Tips agar Konsisten Update Artikel Setiap Hari

Konsisten menulis itulah motto saya untuk membangun blog ini. Dengan susah payah saya terus mengupdate blog ini dengan harapan suatu hari nanti bisa besar seperti blog milik Anda atau teman-teman blogger lainnya. Sejauh ini, saya masih konsisten menerbitkan satu artikel setiap hari.

Apa rahasianya? Bukanlah sesuatu yang besar. Hanya pengetahuan umum yang sudah diketahui banyak orang.

Tapi, jika Anda memaksa (saya menulis sambil tersenyum) untuk mengetahui rahasia sukses saya agar bisa update setiap hari, maka saya dengan senang hati membaginya untuk Anda.

Berikut adalah tips agar konsisten update artikel setiap hari:

1. Cintai Aktivitas Menulis

Ngeblog itu adalah kegiatan menulis. Tanpa rasa cinta untuk membagikan ilmu atau informasi, tulisan Anda akan garing atau kurang greget.

Tujuan ngeblog saya adalah menyalurkan hobi menulis. Jadi, saya tidak punya masalah berarti berkaitan dengan kecintaan akan menulis. Tapi, bagi Anda yang baru saja menekuni dunia tulis menulis, pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana saya bisa mencintai aktivitas menulis?

Saya tidak dapat menjelaskannya. Tapi saya punya trik khusus agar Anda mencintai kegiatan tulis-menulis. Berikut adalah tipsnya:

1. Menulislah setiap hari. Tidak peduli betapa sibuknya Anda, cobalah untuk terus menulis setiap hari.

Tidak perlu yang panjang-panjang. Cukup tulisan singkat tentang apa yang Anda lakukan atau Anda rasakan. Jika Anda masih bingung mau nulis apa?, maka tuliskan kebingungan Anda. Ini contohnya:

Ini adalah hari pertamaku menulis. Sejujurnya, aku tidak pandai menulis. Bahkan, aku masih bingung mau nulis apa?

Satu-satunya motivasiku adalah keinginan untuk bisa menulis dengan lancar sehingga bisa mengupdate blog setiap hari. Sayangnya, aku terlahir tanpa bakat menulis.

Untuk bisa menulis dengan kata yang tepat, aku masih sering mencontek blogger-blogger lain. Tapi tidak mengapa, aku hanya mencontek idenya, bukan kata-katanya. Itu karena aku masih pemula. Aku menyadarinya. Semoga blogger yang idenya kujiplak berkenan memaafkan kesalahanku ini. Sebagai gantinya, aku menyertakan link referensi yang menunjukan sumber tulisan. Sekian untuk hari ini.

Begitu saja. Singkat. Tapi lakukan setiap hari sampai Anda benar-benar mencintai kegiatan menulis.

2. Komitmen untuk menulis. Maksudnya jangan malas untuk terus menulis setiap hari. Percuma saja Anda menulis jika disertai rasa malas. Buang jauh-jauh rasa malas. Antusiaslah.

Lakukan dengan perasaan senang. Nikmati hasil tulisan Anda. Jika merasa kurang sreg, segera perbaiki. Buatlah tulisan yang setidaknya mampu Anda nikmati sendiri.

3. Banyak Membaca. Untuk bisa mencintai kegiatan menulis biasanya dipicu oleh kegemaran membaca.

Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah membaca tulisan blogger-blogger lain. Pilih yang Anda sukai dan belajarlah menulis seperti mereka.

2. Pilih Tema yang Anda Kuasai

Tema memegang peranan penting dalam keberhasilan menulis suatu artikel. Memilih tema yang Anda kuasai bisa sangat membantu dalam proses suatu penulisan artikel.

Apa tema yang Anda kuasa? Jika Anda seorang ibu rumah tangga, maka Anda bisa menulis kegiatan Anda sehari-hari. Misalnya tulisan-tulisan berikut:

1. Tips menghemat pengeluaran rumah tangga

2. Tips masakan rahasia keluarga

3. Cara hemat berbelanja di pasar tradisional

4. Dll

Dengan begitu otak Anda akan bekerja dengan cepat tanpa Anda sadari. Sangat mudah bukan?

Konsisten menulis bukan pada seberapa hebat kemampuan menulis Anda tetapi lebih pada pemilihan topik yang sesuai. Untuk apa menulis jika Anda tidak menyukainya?

Agar bisa konsisten menulis untuk keperluan update artikel, Anda harus memilih tema yang tepat dan sesuai untuk Anda.

3. Beri Hadiah Kecil Pada Diri Anda

Anda harus menghargai kerja keras Anda. Menulis setiap hari bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Agar hal itu tidak terjadi, berilah hadiah kecil kepada diri Anda setiap selesai menulis.

Saya selalu begitu. Tiap kali saya selesai menulis berarti saya berhak mendapatkan satu batang rokok. Nilai yang kecil tetapi mampu memotivasi saya untuk terus menulis setiap hari.

Pikirkan hadiah yang pas untuk Anda. Secangkir kopi?, secangkir teh?, sepotong kue? Pilih yang Anda sukai.

4. Punya Niat Untuk Konsisten Update

Setidaknya Anda punya niat. Itu sudah cukup. Dengan niat untuk konsisten update, Anda akan punya energi lebih untuk terus menulis.

Tidak perlu menulis konten-konten berkualitas dulu. Cukup artikel sederhana seperti minggu yang tenang atau secangkir kopi pahit. Tuliaan yang mudah bukan?

Tapi saya ingin menjaga kualitas tulisan blog saya, bagaimana dong solusinya?

Jika itu permasalahan utama Anda, maka Anda harus meluangkan waktu yang lebih banyak. Saya rasa 3 jam adalah waktu yang ideal untuk menulis artikel yang disukai pembaca.

Memiliki niat adalah 50% keberhasilan. Selanjutnya Anda perlu sedikit usaha untuk merealisasikannya.

5. Menulis Seperti Mengajar

Kebanyakan orang suka menjadi guru. Tulislah materi secara sistematis dan berkesinambungan. Lakukan seolah-olah Anda adalah seorang guru.

Temukan cara terbaik untuk menyampaikan informasi. Lakukan percobaan pada setiap artikel yang Anda tulis sehingga tercipta tantangan-tantangan ringan.

Dengan begitu Anda tidak akan mengalami kebosanan jika harus menulis setiap hari.

6. Nikmati Proses Menulis

Agar bisa konsisten update artikel setiap hari, Anda harus bisa menikmati setiap proses menulis.

Apakah Anda merasa senang ketika berhasil menyelesaikan satu artikel? Apakah Anda puas dengan hasilnya?

Bacalah hasil karya Anda dengan antusias begitu Anda selesai menulisnya. Apa yang kurang? Jadikan sebagai pelajaran untuk tidak mengulang kesalahan tersebut dikemudian hari.

Rahasianya, agar bisa menikmati setiap proses menulis, Anda harus punya niat untuk belajar memperbaiki kemampuan menulis Anda. Jika tidak, Anda akan mengalami banyak kesulitan.

Itulah beberapa tips agar konsisten update artikel setiap hari. Meskipun panjang dan detail, saya harap Anda membacanya sampai tuntas.

Referensi:
1. ibu-zahraa.blogspot.in/2015/06/tips-agar-konsisten-update-artikel-blog.html?m=1

12 thoughts on “Tips agar Konsisten Update Artikel Setiap Hari

  1. Memang untuk konsisten menulis sangat jadi masalah gan… buat beberapa blogger seperti saya. padahal jika konsisten menulis setiap hari dampak baiknya untuk blog kita sendiri, jadi kenapa harus malas jika menulis akan membuat kita sukses suatu saat nanti.
    Salam Kenal gan… izin ane mau jadiin blog agan partner. Artikelnya asik buat di baca.

    Suka

  2. Salam empunya blog,
    Paling susah itu konsisten, mau nambahin boleh dong ” jaga kesehatan” ini penting banyak blogger kurang kontrol ujungnya ga dpt hasil malah g keurus badannya. ๐Ÿ˜€
    Happy blogging!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s