang kuat sehingga Anda bisa bertahan untuk terus menulis ketika Anda mengalami hambatan-hambatan yang membuat Anda merasa lelah dan ingin menyerah. Bentuklah motivasi yang kuat dengan menjawab pertanyaan apa alasan Anda untuk terus menulis bahkan dalam keadaan yang tidak menyenangkan? Tuliskanlah alasan Anda dalam catatan sederhana dan bacalah berulang-ulang ketika Anda mengalami kebuntuan dalam menulis.

4. Buatlah jadwal menulis dan patuhi jadwal tersebut. Menciptakan kebiasaan menulis sangatlah melelahkan. Anda harus mematuhi jadwal menulis Anda apapun yang terjadi. Entah ketika Anda malas atau sedang dalam kondisi yang tidak terlalu baik, Anda wajib memenuhi jadwal menulis Anda. Buatlah jadwal menulis satu jam tiap hari agar Anda memiliki kedisiplinan dalam menulis.

5. Siapa penulis favorit Anda? Milikilah penulis favorit sebagai teladan yang baik dalam menulis agar Anda memiliki gaya menulis. Kemudian kembangkanlah gaya menulis Anda sendiri jika sudah merasa telah memiliki kemampuan menulis yang mumpuni. Memiliki penulis favorit akan mendorong Anda menciptakan kebiasaan-kebiasaan menulis yang baik dan benar.

6. Carilah inspirasi di perpustakaan. Agar kebiasaan menulis Anda tidak membosankan, cobalah untuk mengunjungi perpustakaan umum di kota Anda. Banyak sekali bahan bacaan yang bisa menjadi referensi untuk menulis bagi Anda. Bahkan ide terbaik pun tidak akan berguna jika Anda tidak bisa menuliskannya. Dengan berkunjung ke perpustakaan, saya pastikan Anda akan mendapat banyak inspirasi dari buku-buku yang terpajang di rak perpustakaan.

7. Jadikan menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan. Tanamkan di otak Anda bahwa menulis itu menyenangkan, bukan sebagai beban yang harus dikerjakan. Cobalah untuk menuliskan seluruh pikiran Anda, termasuk pikiran paling liar yang bisa Anda imajinasikan tetapi tetap harus disampaikan dengan lemah lembut, sopan, dan santun. Pikirkan dan pilih kata-kata terbaik untuk menyampaikan ide terburuk sekalipun sehingga Anda bisa bermain kata ketika sedang menuliskan suatu hal.

4 thoughts on “7 Langkah Menciptakan Kebiasaan Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s