Cara Mengatasi Stres Karena Ngeblog

Seharusnya ngeblog adalah kegiatan menyenangkan bagi orang yang memiliki hobi menulis seperti saya. Selain sebagai sarana mengekspresikan diri yang baik, ngeblog juga saya pakai sebagai kegiatan untuk menciptakan kebiasaan menulis sehingga suatu saat nanti saya bisa menjadi penulis buku profesional.

Semua berjalan sesuai dengan rencana untuk beberapa saat. Namun apa yang saya alami beberapa hari belakangan ini sungguh terasa mengejutkan. Bagaimana tidak, saya merasa sangat tertekan dan mengalami stres ringan ketika memikirkan perkembangan blog yang saya kelola. Ini sungguh diluar dugaan saya.

Untuk beberapa alasan, terkadang hobi ngeblog membuat blogger merasa jenuh sehingga mengalami stres ringan. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka saya bisa memastikan akan terjadi dua hal. Produktivitas menulis  terganggu dan kualitas tulisan akan menurun.

Menurut saya, permasalahan ringan seperti ini harus segera diatasi atau Anda tidak akan pernah menikmati kegiatan ngeblog yang Anda lakukan.

Tanda-Tanda Stres Karena Ngeblog

Dibagian ini saya akan mendefinisikan beberapa tanda orang yang stres karena ngeblog. Perlu digarisbawahi bahwa ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu serius memikirkannya.

1. Terlalu Sering Memikirkan Blog

Memiliki banyak rencana tentang bagaimana mengembangkan blog sangatlah wajar. Tapi apa jadinya jika Anda menjadi “terlalu keterlaluan” ketika Anda memikirkan blog ?

Tidur tidak nyenyak, tidak bisa fokus ketika bekerja, bahkan Anda tidak bisa menikmati percakapan dengan rekan kerja, istri, atau anak-anak Anda.

Jika Anda memiliki gejala seperti ini, maka Anda dalam masalah yang besar. Dalam jangka panjang hal ini bisa merusak kehidupan nyata Anda. Ini adalah salah satu tanda bahwa Anda stres karena ngeblog.

2. Tidak Lagi Menikmati Aktivitas Ngeblog

Banyak faktor yang menyebabkan mengapa seseorang tidak lagi menikmati aktivitas ngeblog. Dua faktor terbesar yang mungkin dialami kebanyakan blogger adalah jumlah pengunjung yang tak kunjung naik dan jumlah komentar yang sedikit.

Bagaimana pun juga, banyaknya jumlah pengunjung dan komentar yang masuk merupakan motivasi bagi blogger untuk terus bersemangat menulis di blog mereka. Dan jika keduanya tidak menunjukan peningkatan, maka orang-orang mulai kehilangan motivasi untuk melanjutkan aktivitas ngeblog.

Biasanya stres ngeblog yang disebabkan oleh kedua hal ini bisa membuat seseorang benar-benar hilang semangat dan memutuskan untuk berhenti ngeblog. Oleh karena itu, Anda harus segera menangani masalah ini sedini mungkin. Sedikit saja Anda terlambat menanganinya, di masa yang akan datang mungkin Anda akan terdaftar sebagai blogger gagal.

3. Merasa Iri dengan Pencapaian Blogger Lain

Merasa iri dengan blogger lain sangatlah manusiawi. Saya tidak pernah menyalahkan Anda jika mengalaminya. Tapi rasa iri yang berlebihan bisa menunjukan bahwa Anda tidak memiliki pengendalian diri yang baik.

Anda tidak akan percaya betapa mudahnya rasa iri menghinggapi kita. Entah mengapa sering saya temui orang-orang yang dihinggapi rasa iri sering melakukan tindakan yang ceroboh.

Mereka ingin memiliki kebaikan yang ada pada blogger lain sehingga cenderung rela melakukan apa saja. Sayangnya, mereka tidak akan berhasil karena tidak ada cara instan di dunia ini.

Seiring berjalannya waktu, ketika semua cara telah dilakukan dan Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda akan stres sendiri.

4. Suka Mengkhayal Tapi Malas Bertindak

Salah satu orang yang stres karena mengkhayal adalah saya ha ha ha….

Ada saat dimana saya benar-benar merasa nyaman ketika mengkhayal. Saya membayangkan diri ini menjadi penulis terkenal. Tapi karena alasan yang tidak bisa saya sebutkan, saya terlalu malas untuk menyelesaikan novel pertama saya.

Setelah banyak berpikir, saya menyimpulkan bahwa orang yang suka mengkhayal cenderung mengalami stres dan menjadi lebih malas dari sebelumnya.

Begitu pula dengan blogger. Saya begitu banyak membaca tulisan yang memuat banyak impian. Ada yang ingin terkenal, ada yang ingin menghasilkan jutaan rupiah dari blognya, bahkan ada pula yang ingin menuliskan kisah mereka ke dalam sebuah buku. Sungguh… Mereka punya impian yang begitu indah.

Namun kenyataan dilapangan membuktikan bahwa mengkhayal jauh lebih mudah daripada mewujudkan impian menjadi kenyataan. Kata-kata motivasi saja tidaklah cukup. Anda harus bekerja keras penuh ketekunan, menaklukan semua tantangan, dan banyak berkorban untuk impian Anda.

Jika Anda suka mengkhayal tetapi suka bermalas-malasan, maka Anda akan mengalami stres. Kenyataan tidaklah seindah apa yang Anda khayalkan.

5. Terlalu Sering Membaca Tips-Tips Ngeblog Kelas Dunia

Saya tidak pernah meragukan kesungguhan Anda dalam mengelola blog. Anda terlihat begitu bersemangat. Kadang-kadang Anda membaca tips-tips ngeblog kelas dunia di waktu luang Anda.

Nasihat saya, kurangi bacaan-bacaan yang tidak mampu Anda pahami. Menampung banyak pengetahuan yang tidak bisa Anda aplikasikan akan membuat pikiran Anda cepat lelah. Ujung-ujungnya Anda akan mengalami stres ringan.

Semua hal ada tingkatannya. Mengetahui dimana level ngeblog Anda dan memilah informasi dengan bijaksana dapat menghindarkan Anda dari stres karena ngeblog. Anda harus mempercayai bahwa semua ada waktunya.

Jika waktunya telah tiba, Anda akan lebih mudah memahami apa yang dikatakan oleh blogger-blogger profesional.

Cara Mengatasi Stres Karena Ngeblog

Semua blogger memiliki resiko untuk mengalami stres. Saya pun tidak terkecuali. Disaat saya menyadari tanda-tanda awal stres mulai menyerang, saya akan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Berhenti Sejenak Dari Kegiatan Ngeblog

Ada banyak hal yang membuat saya stres karena ngeblog. Yang paling sering terjadi adalah pikiran saya terlalu banyak ide tapi tidak bisa menuliskannya.

Sepertinya memiliki cukup banyak inspirasi di dalam kepala bukanlah hal yang baik ya? ha ha ha…. Konyol bukan?

Bukan hanya itu saja. Kadang saya juga stres karena merasa tidak punya cukup banyak waktu untuk kegiatan ngeblog. Anda tahu sendiri, ngeblog tidal sekedar menulis, Anda harus mencari referensi terpercaya untuk mendukung opini Anda, meninggalkan komentar di blog teman-teman, mencari backlink, dan menerapkan ilmu ngeblog yang kita peroleh. Entah mengapa kadang saya merasa waktu berjalan dengan cepat dan stres sendiri jika ada salah satu kegiatan ngeblog yang tidak berjalan.

Dan ketika hal-hal itu terjadi, saya tidak akan memaksakan diri. Saya akan meninggalkan aktivitas ngeblog untuk beberapa hari. Mengistirahatkan pikiran dan fisik sehingga nantinya lebih siap untuk menjalankan setiap aktivitas mengembangkan blog.

2. Menuliskan Pemikiran Saya Walaupun akan Terlihat Konyol

Cara lain yang saya gunakan untuk mengatasi stres karena ngeblog adalah menuliskan semua pemikiran saya. Mungkin tulisan tersebut tidak akan mendapat banyak kunjungan, tapi setidaknya hal tersebut membuat saya merasa puas.

Lihatlah tulisan saya seperti jomblo itu indah, puisi-puisi tidak jelas, atau sepertinya saya jatuh cinta. Itu semua terlihat konyol. Menunjukan betapa egoisnya seorang shiq4 he he he….

Ngeblog itu untuk bersenang-senang. Sesekali menulis sesuatu yang tidak berkualitas bukanlah dosa besar. Jangan terlalu serius untuk menghasilkan konten-konten berkualitas atau Anda akan semakin stres karena ngeblog.

3. Membaca Tulisan-Tulisan Lama di Blog Saya

Dulu saya tidak bisa menulis. Tulisan saya jelek dan tidak bermutu. Adalah sebuah anugrah dari Tuhan mengetahui bahwa saat ini saya mampu menulis dengan baik.

Ketika saya tertekan karena statistik blog yang tidak menggembirakan, saya mengingat masa-masa pertama ngeblog.

Saat itu saya menulis hanya untuk bersenang-senang. Meskipun tidak ada yang membaca tulisan tersebut, saya tetap merasa senang. Hal itulah yang ingin tetap saya pertahankan.

Kalau stres dan perasaan tertekan mulai menyerang, saya akan mulai membaca tulisan-tulisan lama. Kemudian saya akan mulai tenang karena merasa bersyukur dengan kemampuan menulis yang saat ini saya miliki.

Bagi Anda yang ingin melihat betapa buruknya tulisan saya di masa lalu, Anda bisa mengklik link di bawah ini:

1. Hanya 200 Kata.
2. Siapa penulis favoritmu?
3. Penulis Tanpa Bakat.
4. 5 Tips mencari inspirasi menulis.
5. Menjadi penulis pemula.

4. Bersenang-senang

Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Sekali-kali Anda butuh bersenang-senang untuk menghilangkan kejenuhan karena rutinitas ngeblog.

Ada banyak cara untuk bersenang-senang agar kondisi kita kembali bersemangat seperti sedia kala. Lupakan blog untuk sesaat dan manjakan diri Anda.

Kalau Anda tidak memiliki ide untuk bersenang-senang, Anda bisa meniru cara saya.

Saya memiliki hobi lain selain ngeblog. Itu adalah membaca buku. Setiap saya merasa tertekan atau bingung dengan perkembangan blog saya yang tak kunjung terkenal, saya mulai membaca buku. Dengan membaca buku, saya merasa senang. Pikiran pun tidak tegang sehingga stres pun bisa hilang. Keuntungan lain yang bisa saya dapat dari membaca buku adalah saya bisa menulis reviewnya di blog ini. Istilahnya sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui he he he….

Bukan itu saja. Terkadang saya membeli makanan-makanan favorit saya seperti mie ayam, daging bebek, kebab, tahu lontong, dan lain-lain. Makan makanan yang kita sukai bisa menjadi keistimewaan kecil yang mampu menghilangkan stres.

5. Bermain SEO

Saya tidak mahir dalam SEO. Tapi saya menyukainya.

Saya selalu senang jika artikel yang saya tulis menempati halaman pertama google untuk kata kunci yang saya targetkan. Oleh karena itu, manakala saya stres, saya menulis artikel tidak penting untuk keperluan SEO.

Saya menargetkan kata kunci yang tidak populer agar bisa memastikan tulisan saya bertengger di posisi pertama. Kemudian saya akan tersenyum puas karena berhasil berada di urutan pertama google.

6. Bercanda Dengan Blogger Lain

Cara ini yang paling sering saya gunakan saat saya mengalami stres. Saya akan bercanda dengan blogger lain.

Bisa melalui blogwalking dan meninggalkan komentar panjang yang tidak jelas atau masuk di forum-forum blogger yang bertebaran di internet.

Anda tidak akan percaya bahwa indonesia memiliki banyak blogger yang suka bercanda. Sambil berbagi pengalaman, kita bisa menghibur diri. Dampak positif lainnya adalah kita akan menjadi akrab dengan blogger lain.

Tapi Anda jangan pernah bercanda dengan blogger yang baru Anda kenal. Bisa-Bisa Anda dianggap sok akrab ha ha ha….

Lalu, apa yang Anda lakukan jika mengalami stres karena blog Anda tidak berkembang seperti seharusnya?

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

17 tanggapan untuk “Cara Mengatasi Stres Karena Ngeblog

  1. waduh ternyata ngeblog bisa bikin stres juga ..hihi … tapi blogger itu sebenarnya tidak dituntut untuk selalu aktif ngblog.. justru fun dulu baru posting…

    Suka

  2. Bagusss tips2nya! Serius deh 🙂 Aku sendiri pernah gak ya stress krn ngeblog? Pernah sih, pas dapet komen yg isinya kasar banget (komen troll). Setelah beberapa kali dimampirin troll plus bonus komen, akhirnya aku nyerah. Blogku aku kunci aja (bukan yg whileinSydney). Masih hidup blognya sampe skrg, cm closed from public view (yg bs baca teman2 blog yg lama aja). Aku merasa lbh aman begitu 🙂

    Suka

  3. saya lebih ke suka iri diam2 sm pencapaian tmn2 kalo udh gtu malah jd males ngeblog hihihi ujung2nya audah berhenti ngeblog dulu. nunggu gak baper lg atau nunggu ide yg tiba2 nongol hihihi kayak skr kan balik ngeblog lg stlh dua bln. ternyata ngeblog emg bkin kangen

    Suka

  4. Mulai stress kalo udah liat traffic yang segitu2 ajah. Namanya blogger pemula, SEO gak paham, Marketing gak paham… yaudah nulis ajah berharap ada yg mau sukarela baca. walaupun sehari paling cuma org yg baca (sedih)….
    Saat itulah kadang saya merasa stress hahaha

    Suka

  5. Setelah banyak berpikir, saya menyimpulkan bahwa orang yang suka mengkhayal cenderung mengalami stres dan menjadi lebih malas dari sebelumnya.

    Kemudian saya sadar kenapa saya malas wehehe. Setuju deh sama shiq-senpai

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s