7 Prinsip Dasar Ngeblog yang Harus Anda Jalankan

Prinsip dasar ngeblog apa yang Anda yakini? Karena setiap orang memiliki pengalaman ngeblog yang berbeda-beda, tentu saja mereka juga memiliki prinsip ngeblog yang berbeda-beda.

Ngomong-ngomong apa sih prinsip dasar ngeblog itu? Prinsip dasar ngeblog itu adalah aturan tentang bagaimana Anda menjalankan aktivitas ngeblog. Jadi, “menurut Anda” tingkah laku apa saja yang Anda jalankan ketika ngeblog.

Agar tidak bingung, langsung saja saya jelaskan prinsip dasar ngeblog menurut saya:

1. Tulis Apapun yang Ingin Anda Tulis

Saya ngeblog untuk bersenang-senang. Jadi, bukanlah hal yang buruk jika saya menulis tentang tema apapun.

Sebelum memulai sebuah blog niche di kemudian hari, saya ingin mengembangkan kemampuan menulis saya terlebih dahulu melalui blog ini.

Itu berarti saya bisa menulis apapun yang saya inginkan. Kadang-Kadang pas lagi Bete, saya cenderung suka untuk menulis ulang artikel-artikel yang bertebaran di internet. Ini adalah latihan menulis yang baik untuk pemula karena tantangan utamanya “harus lolos alat deteksi copy paste”.

Menurut saya, orang yang tidak bisa menulis informasi dengan gaya bahasa sendiri bukanlah calon blogger sejati. Jika Anda tidak bisa menulis ulang artikel, maka saya bisa memastikan bahwa Anda sangat tertekan ketika menjalani aktivitas ngeblog. Apakah benar demikian?

2. Menulislah Seolah-olah Anda Seorang Profesional

Bangun blog Anda seperti layaknya seorang profesional. Itu sangat terlihat dari tampilan blog dan gaya bahasa yang Anda gunakan.

Orang-Orang profesional hanya menulis ulang apa yang sudah diketahui oleh khalayak ramai. Tetapi mengapa blog mereka selalu ramai dikunjungi oleh manusia-manusia yang haus ilmu pengetahuan?

Itu karena mereka (orang profesional) mampu menyederhanakan sesuatu yang rumit. Itu kuncinya.

Jika Anda tidak bisa menjelaskan apa yang Anda ketahui kepada anak berusia 6 tahun, sesungguhnya Anda tidak memahami apa yang Anda ketahui.

3. Blogger Itu Berarti Berbagi

Untuk menjadi blogger sejati, Anda harus memahami tentang prinsip berbagi ini. Karena kalau tidak, saya bisa memastikan bahwa aktivitas ngeblog Anda tidak semenyenangkan apa yang dikatakan orang.

Ngeblog itu berbagi. Artinya, Anda membagikan informasi yang berharga secara cuma-cuma alias gratis dalam jangka waktu yang lama. Apakah Anda telah bersepakat dengan diri Anda sendiri sebelum mulai ngeblog?

Bukan itu saja. Terkadang, Anda juga harus berbagi informasi penting yang mungkin Anda dapatkan dari master-master blogger dari luar negeri. Meskipun menyimpan informasi penting bisa jadi hal menyenangkan, tetapi blogger sejati harus bijaksana dengan membagikan informasi tersebut untuk blogger lain.

Semakin bagus informasi yang Anda terbitkan, Anda akan semakin terkenal sebagai blogger yang sering menulis artikel yang bermanfaat. Bukankah blogging itu tentang berbagi?

4. Jangan Lupa Beri Kredit

Akhir-Akhir ini dunia informasi sangatlah sensitif berkaitan dengan hak cipta. Tidak memberi kredit terhadap artikel yang menjadi sumber informasi Anda bisa membuat sebagian penulis merasa marah, merasa tidak dihargai.

Oleh karena itu, jika Anda menulis berdasarkan karya orang lain, maka sebaiknya Anda memberi kredit berupa link menuju artikel yang menjadi landasan Anda menulis.

Tenang saja, link Anda tidak akan membuat blog orang lain menjadi lebih terkenal dibandingkan dengan blog Anda. Lagipula Anda akan terlihat hebat jika mengakui bahwa artikel yang Anda tulis berasal dari sumber lain. Anda akan terlihat kredibel di mata pengunjung blog Anda.

5. Fleksibel

Ngeblog itu bebas. Jangan terkekang oleh aturan-aturan tips ngeblog yang tidak jelas. Intinya, ngeblog itu harus mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal dengan pesaing.

Misalnya, mengubah template agar sesuai dengan algoritma mobilegeddon, menulis artikel yang sedang menjadi trend, atau memberi link menuju artikel-artikel yang sekiranya dibutuhkan oleh pembaca Anda.

Fleksibel berarti Anda juga harus rajin memposting artikel yang disukai pembaca. Anda harus melakukan riset berkenaan dengan apa yang paling disukai pembaca Anda. Jika tidak, pembaca Anda bisa pergi ke pesaing.

6. Satu Hari Satu Artikel

Untuk blogger yang baru membuat blog, saya merekomendasikan Anda membuat satu artikel perhari.

Tujuannya, selain memanjakan pengunjung Anda, blog yang update setiap hari lebih mudah terindeks mesin pencari dan kemungkinan besar akan mendapatkan sitelink dari google.

Lagipula blog baru perlu terus update agar blognya segera kaya konten sehingga blog tersebut bisa bersaing dengan blog lainnya. Untuk sementara, saya sendiri telah 3 bulan ini ngeblog dengan prinsip satu hari satu postingan.

Dampaknya cukup signifikan. Jumlah pengunjung meningkat dari 50 per hari menjadi 75-100 orang per hari. Lumayan bisa meningkatkan jumlah pageview hingga 150 pageview per harinya.

7. Blogger Sejati Harus Sabar

Apa tujuan Anda ngeblog? Menghasilkan uang dari blog? Kalau begitu kita sama. Satu-satunya yang dibutuhkan agar bisa menghasilkan uang dari internet adalah sabar.

Anda harus bersabar ketika:

* Jumlah pengunjung menurun.

* Mendapat komentar pedas dari pengunjung Anda.

* Tidak muncul di halaman hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan.

* Belum menghasilkan uang dari pengunjung Anda.

Itulah 7 prinsip dasar ngeblog yang harus Anda jalankan agar blog Anda cepat berkembang dan meraih sukses. Ada pertanyaan? Mengapa Anda tidak menggunakan kotak komentar yang tersedia untuk membuka diskusi yang menyenangkan!

Referensi:
1. 5 Prinsip Dasar Blogging

5 thoughts on “7 Prinsip Dasar Ngeblog yang Harus Anda Jalankan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s