Cara Memulai Bisnis Online yang Benar-Benar Menghasilkan

Cara mulai bisnis online
Sumber gambar : celebrateproductions.net

Dengan berkembangnya teknologi internet, pintu-pintu entrepeneur semakin terbuka lebar. 

Berbondong-bondong orang memanfaatkan internet untuk membangun kerajaan bisnis yang mereka impikan. Anda pun dapat melakukannya setelah membaca postingan ini karena saya akan menjabarkan dengan detail cara memulai bisnis online yang benar-benar menghasilkan.

Memulai bisnis online dan mengembangkannya terdengar mudah, namun tetap membutuhkan fokus dan kerja keras. Dan sebaiknya Anda tidak melakukannya jika berpikir bisnis online mudah dijalankan dan mampu menghasilkan uang dengan cepat karena Anda akan berakhir dengan kekecewaan.

Di tahun 2016 saja pengguna internet di Indonesia mencapai 132 juta. Itu angka yang fantastis sebagai potensi penawaran barang dan jasa Anda di internet. Maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan mengingat modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kalau pun gagal, setidaknya Anda akan mendapatkan pengalaman berharga untuk membangun bisnis lainnya.

Jangan takut gagal. Karena kegagalan terbesar adalah saat menyerah dan tidak mau mencoba lagi.

Berikut adalah apa yang Anda pelajari di artikel ini :

  • Menentukan Barang atau Jasa yang Akan Ditawarkan
  • Membangun Website Profesional dan Menambahkan Blog
  • Menulis Copy yang Menjual
  • Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari
  • Membangun Reputasi Sebagai Ahli
  • Dapatkan Pengikut dan Subcriber
  • Tingkatkan Pendapatan Anda dengan Back End dan UpSelling

Siapapu Anda, apapun latar belakang Anda, Anda dapat menjalankan bisnis online setelah mempelajari cara mudah memulai bisnis online ini.

1. Menentukan Barang dan Jasa yang Akan Ditawarkan

Pertama-tama tentu Anda harus mencari produk untuk ditawarkan kepada pengguna. Kesalahan yang biasa dilakukan pebisnis online pemula adalah mencari produk terlebih dahulu, kemudian baru mencari pasarnya. Itu sesuatu yang patut Anda hindari sejak awal. Sebaliknya, pilih produk yang sudah ada pasarnya agar kesempatan sukses menjadi lebih besar.

Sama seperti model bisnis offline, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pengguna internet. Kemudian baru kita tampil sebagai pemecah persoalan melalui produk yang kita tawarkan.

Untunglah hal tersebut sangat mudah dilakukan dengan internet : kunjungi forum-forum dan lihat apa yang biasa ditanyakan oleh pengguna internet lainnya dan masalah seperti apa yang ingin mereka pecahkan. Setelah Anda menyusun daftarnya, lakukan riset kata kunci untuk mencari tahu potensi masing-masing kata kunci yang berhubungan dengan daftar Anda.

Langkah selanjutnya tentu melihat pesaing dalam bisnis yang ingin Anda jalankan. Kunjungi situs-situs mereka dan lihat apa yang mereka tawarkan dan bagaimana mereka menyajikan penawaran.

Dengan mempelajari hal tersebut, sekarang Anda punya gambaran mengenai produk yang ingin Anda jual dan seberapa keras tingkat persaingan yang ada.

2. Membangun Website Profesional

Setelah menemukan produk yang cocok di hati, langkah selanjutnya adalah membuat website profesional.

Website berfungsi seperti toko di dunia online, tempat Anda memajang produk-produk yang Anda tawarkan sehingga pembeli bisa memilah dan memilih penawaran yang paling sesuai dengan selera mereka.

Usahakan menggunakan jasa desain profesional agar website Anda terlihat keren di mata pengunjung. Bagaimana pun juga, statistik menunjukkan sebagai berikut :

  • Kesan pertama 94% ditentukan oleh desain. Berarti desain adalah alasan utama untuk tidak mempercayai atau menolak sebuah situs.
  • 75% Pengguna membuat penilaian pada kredibelitas perusahaan berdasarkan desain websitenya.
  • 88% Pengguna tidak akan berkunjung kembali ketika mereka telah memiliki user experience yang buruk.

Setelah pembuatan website selesai, jangan lupa untuk mengintregasikannya dengan blog. Blog berfungsi sangat vital untuk mendatangkan pengunjung. Bukankah percuma saja memiliki toko di internet tapi tidak dikunjungi oleh orang?

Anda bisa membaca “Cara Membuat Blog Bisnis dengan 6 Langkah Mudah” untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

3. Menulis Copy yang Menjual

Ada formula copy penjualan yang terbukti mampu mengkonversi pengunjung dengan baik sejak mereka tiba di website hingga benar-benar melakukan pembelian :

  • Membangkitkan minat dengan judul yang menarik .
  • Jelaskan masalah yang mampu diselesaikan produk Anda.
  • Bangun kredibelitas Anda sebagai pemecah persoalan (via konten-konten di blog).
  • Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
  • Bicara sekilas mengenai produk dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh oleh penggunanya (semakin banyak manfaat semakin baik.).
  • Lakukan penawaran.
  • Jangan lupa sertakan garansi juga.
  • Buatlah seperti urgensi.
  • Minta pengunjung untuk membeli produk Anda.

Sepanjang copy Anda, Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau jasa Anda unik dibanding dengan yang sudah ada tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah dan membuat kehidupan pelanggan menjadi lebih baik. Berpikirlah seperti pembeli dan tanyakan “Apa untungnya bagi saya jika membeli produk ini?”

Kalau Anda punya dana lebih, saya merekomendasikan Anda memakai jasa copywriter profesional saja. Bagaimana pun juga, masa depan bisnis Anda sangat ditentukan oleh copy yang Anda buat. Tidak menarik dan ucapkan selamat tinggal pada keuntungan.

4. Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari

Ada dua sumber trafik (pengunjung) dari mesin pencari, yakni trafik dari iklan (PPC) dan SEO.

Iklan PPC merupakan cara termudah mendapatkan pengunjung jika website kita masih baru. Anda hanya membayar jika ada orang yang melakukan klik pada iklan yang Anda pasang (berada di urutan teratas mesin pencari Google). Kalau tidak ada yang mengklik, maka saldo Anda akan tetap utuh seperti semula.

Kedua, PPC memudahkan Anda melakukan tes untuk berbagai kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda. Anda bisa mencoba menganti judul, harga, atau pendekatan pada iklan Anda sehingga Anda mendapatkan kata kunci yang tingkat konversinya tinggi.

Setelah Anda menemukan beberapa kata kunci dengan konversi tinggi berdasarkan tes yang Anda lakukan, maka sudah saatnya bersaing dengan blog-blog lain untuk memperebutkan halaman pertama mesin pencari Google. Buat konten-konten bermutu sesuai daftar kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasa, kemudian publikasikan di dalam blog yang terintegrasi dengan website. Proses ini biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimisation).

Bedanya dengan PPC, Anda tidak membayar sepeser pun. Kalau konten Anda bagus dan memenangkan persaingan dengan blog lain, secara otomatis semakin banyak yang akan datang melihat website Anda. Dan tentu saja, penjualan akan semakin meningkat.

Anda bisa membaca “Cara Termudah Belajar SEO” untuk mempelajari SEO lebih dalam.

Saat pengunjung sudah banyak dan membludak, Anda juga dapat melakukan penawaran-penawaran spesial di blog Anda. Karena jumlah pengunjung yang stabil merupakan indikasi bagus bagi blog untuk menawarkan barang dan jasa.

5. Membangun Reputasi Sebagai Ahli

Cara memulai bisnis online dengan mudah
Sumber gambar : paulawalker.co.za

Personal brand Anda akan sangat mempengaruhi penjualan. Orang-Orang harus percaya bahwa Anda adalah ahli di bidangnya sesuai dengan produk atau jasa Anda.

Misalnya saya yang notabenenya menjalankan bisnis jasa penulis artikel, maka untuk meningkatkan brand personal saya, di blog ini saya menulis berbagai konten sebagai portofolio sehingga calon pelanggan mengetahui kemampuan saya dalam menyusun aksara.

Atau jika Anda menjual sepatu, maka Anda bisa menulis semua pengetahuan Anda tentang sepatu sehingga pengunjung mengetahui bahwa Anda orang yang tahu tentang produknya dan orang yang tepat untuk bertanya mengenai sepatu-sepatu terbaik.

Strategi lain yang tidak kalah penting adalah menjadi penulis tamu di situs-situs yang masih berhubungan dengan produk Anda. Dengan begitu Anda akan semakin terkenal sebagai ahli sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Semakin besar brand personal yang Anda miliki, semakin mudah orang-orang menjadi lebih tertarik berbisnis dengan Anda.

Karena brand yang bagus menumbuhkan rasa kepercayaan. Dan bisnis selalu tentang kepercayaan.

6. Dapatkan Pengikut dan Subscriber

Pengikut dan subsciber merupakan orang-orang yang memiliki antusias tinggi berkaitan dengan produk Anda. Oleh karena itu, hal paling vital dalam mendapatkan keduanya adalah terus memproduksi konten-konten berkualitas tinggi.

Pengikut blog merupakan jaminan trafik Anda stabil sepanjang tahun sehingga dalam hal SEO, situs Anda akan semakin baik di mata mesin pencari. Sedangkan subscriber, mereka adalah aset terpenting dalam kesuksesan bisnis online kita dalam jangka panjang.

Subscriber memberi kita ijin untuk mengirim email-email penawaran kepada mereka. Dan hasilnya sangat luar biasa. Email marketing lebih murah dibanding dengan iklan di TV atau Radio, atau metode pemasaran lainnya karena penerimanya merupakan orang yang tertarget. Artinya peluang keberhasilan Anda menawarkan barang dan jasa melalui email sangat tinggi.

Semakin besar subsciber Anda, semakin besar pula potensi menghasilkan rupiah dari kantong mereka.

Agar orang-orang tertarik menjadi subcriber, Anda perlu membuat produk gratis atau sesuatu yang berharga bagi pengunjung blog Anda seperti software trial atau ebook berkualitas baik. Mereka akan mendapatkan produk gratis tersebut jika menjadi subscriber. Dengan demikian kedua belah pihak merasa menang dan tidak ada yang dirugikan.

7. Tingkatkan Pendapatan Anda dengan Back End dan UpSelling

Back End sales adalah segala produk atau layanan yang Anda jual lagi kepada customer setelah customer tersebut melakukan pembelian awal. Dengan kata lain, back end sales adalah pembelian kedua dan ketiga dan seterusnya.

Sedangkan Up-Selling adalah seni menjual produk atau jasa A agar ditingkatkan penjualannya menjadi A+ atau A++ atau A+++. Artinya menawarkan produk sejenis yang memiliki nilai lebih tinggi atau manfaat lebih dibanding dengan pembelian pertama.

Setidaknya 36% dari orang-orang yang telah membeli dari Anda akan membeli dari Anda lagi jika Anda melakukan follow up terhadap mereka. Jadi untuk melakukannya :

  • Tawarkan produk lain yang melengkapi produk sebelumnya.
  • Kirimkan kupon yang bisa mereka gunakan untuk pembelian selanjutnya.
  • Tawarkan produk-produk yang masih berhubungan pada halaman “Terima kasih” segera setelah mereka melakukan pembelian.
  • Berikan hadiah-hadiah kepada pelanggan loyal (orang yang sering melakukan pembelian) sehingga mereka semakin loyal.
  • Dan lain sebagiannya.

Referensi :

1. https://www.entrepreneur.com/article/175242

Kesimpulan

Internet begitu cepat berubah. Tetapi prinsipnya-prinsip tentang cara memulai bisnis online dan mengembangkannya agar sukses tidak berubah sama sekali. Jika Anda baru ingin memulai bisnis kecil, maka urutan di atas akan sangat membantu Anda.

Atau jika Anda sudah memiliki bisnis online yang berjalan, maka tidak ada salahnya melakukan peninjauan singkat dan melihat apakah Anda melewatkan sesuatu. Karena jika ada yang hilang dalam urutan dan tidak ada di dalam urutan, mungkin saja itu masalah utama mengapa bisnis online Anda tidak berkembang.

Juga pastikan Anda membaca “8 Alasan Mengapa Bisnis Online Gagal” agar Anda dapat meminimalisir kejadian-kejadian buruk yang mungkin akan menimpa Anda.

Selamat…. sekarang Anda siap sukses dalam bisnis online.

Jika boleh berandai-andai, maka bisnis apa yang kira-kira ingin Anda jalankan? Mengapa? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

13 tanggapan untuk “Cara Memulai Bisnis Online yang Benar-Benar Menghasilkan

  1. kalau aku sih pengen jualan semacam kedai kopi, dan makanan ringan seperti salad, frienc fries dan sebagainya..
    yang penting ada layanan Wifi untuk setiap pelanggan…
    ya moga aja ada rezeki yang tiba-tiba hadir depan mata, wkwkwkw
    Aamiin

    Suka

  2. Kalo aku sedang merintis usaha sewa peralatan outdoor bersama beberapa kawan.. mudah2an ke depan sekaligus buka usaha travel agent.. kalau boleh berandai2.. suatu saat pengen punya produk dengan brand sendiri..

    Alasannya karna aku memang senang jalan2.. dan potensi wisata Indonesia sangat besar.. khususnya di daerahku sendiri.. Kota Medan..

    Amin 😁

    Suka

    1. Iya di indonesia masih seperti itu. Padahal akan lebih baik juga untuk membuat website sendiri sehingga punya brand sendiri. Tapi promosinya juga meliputi sosial media dan market place lainnya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s