10 Ciri Blog yang Disukai Google

Ciri blog yang disukai google ini bisa menjadi standart kualitas dalam mengembangkan blog Anda. Banyak blogger yang menebak-nebak apa yang disukai google agar blog mereka menjadi blog yang berkualitas menurut google.

Setelah beberapa kali mengadakan research kecil-kecilan berdasarkan tulisan blogger-blogger lain mengenai ciri blog yang disukai google, saya menyimpulkan bahwa google menyukai hal-hal berikut:

1. Blog yang Menggunakan TLD

Meskipun saya agak ragu, tapi saya akhirnya memasukkan blog yang menggunakan Top Level Domain sebagai salah satu ciri blog yang disukai google.

Alasannya, blog dengan TLD memiliki banyak hal positif yang tidak dimiliki oleh blog gratisan. Diantaranya, memiliki robot.txt yang diupload pada hosting (biasanya blog TLD pasti juga memiliki hosting tersendiri), terlihat lebih profesional, memiliki sitemap.xml (atau jenis sitemap lainnya) yang memudahkan google mengindeks halaman-halaman mereka, dan kode desain yang bisa dimanipulasi sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan blog saya yang masih menggunakan situs gratisan, saya tidak memiliki robot.txt, sitemap, dan tidak bisa mengubah kode-kode html pada desain. Intinya, blog TLD mudah dioptimalkan sesuai standart website berkualitas menurut google.

2. Blog Tersebut Memiliki Sifat Nofollow

Kebanyakan blog dofollow merupakan tempat link spam. Google tidak menyukainya.

Berbeda dengan blog dofollow, blog nofollow harus berjuang dengan keras untuk mendapatkan pengunjung. Sangat sedikit pengunjung yang mau berkomentar di blog nofollow karena kurang menguntungkan jika dilihat dari segi SEO.

Meskipun demikian, blog nofollow menjadi blog yang diperhitungkan google sebagai “blog yang menghasilkan link berkualitas”.

Bagi Anda yang memiliki blog nofollow, Anda sudah selangkah lebih baik di mata google daripada blog dofollow. Menurut saya, blog nofollow sangat mudah untuk tampil di halaman pertama google.

3. Blog Kaya Konten Disukai Google

Salah satu ciri blog berkualitas adalah blog kaya konten. Berapa banyak artikel yang telah Anda terbitkan? Jika masih dibawah 200 artikel, maka Anda butuh terus mengupdate artikel Anda sampai berjumlah 200 buah atau lebih.

Mengapa google menyukai blog kaya konten:

* Karena google merupakan jasa pencarian informasi sehingga jika blog Anda kaya informasi akan memanjakan pengguna google.

* Karena blog kaya konten memiliki kata kunci relevan yang banyak dicari pengguna google.

* Karena banyaknya konten Anda dipakai pertanda oleh google bahwa blog Anda konsisten menyediakan informasi yang berkualitas. Biasanya banyak halaman yang mendominasi mesin pencari.

4. Blog yang Mendapatkan Link dari Situs Lain

Jumlah backlink masih menjadi faktor terpenting dalam menentukan popularitas suatu blog atau website. Sejatinya, blogger lebih menyukai link yang alami, yakni link yang dibuat blogger lain dengan sukarela.

Walaupun jumlah link sangat menentukan di era banyak algoritma sekarang ini, Anda harus berhati-hati ketika membangun link. Pastikan link yang Anda bangun terlihat alami atau Anda akan mendapatkan penalti dari google.

Perlu diketahui bahwa link-link berkualitas rendah dapat merusak website Anda. Jadi pilihlah direktori dan situs social bookmarking yang berkualitas baik sehingga berdampak positif bagi blog Anda.

Selain itu, buatlah banyak artikel pilar sehingga blogger lain akan memakai tulisan Anda sebagai referensi. Dan sekali lagi saya akan mengatakan bahwa konten adalah raja. Sampai kapan pun hal itu akan tetap berlaku.

5. Blog dengan Satu Topik Disukai Google

Ciri yang paling menonjol dan banyak diketahui oleh blogger adalah blog tersebut hanya membahas satu topik.

Selain mudah dioptimisasi untuk keperluan SEO, blog dengan satu topik lebih mudah untuk membentuk brand tersendiri di mata para pengunjung. Itu mengapa banyak blogger yang sudah berpengalaman lebih memilih untuk membangun blog dengan satu topik.

Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca Pilih Mana, Membahas Banyak Topik atau Satu Topik?

6. Loading Blog Cepat

Google memasukkan kecepatan loading halaman sebagai salah satu faktor penentu dalam menyusun peringkat di hasil pencarian.

Blog yang disukai google biasanya memiliki ciri mudah diakses melalui banyak device, seperti tablet, handphone, maupun komputer desktop. Agar blog wordpress Anda sesuai dengan algoritma mobilegeddon, ada baiknya Anda membaca panduan agar blog ramah mobilegeddon.

Selain itu, blog yang memiliki loading halaman yang cepat juga disukai pengunjung. Istilahnya, sambil menyelam minum air. Jika Anda membuat blog Anda seringan mungkin, maka blog Anda tidak hanya disukai google, pengunjung Anda pun pasti menyukainya.

Jadi, jangan ragu untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog Anda segera setelah Anda membaca artikel ini.

7. Blog Konten yang Unik Disukai Google

Konten unik adalah konten yang jarang diulas blogger lain. Meskipun terkadang traffik yang didapat hanya sedikit, konten unik memudahkan Anda mendominasi mesin pencari.

Misalnya untuk artikel ini, berapa banyak pencarian yang menggunakan kata kunci “ciri blog yang disukai google”? Pasti hanya segelintir.

Namun saya benar-benar ingin mendominasi mesin pencari untuk kata kunci yang tidak populer. Maklum, blog yang masih baru cenderung sulit untuk bersaing memperebutkan kata kunci populer.

Jadi, jangan ragu untuk menuliskan konten yang jarang dibahas blogger lain. Semakin unik konten Anda, semakin mudah menempati 10 besar di hasil pencarian google.

8. Blog yang Konsisten Update Artikel juga Disukai Google

Bukan rahasia lagi bahwa google menyukai blog-blog yang secara teratur mengupdate artikelnya.

Semakin sering Anda mengupdate artikel, semakin mudah artikel-artikel Anda terindeks google. Dengan catatan, artikel yang Anda gunakan bukanlah artikel copy paste.

Itu mengapa saya membuat kategori buku harian. Alasannya, agar bisa terus update artikel ketika saya kehabisan ide untuk ngeblog.

Saya berprinsip, sampai artikel saya berjumlah 200 buah, saya akan update artikel setiap hari. Beruntung sampai saat ini saya konsisten menerbitkan artikel setiap hari sehingga jika terus seperti ini, maka saya bisa memiliki 200 artikel di akhir bulan agustus ini.

9. Google Menyukai Blog yang Sudah Berumur Tua

Percaya atau tidak, blog yang sudah berumur lebih dari satu tahun cenderung mudah menempati 10 besar hasil pencarian. Syarat utamanya, blog yang sudah berumur tersebut kaya konten.

Artinya, blog berumur tua yang tidak memiliki konten berkualitas tidaklah dihitung. Blog yang teratur mengupdate artikel menjadi pertanda bagi google bahwa blog tersebut aktif sehingga crawler google mengunjungi blog tersebut dengan teratur.

Blog yang bisa dikatakan tua adalah blog yang sudah berusia 3 tahun atau lebih. Kurang dari itu dikategorikan blog baru. Jadi, apakah Anda memiliki blog yang sudah berumur tua untuk mendukung aktivitas ngeblog Anda?

10. Blog yang Memiliki struktur link yang Baik

Usahakan untuk menggunakan link-link HTML. Bukan flash atau javascript.

Pastikan pula Anda membangun internal link yang baik, artikel yang terhubung satu sama lain. Gunakan kreativitas Anda untuk membentuk anchor text yang menguatkan kata kunci artikel lainnya.

Dengan demikian Anda akan memiliki struktur blog yang jelas sehingga google bisa mengindeks artikel dengan baik.

Itulah 10 ciri blog yang disukai google. Apakah ada yang perlu ditambahkan? Komentar Anda akan sangat berguna untuk melengkapi artikel ini. Silakan tunjukkan pendapat pribadi Anda.

Iklan

5 tanggapan untuk “10 Ciri Blog yang Disukai Google

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s