15 Cara Sederhana Untuk Menjadi Penulis Hebat

cara menjadi penulis hebat

Sumber gambar : inktank.fi

Saya tidak akan berbohong kepada Anda. Di dunia ini ada tulisan yang buruk. Dan itu merupakan hal yang membuat para penulis ragu dan bertanya kepada diri sendiri : “Apakah tulisan saya sudah bagus?”. Cukup wajar karena tidak ada seorang pun yang ingin menghasilkan karya yang buruk setelah menginvestasikan waktu mereka yang berharga.

Semua penulis ingin tulisannya sempurna. Juga ingin agar tulisan tersebut dinikmati khalayak ramai. Namun untuk sampai ke level tersebut, ada banyak rintangan yang harus dilewati. Mereka yang pantang menyerah, tekun berusaha, dan keras kepala terhadap kegagalan akan menjadi penulis hebat. 

Jadi, gengamlah impian besar untuk menjadi penulis hebat. Yakinkan diri sendiri untuk bangkit ketika mengalami kegagalan. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Selama Anda tekun mempelajari semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi penulis hebat, maka pintu kesuksesan akan terbuka untuk Anda. Bahkan jika saat ini Anda bukanlah siapa-siapa.

Berhentilah Jadi Super Hero. Tentukan Spesialisasi Anda

Jika Anda berniat menjadi penulis hebat, sejak awal Anda harus menentukan spesialisasi Anda. Pilih salah satu jenis tulisan yang paling Anda kuasai. Apakah Anda ingin menjadi penulis novel? Penulis cerpen? Fiksi atau non fiksi? Cerbung? Flash fiction? Atau menulis puisi?.

Juga tentukan tema yang Anda sukai. Horor? Cinta? Persahabatan? Atau motivasi?

Sangat jarang ada penulis yang bagus dalam segala jenis tulisan. Menurut saya, dengan menentukan spesialisasi Anda dan menentukan tema sejak awal, Anda akan lebih mudah mengembangkan kemampuan menulis yang Anda butuhkan.

Kecuali Anda seorang super hero yang bisa menulis apapun dengan baik, Anda bisa melupakan apa yang saya katakan. Jika tidak, segera putuskan pilihan Anda. Anda ingin dikenal sebagai penulis hebat dalam kategori apa?

Definisi Penulis Hebat

Sama seperti halnya konsep sukses, semua penulis memiliki konsep yang berbeda tentang “hebat”. Ada yang sudah merasa hebat ketika tulisannya diterbitkan penerbit terkenal. Ada yang merasa hebat jika jumlah karyanya sudah banyak. Ada juga yang merasa hebat kalau mampu menjadi best seller. Tapi itu semua tidak penting. Yang terpenting adalah apakah Anda sudah menulis dengan segenap jiwa dan raga?

Penulis hebat tidak butuh pengakuan orang lain. Mereka menulis karena mereka menyukainya. Mereka banyak berkorban untuk menghasilkan karya terbaik. Dan mereka bahagia dengan apa yang mereka lakukan.

Walaupun tulisannya jelek, itu adalah karya mereka. Penulis hebat mampu menghargai karyanya sendiri. Mereka membaca karyanya kembali, mengevaluasi, dan mencoba menulis sesuatu yang lebih baik dari apa yang sudah mereka ciptakan.Tidak ada cukup waktu untuk berpuas diri. Jadi, penulis hebat adalah mereka yang terus berkarya sepanjang hidup mereka.   

15 Cara Sederhana Untuk Menjadi Penulis Hebat

Jika Anda ingin menjadi penulis hebat, seseorang yang tidak bisa hidup tanpa menulis, maka ada 15 cara mudah yang bisa Anda tempuh. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda baca dan praktikkan:

1. Perbanyak Membaca. Penulis hebat rajin membaca. Sesederhana itu. Tanpa membaca tidak akan ada karya yang bagus. Karena pengetahuan adalah kekuatan dalam menulis. dan pengetahuan yang luas hanya didapat dengan banyak membaca.

2. Menulislah Setiap Hari. Ini sangat penting. Agar tulisan Anda menjadi lebih tajam, Anda perlu mengasahnya setiap hari. Tidak penting berapa lama waktu yang Anda luangkan. Bahkah jika hanya setengah jam pe hari, itu adalah investasi yang baik. jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa membaca “7 Langkah menciptakan kebiasaan menulis”.

3. Tangkaplah Ide-Ide di Sekitar Anda. Ide adalah pondasi menulis. Tidak ada ide, tidak ada tulisan. Bukalah pikiran, mata, telinga, dan perasaan untuk menangkap ide menulis di sekitar Anda. Setelah Anda mendapatkan sebuah ide, segera selesaikan ide tersebut, jadikan sebuah tulisan. Jangan pernah menunda untuk merealisasikan ide Anda. karena ada tidak bisa menjadi penulis hebat dengan hanya mengoleksi ide yang brilian. (Anda bisa klik disini untuk mendapatkan ide yang brialian).

4. Hadapi Writers Block. Jika Anda belum pernah mengalami writers block, Anda belum bisa disebut penulis. Walaupun writers block sangat menjengkelkan, Anda harus tetap menulis dan menemukan cara terbaik untuk menghadapinya. Jika Anda berhenti menulis karena writes block, Anda tidak akan pernah menjadi penulis hebat.

5. Hilangkan Semua Gangguan. Menulis butuh konsentrasi tinggi. Tidak bisa multitasking. Jadi, jangan bermain facebook sambil menulis. Jangan melihat TV sambil menulis. Jangan hiraukan notifikasi yang masuk di ponsel Anda. Kalau Anda sedang menulis, pastikan pikiran Anda fokus merangkai kata. Jika sudah saatnya menulis, Anda sedang berada di dunia lain sehingga tidak boleh ada sesuatu apapun yang boleh menganggu Anda.

6. Perbanyak Perbendaharaan Kosa Kata. Satu kata bisa mengubah keseluruhan tulisan. Menggunakan kata yang tepat untuk menyampaikan ide bisa membuat tulisan Anda hidup seolah berbicara dengan pembaca. Selain itu, kosa kata yang tidak lazim bisa membuat tulisan kita tampak indah dan menarik. Lagipula penggunaan kata yang sama berulang kali bisa membuat bosan. Jadi, bacalah kamus bahasa indonesia yang telah Anda beli.

7. Rencanakan Tulisan Anda. Sebelum menulis sesuatu, saya pasti telah memikirkan pesan apa yang ingin saya sampaikan dan bagaimana menyampaikannya lewat kata. Dengan begitu saya tidak mengalami hambatan yang berarti. Brainstroming ide Anda saat sedang berjualan, saat sedang berjalan, dan saat sedang makan. Itu akan sangat membantu Anda ketika harus duduk dan menulisnya.

8. Biasakan Mengedit. Kesalahan kecil seperti salah menulis kata, ada paragraf yang tidak nyambung, dan penggunaan kata yang tidak baku bisa mempengaruhi minat baca orang lain. Walaupun tidak fatal, tapi lebih baik jika meluangkan waktu untuk membaca dan memperbaiki tulisan sebelum diterbitkan. Kecuali Anda punya editor, Anda tidak perlu melakukannya.

9. Bereksperimen. Menjadi penulis tidak perlu kaku mengikuti kaidah kepenulisan. Jangan takut bereksperimen. Cobalah mengembangkan gaya menulis Anda sendiri. Gunakan kata-kata baru yang Anda dapatkan, cobalah lebih efektif dengan menggunakan sedikit kata, atau cobalah menulis ide-ide konyol Anda. Terkadang tulisan yang bagus adalah hasil dari banyak kegagalan bereksperimen.

10. Dapatkan Feedback. Anda tidak akan tahu kualitas tulisan Anda jika hanya menyimpannya di komputer Anda. Dan itu berarti Anda tidak bisa mendapatkan kritik yang membangun. Itu buruk untuk Anda. Tunjukkan karya Anda kepada orang lain. Atau buatlah blog sehingga Anda bisa mendapatkan feedback. Dengan begitu Anda akan punya PR untuk dikerjakan agar menjadi penulis yang lebih baik.

11. Jangan Pernah Sekalipun Berpuas Diri. Sebenarnya tantangan para penulis adalah menghasilkan karya yang lebih baik dari apa yang sudah mereka ciptakan. Musuh penulis adalah diri sendiri. Penulis hebat tahu bahwa tidak ada tulisan yang sempurna. Namun bukan berarti mereka tidak berusaha untuk mencapai kesempurnaan.

12. Cobalah Lebih Komunikatif. Saat orang lain membaca tulisan Anda, pastikan mereka merasa seperti melihat Anda sedang berbicara. Tulislah seperti saat Anda sedang bicara. Gunakan kata “saya” dan “Anda” secara beriringan. itu tricknya.

13. Variasikan Kalimat Anda. Kalimat pendek adalah jenius dan mudah dicerna. Tapi bersifat kurang jelas. Sementara kalimat panjang butuh tenaga lebih untuk dibaca. Tapi membuat ide lebih jelas. Gunakan keduanya. Dan Anda akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

14. Perhatikan Paragraf Pembuka Anda. Bagian terpenting dari sebuah tulisan adalah bagian awal. Jika tampak tidak menarik, orang tidak akan mau membaca sisanya. Namun jika Anda mampu menciptakan rasa penasaran di awal paragraf, tulisan Anda dibaca. Jadi, saat Anda menulis, luangkan lebih banyak waktu untuk merangkai paragraf pembuka yang baik. Pastikan menarik dan bagus. Lebih baik lagi jika bisa merangsang minat baca pembacanya.

15. Belajarlah Dari Kesalahan. Jangan bersedih jika Anda membuat kesalahan yang tidak perlu. Itu berarti Anda harus bersemangat dan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama. terkadang kesalahan diperlukan untuk mengajarkan kepada Anda rasa sakit. Itu akan membuat Anda berhati-hati setiap kali menulis dan membuat tulisan Anda lebih bagus dari sebelumnya.

 

Dunia butuh Pemikiran Anda

Saat ini dunia dipenuhi dengan berbagai informasi. Beberapa penulis melakukannya dengan baik sehingga pembaca mampu menangkap pesan yang disampaikan. Yang lainnya, menulis sesuatu yang rumit dan dilupakan begitu saja.

Namun jangan berkecil hati jika Anda masih menjadi penulis yang buruk. Walaupun tulisan Anda jelek dan tidak ada yang memperhatikan, itu adalah langkah awal yang diperlukan. Tidak ada penulis yang langsung hebat. Semua butuh proses dan pembelajaran. 

Pada akhirnya, dunia membutuhkan pemikiran Anda. Sekonyol apapun ide yang Anda miliki, seburuk apapun tulisan Anda, itu adalah kekayaan intelektual yang berharga. Jadi, jangan pernah berpikir untuk berhenti menulis. Jika Anda konsisten belajar menulis, suatu saat dunia akan mengakui kehebatan Anda sebagai penulis. Begitulah.

Apakah ada lagi sesuatu yang bisa membantu seseorang menjadi penulis hebat? Bagikan pemikiran Anda di kotak komentar yang telah disediakan.

Iklan

11 tanggapan untuk “15 Cara Sederhana Untuk Menjadi Penulis Hebat

  1. Bagus sekali tulisannya… bagi yang ingin terbantu bisa pakai aplikasi Focus Writer untuk mengetik karena ada penanda goal hariannya (berapa persen menuju goal harian) dan ada backgroundnya, bisa diganti-ganti sesuai gambar yang diinginkan jadi bisa membangkitkan inspirasi. Bisa juga pakai yWriter untuk membantu bikin draft, seperti bab, karakter, kejadian, dll.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s