Tips Ngeblog : Cara Blogwalking yang Baik dan Benar

Cara berkomentar yang baik dan benar
Sumber gambar : despulmedia.blogspot.com

Kita semua tahu berbagai manfaat berkomentar di blog lain :  mendapatkan backlink, membangun branding, bertanya sesuatu yang tidak kita pahami, menjalin hubungan pertemanan, menambah trafik, hingga menemukan ide-ide baru.

Seharusnya bloger-bloger baru rajin  blogwalking mengingat mustahil blog baru bisa bersaing di mesin pencari. Namun sebagian bloger pemula tidak mau melakukannya karena tidak tahu cara blogwalking yang baik dan benar.

Di postingan kali ini saya akan memandu Anda untuk menerapkan blogwalking dalam keseharian sehingga blog Anda bisa berkembang dengan sangat cepat mengalahkan pesaing-pesaing Anda.

Hati-Hati Ketika Blogwalking

Meskipun blogwalking sangat ampuh untuk mempercepat perkembangan blog, bukan berarti blogwalking tidak memiliki risiko apapun. Sama seperti halnya di dunia nyata, ketika Anda mengatakan hal-hal buruk atau berprilaku yang tidak sopan, blogwalking yang Anda lakukan dapat merusak brand blog yang Anda bangun.

Berikut adalah bagaimana komentar bisa merusak reputasi blog Anda :

  • Tidak Menggunakan Nama Asli atau Brand Blog – Jangan memasukan kata kunci di kolom nama yang disediakan di kotak komentar. Hal tersebut “terlihat” seperti spam dan nanti bisa dihapus oleh pemilik blog lain.
  • Anda Menyertakan Link Tidak Relevan – Menyertakan link di dalam komentar sebenarnya tidak masalah, namun usahakan relevan dengan topik yang dibahas oleh bloger lain. Jika tidak, jangan meninggalkan link sembarangan.
  • Penggunaan Kata-Kata yang Tidak Pantas – Ketika Anda tidak bisa mengendalikan diri dan menggunakan kata-kata yang tidak pantas, orang-orang melihatnya. Tentu saja mereka tidak akan mau untuk berhubungan dengan orang yang tidak tahu bagaimana berkomunikasi dengan baik.
  • Menyerang Penulis Karena Merasa Paling Benar – Saya tahu bahwa sebagian dari Anda benar-benar ahli di bidang tertentu. Tapi tidak sepatutnya menyerang penulis secara langsung di kotak komentar dan menunjukkan kesalahan-kesalahan yang telah ditulis. Itu bukan tindakan bijaksana.
  • Anda Berkomentar Tanpa Membaca Postingan – Jika Anda tidak membaca postingannya, sebaiknya jangan meninggalkan komentar. Karena jika komentar Anda aneh atau “terlihat” seperti tidak membaca postingan dengan berkomentar “Nice post” atau “Artikelnya bagus”atau “Follow donk blog saya”, itu merupakan aib.
  • Komentar di Blog yang Buruk (blog sofware ilegal dsb)- Seandainya ada orang lain yang melihat nama Anda berada di tempat-tempat yang tidak seharusnya, orang akan mulai berpikir bahwa Anda telah melakukan kejahatan secara moral. Dan mereka tidak akan menghormati Anda lagi.
  • Bermain di Area SARA – Walaupun kita punya pengetahuan yang lebih hebat dan merasa benar, terkadang berdebat di kotak komentar yang menyinggung SARA bisa berakibat buruk. Orang-Orang cerdas tidak akan berdebat untuk membuktikan dia benar atau salah. Mereka selalu menghindari perdebatan yang tidak ada gunanya.

4 Tipe Komentar Blog

Menurut Problogger, ada 4 tipe komentar. Sebaiknya Anda tahu mana tipe komentar yang terbaik untuk mendapatkan semua manfaat blogwalking yang Anda inginkan. Berikut tipe komentar di dunia ngeblog :

  • Spammer – Mereka meninggalkan komentar yang tidak relevan dan menggunakan link dengan keyword rich anchor text. Mayoritas merupakan sistem komentar otomatis yang masuk ke dalam kotak spam dan tidak lagi bekerja dengan baik. (jangan jadi yang ini)
  • Spammy Self Promoter – Mereka biasanya tidak meninggalkan nama asli mereka, mereka menggunakan namaseperti “Biskuit anjing terbaik” atau “Akomodasi Hawai”. Mereka juga sangat jarang meninggalkan komentar yang membangun percakapan tapi hanya meninggalkan “Postingan bagus” atau “Nice post”” saja. (Juga jangan jadi yang ini)
  • Komentator yang Membangun Profile dan Memberi Nilai – mereka jelas-jelas membaca postingan dan memiliki sesuatu untuk berkontribusi. Komentar mereka mungkin tidak selalu panjang atau mendalam, tapi mereka membangun percakapan dengan sesuatu yang dipikirkan dan relevan. (Jadilah yang ini)
  • Komentator yang Memberi Nilai tapi Tidak Mendapatkan Manfaat – Terakhir adalah komentator yang juga memberi nilai tapi memiliki alasan untuk tidak mempromosikan diri mereka sendiri. Mungkin karena terlalu malu atau takut dikira spammer sehingga mereka tidak meninggalkan link menuju blog mereka. (juga jangan jadi yang ini)

Sekarang Anda tahu, sama seperti Anda, bloger lain hanya menginginkan komentar yang relevan dan membangun diskusi di dalam komentar. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka bloger lain akan mengunjungi blog Anda dan trafik pun ikut meningkat dengan sendirinya. Begitu pula jumlah komentar di postingan-postingan blog Anda pun akan meningkat.

Cara Blogwalking yang Baik dan Benar

Tips Blogwalking yang baik​Sumber gambar : seoclerk.com

Di dalam buku Panduan Idiot untuk Bloger Pemula saya telah menyusun tentang cara berkomentar yang baik. Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Bacalah Postingan Dulu

Kotak komentar adalah hak bagi pembaca. Jika Anda tidak membaca, secara etika, Anda tidak berhak berkomentar. Lagipula komentar terbaik merupakan komentar yang relevan dengan isi postingan. Oleh karena itu, membaca postingan sebelum berkomentar adalah keharusan. Jangan berkomentar asal-asalan dan tidak nyambung karena tidak ada pemilik blog yang menyukainya.

2. Jadilah 10 Komentator Pertama

Berkomentar paling awal biasanya akan mendapat perhatian lebih dari pemilik blog karena belum ada komentar lain untuk dijawab. Gunakan kesempatan tersebut untuk menjalin hubungan dengan pemilik blog.

Poin plus yang didapat oleh 10 komentator pertama adalah dibaca oleh pengunjung lainnya. Jika komentarnya benar-benar bagus, besar kemungkinan ada yang mengklik nama Anda dan mendarat di blog yang Anda kelola.

3. Mengajukan Pertanyaan

Mungkin ada sesuatu yang menganjal di hati segera setelah Anda menyelesaikan bacaan. Maka tidak ada salahnya untuk meninggalkan komentar berupa pertanyaan.

Komentar jenis ini memancing diskusi. Biasanya akan tercipta komunikasi panjang di kotak komentar. Dengan cara ini Anda akan cepat akrab dengan pemilik blog.

Tapi perlu diingat, pertanyaan Anda harus berbobot dan jangan asal-asalan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Memberi Saran Jika Menemukan Kekurangan

Kadang-Kadang Anda akan menemukan kekurangan pada tulisan. Saat itulah komentar terbaik adalah sebuah saran. Namun ini juga memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan lebih tentang topik yang diangkat sehingga saran Anda masuk akal dan dapat diterima.

Saya bahkan meyakini bahwa komentar berupa saran merupakan jembatan terbaik untuk berhubungan dengan bloger lain. Karena semua bloger akan sangat menghargai komentar-komentar yang berupa saran.

5. Komentar Berupa Kritik

Komentar jenis sangat berbahaya jika Anda tidak hati-hati dalam menuliskannya. Meskipun begitu saya meyakini bahwa komentar jenis ini sangat bagus untuk menjalin hubungan dengan bloger lain. Tentu mereka akan dengan senang hati mendengarkan kritik yang membangun.

Lagipula komentar jenis ini sangat jarang dilakukan oleh bloger lain. Terutama jika Anda sangat menguasai topik yang diangkat dan menganggapnya sebagai tulisan yang buruk, maka kritik adalah jawaban yang bisa Anda berikan untuk pemilik blog.

6. Komentar yang Menambahkan Informasi

Ini juga jarang terlihat. Tapi merupakan strategi yang bagus seandainya Anda menerapkannya dalam kegiatan blogwalking. Misalnya ada artikel berjudul “10 Cara Menulis Konten SEO”. Kemudian Anda mengamati ada kekurangan, maka Anda bisa menambahkan informasi tambahan untuk pemilik blog.

Jika beruntung, pemilik blog akan merespons dengan baik dan mengubah judulnya menjadi “11 Cara Menulis Komentar SEO”, dimana tambahan 1 poin merupakan komentar tambahan dari Anda.

7. Biasakan Berkomentar Panjang

Alasannya sederhana : Mayoritas bloger berkomentar singkat. Jika Anda ingin menonjol diantara puluhan komentar lainnya, maka itu bisa dilakukan dengan menulis komentar panjang.

Lagipula pemilik blog lebih suka dengan komentar-komentar panjang dibanding dengan komentar pendek. Lebih bernilai dan berkualitas.

8. Tunjukkan Personality

Berkomentar merupakan cara mudah berhubungan dengan bloger lain. Sama seperti halnya di dunia nyata, Anda perlu menjadi diri sendiri dan tidak perlu berpura-pura ketika menyampaikan pendapat. Jika Anda menemukan sesuatu yang buruk, katakanlah. Atau jika Anda benar-benar merasa terbantu, maka memberi pujian adalah sesuatu yang bagus.

Tapi ingat, Anda harus tetap di koridor dengan tetap menjaga bahasa yang Anda gunakan. Usahakan tetap sopan dan tidak menggunakan kata-kata buruk yang tidak pantas dituliskan.

9. Sedikit Humor akan Membuat Komentar Sempurna

Semua orang suka humor. Bayangkan saja, setiap bloger punya banyak permasalahan. Dan mereka mungkin ngeblog untuk bersenang-senang sehingga energi mereka terisi kembali untuk menghadapi semua permasalahan hidup. Dan jika Anda memberi komentar dengan sedikit humor, saya rasa besar kemungkinannya Anda akan disukai bloger lainnya.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus ditinggalkan ketika blogwalking ke blog-blog lain. Sebagai penutup, sangat dianjurkan untuk menjawab setiap komentar yang masuk di blog Anda. Jika Anda masih sering kebingungan merespons komentar yang masuk, maka Anda bisa membaca “10 Tipe Komentar dan Cara Meresponsnya”.

Juga jangan lupa, agar semangat Anda tetap menggelora, baca “5 Tips agar Semangat Blogwalking“.

Apakah ada kesulitan dalam memahami cara blogwalking yang baik dan benar di atas? Atau Anda punya tambahan tips blogwalking yang efektif? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

21 tanggapan untuk “Tips Ngeblog : Cara Blogwalking yang Baik dan Benar

  1. Ada aturannya juga yah mas..
    selama ini sih, kalau artikelnya menarik dan membuatku ingin berkomentar, ya aku corat-coret kotak komentarnya..
    gak terlalu ambil pusing sih soal itu..
    cuma aku berusaha untuk tidak mencela aja, apalagi sampai sebar link…

    Disukai oleh 2 orang

    1. Kalau nyebar link bisa ketangkep akismet dan ditandai sebagai spam terus. Kalau sudah begitu mesti menghubungi pihak wordpress.com agar dikeluarkan dari black list. Jadi, jangan coba2 nyebar link deh he he he……

      Suka

  2. Mksh infonya. Hm selama ini caraku blogwalking sudah benar blm ya? Hahaha…oya satu lagi hindari komen SARA sebisa mgk hindari jg berkomen di artikel SARA….krn kita tdk prnh tahu…🤔

    Suka

    1. Yg nggak papa mas. Tapi klo komsntarnya panjang bisa stand out karena yg lain suka komentar pendek. Tapi tidak harus selalu panjang. Kadang yg pendek juga bagus.

      Suka

  3. Saya pikir saya sangat setuju dg yg Anda ulas di atas. Blogwalking itu pnting, dan aplgi dilakukan dg baik dan bnar sprti 9 poin yg Anda tuliskan tsb.

    Sya sendiri klo komen, komitmen sya sllu bca tuntas dulu sblm nuliskan komentar, sngat jrang sya komen pndek, tp ttp dlm komentar sya, saya ttp menyertakan 1 atau 2 dari 3 hal ini, ykni memuji/mengapresiasi, brpendapat/memberi saran dan brtnya

    Suka

  4. benar itu mas , oia mau tanyak kalau ninggalin link di komentar itu ngaruh gk bro ? ningkatin backlink atau nggk ? mohoj jawabannya ,
    oia di tunggu kunbalnya ya .
    main” ke blog aku .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s