FAQ : Pentingkah Merespons Komentar yang Masuk?

Menjawab komentar blog, penting atau tidak?

Sumber ganbar : legalproductivity.com

Semua blogger suka komentar. Saat kita mendapati postingan kita dijejali komentar, itu sangat fantastis. Itu mengindikasikan bahwa tema yang kita angkat sudah tepat dan tidak ada yang salah dalam penyajianya karena tanpa kedua hal tersebut, mustahil pengunjung rela meluangkan waktu untuk meninggalkan komentar.

Ada dua tipe blogger dalam menghadapi komentar yang masuk. Tipe pertama tidak terlalu menghiraukan komentar. Sementara tipe kedua akan sangat antusias merespons komentar.

Kedua tipe blogger tersebut tentu telah memikirkan efek negatif dan positif sehingga mereka memutuskan untuk merespons komentar atau membiarkannya. Tapi jika saya yang ditanyai “Apakah merespons komentar merupakan bagian penting dari aktivitas ngeblog?”, tentu saya lebih memilih di pihak blogger yang menerapkan kebijakan merespons komentar-komentar yang masuk.

Mengapa? Karena alasan-alasan berikut:

1. Mengapresiasi Pengunjung

Anda telah menulis dengan sungguh-sungguh untuk membahas suatu topik dan mempublikasikannya. Tentu akan menyenangkan seandainya apa yang Anda sajikan mendapatkan respons yang bagus dari pembaca melalui komentar.

Anda merasa dihargai karena semua upaya yang Anda lakukan untuk menghasilkan bacaan berkualitas berjalan sesuai rencana. Pembaca menyukainya. Buktinya mereka mau meluangkan waktu berharga mereka untuk sekedar berterima kasih atau menyampaikan pemikiran mereka segera setelah membaca.

Saya rasa sudah sepantasnya kita juga dengan mengapresiasi pengunjung yang meninggalkan komentar dengan merespons komentar-komentar mereka. Setidaknya mereka juga akan merasa diapresiasi. Dan yang terpenting, tindakan merespons komentar mereka seolah kita mengatakan kepada pengunjung “Saya membaca komentar Anda dan komentar Anda sangat berharga bagi saya”.

2. Merangsang Pengunjung Lain Untuk Berkomentar

Terkadang ada pengunjung yang berpikir bahwa pertanyaan mereka terlalu sepele sehingga mereka malu untuk bertanya di kotak komentar. Atau jika mereka merasa bahwa apapun komentar yang mereka tinggalkan, semua akan sia-sia karena pemilik blog tidak akan meresponsnya.

Untuk menghilangkan kesan semacam itu, merespons semua komentar yang masuk merupakan tindakan yang brilian. Orang-Orang yang baru pertama kali berkunjung akan melihat komentar-komentar yang masuk dan menyadari bahwa pemilik blog peduli dengan apa yang dikatakan pengunjung blognya. Dan mereka akan terdorong untuk melakukan hal serupa. Mereka akan meninggalkan jejak.

Bukankah itu bagus untuk perkembangan blog Anda? Semakin banyak komentar yang masuk dalam konten-konten yang Anda sajikan, social proof akan meningkat. Itu kabar baik lainnya.

3. Meningkatkan Pageview Blog

Apa hubungannya komentar yang masuk dengan SEO? Lebih dari yang Anda bayangkan.

Semakin banyak komentar yang masuk, semakin banyak teks yang ada di dalam sebuah halaman. FYI, Google mengikutsertakan semua teks dalam komentar Anda. Artinya akan lebih banyak variasi kata kunci. Apalagi jika komentarnya panjang dan relevan dengan topik artikel, tentu akan sangat membantu mendapatkan trafik organik dari mesin pencari karena long tail keyword yang terbentuk dari komentar.

Dan yang terpenting, jika kita mengasumsikan komentar yang masuk bukanlah spam, orang yang meninggalkan komentar akan kembali lagi ke blog Anda untuk melihat respons Anda. Jadi, sebisa mungkin jawablah komentar yang masuk. Terutama komentar yang berbentuk pertanyaan. Dan pageview Anda secara ajaib akan meningkat.

4. Memulai Diskusi yang Membangun

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses, maka hindari sikap sombong, merasa bahwa diri sendiri yang paling benar.

Dalam dunia ini banyak orang lain yang lebih tinggi ilmunya dari kita. Mungkin saja mereka dengan senang hati mengoreksi kelemahan opini kita atau kebenaran terbaru mengenai topik yang kita angkat melalui komentar. Dan itu bisa menjadi ajang diskusi yang bagus.

Kalau pun kita tidak merasa salah, kita akan belajar menghargai perspektif berbeda dari orang lain. Ini bukan mengenai siapa yang benar dan salah. Ini masalah memahami pemikiran orang lain dari sudut yang berbeda. Jika Anda bisa melakukannya dengan baik, maka orang tersebut sepertinya akan loyal dengan blog Anda. Dan yang terbaik, siapa tahu pengunjung lain akan ikut dalam diskusi yang Anda angkat di kotak komentar.

Saat orang lain mulai menganggap kita orang yang ramah dan rendah hati, itu merupakan pertanda bahwa Anda sedang berada di jalur yang benar menuju kesuksesan

5. Menjalin Hubungan dengan Blogger Lain

Ada waktu dimana akan saya temui komentar yang tidak sesuai dengan artikel yang saya bahas. Blogger profesional mungkin tidak menyukai hal semacam itu dan langsung menandai sebagai spam. Namun bagi blogger amatir seperti saya, itu bukanlah kesalahan besar.

Blogger amatir akan kesulitan meningkatkan jumlah komentar tanpa bantuan blogger lainnya. Berbeda dengan para profesional yang mampu menghasilkan konten-konten bermutu tinggi sehingga sangat mudah menjaring komentar, blogger amatir mengandalkan hubungan pertemanan dengan blogger amatir lainnya untuk mendapatkan komentar. Setidaknya blog terlihat keren karena ramai dengan komentar. Itu saja.

Terkadang mereka menanyakan hal lain diluar topik yang dibahas. Terkadang mereka mengatakan hal-hal yang bahkan tidak bisa dicerna oleh pikiran kita. Tapi itu merupakan cara menjadi akrab dengan sesama blogger amatir. Jika Anda tidak membalas komentar yang masuk, maka mereka akan merasa bahwa Anda tidak ingin berhubungan dengan mereka. Selanjutnya, mereka mungkin akan berpikir dua kali untuk meninggalkan komentar di blog Anda.

6. Merespons Komentar Tidak Butuh Waktu Lama

Dengan pertimbangan manfaat membalas komentar diatas, saya rasa berinvestasi mengorbankan sedikit waktu untuk merespons komentar merupakan langkah yang bagus. Tentu saja kita juga harus memastikan bahwa jawaban yang kita berikan bukan asal-asalan. Jadi, baca dengan teliti komentar yang masuk, kemudian balas dengan jawaban yang ingin didengarkan oleh komentator tersebut.

Saya juga merasa bahwa jika kita menjawab komentar yang masuk, secara tidak langsung akan memberi kesan positif bagi pengunjung terhadap kepribadian kita. Jika mereka merasa nyaman dan dihargai, mereka tidak akan malu-malu untuk meninggalkan komentar apapun di postingan-postingan kita selanjutnya.

Referensi:

1. Is it worth responding to blog comment?

Kesimpulan

Jadi, saya merekomendasikan Anda untuk mulai merespons semua komentar yang masuk karena itu merupakan tindakan tercerdas yang bisa kita lakukan sebagai blogger untuk mengapresiasi pengunjung blog kita. Bagaimana pun juga, komentar yang masuk memegang peranan penting bagi kelangsungan blog kita.

Sejauh ini semua berjalan dengan baik ketika saya merespons komentar-komentar di Shiq4. Dan hal serupa juga akan Anda alami jika Anda mulai memberlakukan kebijakan menjawab komentar-komentar yang ada.

Jadi, apa yang Anda pikirkan tentang merespons komentar? Apakah Anda punya perspektif lain yang berbeda dengan saya? Bagikan di kotak komentar yang disediakan

27 thoughts on “FAQ : Pentingkah Merespons Komentar yang Masuk?

  1. Setuju banget dengan membalas komentar pada blog posting kita karena yang berkomentar sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan kita dan menuliskan komentar. Aku selalu membalas semua komentar yang masuk, kecuali yang akun jualan karena kalau itu otomatis dimasukkan spam oleh wordpressnya. Dan aku juga rajin ngecek spam karena beberapa komentar nyangkut di sana. Intinya selalu mengapresiasi setiap komentar (baik yg nyambung maupun yg alakadarnya) untuk tulisan kita.

    Disukai oleh 3 orang

  2. Ajang silaturahim, menjalin persahabatan, menghargai sahabat yang telah berkunjung dan mau meluangkan waktu untuk komen (berarti dia menyempatkan diri untuk membaca tulisan kita), kadang kita bisa dapat pengetahuan baru juga.

    Suka

  3. Yang poin 3 itu iya bener, kadang pas kita googling keyword tertentu, kata-kata penyusun keyword kita itu kadang justru match sama pertanyaan orang di kolom komentar hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s