Mengapa Ngeblog Itu Menyenangkan

Mengapa ngeblog itu menyenangkan? Pertanyaan tersebut tiba-tiba saja muncul ketika saya sedang menulis. Terus terang, saat ini saya menghadapi rasa bosan. Entah kenapa akhir-akhir ini motivasi menulis saya turun drastis. Tidak ada gairah sama sekali. Benar-Benar buntu.

Agar rasa bosan ini tidak semakin menjadi, saya mencoba mencari beberapa alasan untuk diri sendiri berkenaan dengan mengapa ngeblog itu menyenangkan. Berikut adalah alasan-alasan yang membuat saya tetap termotivasi untuk ngeblog:

1. Ngeblog itu menyenangkan karena gratis. Apa kata yang lebih baik dari kata gratis? Saya tidak bisa menemukan kata yang lebih baik dari gratis.

Ngeblog tidak membutuhkan banyak uang. Itulah mengapa ngeblog bisa menjadi hobi yang dipilih oleh sebagian orang. Anda tidak butuh apapun kecuali kemampuan menulis yang baik.

Kalau pun ada yang berbayar, pasti harganya bersahabat dengan kantong Anda. Untuk membeli domain dan self-hosting hanya dibutuhkan Rp 200.000,00 per tahun.

Namun, memilih ngeblog di platform gratisan seperti wordpress.com adalah suatu pilihan bijak bagi Anda yang ngeblog untuk bersenang-senang.

2. Ngeblog itu menyenangkan karena bertemu dengan orang baru. Saya tidak tahu bagaimana dengan Anda ketika bertemu orang baru, tetapi saya menganggapnya sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Bertemu dengan orang baru yang memiliki sifat-sifat unik menjadi hal yang seru dalam hidup. Walaupun hubungan yang tercipta lebih dikarenakan perasaan saling menghargai sesama blogger, hubungan jenis ini bisa membantu Anda mengembangkan kemampuan sosialisasi Anda.

Anda harus bisa membina hubungan baik dengan sesama blogger sehingga Anda memiliki jaringan yang luas. Dengan jaringan yang luas, setidaknya Anda tidak bingung menjawab pertanyaan siapa yang membaca tulisan saya?

3. Ngeblog itu menyenangkan karena harus membaca. Salah satu kelebihan yang saya miliki sebagai blogger adalah saya hobi membaca.

Saya tidak pernah kesulitan untuk membaca tulisan teman-teman ketika blogwalking. Semuanya berjalan dengan baik.

Anda harus banyak membaca jika ingin tulisan Anda terlihat bagus. Mencari beberapa referensi untuk menulis adalah awal yang baik untuk mengelola blog Anda. Terlihat profesional.

Bayangkan jika ada blogger yang tidak suka membaca, pasti ia sulit menemukan ide untuk menulis. Beberapa waktu kemudian, dapat dipastikan ia merasa bosan dan segera berhenti ngeblog.

4. Ngeblog itu menyenangkan karena bisa bermain SEO. Saya masih ingat dengan jelas susahnya membuat konten yang bisa masuk 10 besar hasil pencarian google. Tapi jika berhasil, maka itu adalah sesuatu yang membanggakan.

Sebagai sesama blogger, kita bersaing untuk memberikan yang terbaik bagi pengunjung. Persaingan sehat tersebut membuat kita saling terhubung dengan cara yang tidak biasa. Tapi saya bisa menjamin bahwa hubungan tersebut adalah sesuatu yang bagus.

Memenangkan kompetisi untuk berada di halaman pertama dengan kata kunci tertentu adalah hal yang fantastis. Saya masih merasa senang dengan pencapaian tersebut. Lihatlah artikel Kebohongan SEO yang mungkin Anda percayai berada kokoh di urutan pertama mesin pencari untuk kata kunci “kebohongan SEO”. Luar biasa bukan? Bagaimana dengan Anda? Artikel apa yang duduk di urutan pertama google?

5. Ngeblog itu menyenangkan karena banyak pengunjung. Meskipun tidak banyak, saya masih tetap bangga dengan jumlah kunjungan yang mencapai 50 orang per hari.

Saya tahu itu pencapaian yang biasa saja. Tetapi bagi saya, blogger pemula, itu adalah pencapaian yang patut dirayakan.

Ada perasaan senang ketika mengetahui bahwa blog kita mendapatkan kunjungan dari orang lain. Artinya, ada orang yang membaca tulisan kita. Jika boleh berandai-andai, maka saya mengkhayal untuk mendapatkan 100 pengunjung per hari.

6. Ngeblog itu menyenangkan karena kita bebas menulis apa saja. Ya… Tidak ada yang pernah melarang kita untuk menuliskan semua unek-unek yang menganggu pikiran kita.

Kita bebas beropini, Bebas berkarya, Dan bebas menulis apa yang kita sukai. Ngeblog untuk menulis diary, tidak masalah. Ngeblog untuk menulis catatan perjalanan, juga tidak masalah.

Asal tidak copy paste tulisan orang lain, blog Anda akan awet dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Juga jangan menulis hal-hal yang menyinggung agama, ras, dan pornografi. Karena itu bisa menyebabkan perpecahan yang tidak kita kehendaki. Selebihnya, Anda bebas berekspresi.

Iklan

11 tanggapan untuk “Mengapa Ngeblog Itu Menyenangkan

  1. hal yang paling menyenangkan adalah ketika coretan kita ada yang baca walaupun hanya satu orang, bener ga mas đŸ™‚
    tapi yang lebih asyik adalah bisa bersilaturahmi sesama blogger walau hanya lewat dumay đŸ™‚

    Suka

    1. Iya mas yang paling enak itu klo kita mengunjungi blogger lain dan mendapat pelajaran hidup. Lebih beruntung lagi klo dapat tips-tips ngeblog. Soalnya masih sedikit yang nulis tips-tips ngeblog

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s