Master SEO Indonesia

Master SEO Indonesia – Hampir seharian saya membaca beberapa artikel SEO yang cukup sulit untuk dicerna pikiran. Rasanya sakit. Kepala pusing dipenuhi ide-ide baru tentang SEO. Karena terlalu banyak, saya harus bersabar menuliskannya satu per satu.

Bingung mulai dari mana, saya iseng membuat artikel ini, artikel yang menembak kata kunci “master SEO Indonesia”. Persaingan cukup longgar. Saya ingin tahu apakah blog berplatform wordpress.com bisa bersaing dengan platform lainnya yang lebih dulu menulis tentang master SEO?. Jadi, mari kita uji ketangguhan wordpress.com dalam urusan SEO.

Menurut Saya Tidak Ada Master SEO di Indonesia

SEO sangatlah ampuh untuk meningkatkan kunjungan pada situs yang kita miliki sehingga sebagian orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengoptimalkan kinerja SEO.

Melalui berbagai trial dan error, beberapa individu mulai mahir menggunakan SEO. Mereka mampu mendominasi mesin pencari dengan teknik-teknik SEO yang mereka miliki.

Tak ayal, julukan sebagai master SEO pun disematkan kepada mereka. Disinilah sebuah salah kaprah dimulai.

Kita cenderung “terlalu mudah” menyematkan julukan master. Bukannya meremehkan kemampuan SEO Anda, tapi kata “master” adalah tingkatan tertinggi dalam ilmu SEO. Gelar yang hanya pantas disematkan untuk orang yang benar-benar memahami SEO.

Untuk orang indonesia, saya rasa julukan master sangatlah berlebihan. Bahkan gelar “ahli” pun menurut saya masih belum pantas. Gelar yang cocok adalah orang yang berpengalaman di bidang SEO selama …  tahun.

Jadi, tidak benar jika kita menyebut orang indonesia atau blogger yang “sedikit” tahu tentang SEO sebagai master SEO. Percaya atau tidak, gelar seperti itu terlihat sangat buruk di mata saya.

Penyebutan Master SEO hanya Membuat Kita Lupa Diri

Kadang-Kadang ketika kita mendapat sebutan master SEO perasaan kita terlampau bahagia. Siapa coba yang tidak ingin kemampuan SEOnya diakui oleh blogger lain. Hanya saja masyarakat kita terlalu mudah menyematkan gelar “master” sehingga bisa membuat orang menjadi lupa diri.

Kejadian seperti itu secara tidak langsung mendorong mereka untuk mendirikan sekolah SEO atau jasa SEO. Dengan kemampuan SEO yang masih minim, mereka memberi harga yang mahal untuk materi SEO yang ala kadarnya sehingga terkadang mereka di bully oleh blogger-blogger lain yang sudah berpengalaman.

Begitu pula dengan jasa SEO yang mereka dirikan. Paling hanya bertahan satu tahun. Paling lama mungkin 18 bulan saja karena memang kemampuan SEO mereka sangatlah kurang mendalam. Apakah orang yang kita sebut master SEO hanya seperti itu?

Sungguh ironis kejadian yang menimpa orang yang sering disebut master SEO di indonesia. Oleh karena itu, janganlah terlalu berlebihan ketika memuji seseorang dengan menyematkan gelar “master”. Salah-Salah orang tersebut tidak mawas diri dan saking senangnya membuat ia sombong dan menganggap kemampuan SEO yang dimilikinya sudah tingkat atas. Padahal jika kita perhatikan lebih seksama, kemampuannya hanya sedikit diatas blogger lainnya.

Mungkin belum saatnya indonesia memiliki master SEO. Jadi, jangan suka menyebut orang lain master terlalu dini atau Anda akan kecewa di kemudian hari.

2 thoughts on “Master SEO Indonesia

  1. Di YouTube juga banyak tuh self-proclaimed ‘Guru’. Yg aku tau sih cewek2 doyan make-up yg mengklaim diri mereka sbg beauty guru. Nggak tau deh apa kriterianya beauty guru sebenarnya. Tp klo dilihat dr konsistensi upload video, kualitas, jumlah subscriber n jumlah komentar…. Ya okelah mereka emg jago dan terkenal.

    Suka

  2. Ilmu seo itu kebanyakan hanya mitos saja, hanya orang-orang yang ikut kontes seo saja lah yang memang benar-benar mengerti dengan apa yang namanya seo. Soo untuk semua master ahli pakar atau apalah namanya itu, coba anda buktikan dengan ikutan kontes seo, kalo menang juara 1 di sepuluh kontes berturut-turut dalam 1 tahun, barulah anda bisa menyebut diri anda sebagai master seo untuk tahun tersebut. Ilmu seo itu sendiri adalah ilmu yang tidak kekal, karena bisa berubah setiap saat, kapan saja jika search engine mengubah algoritma atau memperbarui algoritma yang sudah ada maka saat itu ilmu seo yang lama tidak berlaku lagi. Saya sendiri sudah hampir 5 tahun belajar seo masih cukup dengan ilmu yang dii dapat. Belajar seo itu adalah pelajaran yang tidak ada habis nya, kecuali jika yang belajar seo tersebut berhenti belajar, maka saat itulah dia tamat dari pelajaran tersebut.

    Sekedar himbauan untuk semua orang yang sedang mencari jasa seo entah untuk keperluan apa saja, carilah jasa seo yang website atau blog nya berada di halaman 1 google dan menduduki ranking 1 – 5. Karena secara logika saja, jika seseorang atau perusahaan membuka jasa seo tapi situs/blog nya sendiri tidak berada di halaman 1 google, lalu bagaimana dia bisa menjadikan atau menempatkan website klien nya? Sekian dan terima kasih. salam SEO by wonggl

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s