Manfaat-Manfaat Berkomentar di Blog Orang Lain

manfaat berkomentar di blog orang lain

Sumber gambar : alekboy.heck.in

Jika Anda adalah blogger baru, Anda tidak akan percaya bahwa berkomentar di blog orang lain benar-benar merupakan cara efektif untuk membuat blog Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Begitu pentingnya berkomentar di blog orang lain hingga blogger-blogger profesional pun menerbitkan artikel khusus tentang berkomentar.

Beberapa artikel menarik tentang berkomentar adalah sebagai berikut:

The ultimate guideto leaving comment on blog – artikel ini ditulis oleh darrent rowse di problogger.net. Berisi tentang panduan berkomentar. Secara ringkas darrent rows memberikan tips apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan ketika berkomentar di blog orang lain agar komentar yang Anda lakukan tidak sia-sia dan mendapatkan hasil yang bagus.

The ultimate guide to writing comment that open doors with popular bloggers – artikel ini di tulis oleh Kevin Duncan yang diterbitkan di blog populer bernama smartblogger.com (brand baru dari boostblogtraffic.com).  Setelah membaca artikel tersebut, dapat dipastikan Anda akan mengerti kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan saat berkomentar. Juga dibahas dengan detail tentang bagaimana membuat komentar yang bagus dengan banyak panduan untuk melakukannya disertai dengan contoh nyata.

How to write a good blog comment and bypass the spam filter in wordpress – artikel ini ditulis oleh syed balkhi dan dipublikasikan di wpbeginner.com.  Meskipun konten di dalamnya sangat sederhana, namun jika kita bisa benar-benar mengaplikasikannya, saya rasa semua komentar Anda tidak akan ditandai sebagai spam. Sangat bagus untuk blogger baru yang baru mengenal blogwalking.

• Artikel menarik lain tentang berkomentar yang sudah saya tulis adalah etika berkomentar dan cara berkomentar yang baik. Keduanya merupakan konten yang saya tulis ketika saya masih menjadi blogger baru. Meskipun tidak sebanding dengan tulisan blogger professional lainnya, tapi Anda bisa melihat sisi lain dari berkomentar karena saya menulis dari pengalaman pribadi saya. Kali ini saya benar-benar berharap Anda tertarik dengan tulisan saya sebagaimana Anda penasaran dengan tulisan blogger-blogger profesional di atas. Semoga ada yang membaca tulisan saya mwa ha ha ha…….

Jadi, setelah Anda membaca artikel-artikel diatas tentu ada sebuah pertanyaan yang muncul di kepala Anda : “ Mengapa kita harus berkomentar dengan baik di blog orang lain dan menerapkan banyak teknik untuk sekedar berkomentar?”

Karena berkomentar di blog orang lain memiliki sangat banyak manfaat jika dilakukan dengan benar. Tapi sebelum saya menjelaskan tentang manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh melalui kotak komentar, saya ingin menceritakan beberapa hal penting tentang tradisi di kalangan blogger Indonesia dan kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula (terobsesi dengan komentar). Check it out.

Tradisi Saling Berkomentar

Sebenarnya untuk mendapatkan banyak komentar diperlukan kerja keras. Seorang blogger profesional rela menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk meningkatkan pengunjung, membangun brand agar terkenal, meningkatkan kualitas artikel, lalu kemudian semua yang dilakukannya seolah melibatkan pembaca setianya sehingga mereka terdorong untuk meninggalkan komentar di artikel yang diterbitkan para blogger professional untuk mulai berdiskusi tentang suatu topik. Itu tidak mungkin bisa dilakukan oleh kebanyakan blogger amatir. Bahkan saya sendiri tidak bisa melakukannya.

Tapi ada cara mudah untuk mendapatkan komentar. Anda akan mendapatkan komentar di artikel yang Anda publikasikan jika Anda mau berkomentar di blog orang lain yang sama-sama amatir. Anda tidak akan mendapatkan komentar jika Anda berkomentar di blog orang profesional karena blogger profesional tidak mengenal tradisi saling berkomentar.

Tradisi saling berkomentar sendiri sangat populer dikalangan orang-orang yang mengelola blog pribadi. Hal itu terjadi karena kebanyakan blogger amatir tidak banyak mengetahui teknik-teknik tingkat atas untuk mendapatkan komentar. Jadi, untuk bisa bersenang-senang dengan blog tanpa perlu mempelajari banyak trik ngeblog yang membingungan, secara tidak langsung tercipta tradisi blogwalking. Prinsipnya sederhana:  “Anda berkomentar di blog saya, maka saya berkomentar di blog Anda”.

Walaupun begitu, dalam praktiknya Anda juga tidak boleh meninggalkan komentar-komentar yang buruk seperti “nice post”, “artikelnya bermanfaat sekali”, atau seperti “tulisannya bagus. Jangan lupa mengunjungi blog saya ya….”. itu tidak akan bekerja dengan baik. Jadi, Anda harus meninggalkan komentar yang baik dan relevan dengan artikel yang ditulis agar blogger lain mau berkomentar di blog Anda.

Setidaknya hampir semua blogger amatir memiliki prinsip ngeblog untuk saling berkomentar. Jadi, tidak sulit bagi Anda untuk menemukan teman ngeblog yang mau saling berkomentar. Anda hanya perlu sedikit usaha menemukan blogger yang tepat untuk membuat semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Jangan Terobsesi dengan Jumlah Komentar

Karena adanya tradisi saling berkomentar, tidak heran jika banyak blogger yang artikelnya mendapat ratusan komentar ketika di terbitkan. Mereka yang memiliki banyak waktu luang dan menggunakannya untuk berkomentar di blog orang lain cenderung cepat terkenal dan menjadi populer diantara blogger-blogger amatir.

Tapi ada satu masalah yang sering disepelekan. Mereka menjadi terobsesi dan lupa diri. Kadang-kadang mereka sampai lupa waktu dan mengalami beberapa dampak buruk ngeblog seperti  begadang dan kualitas artikel yang terus menerus menurun. Mereka tidak memikirkan faktor lain dalam membangun blognya kecuali sibuk memikirkan berapa banyak komentar yang masuk hari ini.

Biasanya setelah mereka mencapai batasnya (mendapatkan komentar maksimal), mereka akan mulai menyadari bahwa kegiatan ngeblog yang mereka lakukan tidak semenyenangkan seperti pertama kali ngeblog. Mereka tidak memiliki hubungan emosional dengan blogger lain karena terlalu fokus untuk berkomentar sebanyak-banyaknya di blog orang lain sehingga mereka sering bertanya mengapa ngeblog kok tidak lagi menyenangkan?

Mereka terburu-buru. Terlalu tegang. Dan itu menjadi awal kemunduran kegiatan ngeblog mereka.

Ketika mereka mulai bosan dan malas blogwalking, jumlah pengunjung mereka menurun sejalan dengan jumlah komentar yang juga mengalami penurunan. Mereka akan mulai menyadari bahwa jika ingin pengunjung dan jumlah komentar stabil, maka mereka harus terus berkomentar di blog orang lain sepanjang tahun. Sesuatu yang terlalu sulit bagi blogger yang sudah malas dan bosan. Dalam waktu dekat mereka akan frustasi sendiri.

Popularitas mereka pun menurun seiring berjalannya waktu. Dan tiba-tiba saja mereka dilupakan oleh blogger lain. Selamat 18 bulan terakhir saya telah melihat cerita semacam itu terjadi berulang kali. Pada akhirnya kebanyakan dari blog yang dulunya ramai komentar tiba-tiba sepi komentar. Beberapa diantaranya memutuskan berhenti ngeblog. Sementara beberapa lainnya berusaha keras untuk tetap ngeblog meskipun tidak lagi populer seperti sebelumnya.

Oleh karena itu, blogwalking sewajarnya saja. Blog yang ramai komentar belum tentu sebahagia Anda dan saya ketika menulis atau meninggalkan komentar. Juga jangan hanya mengandalkan blogwalking saja untuk mendapatkan pengunjung dan komentar. Anda perlu mempelajari sedikit ilmu ngeblog lainnya karena jika blogwalking adalah satu-satunya cara yang Anda gunakan dalam membangun blog, saya rasa Anda juga akan cepat bosan dan pada akhirnya frustasi sendiri.  

Manfaat-Manfaat Berkomentar di Blog Orang Lain

Dari paparan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa beberapa manfaat berkomentar adalah meningkatkan jumlah pengunjung dan jumlah komentar bagi blog kita. Tapi itu hanya bagian paling mendasar dari manfaat berkomentar di blog orang lain. Selain dua manfaat tersebut, Anda juga harus bisa mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini jika Anda mampu meninggalkan komentar-komentar yang bagus dan berkesan bagi pemilik blog:

1. Menjalin Hubungan Pertemanan

Saya pernah menjelaskan bahwa salah satu manfaat ngeblog adalah memiliki banyak teman. Hal ini terjadi melalui blogwalking. Karena kebanyakan blog pribadi berisi pengalaman-pengalaman pribadi pem manfaat ilik blog, kita akan dengan mudah mengetahui karakter pemilik blog.

Secara sekilas kita akan memberi penilaian terhadap blogger yang tulisannya sering kita komentari dan blogger yang sering berkomentar di blog kita. Lambat laun akan muncul ikatan emosi terhadap beberapa blogger yang kita kenal. Sayangnya, orang yang terobsesi dengan komentar tidak akan memiliki ikatan semacam ini karena mereka terlalu banyak berhubugan dengan orang lain. Jadi, lebih baik memiliki hubungan emosional dengan sedikit blog daripada banyak komentar tapi tidak pernah merasakan ikatan apapun.

Selain itu, untuk membuat keakraban dengan blogger lainnya, bacalah artikelnya dengan santai. Pahami karakternya dan buatlah komentar yang sesuai dengan karakter blogger tersebut. Hal kecil semacam ini akan membuat pertemanan yang Anda jalin menjadi semakin kuat. Bukan tidak mungkin jika suatu saat ada kesempatan untuk bertemu di dunia nyata, Anda dan teman ngeblog Anda bisa menjadi teman baik di dunia nyata. Itu pasti sesuatu yang special.

2. Mendapatkan Backlink

Saya tahu apa yang Anda pikirkan. Backlink yang berasal dari komentar merupakan backlink no follow. Itu artinya backlink tersebut tidak bisa membantu Anda dalam hal SEO karena Google tidak menganggap backlink no follow sebagai sebuah vote. Itu memang benar.

Tapi jangan remehkan backlink no follow yang berasal dari komentar. Setelah melakukan beberapa pengujian, saya menyadari bahwa backlink no follow juga ikut mempengaruhi trust flow sebuah website. Selain itu, backlink no follow juga ikut diperhitungkan oleh alexa sebagai salah satu metric untuk mengukur popularitas sebuah website. Terbukti dengan munculnya beberapa backlink yang berasal dari komentar dalam daftar link yang tertera di statistik alexa rank saya.

Dalam beberapa kesempatan saya juga mampu mendapatkan backlink do follow yang dimulai dari berkomentar di blog lain. Blogger tersebut mungkin tertarik dengan komentar yang saya berikan, ia kemudian mengklik link tersebut sehingga ia terdampar di blog saya. Tak berapa lama kemudian ia menulis artikel dan memberi saya backlink menuju postingan terbaru saya saat itu. Itu juga membuktikan bahwa berkomentar di blog orang lain bisa digunakan untuk mendapat backlink do follow juga.

Faktor lain yang membuat saya senang melakukan blogwalking adalah blogger-blogger amatir lebih mudah memberikan backlink kepada blogger lain jika mereka merasa tulisannya masih memiliki relevansi dengan postingan tertentu. Bandingkan dengan para blogger profesional yang hanya mau memberi backlink hanya untuk konten-konten berkualitas atau website yang sudah populer. Itu pasti sesuatu yang sulit bagi saya. itu mengapa saya lebih nyaman berhubungan dengan blogger-blogger amatir daripada blogger profesional.  

3. Bertanya Sesuatu yang Tidak Anda Pahami

Kotak komentar tersedia bagi mereka yang mempunyai pertanyaan seputar topik tertentu. Kalau Anda punya pertanyaan tentang suatu hal, Anda tinggal mencari tulisan blogger lain yang membahas hal tersebut. Walaupun di artikel yang dipublikasikan tidak membahas topik secara lengkap, Anda bisa mengajukan pertanyaan langsung melalui kotak komentar.

Asal Anda tahu, semua orang suka membantu sesama. Ketika ada seseorang yang tertarik dengan suatu topik, kemudian ia mengajukan pertanyaan, hampir 50% blogger akan menjawab pertanyaan tersebut. Seandainya jawaban yang diberikan kurang jelas atau ada hal-hal yang menganggu pikiran Anda, Anda bisa berdiskusi dengan membalas jawaban yang ia berikan di kotak komentar. Hal yang kemudian terjadi adalah sebuah diskusi yang menyenangkan. Bahkan beberapa pengunjung lainnya mungkin akan ikut berpartisipasi menjawab pertanyaan Anda.

Sayangnya diskusi semacam ini belum saya temukan di website-website Indonesia. Mungkin karena kebanyakan orang terlalu malu untuk bertanya. Padahal jika ia mau bertanya dan melakukan diskusi, ia akan mendapat jawaban yang memuaskan karena hampir semua blogger sangatlah ahli di bidang yang ia tuliskan di blog pribadi mereka.

4. Menemukan Ide-Ide Baru

Sebelum memberi komentar, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membaca artikel tersebut. Dengan demikian, blogger yang sering blogwalking pasti memiliki banyak pengetahuan karena rajin membaca. Tidak mungkin Anda jumpai blogger yang kehabisan ide jika blogger tersebut rajin blogwalking.

Ide-ide baru juga bisa lahir dari membaca komentar orang lain. Kalau Anda tidak terlalu tegang dan terburu-buru saat berkomentar, Anda tidak akan percaya bahwa satu artikel yang disertai banyak komentar bisa menjadi senjata utama Anda dalam menghasilkan ide menulis yang brillian. Ada banyak sisi yang tidak pernah dibahas secara tuntas. Itu sudah pasti. Anda bisa menulis berdasarkan tulisan tersebut dan memberikan penilaian pribadi Anda berkaitan dengan tulisan blogger yang Anda komentari.

5. Membangun Branding Blog Anda

Saya tidak banyak tahu tentang membangun brand, saya belum mempelajarinya. Tapi saya akan segera mempelajarinya di tahun ketiga sejak pertama kali ngeblog. Namun, saya banyak membaca dari tips membangun branding sebuah blog yang beredar di internet bahwa hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan mulai berkomentar di blog orang lain.

Komentar apapun yang Anda tinggalkan di blog orang lain akan membentuk image bagi blog Anda. Saat Anda meninggalkan pendapat di kotak komentar menggunakan nama blog Anda, orang-orang ingin tahu seberapa cerdas diri Anda dan seberapa bersahabat Anda. Apakah komentar yang Anda sampaikan sudah sopan meskipun bertentangan dengan isi artikel? Apakah Anda bisa berkomentar dengan menggunakan kutipan-kutipan orang-orang terkenal? Itu sangat berarti bagi perkembangan blog Anda di masa depan.

Oleh karena itu, sebelum Anda berkomentar di blog orang lain, sebaiknya Anda berpikir baik-baik dan gunakan kata-kata sopan agar orang lain menganggap Anda orang yang cukup baik, berpendidikan, dan cerdas. Saat hal itu terpenuhi, orang-orang yang membaca komentar Anda akan mengklik nama pada komentar dan mencari tahu berbagai hal tentang Anda di blog yang Anda kelola. Lumayan lah… bisa meningkatkan traffic.

Kalau Anda bisa konsisten memanfaatkan kotak komentar dengan baik, bukan tidak mungkin brand blog Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang di masa yang akan datang.

Nikmati Momen Ketika Anda Meninggalkan Komentar

Saat Anda meninggalkan komentar di blog orang lain, hanya ada dua kemungkinan, yakni Anda merasa bosan atau Anda merasa senang.

Anda akan bosan jika Anda tergesa-gesa dan tidak membaca tulisan blogger lain. Mungkin benar dengan dua cara diatas Anda akan bisa berkomentar di banyak blog. Tapi itu saja tidak cukup. Anda hanya berkomentar dengan tujuan untuk mendapatkan traffik atau ingin artikel Anda dikomentari orang lain. Anda tidak memiliki hubungan emosional yang berarti. Dan itu membuat kegiatan ngeblog Anda terasa begitu-begitu saja, tidak ada perkembangan.

Satunya lagi akan terasa menyenangkan. Anda membaca tulisannya. Anda merasakan emosi special seperti sudah lama kenal, dan Anda selalu antusias untuk meninggalkan komentar. Tujuan Anda berkomentar adalah menunjukkan eksistensi Anda sebagai blogger yang cerdas dengan meninggalkan komentar yang relevan dan bagus. Setiap hari Anda belajar dari pengalaman bagaimana menciptakan komentar yang berarti dan bisa membuat penulis blog merasa dihargai. Percayalah, meskipun hanya sedikit orang yang akan berkunjung ke blog Anda  atau Anda hanya memiliki sedikit komentar di blog Anda, Anda akan merasa bahagia.

Anda hanya perlu menikmati momen berkomentar sebagai bagian dari kegiatan mengelola blog tanpa harapan yang berlebihan. Dan jujur saja, tanpa harapan yang berlebihan, saya selalu menikmati saat membaca artikel blogger lain dengan rileks, kemudian meninggalkan komentar sesuai dengan pikiran saya. Saya tidak pernah terbebani dan saya merasa bahagia pernah menjadi blogger. 

Kesimpulan

Mengingat betapa banyaknya manfaat berkomentar di blog orang lain, mulai sekarang perhatikan komentar-komentar yang Anda tinggalkan. Pelajari bagaimana cara berkomentar yang bisa membangun kredibelitas Anda sebagai blogger agar Anda cepat terkenal sesuai dengan brand yang Anda bangun.

Anda juga harus tetap menggunakan kata-kata sopan dalam berkomentar sekalipun Anda temukan sesuatu yang salah dalam postingan. Jangan menghina, jangan menggunakan kata-kata kotor, dan jangan merendahkan blogger lain. Cukup ingatkan dengan pemilihan kata yang baik agar blogger yang menulis informasi salah tidak merasa harga dirinya disakiti oleh Anda.

Sekarang saya menungggu komentar Anda. Anda tambahan lain tentang berkomentar yang tidak saya tuliskan?

Ditulis dengan wordpress untuk android

31 thoughts on “Manfaat-Manfaat Berkomentar di Blog Orang Lain

  1. Kalau akan meninggalkan komentar, pastikan membaca isi tulisan secara seksama sehingga komentar yang ditinggalkan nyambung atau setidaknya masih berhubungan dengan topiknya. Aku menjumpai diblogku sendiri, entah terkadang saking terburu2 atau membaca cepat, komentar yg ditinggalkan blogger lain atau pembaca lain ga nyambung dengan isi tulisanku. Dan kalau ada yg bertanya (banyak yg bertanya diblogku sehubungan dengan ujian bahasa Belanda dan yg berhubungan dengan Belanda), seringnya yang ditanyakan itu sudah tertulis jelas diisi postingan. Jadi gemes sendiri karena ketahuan ga mau baca. Karenanya, catatan penting buat diriku sendiri bahwa blogwalking itu bukan hanya sekedar meninggalkan komentar, tetapi membaca secara perlahan dan memahami yg ditulis apa. Kalau speed reading apalagi kalau hanya membaca judul saja, kejadian sering ga nyambung isi komentar dan isi blog. Karenanya, benar sekali yang kamu tulis bahwa BW itu ga bisa dilakukan dengan terburua-buru.
    As always, it’s nice topic to discuss!

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wahaha…. Kalau udah ada dipostingan tapi ditanyakan itu sudah keterlaluan menurut saya mbak denald. Ya sekarangkan emang banyak sekali komentar yang tidak bermutu. Jadi, ya lebih baik pake moderasi saja. Seandainya ada komentar yang gak cocok dengan hati bisa langsung ditandai sebagai spam.

      Suka

  2. Terkadang Blogger pemula bukan tak mau blogwalking, namun kebingungan mau berkomentar apa. Itulah yang saya rasakan selama ini. Di kemudian hari saya sadar berkomentar di blog sama halnya berkomentar di facebook, harus nyambung antara komentar dengan postingnya.
    Biasaya kalau saya lagi gak mood meninggalkan komentar, saya cuma menekan timbol like saja. ..

    Disukai oleh 2 orang

  3. tapiii.. akhir2 ini, byk yg baper gara2 gak perna dibales komennya, atau abis komen, eh, ga di BW balik..

    padahal kan ya, siapa tau, dia datang tanpa meninggalkan komentar..

    btw, meninggalkkan komen itu, salah satu cara elegan utk menyebarkan link << buat yg pengen DAnya melejit.. hahahaha

    Suka

    1. Yang sabar mbak eda, ntar juga dikunjungi balik kok. Klo saya ngliatnya dari statistik pembaca yang menggunakan wp-reader. Klo jumlahnya banyak berarti orang2 pada ngunjungin situs saya melalui link dari kotak komentar.

      Suka

  4. Kalau aku komen kalau pengen dan sekedarnya. Perkara ntar artikelku dikommen balik atau tidak itu hak sepenuhnya mereka dan nggak bisa dipaksain. Sementara untuk komen di tulisanku aku juga nggak terlalu pikirin. Aku nulis buat senang-senang dan sekedar sharing. Artikel itu akan ketemu pembacanya sendiri. Tapi dadi ststistik, ada aja kok yang baca tapi silent reader…

    Suka

  5. Gan apa benar kalau kita koment di blog orang dgn Url kita itu bisa membuat serp website kita turun ?
    Btw 50% Komentar saya yang saya sendiri lontarkan di blog orang kebanyakan memang cari backlink tapi bukan bearti nyepam yah.

    Suka

    1. Setahu saya google menerapkan backlink no follow untuk membedakan link yg bagus dan yg buruk. Di kotak komentar linknya bersifat no follow artinya Google tidak menilai link tersebut. Jadi nggak ada pengaruh apapun buat SEO blog. Sekalipun jika ditotal lebih banyak no follow drpd do follow , itu tidak akan mempengaruhi apapun. Saya belum pernah membaca studi kasus tentang penalti yg disebabkan terlalu banyak no follow.

      Suka

  6. Oh iya gan ane mau nanya,wordpress kan salah satu pembuat blog yang terkenal di seluruh dunia tapi kenapa wordpress tidak bisa dicari di pencarian google beda dengan blogger yang selalu teratas dalam hal pencarian google apa karena blogger diciptakan oleh perusahaan Google.inc
    Pendapatnya dong?

    Disukai oleh 1 orang

  7. Saya sedang belajar mengomentari tulisan blogger lain. Terkadang saya takut sendiri jika berkomentar meninggalkan link tulisan blog saya di komentar tersebut. Takutnya terlihat berambisi ingin linknya dibuka dan dikomentari.
    O ya, tulisan ini membuka pikiran saya tentang emosional antar blogger. Seperti yang dituliskan oleh anda. “Anda tidak memiliki hubungan emosional yang berarti. Dan itu membuat kegiatan ngeblog Anda terasa begitu-begitu saja, tidak ada perkembangan.”

    Suka

    1. Yg do follow biasanya dikasih teman ngeblog. Klo kita punya banyak teman (via berkomentar), kadang2 mereka dgn suka rela memberi backlink ke blog kita dalam tulisannya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s