9 Tips Memulai Blog yang Sukses

Pada sebuah grup facebook, saya mendapat pertanyaan “apa yang harus dilakukan setelah kita membuat blog baru?”.

Pertanyaan sepele. Namun sulit untuk dijelaskan dengan beberapa kalimat.

Sebenarnya tidak ada resep pasti tentang bagaimana mengelola blog yang sukses karena setiap blogger pasti memiliki resepnya masing-masing.

Tapi untuk memudahkan Anda mengelola blog agar sukses, saya biasanya menerapkan hal-hal berikut ini segera setelah blog saya dibuat:

1. Perhatikan Url

Url adalah alamat artikel Anda. Orang bisa membuka halaman tertentu jika mereka mengetikkan alamat tertentu di browser mereka.

Berkenaan dengan url, pastikan Anda menggunakan url yang SEO friendly. Url yang bagaimana yang SEO friendly? Yaitu url yang menggunakan kata, bukan angka.

Contoh url yang buruk:
Tipsmenulis.com/p=157 atau tipsmenulis.com/artikel21

Contoh url yang baik:
Tipsmenulis.com/cara-meningkatkan-kemampuan-menulis.html atau tipsmenulis.com/cara-berkomentar/.

Kedua, setelah Anda memutuskan untuk memakai sebuah url, jangan pernah mengganti url tersebut. Semua kegiatan Anda bisa sia-sia jika Anda mengubah url Anda. Link-Link yang menuju ke url lama akan tidak berguna. Anda harus mengoptimasi halaman mulai dari awal setiap kali Anda mengubah url. Tentu ini bukan sesuatu yang Anda harapkan ketika Anda ngeblog.

Buat url dan pastikan Anda tidak mengubah url untuk alasan apapun. Itu jika Anda ingin blog Anda cepat berkembang.

2. Pilih Topik Ngeblog

Satu-satunya hal yang begitu umum dilakukan oleh blogger pemula adalah memutuskan ingin ngeblog dengan tema apa.

Sekali Anda menetapkan tema, jangan sekali-kali Anda menulis hal-hal diluar topik tersebut. Kecuali jika Anda mengelola blog personal yang terkadang sulit berkembang, Anda boleh menulis apapun yang Anda inginkan.

Saya telah membahas tentang baik dan buruknya blog gado-gado di artikel “pilih mana membahas banyak topik atau satu topik?‘.

Kalau Anda telah memutuskan untuk membuat blog niche, artikel  “cara terbaik memilih topik blog“.

3. Artikel Berkualitas Bisa Sulit untuk Ditulis

Apa yang paling sulit dalam mengelola sebuah blog adalah menulis artikel berkualitas. Ini adalah hal paling vital karena tanpa konten berkualitas, Anda akan kehilangan banyak pengunjung.

Karena konten berkualitaslah pengunjung mau melakukan kunjungan ulang dan menjadikan blog Anda sebagai rujukan ketika mereka mengalami masalah yang berhubungan dengan topik Anda. Oleh karena itu, jagalah standart kualitas tulisan Anda agar tetap menarik dan baik.

Biasanya, membuat konten berkualitas sangatlah mudah ketika Anda baru saja memulai ngeblog. Tapi seiring berjalannya waktu, membuat konten berkualitas bisa sangat sulit mengingat Anda telah menuliskan semua ide. Kuncinya adalah tetap kreatif dan inovatif menyusun kata sehingga Anda tetap mampu menulis artikel berkualitas.

4. Anda Harus Bekerja Keras Memasarkan Konten Anda

Setelah blog Anda kaya konten, ini saatnya untuk memberi tahu dunia bahwa Anda memiliki apa yang dicari banyak orang. Bagikan konten Anda melalui facebook, twitter, stumble upon, dan sosial network lainnya.

Promosikan konten-konten Anda secara berkala sehingga Anda memperoleh hasil yang maksimal. Sekali saja tulisan Anda mendapat perhatian dari pengguna sosial media lainnya, Anda akan mendapatkan traffik yang melimpah.

Tapi perlu diingat, jangan pernah sekali pun mencoba untuk nyepam di sosial network Anda atau blog Anda dicap buruk oleh pengguna sosial network lainnya.

Anda harus bekerja keras untuk berpromosi tapi tetap jangan lupakan untuk terus menulis informasi-informasi yang up to date atau Anda akan kehilangan pengunjung.

5. Anda Butuh Kemampuan Teknikal

Investasikan waktu Anda untuk mempelajari html, javascript, dan php agar Anda bisa memodifikasi tampilan blog Anda sesuai dengan selera tanpa harus kehilangan struktur desain yang SEO.

Bagaimana pun juga, kemampuan semacam itu akan membuat Anda bisa memaksimalkan potensi blog Anda. Misalnya membuat halaman kontak yang menarik, membuat kotak untuk subscriber baru atau sekedar memilih font yang baik untuk blog Anda.

6. Baca dan Lakukan Riset

Sebenarnya isi dari hampir semua kata kunci populer adalah sama. Jika Anda mengetikan kata kunci “cara mendapatkan backlink berkualitas”, saya bisa memastikan bahwa isinya akan “hampir” sama.

Di era algoritma yang sekarang, konten semacam itu tidaklah bagus untuk SEO dalam jangka panjang. Anda harus menggali lebih dalam untuk kemudian menyajikan artikel hasil penelitian kecil-kecilan Anda kepada pembaca.

Ya… Anda harus membaca banyak referensi tentang topik yang Anda tulis agar konten Anda berbeda dengan tulisan orang lain. Sekedar mengingatkan, konten orisinil lebih bagus untuk branding website Anda. Meskipun tidak berada di halaman pertama google, biasanya konten orisinil lebih mudah dipasarkan melalui media sosial. Jadi, lebih baik orisinil daripada menulis ulang karya orang lain.

7. Libatkan Emosi Ketika Anda Menulis

Saya sendiri kurang paham dengan poin ini dan masih dalam tahap pembelajaran. Bayangkan saja bahwa Anda orang yang terkenal dan memiliki ratusan pengikut yang menunggu postingan Anda.

Apa yang akan Anda tulis?

Apakah tulisan Anda akan mempengaruhi emosi mereka?

Satu-Satunya nasihat saya adalah menulislah dengan jujur karena itu akan membantu Anda berhubungan dengan pembaca Anda. Ketika Anda berhasil mencapainya, melibatkan emosi pembaca, mereka akan datang untuk kedua kali, tiga kali, atau setiap hari untuk membaca konten-konten Anda.

Bagaimana caranya melibatkan emosi pembaca?

* Menulislah dengan sungguh-sungguh. Artikel yang ditulis dengan segenap jiwa dan raga akan terlihat jelas. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki niat untuk menulis sesuatu yang berguna. Tidak sekedar asal menulis.

* Ikuti prinsip menulis yang baik agar tulisan Anda bisa tertata dengan baik dan enak dibaca.

* Jangan lupa menuliskan apa yang harus dilakukan pembaca setelah membaca tulisan Anda.

8. Bersiaplah Berkorban Sesuatu pada Hidup Anda

Mengelola sebuah blog agar berhasil membutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak sedikit. “Mungkin” Anda harus mengorbankan sesuatu dalam hidup Anda jika ingin tetap eksis sebagai blogger.

Misalnya kegiatan yoga Anda yang terjadwal 2 minggu sekali berkurang intensitasnya menjadi satu minggu sekali karena Anda harus fokus untuk ngeblog.

Disini Anda harus memiliki skala prioritas terhadap semua aktivitas yang Anda lakukan. Apakah Anda siap berkorban demi menunjang aktivitas ngeblog Anda?

9. Menulis Postingan yang Bagus Membutuhkan Waktu dan Kesabaran

Well, semua orang ingin menulis postingan yang bagus. Tapi itu tidak bisa dicapai hanya dalam waktu semalam.

Anda harus terus menulis sebanyak-banyaknya hingga Anda terbiasa menggunakan kata-kata yang paling efektif ketika menulis.

Yang harus Anda lakukan hanyalah tetap menulis dan bersabar sampai Anda bisa menulis postingan-postingan yang bagus.

Istilahnya, biar lambat asal selamat. Jangan terburu-buru untuk menciptakan konten berkualitas sampai Anda benar-benar siap untuk melakukannya.

10. Bonus: Pastikan Halaman Anda Terindeks Mesin Pencari

Hal lucu bisa saja terjadi pada Anda. Anda mengoptimasi halaman, mencari backlink, dan berusaha sekuat tenaga agar halaman Anda muncul di halaman pertama google.

Sayangnya, semua hal itu tidak pernah terjadi hanya karena artikel Anda belum terindeks mesin pencari. Agar bisa cepat terindeks, artikel “cara agar blog terindeks mesin pencari” akan membantu keluar dari masalah.

Referensi:
1. 9 tips to start blogging successfully.

Iklan

Satu tanggapan untuk “9 Tips Memulai Blog yang Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s