5 Tips agar Semangat Blogwalking

Sumber gambar : bloggerholic.net

Bloger dan blogwalking memiliki hubungan erat. Blogwalking bukan pilihan, tapi keharusan. Selain merupakan salah satu cara mendapatkan pengunjung, rutin blogwalking akan memberi tiga keuntungan bagi bloger :

  • Menjalin hubungan baik dengan sesama bloger
  • Mendapatkan lebih banyak komentar di setiap postingan
  • Tulisan bloger lain terkadang merupakan inspirasi terbaik dalam menghasilkan konten-konten bermutu tinggi

Tapi tidak semua bloger rutin blogwalking. Alasannya terlalu klise, yaitu malas dan tidak punya waktu. Padahal jika kita ingin mengembangkan blog ke arah positif, blogwalking merupakan bumbu yang tidak boleh ketinggalan.

Agar Anda tidak malas dan terus bersemangat dalam blogwalking, saya memiliki beberapa tips yang sudah saya rangkum di bawah ini :

1. Santai Saja

Beberapa bloger mungkin berasumsi bahwa semakin banyak jumlah blog yang mereka komentari, maka semakin banyak pula pengunjung dan komentar yang mereka dapatkan. Biasanya mereka yang menganut paham ini melakukan semuanya dengan cepat.

Itu bukan sesuatu yang salah, tapi Anda akan cepat merasa kelelahan juga. Apalagi jika jumlah kunjungan balik dan komentar yang diterima tidak sebanyak yang diharapkan, semangat bisa langsung turun begitu saja seolah semuanya menjadi sia-sia.

Apakah Anda tahu mengapa kunjungan balik dan komentar yang Anda dapat tidak berbanding lurus dengan apa yang Anda lakukan?

Biasanya jawabannya sederhana : Anda berkomentar dengan buruk.

Karena mengejar target berkomentar di banyak blog, Anda berkomentar asal-asalan dan terkadang tidak relevan dengan postingan. Bloger lain mungkin menyetujui komentar Anda, tapi tidak membuat mereka tergerak mengunjungi blog Anda atau berkomentar balik.

Oleh karena itu, dalam menjalankan aktivitas blogwalking sebaiknya santai saja dan jangan terburu-buru. Dengan begitu kualitas jejak yang Anda tinggalkan akan tetap terjaga dengan baik.

Hasilnya, Anda akan mendapat komentar balik dan kunjungan dari bloger lain sehingga Anda akan tetap bersemangat melakukan blogwalking karena semua berjalan sesuai rencana.

“Meninggalkan komentar berkualitas bagus di sedikit blog lebih baik dibanding meninggalkan komentar-komentar berkualitas buruk di banyak blog.”

2. Anda Tidak Harus Selalu Berkomentar

Jika Anda tidak sedang ingin membaca atau tidak terlalu berminat dengan topik yang diangkat oleh bloger lain, maka ingatlah satu hal : Anda tidak akan dipenjara hanya karena tidak berkomentar.

Memaksakan diri untuk terus berkomentar di setiap postingan bloger lain hanya akan menyiksa batin Anda. Ujung-Ujungnya semangat akan hilang dan Anda akan malas untuk melakukannya secara rutin karena alam bawah sadar Anda mengingat pengalaman blogwalking yang tidak menyenangkan tersebut.

Oleh karena itu, berkomentarlah di konten-konten yang menarik hati Anda saja sehingga Anda merasa senang ketika melakukannya. Dan pengalaman menyenangkan tersebut akan memicu semangat Anda untuk terus melakukannya di masa depan.

3. Luangkan Waktu Khusus untuk Blogwalking

Kegiatan blogwalking hanya mencakup dua hal yaitu membaca dan berkomentar. Anda bisa blogwalking ke banyak blog dengan meluangkan setidaknya satu jam per hari. Cobalah untuk mencari waktu di mana Anda benar-benar santai dan fokus untuk blogwalking saja (tidak multi tasking).

Tujuan utamanya adalah membentuk kebiasaan. Jika kita melakukan kegiatan yang sama secara berulang-ulang, maka seiring berjalannya waktu kita akan menjadi lebih mahir dalam mengerjakannya. Dan itu pun berlaku dalam blogwalking.

Jika saat pertama kali mencoba Anda hanya bisa blogwalking ke 10 sampai 15 blog dengan waktu satu jam, maka lama-kelamaan Anda akan mampu blogwalking ke 20 sampai 30 blog dengan waktu yang sama.

Faktornnya mungkin karena kita menjadi lebih terbiasa membaca dan kemampuan membaca kita menjadi lebih cepat. Apalagi jika pemiliki blog yang kita komentari ramah dan membalas komentar kita dengan antusias, tentu kita juga ikut antusias.

Belum lagi hubungan emosi yang terjalin dengan teman-teman ngeblog lainnya, tentu akan membuat kita lebih nyaman dalam blogwalking.

Sesekali juga tidak masalah untuk bercanda di kotak komentar dan tidak relevan dengan isi postingan di blog mereka. Lakukan ini hanya Anda sudah berteman baik dengan pemilik blog.

“Cara efektif untuk tetap semangat dalam blogwalking adalah dengan menikmatinya dan membiasakan diri untuk melakukan secara rutin.”

4. Pikirkan Potensi Hasil Blogwalking

Sebenarnya kunci keberhasilan blogwalking terletak pada kesabaran. Anda tidak bisa hanya sekali berkomentar di blog lain dan tiba-tiba pemiliknya akan langsung berkunjung balik ke blog Anda, kemudian meninggalkan jejak balasan.

Sama seperti menjalin hubungan di dunia nyata, semua butuh proses. Anda harus terus blogwalking ke beberapa blog secara rutin agar bloger-bloger lain familiar dengan nama Anda di kotak komentar dan kemudian mereka berpikir bahwa Anda serius ingin menjalin hubungan pertemanan.

Agar tetap semangat ketika melakukannya, saat Anda baru memulai kegiatan blogwalking, pikirkan potensi hasil yang bisa Anda peroleh di masa depan. Dengan demikian, Anda tidak akan malas dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya.

5.Tidak Semua Bloger Ramah

Di masa awal ngeblog saya beranggapan bahwa saya bisa dengan mudah menjalin hubungan dengan bloger lain hanya melalui blogwalking. Ternyata itu kepercayaan yang salah. Karena memang ada beberapa bloger yang suka menyendiri dan tidak ramah.

Sebanyak apapun Anda meninggalkan komentar yang bagus, mereka tidak akan berkunjung balik ke blog Anda. Jadi, pilihlah bloger yang menurut Anda ramah dan mau saling berkomentar dengan Anda.

Saat Anda sudah menemukan bloger-bloger yang mempunyai sifat ramah, terutama bagi bloger baru, kegiatan blogwalking akan terasa sangat menyenangkan. Dan dengan sendirinya semangat blogwalking Anda akan muncul begitu saja dan tetap terjaga dengan baik karena Anda mendapatkan hasil sesuai yang Anda harapkan.

Kesimpulan

Blogwalking bukan hanya untuk bloger amatir. Seandainya Anda mengelola blog bisnis, blogwalking pun mampu bekerja dengan baik bagi blog bisnis Anda.

Walaupun terkadang Anda jenuh atau merasa malas, atau tidak punya cukup waktu, Anda tetap harus melakukannya. Tidak perlu ke banyak blog, lakukan semampunya. Selama jejak yang Anda tinggalkan berkualitas baik, pasti hasilnya akan memuaskan.
Tapi juga perlu diingat, komentar yang buruk dapat merusak reputasi blog Anda. Jadi, jangan berkomentar sembarangan dan asal-asalan.

Sekarang Anda pun tahu bagaimana menjaga semangat blogwalking tetap membara. Dan akan menyenangkan mendengar Anda berkomitmen untuk blogwalking secara rutin dan berteman dengan bloger lain untuk saling menghargai dengan saling berkomentar.

Apakah Anda mengalami kesulitan ketika blogwalking? Atau Anda punya tips lain untuk tetap semangat dalam menjalankan blogwalkig? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

56 tanggapan untuk “5 Tips agar Semangat Blogwalking

  1. Saya melakukan blogwalking cuma tergantung kondisi. Kalau komputer ga overheat, kalau kuota masih mencukupi atau ada wifi (gratis), atau kalau kalau kalau lainnya. Hehe…
    Ga semua saya datangi dan komentari. Kalau blog tentang fiksi, wisata, atau tekno, sering bingung mau komen apa. 😀

    Disukai oleh 2 orang

  2. Bener banget, salah satu cara menangani masalah saat saya sedang krisis motivasi adalah blog walking 😂

    Ada beberapa bloger yg jd langganan rutin saya berkunjung. Khusus ketika saya lg gak punya inspirasi 😆😆

    Disukai oleh 1 orang

  3. karena blogwalking adalah proses pencarian bahan tulisan… wkwkwk…. coba aja ada yang bikin review tentang komenan, atau penelitian tentang komen di blog.. pasti seru abes….abaikan klau gk nyambung.. 🙂 🙂 wkkwkwkwk

    Disukai oleh 1 orang

  4. Blogwalking kadang membawa membawa pandangan baru.
    Saya masih tetap harus lebih rajin lg utk BW. Tapi rata2 yg komen akan di komen balik, kadang langsung, kadang saat buka blog berikutnya. Tapi, asal loading blognya ga lama 🙂

    Suka

  5. Kalo saya tetap rutin blogwalking, dan benar blogwalking itu really works. Jangan diremehkan. Setiap hari saya blogwalking, cuman beberapa hari belakangan ini, saya agak menahan diri.

    Alasan pertama, kebetulan anak semata wayang kami lagi kena cacar, jadi ga bisa leluasa. Kedua, masalah koneksi jaringan wi-fi di tempat saya belakangan ini lg down. Sometimes, it’s really annoying me.

    Trmkasih mas Shiq4 untuk blog Anda ttg blogwalking lagi. Senang membacanya.

    Suka

    1. Nggak setiap hari juga nggak papa kok mas desfortin. Ntar akan terbiasa dengan sendirinya. Lagian ada prioritas yg lebih penting yg harus mas desfortin lakukan daripada mengelola blog :).

      Suka

  6. Wah as always, masukkannya bagus2. Aku setuju mendingan komen yg berkualitas dibanding kejar target tp komen gak nyambung.
    Pernah ada yg nanya sesuatu di komen, padahal jelas sudab dibahas di artikelnya dengan cukup detil. Tp tetap aku sangat menghargai komen yg msk. Krn semakin banyak komen, semakin terpacu utk selalu nulis terus. Iya gak?

    Suka

    1. Biasanya panyebab orang yg tanya tapi sudah ada jawaban di artikel itu karena mereka mdmbaca tapi nggak fokus, bisa juga karena mereka melakukan scanning saja sehingga ada yg terlewat. Meskipun begitu kita memang harus menghargai komentar yang masuk juga sih ha ha ha…..

      Disukai oleh 1 orang

  7. wah, ini tipsnya keren banget. soalnya dulu saya mengalami blogwalking ke sebanyak mungkin blog dan itu memang membuat jenuh, haha. jadi sekarang ya santai saja, blogwalkingnya ke beberapa blog yang sekiranya memang menarik tulisannya untuk dibaca. jadi komentarnya bisa relevan, ilmu dari postingannya pun bisa didapat. ramah atau tidak ramah balasannya, saya mencoba untuk mengabaikan hal itu. karena saya mencoba blogwalking karena tulisannya, bukan karena siapa yang menulis itu.

    Suka

    1. Klo saya memang blogwalking buat nyari komentar mas gara. Klo udah banyak komentar trus nggak dikunjungi balik ya nyari bloger lain yang mau saling komentar. Tapi pengecualian buat blog yg udah teekenal gitu. Saya komentar rutin di blog semacam itu buat nambah follower.

      Suka

    1. Klo saya biasanya komen di blog yg muncul di feed reader. Juga komen balik ke yg sudah komen di postingan saya.

      Klo udah komen banyal dan gak ada komen balik ya nyari bloger lain yg lebih ramah dan suka komen-komenan.

      Suka

  8. “blogger yang suka menyendiri dan tidak ramah” <— baru tau ada fakta ini karena biasanya yg namanya blogger identik dengan eksistensi. Tapi pengertian ramah bukan berarti harus berkunjung balik juga kan, at least kasih feedback atas komen2 orang di postingannya juga sudah masuk kategori ramah…

    Suka

  9. Benar sekali, dan saya mengenal BlockWalking juga dari tulisan mas shiq terdahulu. Saya jalankan sampai sekarang karena saya merasakan manfaatnya. Meskipun begitu saya juga tidak memaksakan diri berkomentar, jika memang kita tidak tertarik atau tidak minat, atau bahkan bingung mau koment apa atas tulisan bloger lain yang kita baca. Karena kalau komentarnya dipaksakan jadi tampak asal-asalan juga
    Terimakasih ya mas, atas tips ngeblognya yang selalu muncul

    Suka

  10. Tentang yang blogwalking asal-asalan, saya ada pengalaman, entah ini bisa dikatakan blogwalking atau bagaimana, tapi si orang itu rutin meng-like banyak tulisan saya tanpa membacanya.

    Bagaimana saya tahu dia tidak membaca itu? Karena misalnya ada saya baru banget bikin artikel, terus si dia udah like padahal jelas sekali di statistik mengatakan bahwa tulisan saya itu masih belum ada yang baca. Terus dia like puluhan tulisan dalam waktu kurang dari satu menit. Nggak mungkin, kan dia bisa baca tulisan-tulisan panjang saya dalam waktu sesingkat itu?

    Mereka benar-benar butuh membaca tulisan ini. . .

    Suka

    1. Ha ha ha….. Saya juga pernah kok dapat yg gitu. Lumayan sering malah. Bagi saya ya lumayanlah buat nambah like. Kan kelihatan bagus klo banyak yg ngelike. Cuma biasanya nggak saya kunjungi balik blognya :).

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s