Ngeblog Tanpa SEO? Mengapa Tidak

Percaya atau tidak, blogger-blogger pemula lebih cenderung pesimistis dalam mengembangkan blog mereka karena tidak menguasai ilmu SEO. Kebanyakan dari mereka cenderung berpendapat bahwa tanpa SEO yang baik, mereka tidak akan mendapatkan pengunjung dalam jumlah besar. Dan itu menjadi sebuah alasan yang cukup masuk akal bagi mereka untuk berhenti ngeblog. Tapi tahukah Anda? Tanpa SEO pun sebenarnya blog Anda bisa berkembang dengan baik jika Anda melakukan hal-hal berikut ini:

1. Memiliki Gaya Menulis yang Unik

Saya pernah menjumpai sebuah blog yang tidak menggunakan ilmu SEO sama sekali tapi memiliki traffik yang tinggi. Artikel yang ditulis pun hanya ala kadarnya menceritakan pengalaman pribadi, menulis budaya di tempat tinggalnya, dan kadang-kadang bercerita tentang anak-anak mereka.

Setelah beberapa waktu mengamati blog tersebut, saya menyadari bahwa yang menjadikan blog tersebut ramai pengunjung adalah gaya bahasa yang dibawakan dalam bercerita. Tulisannya sangat baik meskipun terkesan informal karena menggunakan bahasa gaul. Jadi, jika Anda ingin berhasil dalam mengelola blog tanpa menggunakan ilmu SEO, perbaiki gaya menulis Anda.

Temukan gaya menulis Anda sendiri. Setelah mencoba dan sedikit mengalami kegagalan, Anda pasti akan menemukan cara menulis sesuatu hal agar tampak lebih menarik dan enak untuk dibaca.

2. Harus Punya Teman

Ngeblog itu menjadi kegiatan yang asyik jika dilakukan dengan orang lain. Karena Anda tidak menguasai ilmu SEO, Anda harus memiliki banyak teman ngeblog.

Mulailah untuk mengunjungi blog lain yang menulis dengan tema seperti yang berhubungan dengan tulisan Anda. Kemudian tinggalkan komentar yang baik

Cobalah untuk memberikan komentar setiap ada postingan baru di blog yang Anda ikuti. Jalinlah persahabatan dengan pemilik blog tersebut. Semakin banyak Anda meninggalkan komentar yang baik di blog orang lain, semakin banyak traffik yang Anda dapatkan.

Satu-Satunya hal yang harus Anda lakukan adalah bersabar karena tidak semua pemilik blog yang Anda komentari akan segera mengunjungi Anda. Perlu beberapa kali berkomentar sebelum orang lain melakukan kunjungan balik ke blog Anda.

3. Berikan Link Menuju Tulisan Blogger Lain

Trik ini sangat efektif untuk menarik perhatian blogger lain. Jika Anda mampu menulis artikel berkualitas untuk menambahkan sesuatu yang tidak dibahas orang lain, maka Anda akan mudah mendapat perhatian dari blogger lain yang Anda beri link.

Hanya saja untuk menerapkan cara ini Anda harus banyak berlatih menulis. Menjadikan tulisan lain sebagai rujukan untuk menulis sama sulitnya seperti pertama kali menulis. Dibutuhkan pemikiran yang tajam agar Anda bisa menghubungkan satu artikel dengan artikel lain.

Namun itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan bahkan oleh penulis pemula sekalipun. Dengan terus berlatih, kemampuan menulis Anda akan semakin berkembang. Seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa menulis dengan rujukan tulisan dari artikel blogger lain. Saya tahu ini tidak mudah, tapi jika Anda bersungguh-sungguh, Anda pasti bisa melakukannya.

4. Perbaiki Kualitas Tulisan Anda

Sebuah blog akan selalu ramai pengunjung jika memiliki artikel berkualitas. Sayangnya, kita tidak pernah tahu standart kualitas masing-masing orang.

Ada yang menilai kualitas tulisan berdasarkan panjang pendek suatu artikel. Ada juga yang memberi penilaian berdasarkan kesederhanaan kata sehingga artikel mudah dipahami pembaca. Ada juga yang berpendapat bahwa artikel berkualitas adalah artikel yang mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Apapun standart kualitas yang Anda gunakan, pastikan saja artikel Anda sesuai dengan ciri artikel berkualitas yang pernah saya bahas beberapa waktu yang lalu.

Jika Anda mampu konsisten menulis artikel dengan standart tertentu, maka bisa dipastikan blog Anda akan ramai pengunjung. Teruslah bereksperimen untuk membuat artikel berkualitas. Saya rasa Anda akan mengalami beberapa kegagalan sampai Anda benar-benar terbiasa untuk menulis sesuatu yang berkualitas.

Dengan beberapa tips diatas, Anda akan mampu membangun blog yang bagus dalam waktu satu tahun. Meskipun Tanpa SEO, saya yakin kita akan berhasil jika mampu menerapkan 4 hal diatas.

9 thoughts on “Ngeblog Tanpa SEO? Mengapa Tidak

  1. Dan konsisten ngeblog tanpa mengarapkan hasil jadi semua bisa berjalan dengan enjoy :hehe. Bisa menulis saja saya sudah sangat bersyukur :)). Terima kasih buat tipsnya ya :hehe.

    Disukai oleh 1 orang

    1. SEO itu singkatan dari Search engine optimization. Kalau dalam bahasa indonesia disebut “mengoptimalkan mesin pencari”. Intinya adalah agar artikel kita muncul di halaman pertama google untuk kata kunci tertentu.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s