Cara Berkomentar yang Baik

Cara Berkomentar yang Baik – Salah satu kegiatan yang selalu dilakukan oleh blogger setiap hari selain melihat statistik blog adalah berkomentar di blog orang lain.

Meskipun terlihat sepele, berkomentar di blog orang lain sangatlah efektif untuk memancing blogger lain mengunjungi blog kita. Sayangnya, sebagian besar komentar yang muncul di blog berbahasa indonesia sangatlah buruk. Itu mengapa indonesia cenderung sulit untuk berkembang karena tidak adanya komentar membangun yang berkualitas.

Ciri Komentar yang Baik

Komentar yang buruk bisa merusak reputasi sebuah blog. Pernah suatu kali saya mengunjungi blog yang memiliki banyak komentar. Artikelnya sangat sederhana, tapi entah mengapa jumlah komentarnya bisa mencapai ratusan. Di dalam pikiran saya, tentu telah terjadi diskusi yang menyenangkan di blog tersebut. Namun bukan seperti itu kejadiannya.

Terlalu banyak komentar spamnya daripada komentar yang baik. Kebanyakan komentarnya hanya satu kata saja seperti pertamax, keduax, nice info, artikelnya bermanfaat dan lain sebagiannya.

Bagi saya, komentar seperti itu tidak ada gunanya dan lebih baik tidak di approve karena bisa membuat situs kita dianggap sebagai situs spam. Tahukah Anda tentang hal tersebut?

Di blog ini, saya hanya menerima komentar yang memiliki ciri-ciri berikut:

1. Komentar Harus Lebih dari 3 Kata.

Ya. Ini tipe komentar pendek. Mungkin orang yang memberi komentar sedang tergesa-gesa sehingga hanya menuliskan sedikit kalimat.

Saya tipe orang yang tidak terlalu ketat dalam approve komentar. Yang penting komentarnya lebih dari tiga kata. Itu saja sudah cukup. Maklum, blog saya belum ramai seperti blog teman-teman, jadi, satu dua komentar sangatlah berharga bagi saya meskipun hanya komentar singkat he he he…

2. Ditulis dengan Bahasa yang Sopan

Bahasa sopan itu yang bagaimana sih? Bahasa yang sopan adalah bahasa yang tidak menggunakan kata-kata kotor yang bisa mengundang kebencian bagi yang membaca komentar tersebut.

Anda boleh berpendapat lain atau bertentangan dengan isi artikel saya selama Anda menuliskannya dengan sopan. Bagi saya, komentar yang isinya tidak sependapat dengan apa yang saya sampaikan adalah anugerah karena bisa memberi prespektif lain bagi saya dan pembaca.

Pastikan saja komentar Anda sopan, pasti akan saya approve. Seburuk apapun itu. Janji deh…

3. Tulus

Kalau bisa ya… berkomentarlah dengan niat yang tulus karena jika Anda mengharapkan saya berkunjung balik ke blog Anda dan memberikan komentar pada postingan Anda, kadang-kadang saya bisa khilaf dan lupa.

Tapi sebisa mungkin pasti saya usahakan berkunjung balik dan meninggalkan jejak di blog Anda karena tanpa komentar Anda, apalah arti dari blog ini.

5 Cara Berkomentar yang Baik Menurut Shiq4

Percayalah… Saya sudah sangat berpengalaman dalam hal meninggalkan komentar yang baik di blog orang lain.

Meskipun sampai detik ini saya terus melakukan percobaan tentang bagaimana meninggalkan komentar yang berkualitas agar bisa mendapat kunjungan balik, tapi saya punya 10 cara berkomentar yang efektif dalam membangun hubungan yang baik pula dengan sesama blogger.

Penasaran? Berikut adalah daftarnya:

1. Baca dengan Teliti Tulisan Blogger Lain Terlebih Dahulu

Sebenarnya tidak semua orang yang meninggalkan komentar membaca tulisan kita. Itu adalah kebiasaan buruk. Maunya cepat-cepat berkomentar agar bisa segera blogwalking ke blog lainnya.

Anda tidak akan pernah bisa meninggalkan komentar yang baik jika Anda tidak membaca postingan dengam teliti terlebih dahulu.

Saya tidak tahu dengan Anda, tapi kebetulan saya memiliki hobi membaca sehingga memudahkan saya ketika blogwalking. Setelah selesai membaca, baru tuliskan apa yang terlintas di pikiran Anda saat itu juga.

Komentar jenis ini merupakan komentar ringan tapi sangat baik jika dilihat dari segi pencitraan Anda di mata blogger lain. Tapi tidak cukup baik untuk membuat blogger lain yang membaca komentar Anda mengklik nama Anda. Saya membahasnya di poin selanjutnya. Komentar jenis ini bernilai 6.

2. Tunjukkan Ketertarikan Anda dengan Mengajukan Pertanyaan

Ini jenis komentar bernilai 6,5. Setelah selesai membaca, tinggalkan komentar yang berupa pertanyaan. Tapi perlu diingat, harus tetap nyambung dengan postingan.

Komentar jenis ini memancing diskusi. Biasanya akan tercipta komunikasi yang cukup panjang di kotak komentar. Anda bisa cepat akrab dengan pemilik blog dengan cara ini.

Sangat efektif digunakan jika Anda belum terlalu akrab dengan pemilik blog. Hitung-hitung menjalin silaturahmi dengan blogger yang bersangkutan.

Tapi ingat, pertanyaannya harus berbobot. Jangan asal komentar agar tidak terjadi salah paham.

3. Memberi Saran Jika Anda Menemukan Kekurangan pada Postingan

Ini cukup sulit dilakukan. Anda harus memiliki wawasan yang luas tentang topik yang diangkat. Kadang-Kadang kita akan menemukan kekurangan dalam artikel yang ditulis oleh blogger lain.

Komentar jenis ini bernilai 7. Saya jarang menemukan komentar jenis ini tapi saya meyakini jika Anda mampu menulis komentar berupa saran, blogger lain akan sangat menghargai komentar Anda.

4. Komentar yang Berupa Kritik

Komentar jenis ini sangat berbahaya jika Anda tidak berhati-hati ketika menuliskannya.

Meskipun begitu, saya merasa bahwa komentar yang berisi kritik merupakan cara terbaik untuk membangun diskusi yang baik.

Entah mengapa kita akan jarang menemui komentar yang berupa kritik. Mungkin resiko yang dihadapi terlalu besar bagi kita sehingga kita kadang merasa takut untuk memberikan kritik ketika menemukan artikel-artikel yang buruk.

Itu juga yang selalu menjadi pertanyaan besar bagi saya mengapa kebanyakan blogger selalu berkomentar “artikelnya bermanfaat dan bla bla bla” meskipun jika dilihat dengan seksama artikel yang disajikan tergolong biasa saja.

Sekali-kali memberikan kritik akan memberi warna dalam kegiatan ngeblog Anda.

5. Menambahkan Informasi

Terakhir, komentar yang bernilai 8 adalah komentar yang menambah informasi.

Misalnya Anda menemukan artikel berjudul “10 Kesalahan Blogger Pemula“, kemudian setelah membacanya, Anda memiliki pemikiran lain yang tidak ada di dalam artikel, maka Anda boleh menambahkan yang ke-11 atau ke-12.

Komentar jenis ini sangat saya sukai karena bisa menambahkan informasi untuk pembaca. Sayangnya, saya belum terlalu banyak mendapat komentar jenis ini sehingga saya merasa kesulitan untuk menjabarkan lebih lanjut.

Bonus

Yang ini bonus untuk Anda. Gabungkan jenis komentar-komentar di atas.

Anda bisa menambahkan informasi sekaligus memberi pertanyaan. Bisa juga Anda menambahkan informasi beserta kritik yang membangun.

Gunakan kreativitas Anda untuk membuat komentar yang baik. Semakin baik Anda berkomentar, semakin kredibel Anda di mata orang lain.

Kesimpulan

Berkomentar yang baik adalah cara terbaik untuk membangun hubungan dengan blogger lain. Jangan anggap sepele kekuatan komentar karena jika demikian, Anda telah kehilangan kesempatan besar untuk mendapatkan traffik yang lumayan besar.

Iklan

8 tanggapan untuk “Cara Berkomentar yang Baik

  1. di komentar kadang juga menanyakan akan tulisan kita dengan pertanyaan yang sama, sebisa mungkin kita tetap menjawabnya dengan sabar, harus tetap menjawabnya secara berulang-ulang, juga harus menjawab dengan bijaksana bila ada komentar yang menyanggah tulisan kita, bahkan terkadang ada komentar pedas.

    Suka

  2. Hmmm aku jg nggak suka ngeliat komen isinya cuma ‘pertamax’ doang. Oiya kadang aku nemu postingan yg inspiring bgt, tp aku gak tau mesti komen apa. Jd komenku singkat bgt: “Nice post. Thanks for sharing ya!”. Makin makjleb postingannya, biasanya komenku makin singkat, hehehe.

    Suka

  3. Saya sih tidak punya pakem buat berkomentar, tapi biasanya dalam sebuah postingan ada hal-hal yang menarik dan bisa saya gali atau siapa tahu ada poin menggelitik yang pantas buat diklarifikasi pada si penulisnya :haha. Soal panjang atau pendeknya, saya juga tergantung pada apa yang ingin saya sampaikan sih, yang penting semua yang ada di kepala bisa disampaikan, panjangnya urusan belakangan :haha.

    Suka

  4. komentar.?? gw ngerasa tersindir ni, tapi ya sudah lah. disisi lain komentar sendiri melatih untuk lebih asertif dan sedikit meningkatkan kreativitas si komentator, bagaimana ia menganalisa sebuah tulisan dan menanggapinya sesuai dengan apa yang ia pikiran… penulis dan komentator tanpa mereka sadari, mereka meningkatkan kualitas diri nya dalam dunia tulis menulis…(ini latihan komentar) đŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s