Cara Membangun Brand Sebuah Blog

cara membangun brand sebuah blog

Sumber gambar: coachfederation.com

Perusahaan besar menghabiskan jutaan rupiah untuk mengenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Mereka memasang iklan di televisi, menjadi sponsor event-event besar, dan bahkan membayar blogger untuk mereview barang dagangannya.

Semua orang melakukan hal semacam itu hanya untuk membangun sebuah brand. Diharapkan semakin kuat brand yang mereka bangun, semakin tinggi jumlah penjualan yang mereka hasilkan.

Tujuan dari membangun sebuah brand hanya satu, yaitu agar calon konsumen mengetahui manfaat dari produk dan jasa kita sehingga ketika mereka membutuhkan suatu produk atau jasa untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi, mereka memilih produk atau jasa yang kita tawarkan.

Konsep pemasaran semacam itu juga berlaku bagi blogger. Produk kita adalah konten. Setelah kita menciptakan konten, maka langkah selanjutnya adalah memasarkannya. Jika semua berjalan sesuai rencana, blog yang kita kelola akan mendatangkan ribuan pengunjung. Orang-orang akan mengkonsumsi konten kita. Itu juga bisa diartikan semakin mudah kita memonitize blog kita di masa yang akan datang karena semakin banyak pengunjung yang datang, semakin mahal biaya untuk bersponsor di blog kita. 

Sebenarnya Apa Itu Brand?

Secara teori, brand  adalah seperangkat kegiatan pemasaran dan metode komunikasi untuk membedakan suatu perusahaan dari pesaing dan menciptakan kesan abadi di pikiran konsumen.

Anda bisa membaca dengan detail pengertian brand di wikipedia. Hanya ada satu kekurangan, wikipedia selalu kaku dan sukar dimengerti oleh orang awam yang tidak pernah mempelajari pemasaran. jadi, jika Anda bukan ahli pemasaran, Anda pasti malas membacanya. 

Saya lebih suka dengan definisi brand yang dikemukakan oleh jeff bezos, pendiri amazon.com. “Brand adalah apa yang dikatakan orang tentang Anda saat Anda sedang tidak ada di dalam ruangan”.

Orang boleh saja memuji blog Anda ketika berhadapan dengan Anda. Tapi apakah itu pujian yang tulus? Apakah ia mengatakan hal yang sama ketika Anda tidak ada?

Blog dengan brand bagus selalu dibicarakan oleh blogger lain, Mendapatkan review positif dan pujian dari pengunjungnya. Lalu, bagaimana cara membangun brand blog agar orang selalu ingat nama blog kita ketika memiliki masalah yang berhubungan dengan industri yang kita geluti? Itulah yang akan kita bicarakan di postingan kali ini, yakni membuat orang mulai membicarakan hal-hal baik tentang blog Anda ketika Anda sedang tidak ada di dalam ruangan yang sama.

Anda Tidak Punya Dana Besar Seperti Perusahaan-Perusahaan Besar

Kompasiana adalah salah satu blog terbesar di Indonesia yang dikelola secara profesional. Ribuan orang mendaftarkan diri menjadi anggota dan dengan cepat membuat kompasiana memiliki ribuan konten untuk dipasarkan. Dalam waktu singkat. tanpa banyak usaha, kontennya mendominasi mesin pencari dalam berbagai topik. Sebuah pencapaian yang luar biasa menurut saya.

Begitu pula dengan maxmanroe. Dengan membayar penulis artikel lepas, maxmanroe konsisten menerbitkan artikel setiap hari. Cukup terkenal diantara para blogger.

Tapi Anda tidak memiliki dana yang besar seperti maxmanroe. Anda juga tidak bisa menghasilkan ribuan konten seperti kompasiana. Anda hanya blogger biasa. Tanpa uang. Dan tidak tahu bagaimana mengelola blog secara profesional. Dalam keadaan normal, mustahil Anda bersaing dengan blog-blog besar lainnya.

Tapi ada satu kesempatan yang terbuka bagi Anda. Blog seperti kompasiana menerbitkan semua konten yang ditulis oleh anggotanya tanpa filter apapun sehingga konten-konten dengan kualitas buruk pun ikut di terbitkan. Maxmanroe hanya menerbitkan konten-konten ringan saja seperti liputan6 atau detik.

Pertanyaan terpenting yang harus Anda jawab sesegera mungkin setelah meluncurkan blog adalah apa yang membuat blog Anda berbeda dengan blog lainnya? Jika orang menyebut nama blog Anda, apa yang Anda ingin mereka katakan tentang blog Anda? Itulah inti dari brand.

Jika Anda menonjolkan sesuatu yang berbeda dengan blog-blog lain, maka itu akan menjadi identitas blog Anda di dunia maya. Itu adalah brand Anda. Dan untuk membangun brand blog yang kuat, Anda harus tahu pembeda terbesar antara blog Anda dengan blog-blog populer lainnya.

Kita memang tidak punya cukup dana untuk promosi atau mempekerjakan penulis konten, tapi jika kita mampu menyampaikan pesan yang kuat tentang blog kita, saya rasa bukanlah hal yang tidak mungkin untuk bersaing dengan blog besar manapun. Asalkan kita terus berusaha membangun brand kita di mata pengguna internet secara berkesinambungan.

Cara Membangun Brand Sebuah Blog

Apa yang membuat orang-orang mau mengunjungi blog kita secara terus menerus dan meninggalkan blog-blog pesaing? Itulah brand kita. Kita akan mulai membahas faktor-faktor yang bisa membangun brand blog kita di mata pengguna internet sehingga mereka akan memilih untuk mengakses blog kita dibandingkan dengan sumber informasi lainnya.

Berikut adalah faktor yang harus mulai Anda perhatikan  dan cara untuk membangun brand blog seperti yang kita inginkan:

1. Bangun Blog Anda dengan Konten-Konten Berkualitas Tinggi

Semua orang pernah membaca tips ngeblog terbaik berikut : “konten adalah raja”. Tapi untuk benar-benar mengaplikasikannya bukanlah perkara mudah. Apalagi jika informasi yang kita tulis merupakan hal-hal umum seperti strategi SEO atau tips-tips menulis, tantangannya menjadi lebih  berat karena banyak blogger yang membahasnya.

Kesalahan yang banyak dilakukan blogger baru adalah menulis hal-hal umum tanpa perbedaan sedikit pun. Anda bisa mengakses 10 website teratas dan tidak ada banyak perbedaan antara artikel satu dengan artikel lainnya. Nasihat saya, jangan membahas apapun jika Anda tidak memiliki sudut pandang baru tentang tema yang Anda tulis karena tulisan blogger lain sudah membahasnya dengan detail.

Brand adalah pembeda. Tidak boleh sama. Dan itu membuat Anda harus kreatif dan inovatif dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Sejelek apapun tulisan yang Anda publikasikan, selama itu orisinil dan berbeda dari pesaing Anda, maka itu merupakan awal yang baik untuk meningkatkan brand yang Anda usung.

Lagipula perilaku pengguna internet dewasa ini lebih cerdas. Mereka hanya mau membaca konten-konten yang ditulis dengan baik dan berkualitas tinggi. Kalau Anda bisa konsisten menerbitkan konten dengan kualitas tinggi, orang-orang akan lebih mudah mengingat Anda sesuai dengan topik yang ANda angkat. Dalam waktu singkat Anda akan dikenal sebagai ahli sesuai dengan industri yang Anda geluti.
 

2. Luangkan Waktu Untuk Memperbaiki Tampilan Blog Anda

Tampilan yang bagus adalah navigasi yang jelas dalam blog Anda. Adalah sebuah kesalahan jika Anda berfokus untuk mempercantik blog dengan berbagai desain namun tidak memperhatikan struktur naviagasinya.

Luangkan waktu beberapa hari untuk mengedit theme yang Anda gunakan. Lakukan kustomisasi dan buat tampilan blog Anda berbeda dengan blog lainnya. Bagaimana pun juga, tampilan merupakan salah satu hal yang berpengaruh besar terhadap pengalaman pengguna yang baik. Semakin bagus navigasinya, semakin puas pengunjung Anda. Hal tersebut juga membuat pengunjung blog Anda mengingat blog Anda dengan baik. Saat mereka butuh informasi tentang topik yang sesuai dengan apa yang Anda sajikan, mereka tidak akan ragu mengunjungi blog Anda untuk kesekian kalinya.

Selain itu setidaknya Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut sebagai penguat brand blog Anda:

Logo – Perusahaan besar menggunakan simbol atau logo untuk menguatkan branding blog mereka. Logo merupakan representasi nilai-nilai yang diusung blog Anda. Jadi, usahakan unik dan enak dipandang mata. Paling tidak pengunjung harus ingat blog Anda ketika mereka melihat logo tersebut di tempat lain.

Tagline – adidas punya tagline “just do it” yang terkenal. Apple punya slogan “be different” yang sudah dikenal penduduk bumi. Dan blog Anda juga harus punya tagline yang sesuai dengan konten yang Anda terbitkan. 

Theme – Cukup banyak website yang menawarkan theme premium yang luar biasa bagus di internet. Anda bisa membeli theme-theme tersebut dengan harga terjangkau. Menginvestasikan sedikit uang terkadang menjadi pembeda yang besar bagi kesuksesan blog Anda di masa yang akan datang.

Header – Ada banyak desainer front end yang bisa membantu Anda membuat header blog Anda menjadi lebih cantik dan berbeda dengan blog lainnya. Header merupakan komponen blog dimana ada logo dan tagline blog Anda. Oleh karena itu, pastikan desain header blog Anda cukup baik untuk mendukung brand yang ingin Anda bangun (header desain sesuai dengan topik yang Anda bahas).

3. Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Menjadi penulis tamu di blog lain sangat menguntungkan dilihat dari segi branding yang Anda bangun karena tiga alasan. Pertama, ketika Anda menulis untuk dipublikasikan di blog lainnya, biasanya Anda diperbolehkan untuk menaruh link di bagian akhir artikel. Jika artikel Anda menarik, ada kemungkinan orang akan mengklik link tersebut sehingga ia akan “terdampar” di blog Anda. Artinya jumlah pengunjung akan meningkat. Dan mereka akan lebih mudah mengingat nama blog Anda.

Kedua, menjadi penulis tamu merupakan tantangan awal bagi Anda untuk membuktikan keahlian Anda. Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan riset dan mempublikasikan konten yang luar biasa bagus sesuai dengan industri yang Anda geluti di blog lain sehingga pengunjung di blog tempat Anda menjadi penulis tamu mengakui keahlian Anda. Dengan demikian brand blog Anda bisa meningkat. Mengesankan pembaca setia blog lain merupakan cara paling efektif untuk menjadikan mereka menjadi penggemar blog Anda juga.

Ketiga, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Dengan aktif menulis untuk blog lainnya, Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan blogger lain. Hal ini membuat teman-teman blogger Anda memberi link untuk tulisan-tulisan Anda di depan. Asal Anda tahu, para blogger sukses memiliki skema seperti itu sehingga konten-konten mereka lebih mudah mendapatkan backlink yang membuat konten mereka berada di halaman pertama Google.

Masalah yang mungkin terjadi hanya satu hal, Anda tidak menulis konten dengan baik. Di Indonesia masih ada anggapan bahwa jika menulis sesuatu yang berkualitas tinggi untuk blog lain, maka mereka merasa rugi. “Mengapa saya tidak menerbitkan konten tersebut untuk blog saya sendiri?”

Karena semua butuh pengorbanan. Di dunia ini tidak ada yang gratis. Jika Anda hanya menulis sesuatu yang biasa saja di blog lain, maka brand Anda tidak akan menjadi kuat. Orang-orang tidak akan tertarik dengan Anda dan tidak pernah ingin tahu tentang Anda. Oleh karena itu, tulislah sesuatu yang bagus agar orang-orang tertarik dengan Anda. Ketika mereka penasaran dengan Anda, mereka juga akan tertarik membaca konten-konten berkualitas lainnya yang telah Anda terbitkan di blog pribadi Anda.

4. Jangan Lupa dengan Berkomentar

Berkomentar di blog lain merupakan cara yang hebat dalam memasarkan brand yang Anda bangun. Anda bisa berkomentar di blog-blog terkenal sesuai dengan topik blog Anda sebanyak yang Anda inginkan. Saran saya, gunakan Google reader agar Anda mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang topik yang Anda angkat.

Setelah Anda selesai membaca artikel, pastikan Anda meninggalkan komentar yang relevan dengan artikel yang ditulis. Komentar Anda mencerminkan kepribadian Anda sebagai ahli di topik tersebut. Jadi, jangan pernah menulis komentar dengan asal-asalan.

Juga pastikan Anda menjadi bagian dari orang yang pertama berkomentar karena kebanyakan pembaca pasti juga membaca komentar-komentar yang ada. Selain brand Anda semakin dikenal, Anda juga bisa mendapatkan segundang manfaat berkomentar jika Anda melakukannya dengan baik.

Anda bisa membaca 2 artikel yang akan membantu Anda meninggalkan komentar yang berkualitas: “etika berkomentar” dan “cara berkomentar yang baik”.

5. Dominasi Mesin Pencarian untuk Kata Kunci Populer Sesuai Topik Blog Anda

Brand Anda akan semakin dikenal jika Anda mampu menyajikan konten-konten berkualitas yang membahas “hampir semua” hal yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Sayangnya, semua itu akan sia-sia jika Anda tidak bisa mendominasi mesin pencari untuk kata kunci populer yang berhubungan dengan blog Anda.

Saat saya mencari informasi tambahan tentang tips SEO sebagai referensi menulis, saya menemukan beberapa blog yang begitu mendominasi mesin pencari, yaitu search engine land dan search engine journal. Dalam waktu singkat, saya mengingat kedua website tersebut saat membutuhkan informasi tentang SEO. Saya tidak menggunakan Google lagi. Saya langsung mengunjungi kedua website tersebut dan menggunakan fitur pencarian yang telah di sediakan di website tersebut untuk mencari informasi-informasi yang saya butuhkan.

Saya mengingat namanya dan saya puas dengan apa yang mereka sajikan.

Hal semacam itu berlaku juga bagi Anda. Ketika blog Anda mampu mendominasi mesin pencari untuk kata kunci populer yang berhubungan dengan topik blog Anda, orang-orang tidak perlu lagi menggunakan Google. Mereka bisa langsung mengunjungi blog Anda. Mereka akan ingat nama blog Anda sebagai sumber referensi yang sesuai dengan industi Anda. Ini bagian dari cara membangun brand yang harus Anda lakukan.

6. Buat E-book Gratis Berkualitas dan Biarkan Menjadi Viral

Dua e-book gratis terbaik yang pernah saya baca adalah headline hack milik smart blogger dan blog profit blueprint milik entrepreneur-journey. Selain karena kontennya yang bagus, kedua e-book tersebut ditulis oleh blogger yang sudah menghasilkan uang secara konsisten setiap bulan. Mereka adalah blogger-blogger yang menjadi panutan oleh blogger baru di seluruh dunia. Dan itu sangat berpengaruh dalam perkembangan ngeblog saya.

Lagipula produk-produk gratisan bisa menjadi viral dengan mudah. Setelah Anda mendownloanya, Anda mungkin berpikir bahwa teman Anda juga membutuhkannnya. Anda akan membagikan e-book tersebut kepada teman-teman Anda. Dan teman Anda akan membagikan ke temannya. Begitu seterusnya.

Dan ketika mereka terkesan dengan isi e-book tersebut, hal pertama yang mereka lakukan adalah mengklik tulisan berwarna biru di bagian footer. Kemudian mereka akan mengingat nama blog sumber e-book yang telah mereka baca. Begitulah skema branding yang kita harapkan dengan menulis e-book gratis berkualitas.

7. Susun Halaman About Me yang Menarik

Halaman yang paling banyak diakses pengunjung selain halaman homepage adalah halaman about me. Jadi, posisikan diri Anda sebagai seorang ahli. Berikan sedikit informasi tentang berapa lama Anda mengeluti industri tersebut, sejak kapan Anda memulainya, dan bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda. Itu merupakan nilai lebih yang bisa Anda dapatkan dari sebuah halaman about-me.

Ketika pengunjung merasa Anda telah memiliki banyak pengalaman, mereka akan menganggap Anda seorang ahli dan mereka akan mempercayai apapun yang Anda katakana di setiap postingan yang Anda terbitkan. Dalam dunia online, kepercayaan adalah sesuatu yang mahal. Saat Anda berhasil mendapat kepercayaan dari pengunjung Anda, brand Anda akan semakin kuat.

Mereka mungkin akan bertanya kepada Anda, mereview blog Anda, bahkan mungkin mewawancarai Anda di kemudian hari.

Semua Butuh Waktu

Membangun brand tidak semuah membalik telapak tangan. Boleh saja Anda punya banyak pengunjung dan pembaca setia, tapi apakah mereka paham nilai-nilai yang ada pada setiap konten Anda? Apakah mereka akan mengingat blog Anda ketika mereka mengalami masalah? Apakah ada blog lain yang membahas topik sama dengan Anda? Apakah mereka menyajikan informasi yang sama dengan informasi yang Anda sajikan?

Branding adalah identitas blog Anda. Sesuatu yang membedakan Anda dengan blog lainnya. Saat orang-orang mengetahui brand yang Anda usung, saat itulah bisa dikatakan blog Anda berhasil menguatkan brand yang Anda bangun. Walaupun butuh banyak waktu untuk membangun brand yang kuat, asalkan Anda mau konsisten dan disiplin membangun “pembeda” dengan blog lain, lambat laun brand Anda pun akan semakin dikenal masyarakat luas.

Semua butuh waktu. Nikmati prosesnya. Dapatkan hasilnya. Tidak lupa, Anda juga harus bersabar untuk mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan.

Iklan

16 tanggapan untuk “Cara Membangun Brand Sebuah Blog

  1. Artikel yang bagus banget, gimana ya caranya supaya dapetin perusahaan untuk mau promosi produknya di blog kita? Apa dengan mengajukan profile blog & statistic-nya atau justru perusahaan tersebut yg menawarkan jasa kita? Thx 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah klo yg dimaksud sponsor review saya belum punya pengalaman mas. Tapu klo udah banyak traffik, masnya bisa mengajukan proposal ke perusahaan yg berhubungan dengan topik blog kita. Klo blognya menawarkan jasa seperti penulis artikel kayak saya, tinggal hubungi perusahaan via email saja, ntar pasti ada yg nyantol.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Mksh bnyk atas shringnya gan. Saat ini sy lbih suka menulis artikel soal strategi bisnis off line untuk mmbngun brand krn sesuai dngn pnglmn hidup sy, nmun soal artikel yg lebih spesifik mnyngkut suatu usaha msh sngt kurg krn hnya mnggunkn refernsi dr tmn2 bloger.

      Salam knl

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s