6 Cara Menjadi Pribadi yang Penyendiri

cara menjadi penyendiri

Sumber gambar : spideronlines.com

Karena sudah ratusan orang yang mengakses postingan di sini dengan kata kunci “Cara menjadi penyendiri”, sepertinya saya harus membuat artikel baru yang lebih relevan dengan apa yang diinginkan pengunjung. Jadi, bagi Anda yang mengakses konten tersebut dan ingin mendapatkan informasi yang lebih spesifik, artikel ini cocok untuk Anda.

Sisi Buruk Penyendiri

Sebelum saya membagikan tips untuk menjadi penyendiri, saya ingin berbagi bagian buruk ketika menjadi penyendiri. Jangan pikir menjadi penyendiri itu keren, mandiri, dan memiliki banyak pencapaian dalam hidup. Sebab semua hal di dunia ini pasti terdiri dari dua sisi.

Apakah Anda siap mengalami hal-hal berikut ketika memutuskan untuk menjadi penyendiri:

Merasa Kesepian – Bagian terburuk yang sering saya alami sebagai penyendiri adalah rasa kesepian. Tidak ada teman untuk diajak ngobrol. Tidak memiliki teman curhat. Yang ada hanya rasa sepi dan kesendirian.

Tidak ada Pesta Perayaan Apapun – Jangan harap ada pesta untuk perayaan tahun baru atau prestasi yang Anda capai. Setiap kali melihat orang lain berpesta merayakan sesuatu dengan banyak teman, saat itu pula kesedihan hadir. Rasanya iri. Tapi tidak ada yang sesuatu yang bisa dilakukan. 

Diangap Orang Lain Sebagai Orang Aneh – Kadang saya juga heran mengapa orang lain memandang saya dengan pandangan yang aneh menurut saya. Tidak jarang ada orang yang jujur mengatakan bahwa saya aneh. Jika Anda menjadi penyendiri, Anda juga akan dianggap aneh oleh orang-orang di sekitar Anda.

Sulit Dapat Pekerjaan – Hampir kebanyakan pekerjaan di jaman sekarang membutuhkan kerja sama tim. Penyendiri merupakan pribadi mandiri (perfeksionis) sehingga kurang mampu menerima kekurangan anggota tim lainnya. Penyendiri sangat buruk ketika harus bekerja sama dengan orang lain. Akibatnya, tidak semua pekerjaan cocok untuk penyendiri.

Sulit Jatuh Cinta – Saya pernah menyukai beberapa wanita. Tapi dalam waktu singkat, saya juga cepat bosan dengan mereka. Bagi saya pacaran hanya membuang-buang waktu. Lebih baik berfokus untuk mengembangkan skill atau menjalankan hobi. Tidak ada main-main dengan cinta. Jika menyukai saya, maka Anda harus siap langsung ke pelaminan.

Jadi, apakah Anda masih berminat menjadi penyendiri? Jika ya, maka Anda bisa melanjutkan membaca artikel ini. Jika tidak, mungkin Anda tertarik menjelajahi topik lain di blog ini seperti pengembangan diri dan tips-tips ngeblog. Tentukan pilihan.

6 Cara Menjadi Pribadi yang Penyendiri

 

Panduan ini bukan berdasarkan penelitian. Saya hanya menuliskan beberapa hal yang saya pikirkan dan saya lakukan. Karena saya adalah contoh manusia bersifat penyendiri, maka Anda bisa meniru apa yang saya lakukan sehingga Anda pun bisa menjadi penyendiri.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda usahakan untuk mengubah hidup Anda (menjadi penyendiri):

1. Berhenti Banyak Bicara

Bagi saya perkataan itu seperti paku yang ditancapkan ke balok kayu. Anda bisa mencabut paku tersebut setelah tertancap, namun pasti akan meninggalkan lubang.

Anda tidak boleh sembarangan berbicara!. Walaupun Anda bisa meminta maaf jika salah bicara, belum tentu lawan bicara Anda akan lupa dengan perkataan buruk yang terlontar dari lidah Anda. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berhentilah banyak bicara.

Jadilah pendengar yang baik. Jangan berbicara dengan kata-kata kotor. Dan jangan banyak berbasa-basi. Biasanya orang-orang disekitar Anda tidak akan tertarik dengan pribadi yang pendiam. Dan itu langkah pertama untuk menjadi penyendiri.

Alasan yang melatarbelakangi sifat ini adalah “Jika Anda banyak memikirkan apa yang banyak dibicarakan orang-orang disekitar Anda (menjadi pendengar yang baik), maka Anda pasti menyadari bahwa tidak ada manfaat apapun yang bisa Anda dapatkan dari banyak bicara”. Bicara seperlunya saja. Lebih efektif dan efisien.

2. Batasi Daftar Teman Anda

Dulu saya merasa punya banyak teman. Banyak sekali. Bahkan saya tidak bisa menghitungnya. Tapi kualitas hubungan tersebut rendah. Saya hanya mengetahui namanya. Tidak lebih dari itu.

Asal Anda tahu, Anda bisa dengan mudah mengajak teman-teman Anda untuk bersenang-senang seperti merayakan tahun baru, nongkrong cantik di cafe, atau pergi berlibur bersama. Tapi apakah Anda bisa menemukan teman yang mau membantu Anda ketika Anda memiliki masalah?

Sejujurnya saja, dalam berhubungan dengan orang lain, saya lebih menyukai memiliki teman sejati. Saya mampu menerima kekurangan dan kelebihannya dan ia pun bersikap seperti itu kepada saya. Saya lebih suka untuk membangun hubungan yang berkualitas dengan orang lain. Akibatnya, jumlah teman saya pun hanya sedikit.

Walaupun Anda nanti menjadi penyendiri, Anda tetap membutuhkan orang lain. Jangan berpikir Anda tidak butuh orang lain. Jadi, Anda harus mulai memilah mana teman yang memiliki sifat yang cocok bagi Anda dan mana yang tidak cocok.  

3. Perbanyak Meluangkan Waktu Untuk Membaca Buku

Sifat yang paling mencolok dari tipe penyendiri adalah suka berpikir. Rasanya menyenangkan mengetahui informasi tertentu yang tidak diketahui oleh orang banyak. Dan untuk mendapatkan wawasan seperti itu, Anda harus meluangkan waktu khusus untuk membaca.

Dengan membaca secara teratur Anda akan memiliki perspektif beragam tentang banyak hal sehingga apa yang Anda katakan dilandasi oleh pengetahuan yang mumpuni. Tidak ada perkataan tanpa ilmu. Dan prinsip hidup Anda adalah terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Anda akan mulai terbiasa mengembangkan skill-skill yang Anda butuhkan agar hidup Anda menjadi lebih bahagia seperti cara berkomunikasi yang efektif, cara menilai kepribadian seseorang, atau cara melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. Anda akan cukup sibuk mempelajari banyak hal dan mulai menghargai waktu.

Jangan khawatir. Jika Anda tidak suka membaca, maka Anda bisa mengakses “ 8 cara membangun kebiasaan membaca”. Dengan begitu Anda akan bisa merasakan nikmatnya kesendirian dan rasa sepi. Karena suasana seperti itu adalah hal luar biasa dalam hidup jika Anda gunakan untuk membaca buku.    

4. Kelola Keuangan Anda dengan Baik

Semua hal di dunia ini membutuhkan uang. Apalagi jika Anda tipe penyindiri, Anda membutuhkan uang yang banyak untuk melakukan rencana-rencana yang sudah Anda pikirkan dengan matang. Berapa banyak yang Anda alokasikan untuk membeli buku? Untuk mengunjungi tempat wisata yang Anda inginkan? Untuk mentraktir teman sejati Anda? dan kebutuhan lainnya.

Sebagai penyendiri, Anda harus mulai terbiasa merencanakan kehidupan Anda. Jangan membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Jangan membeli barang-barang bermerek dengan harga mahal. Juga jangan manja membeli makanan-makanan mahal. Hiduplah dengan hemat.

Bagaimana pun Anda merencanakan keuangan Anda, pastikan Anda memiliki tabungan. Dengan begitu hidup Anda akan tenang. Anda tidak akan bingung jika tiba-tiba ada kebutuhan mendesak seperti harus menganti ban kendaraan, handphone rusak, atau tiba-tiba sakit.

Walaupun Anda punya teman sejati yang pasti akan membantu Anda ketika Anda mengalami kesulitan, tapi jangan terlalu bergantung pada orang lain. Siapa tahu teman Anda harus keluar kota sehingga tidak bisa membantu Anda. Atau teman sejati Anda memang tidak punya dana lebih untuk membantu Anda.

Berhubungan dengan uang, Anda harus berhati-hati. Karena hubungan baik selama bertahun-tahun bisa rusak hanya karena masalah uang. Tentu Anda tidak mau hal tersebut menimpa Anda. Jadi, mulai sekarang Anda harus menabung. Lagipula Anda bisa mendapatkan banyak manfaat ketika membiasakan diri menabung. Itu yang terpenting.

5. Miliki Hobi yang Bisa Anda Lakukan Sendirian

Seperti yang sudah saya katakan diatas, penyendiri itu orang yang tidak bisa bekerja sama dalam tim. Kalau Anda menggeluti olah raga sepak bola, bisa dipastikan Anda akan gagal. Jadi, pilihlah hobi yang bisa Anda lakukan sendirian.

Orang mungkin menganggap penyendiri itu kesepian, padahal itu salah besar. Memang benar kadang-kadang rasa sepi itu hadir, tapi sangat jarang. Hanya akan Anda alami sesekali saja. Misalnya saat tahun baru atau saat lebaran. Selebihnya, Anda tidak akan punya waktu memikirkan hal tersebut karena banyak kegiatan.

Mulailah memiliki hobi. Itu adalah sesuatu yang mengasyikan. Dan bersungguh-sungguhlah dengan hobi yang Anda pilih. Kalau Anda beruntung, mungkin saja hobi Anda bisa menghasilkan uang. Misalnya ketika Anda hobi berkebun, Siapa tahu tanaman yang Anda rawat dengan cinta dibeli orang dengan harga mahal. Atau misalnya saya yang hobi menulis di blog, kadang-kadang menerima pesanan pembuatan artikel dari blogger lain.

Pokoknya Anda harus punya hobi yang bisa Anda lakukan sendirian. Dengan begitu Anda akan bahagia dan lebih produktif seperti orang-orang lainnya. Tanpa hobi, nanti kesendirian Anda akan menyiksa Anda karena tidak melakukan kegiatan apapun.

6. Pastikan Punya Waktu Untuk Beristirahat

Sebenarnya waktu tipe penyendiri itu banyak dihabiskan untuk mengembangkan diri. Membaca buku-buku motivasi, mempelajari skill baru, berbicara dengan serius dengan teman, merencanakan masa depan, dan hal-hal lain yang bermanfaat.

Satu-satunya masalah yang sering dihadapi adalah tidak punya cukup waktu untuk beristirahat. Dulu saya pernah hanya tidur selama 4 jam saja setiap hari ketika berumur sekitar 20 tahunan. Namun pada akhirnya saya sadar bahwa itu tidak baik untuk kesehatan. Berat badan saya turun dan saya menjadi lebih kurus. Setelah mengalami hal tersebut, saya pun mulai mengalokasikan waktu yang cukup untuk istirahat.

Saya tidur sekitar 8 jam sehari. Saya juga punya waktu untuk bermain game. Saya juga punya waktu untuk nonton televisi. Anda pun demikian. Ketika Anda sudah penyendiri, saya tahu bahwa Anda punya banyak project. Anda punya banyak tujuan untuk dicapai. Tapi jika terlalu serius dan tidak punya waktu untuk istirahat, pikiran Anda akan lelah dan mengalami stres ringan. Oleh karena itu, dalam melakukan semua aktivitas Anda, pastikan Anda punya waktu yang cukup untuk beristirahat.

Lagipula semua kegiatan akan mencapai hasil maksimal jika Anda dalam keadaan fresh dan tidak tergesa-gesa. Akan bijaksana jika Anda mampu mengatur waktu istirahat di sela-sela kesibukkan Anda. Tapi tetap, saya beristirahat pun sendirian saja ha ha ha. ……..

Penyendiri Bukan Anti Sosial

Menjadi penyendiri bukan berarti Anda selalu sendirian atau anti sosial. Terkadang Anda juga harus ramah ketika bertemu dengan orang-orang baru sekalipun mereka menganggap Anda orang aneh. Juga perlu untuk selalu membuka hati untuk menerima orang lain sebagai teman baru Anda.

Saya tahu, Anda sudah punya teman yang cukup. Dan Anda sudah puas dan berbahagia dengan sikap teman-teman pilihan Anda. Tapi bukan berarti Anda harus takut dan berpikiran negatif tentang orang yang tidak Anda kenal.

Kalau Anda berpikiran seperti saya, Anda akan suka dengan gagasan “belajar mengenal kepribadian orang lain”. Rasanya sangat menyenangkan menyadari bahwa hampir semua orang punya sifat yang unik. Dengan begitu Anda akan mahir berhadapan dengan orang dengan sifat apapun. Anda akan lebih percaya diri.

Walaupun hanya sedikit yang nantinya akan menjadi teman baik Anda, tapi bersikap terbuka dengan orang lain bisa menambah pengalaman Anda berhubungan dengan orang lain. Dan pengalaman tersebut akan membuat Anda lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Itu saja.

Apakah Anda masih tertarik menjadi pribadi yang penyendiri?

21 thoughts on “6 Cara Menjadi Pribadi yang Penyendiri

  1. Saya juga kadang lebih suka menyendiri….. terutama kalau suasana hati lagi engga bener…
    Tapi ada baik nya juga untuk bersosialisasi dengan orang lain supaya bisa kenal dengan banyak orang dan bisa mendengarkan cerita dari orang lain…

    Salam..

    Suka

  2. Udah sendiri dikasih cara menjadi penyendiri, makin aja sepi. Wkwk
    Sulit jatuh cinta aku juga kena syndrome itu sepertinya. Suka hanya sebatas suka dan esoknya sudah biasa saja.
    Dan satu lagi yang susah, uang gamau lama-lama deket aku kayanya, Kabur kabur terus. hahaha

    Suka

  3. Saya adlh org trbuka dimna pun tpi bukn brrti saya tak sopan,,saya skrnh mau mncoba untk menyendiri..trimakasih ats web ini,,semoga saya berhasil

    Suka

  4. Tulisan ini masuk di saya Mas… hahaha
    Tapi yang bagian keuangan, justru saya pikir, gapapalah agak boros dikit, biar bahagiain diri sendiri, soalnya biasa terlalu irit buat diri sendiri hahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s