10 Manfaat Ngeblog yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat ngeblog apa saja yang bisa Anda peroleh jika Anda menggeluti hobi ngeblog?

Pernah tidak Anda merasa bahwa kegiatan ngeblog itu adalah kegiatan yang sia-sia dan menghabiskan banyak waktu?

Agar Anda lebih bersemangat lagi untuk terus menulis di blog,  bacalah 10 manfaat ngeblog di bawah ini :

1. Menjadi Penulis yang Hebat

Mengelola sebuah blog membuat Anda memiliki lingkungan menulis yang baik. Mau tidak mau, ngeblog benar-benar “memaksa” Anda untuk terus menulis.

Akibatnya, ketrampilan menulis Anda menjadi semakin baik karena setiap hari terus mengasah kemampuan menulis Anda.

Bukanlah hal yang mengejutkan jika Anda melihat blogger-blogger lain mulai menerbitkan buku. Mereka menjadi penulis profesional, penulis hebat yang membuat bukunya menjadi best seller.

Jadi, bagi Anda yang bercita-cita menjadi penulis, mulailah membuat blog pertama Anda. Isilah blog tersebut dengan artikel-artikel yang menyuarakan opini dan pemikiran Anda tentang suatu hal. Jadilah orang kreatif yang memiliki gaya bahasa sendiri. Suatu saat ketika Anda mulai mahir memainkan kata, tulis buku Anda sendiri.

2. Tempat Mengekspresikan Diri

Anda bisa menulis apa pun di blog Anda. Jika ada tempat untuk bebas berekspresi, maka blog adalah tempat yang paling tepat.

Walaupun Anda bisa menuliskan apapun yang mewakili semua pemikiran Anda, tetap saja Anda harus menjaga sopan santun ketika menulis. Jangan gunakan kata-kata kotor atau menyinggung SARA karena akan berdampak negatif bagi blog Anda.

Tulislah dengan kata-kata yang baik agar artikel Anda disukai pembaca. Kreatiflah dalam menulis. Ekspresikan diri Anda dengan bebas karena ngeblog itu menyenangkan.

3. Tempat Membangun Personal Branding

Manfaat ngeblog terbesar yang membuat sebagian besar orang rela menghabiskan berjam-jam waktunya untuk mengelola sebuah blog adalah personal branding yang dibangun.

Ketika Anda terus menulis topik tertentu secara berkala dan berhasil memecahkan masalah yang dimiliki oleh pembaca Anda, maka secara tidak langsung Anda telah membangun brand Anda.

Orang-Orang akan tahu kemana mereka harus pergi dan bertanya tentang sesuatu yang tidak mereka pahami. Anda adalah tempat orang bertanya. Anda adalah pemecah masalah yang ideal. Dalam waktu beberapa bulan, orang akan membicarakan tentang keahlian Anda dan apa yang telah Anda lakukan.

Meskipun kenyataannya Anda butuh waktu berbulan-bulan untuk membangun branding Anda, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa benar-benar terkenal jika Anda secara konsisten menerbitkan artikel spesifik secara berkala.

4. Media Promosi yang Baik

Kepopuleran sebuah blog merupakan hal yang saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak pemilik bisnis kecil berbondong-bondong menciptakan blog khusus buat mempromosikan produk mereka.

Saya sendiri membuat blog ini untuk mempromosikan jasa penulis artikel. Itu sebabnya saya mencoba membangun blog ini dengan tips-tips ngeblog karena target utama pembaca saya adalah blogger (sebab hanya blogger yang membutuhkan jasa penulisan artikel).

Bisnis jasa penulis artikel saya memang belum berkembang dan belum mendapatkan banyak order. Tapi dalam waktu 12 bulan ke depan saya yakin akan banyak blogger yang akan memesan artikel.

Kuncinya, saya harus konsisten menulis dan menerbitkan postingan-postingan yang bermanfaat.

5. Menghasilkan Banyak Uang

Ini merupakan tujuan terbesar hampir sebagian besar blogger yang saya temui. Apakah Anda juga memiliki ambisi untuk menghasilkan uang dari blog?

Semua akan lebih mudah dilakukan (monetize blog) jika blog Anda telah terkenal dan memiliki traffik yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berfokus dulu untuk meningkatkan jumlah pengunjung dulu sebelum memikirkan cara terbaik menghasilkan uang dari blog.

Cara termudah adalah dengan terus mengupdate blog Anda terus-menerus sampai Anda memiliki pembaca setia. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk update artikel? tips agar konsisten update artikel akan banyak membantu Anda atau Anda bisa memesan artikel pada saya agar Anda bisa mengupdate artikel sesering mungkin.

6. Mendapatkan Banyak Teman

Ngeblog bukanlah aktivitas yang dilakukan seorang diri. Anda perlu membuka diri terhadap orang lain.

Jadilah orang yang terbuka, tanyakan jika ada yang tidak Anda ketahui, atau berbicaralah dengan jujur ketika Anda memberi saran maupun kritik yang membangun.

Ajaklah blogger lain untuk saling mem-follow, saling berkomentar, atau saling mereview satu sama lain. Semakin banyak teman Anda, semakin baik pula perkembangan blog Anda.

7. Tempat Dokumentasi yang Sempurna

Anda memiliki banyak foto atau cerita yang mengesankan? Terlalu sayang jika harus dilupakan begitu saja? Ingin mengenang kejadian-kejadian penting dalam hidup Anda di masa depan? maka hobi ngeblog cocok untuk Anda.

Blog merupakan tempat dokumentasi yang baik, semua postingan tersusun rapi berdasarkan tanggal penerbitannya sehingga Anda bisa membaca kembali apa yang Anda dokumentasikan sewaktu-waktu.

Bukan itu saja kelebihan sebuah blog, Anda bisa memanfaatkan kotak search untuk menemukan file-file yang tenggelam di blog Anda. Semuanya semudah membalikkan telapak tangan.

Ingin segera mencobanya? Mulailah blog pertama Anda sesegera mungkin dan rasakan nikmatnya menjadi blogger.

8. Blog Merupakan Rumah Kita di Dunia Maya

Blog Anda diibaratkan sebagai rumah Anda di dunia maya. Orang-orang akab berkunjung ke rumah Anda jika mereka memiliki masalah yang berhubungan dengan topik ngeblog yang Anda bahas.

Seperti halnya di dunia nyata, rumah Anda harus nyaman dan terlihat cantik agar pengunjung betah berlama-lama. Desain dengan sederhana. Pilih font yang sedap di pandang mata. Pilih themes yang sesuai dengan Topik.

Jadikan blog Anda sebagai rumah di dunia maya. Update artikel secara teratur agar blog Anda kaya konten sehingga ditandau google sebagai situs berkualitas.

9. Bangga Menjadi Blogger

Manfaat ngeblog yang sangat minor dibanding dengan manfaat ngeblog lainnya adalah bisa merasa bangga. Namun hal itu tetap menyenangkan untuk dikejar karena tidak semua orang bisa bangga dengan blognya.

Butuh waktu setidaknya satu tahun agar Anda mulai bisa merasakan perasaan bangga. Setelah banyak berkorban sekian bulan, setelah berusaha keras mempertahankan blog agar terus update, semuanya akan terbayar lunas di akhir tahun.

10. Menjadi Ahli pada Bidang yang Anda Tulis

Menulis topik tertentu dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda memahami topik tersebut. Tanpa Anda sadari, Anda telah menjadi ahli di bidang tersebut.

Suara Anda akan selalu dinanti oleh pembaca setia Anda. “Mungkin” satu dua kali Anda akan ditanyai orang-orang melalui komentar, facebook, atau melalui email.

Seberapa baik keahlian Anda akan teruji dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Mampukah Anda membuat orang lain paham tentang suatu topik?

Itulah 10 manfaat ngeblog yang perlu Anda ketahui. Untuk diskusi mengenai poin-poin yang tidak saya tuliskan, Anda bisa berkomentar pada kotak yang sudah disediakan.

7 thoughts on “10 Manfaat Ngeblog yang Perlu Anda Ketahui

  1. Blogging memang banyak manfaatnya ya Mas. Dua di antaranya yang saya suka adalah karena di sini saya bisa belajar mengutarakan ide melalui tulisan terus bisa menjalin silaturahmi dengan penulis-penulis hebat yang tersebar di seluruh dunia. Ah, jadi makin cinta dengan dunia blogging ini, semoga saya bisa bertahan dan bisa ikutan memberi kontribusi.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s