10 Tipe Komentar Blog dan Cara Meresponsnya

Tipe-Tipe Komentar BlogSumber gambar : SEOpressor.com

Komentar merupakan gravity dalam dunia blog. Terkadang berwarna-warni dan mampu menghadirkan keindahan. Tapi di lain waktu gravity tersebut dilakukan oleh orang yang salah sehingga merusak tatanan komentar yang sudah ada.

Hanya ada satu hal yang pasti : Bloger harus merespons semua komentar yang masuk.  Agar pengunjung merasa dihargai. Lagipula mereka akan lebih banyak meninggalkan komentar di masa depan jika kita membalas semua komentar yang mereka tinggalkan.

Tapi tidak semua bloger tahu cara merespons komentar. Setiap komentar membutuhkan jawaban yang berbeda. Dan tentu saja, respons yang bagus akan membuat kita tampak ramah dan profesional. Itu berarti dapat menjaga brand apapun yang sedang kita bangun.

Berikut adalah 10 tipe komentar blog menurut NC Register dan Bagaimana saya meresponsnya :

1. Encouragers

Beberapa orang merupakan tipe Encouragers. Komentar mereka membangkitkan semangat. Meskipun biasanya komentar dari tipe ini tidak berlanjut menjadi sebuah diskusi. Beberapa contoh komentar jenis ini antara lain :

Wow, postingan Anda benar-benar mengubah hidup saya.”

Tulisannya sangat menginspirasi. Lanjutkan perjuangan gan.

Sangat cocok bagi bloger baru. Tapi kurang memuaskan bagi bloger berpengelaman. Biasanya saya hanya menjawab singkat, “Terima kasih atas apresiasinya.”

2. Non-Contributors

Tipe komentar jenis Non-Contributors mirip dengan Encouragers. Hanya saja tidak menimbulkan semangat bagi bloger yang mendapatkan komentar. Komentator jenis ini hanya ingin menunjukkan bahwa mereka ada dan telah membaca postingan.

Contoh komentar jenis ini :

Terima Kasih gan, sangat membantu.”

Saya juga punya kucing di rumah, namanya dorothy.

Terkadang komentar jenis muncul karena orang bersangkutan sangat ingin berkomentar, namun mereka speechless. Dengan sedikit paksaan, akhirnya muncul tipe komentar Non-Contributors.

Saya pun hanya langsung menjawab singkat seperti, “Sama-Sama”. Karena saya pun tidak terangsang untuk memulai diskusi lebih lanjut dengan komentar macam ini. 

Respons saya hanya sebagai bentuk sopan santun dan penghargaan saja, tidak lebih dari itu.

3. Contibutors

Tipe Kontributors selalu meninggalkan komentar terbaik karena mereka menawarkan sesuatu yang baru dalam percakapan. Perspektif baru. Informasi tambahan. Wawasan baru. Mereka bijaksana. Mereka bisa bersikap hormat, baik ketika setuju maupun tidak setuju. Pada umumnya, mereka berkontribusi pada diskusi sehat dan mereka membuat sebuah postingan lebih bernilai dan membantu pembaca lainnya.
Saya sangat menyukai komentar tipe Kontibutors. Terkadang mungkin ada sesuatu hal yang terlewat dari pengamatan saya. Dan komentarlah yang menyempurnakan apa yang telah sajikan. Biasanya saya menjawab dengan sangat antusias dan panjang agar semua menjadi lebih jelas. Saya terkadang juga menyertakan referensi menulis yang saya gunakan apabila ada sanggahan atau ketidaksetujuan.

Seharusnya blog yang sehat banyak memanen komentar jenis ini. Tugas kita adalah menjaga komentator jenis ini untuk betah di blog kita dengan menyajikan konten-konten yang bernilai tinggi bagi mereka.

4. Destitutes

Komentator tipe ini adalah pembaca yang tertekan atau berjuang melakukan sesuatu. Mereka hanya ingin berbicara dengan seseorang. Siapapun yang mau mendengarkan mereka. Terkadang komentar mereka sesuai topik, tapi sering kali tidak. Mereka sering bertanya sesuatu yang serius.

Terkadang hal ini dipicu oleh sebuah postingan saja. Contohnya orang yang curhat kepada saya setelah membaca postingan “Bagaimana menjadi Introvert Bahagia”. Dia merasa introvert dan tidak bahagia dengan kehidupannya. Dan ia bertanya setengah memaksa agar saya memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan.

Karena tipe-tipe pertanyaan yang menjurus serius, saya selalu mengatakan menggunakan “Menurut saya” di bagian awal. Jawaban tersebut berdasarkan pemikiran pribadi saya. Namun jika saya merasa ia membutuhkan bantuan ahlinya, maka saya akan merekomendasikan untuk mencari orang lain yang lebih ahli dibidang yang ia bicarakan.

Terkadang mengatakan yang sebenarnya bahwa saya tidak tahu merupakan jawaban efektif agar komentator tipe ini tidak lagi menghubungi untuk bertanya sesuatu yang sebenarnya terlalu serius bagi bloger amatir seperti saya.

5. Slackers

Slackers adalah orang-orang yang tidak membaca postingan. Mereka hanya membaca judul dan ingin meninggalkan komentar. Jadi, mereka benar-benar melakukannya di kotak komentar. Mereka sering sangat tidak setuju dengan poin-poin Anda. Atau komentar mereka terdengar seperti mereka telah mengalahkan straw man dan merasa hebat. Atau mereka bertanya sesuatu seperti “Bagaimana dengan X?” sementara di paragraf 3 atau 4 telah menjawab pertanyaan tentang X.

Dulu saya masih ramah menjawab komentar jenis ini. Meskipun sebenarnya jawabannya ada di postingan mengingat kebiasaan pembaca online adalah melakukan scanning seperti huruf F . Tapi ada yang lebih baik, “Silakan baca postingan lagi.”.

Dan masalah pun terselesaikan.

6. Brawlers

Brawlers suka bertengkar dan berdebat. Mereka tidak tertarik untuk belajar, atau memberi kesempatan bahwa niat kita jujur, atau mempertimbangkan bahwa ini hanya kecelakaan ketika saya menumpahkan minuman ke mereka.

Selama ini saya belum pernah mendapat komentator tipe ini. Tapi jika mereka benar-benar memiliki keahlian dan melihat bahwa konten saya memiliki kekurangan, maka respons yang paling masuk akal untuk saya lakukan adalah berikut :

Karena saya merasa terlalu bodoh dan tidak memahami apa yang Anda sampaikan dalam komentar yang singkat, pasti akan menyenangkan jika bisa membaca pemikiran Anda secara lengkap. Bersediakah Anda menuliskannya dalam postingan utuh dan membangikan linknya di kotak komentar agar saya mampu belajar dari Anda?

Semacam itu. Tapi respons yang saya berikan tergantung dari bagaimana para Brawlers menyampaikan komentarnya. Jika dia terlihat seperti menantang pemikiran saya dengan cara yang tidak sopan atau tanpa berpikir, maka tidak ada jalan kecuali menantangnya sekalian.

7.Angries

Angries adalah yang marah-marah terhadap sesuatu. Mereka terlihat seperti Brawlers, tapi lebih buruk. Mereka bahkan tidak ingin berdebat atau bertengkar. Mereka hanya mengekspresikan kemarahan terhadap sesuatu. Dalam prosesnya mereka sering merasa lebih baik jika bisa menularkan kemarahannya. Komentar mereka sering tidak pantas dan menyakitkan.

Sebenarnya saya sangat menghargai komentar apapun yang masuk ke blog Shiq4. Namun komentar-komentar yang menggunakan kata kotor atau tidak pantas, saya langsung menandainya sebagai spam. Dengan begitu komunitas kecil yang saya bangun akan tetap terjaga dari hal-hal negatif yang mampu mempengaruhi mood orang lain yang ikut berdiskusi di dalam kotak komentar.

8. Posers

Posers berpura-pura seperti mereka tidak peduli tentang topik ketika berkomentar. Pada dasarnya komentar mereka akan seperti ini :

Saya tidak peduli tentang hal ini, tapi saya masih meluangkan waktu dan mengatakan kepada Anda bahwa saya benar-benar tidak peduli tentang ini. Dan sekarang saya akan defensif tentang apa yang Anda katakan…. tapi saya memang tidak peduli.”

Komentar mereka menyebalkan. Jika mereka tidak peduli, maka mengapa mereka mengatakannya seolah mereka telah membaca. Menurut saya jauh di dalam hati mereka mempercayai apa yang saya katakan, namun terlalu egois sehingga berlagak tidak peduli. Mereka bertarung dengan diri sendiri.

Dan berikut adalah respons terbaik menghadapi komentar jenis ini :

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan menulis komentar. Sama seperti halnya Anda yang tidak peduli tentang apa yang saya sampaikan, saya juga tidak peduli dengan komentar-komentar Anda ?. Kecuali Anda menulis sesuatu yang lebih berguna untuk dibaca oleh pengunjung lainnya.

Jadi, semua impas. Terkadang di dunia hukum alam memang berlaku, Anda mendapatkan apa yang Anda berikan.

9. Self-Promoters

Tipe komentar jenis ini tidak peduli tentang topik dan tidak memberi kontribusi langsung pada postingan, mereka hanya mempromosikan sesuatu yang menurut mereka bagus. Biasanya orang-orang menganggap mereka spammer karena terlalu berlebihan menyebarkan link.

Di masa awal ngeblog saya langsung menandai semua komentar jenis ini sebagai spam. Namun setelah membaca postingan Jeremy Myers, saya menjadi lebih terbuka untuk menerima link dalam kotak komentar.

Alasan Jeremy sebagai berikut :

“Ngeblog butuh sedikit promosi baik saat ini maupun nanti. Ada cara halus untuk promosi selain melalui link dalam komentar, namun jika beberapa melakukannya, maka terjadilah.”

Hanya ada satu aturan yang berlaku : Jika link yang diberikan masih berhubungan dengan topik dan saya rasa bisa membantu pembaca lainnya, maka saya akan berterima kasih dengan tulus. Namun jika saya mengecek link dan tidak menemukan konten yang bagus atau tidak berhubungan dengan tulisan saya, maka saya pastikan komentar jenis ini akan langsung masuk kotak spam.

10. Aliens

Tipe Aliens memberi komentar yang sama sekali tidak masuk akal. Ini seperti mereka baru saja mendarat di planet Bumi dan mereka hanya ingin meninggalkan komentar.

Beberapa kali saya berurusan dengan para Aliens di blog Shiq4. Tapi saya masih bersikap ramah. Selama mereka tidak menggunakan kata kotor dan berkomentar dengan baik, maka saya akan senang menyetujui komentar mereka. Bagaimana pun juga, komentar mereka berharga. Meskipun sebenarnya mereka tidak benar-benar memahami apa yang saya sampaikan.

Untuk merespons komentar jenis ini mudah saja, tinggal mengatakan seperti “Maksudnya apa ya? Saya tidak mengerti komentar Anda.” Atau jika komentarnya berantakan namun saya masih mengerti maksudnya, maka saya terkadang menjawab “Semoga sukses kalau begitu.”

Kesimpulan

Meskipun merespons komentar bukan hal wajib, namun saya cenderung merekomendasikan semua bloger baru untuk melakukannya. Bukan hanya menunjukkan keramahan kita, tapi menghargai pengunjung yang berkomentar sehingga mendorong mereka untuk berkomentar lagi di masa depan.

Tapi blog saya tidak banyak memiliki komentar. Bagaimana ini?

Maka Anda hanya perlu membaca dua postingan berikut :

Apakah Anda punya tipe komentar lain yang pernah Anda temui di blog Anda? Bagaimana cara Anda meresponsnya? Bagikan di kotak komentar.

53 tanggapan untuk “10 Tipe Komentar Blog dan Cara Meresponsnya

  1. aku sukanya sama wordpress tuh ada likes nya, mas… jadi ketika aku baca tulisan orang dan aku suka, tapi bingung komentarnya… dan untuk menunjukan kalo aku udah baca postingan serta aku apresiasi tulisannya yaaa cara aman cuma likes hehehe…

    abis aku ngga cerdas jadi takut salah ngomong, salah komentar hehehe
    jadi makin tau tipe tipe manusia dari cara mereka berkomentar dari postingan ini… *nah ini komentar tipe yang mana hehehe

    Disukai oleh 2 orang

    1. Hua ha ha nggak papa mbak salah-salah dikit di kotak komentar. Yg ini termasuk kontributor :). Saya cuma ngelike pas emang gak mood buat komentar saja.

      Suka

  2. ‘Aliens’ 😂

    sejauh ini, aku blm nemu yg 6,7,8 sih
    dan klu promosi produk, atau apa gitu biasanya ga aku approve komennya heheu

    Suka

    1. Aku juga sering dapat aliens hua ha ha…. Klo yg 6,7,8 biasanya di dapat blog yg membahas topik serius dan lumayan populer. Klo bloger personal sih masih aman saja :).

      Disukai oleh 1 orang

  3. Tipe komen asal bukan aneh2 ya ga bakal kubuang ke spam…tp banyak yg random juga ngelike padahal postingan baru tayang sekian detik….dan postinganku panjanggg bener kek kereta…artinya cuma ngespam likes doank

    Suka

  4. aku juga koment sebatas aku ingin aja..
    kalau memang menarik aku koment, kadang kalau binggung mau koment apa ya tinggal like aja, atau balas komentar orang lain yang ada disitu, hihihih

    Disukai oleh 1 orang

  5. Hhmm…saya tipe mna ya?Kyaknya komen sya masuk tipe 1 sampe 2 kli ya, hee… maunya sih tipe 3, tp kdang syapun ksulitan krn krngnya pmahaman.

    Klo tipe 4-10 kyaknya ngatif smua, khususnya 6 (brawlers) dan 7, sy sring menemuinya di bbrpa blog lain atau di situs dbat kusir.

    Klo yg sring msuk k blog sya pling yg 1 atau 2 aja, dan syapun meresponsnya sperlunya sja, mengucapkan trimksih, atau respons positif lainnya.

    Prinsip sederhana saya kalau komen ada minimal 3 hal sy sring saya lakukan, yaitu memuji/mengapresiasi, berpendapat dan/atau brtnya.

    Btw, sya snang ada postingan ini, soalnya brusan kmrin sya gagal trus komen di postingan Anda kmrin, krn sya mmkai kata yg Anda tandai sbgai spam. Melaluinya sy bljar bhwa klo terulang lg, mka sy berasumsi kmungkinan ada kta yg Andai tndai sbgai spam yg tak boleh sy pkai. Jd bkn hnya mslah koneksi jringan.

    Tks mas Shiq4.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mas desfortin biar mengurangi spam yg masuk. Banyak pengaturan untuk mengurangi spam. Ini saya baru belajar. Klo yang negatif2 biasanya blog yg besar. Juga topik yg dibahas biasanya serius. Klo bloger seperti kita hampir mustahil dapat komen negatif dari orang lain karena membahas hal-hal sepele.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Oya, buat tulisan dong ttg tips ngtasi spam, klau dirasa pas sih, heee…

        Kita di wordpress kan untung ada akismet, tp kalau gak ada, mksud sya, apa caranya cuma pke pngturan moderasi atau kata yg ditandai aja, mungkin ada yg lain?
        Tks

        Suka

      1. Oo ada pengaturannya ya 😮, i see.
        Baca postingan-postingan shiq4 soal tutorial blog jadi inget jaman awal ngeblog dulu hi hi 😁
        Dibikin ebook kece tuh 👌👍

        Disukai oleh 1 orang

    1. Susahnya di blogspot tidak ada pengaturan jumlah link yg diperbolehkan. Klo wordpress ada settingnya. Klo melebihi jumlah yg ditetapkan, otomatis masuk spam.

      Suka

  6. Pernah nggak sengaja baca komentar brawlers di beranda wp, saya cuma ketawa aja ngebacanya 😂
    Tulisannya menarik kak, dikemasnya juga baik, jadi mengalir bacanya, makasih kak Shiq selalu memberikan pengetahuan-pengetahuan baru soal blog 😁

    Suka

  7. Terima kasih atas infonya nih, komentar memang perlu dalam membangun tingkat semangat nulis.

    Dulu saya di MWB (saat belum hangus) suka BW setiap saat ampe pegel jadi heheee

    Suka

  8. Ada banyak tipe komentar, namun saya belum bertemu semuanya. Tapi yang ada pun kadang saya bingung mau membalas apa.

    Dari berbagai tipe, bertemu dengan tipe kontributor memang selalu menyenangkan. Membuat saya ingin menulis lebih giat lagi.

    Suka

Komentar ditutup.