Cara agar Blog Terindeks Mesin Pencari

Cara agar blog Anda terindeks dengan baik oleh mesin pencari sangatlah beragam. Saya sudah merangkumnya untuk Anda. Sebelum saya membahasnya, ada baiknya Anda mengetahui manfaat apa saja yang Anda peroleh jika blog Anda terindeks google:

1. Bisa muncul di halaman hasil pencarian. Salah satu manfaat terbesar adalah setiap artikel di blog Anda bisa muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

Meskipun hal ini cenderung sulit dilakukan, tidak ada salahnya untuk mencoba “menembak” kata kunci tertentu untuk setiap artikel Anda agar muncul di halaman pertama google.

Anda harus menggunakan SEO offpage dan Onpage SEO yang baik jika ingin hasil maksimal.

Untuk contoh nyata, saya mengoptimasi halaman ini untuk kata kunci “cara agar blog terindeks mesin pencari”, saya akan terus mengulang kata kunci panjang beberapa kali agar mencapai hasil maksimal.

2. Sinyal bagi google bahwa situs Anda berkualitas. Situs yang baik adalah situs yang bisa dijelajahi mesin pencari dengan mudah.

Pastikan website Anda tidak memasang terlalu banyak javascript dan flash karena akan menyulitkan mesin pencari mengenali konten Anda.

Kalau halaman Anda sudah terindeks google (meskipun Anda tidak menempati halaman pertama), itu adalah pertanda yang baik. Sebuah sinyal bahwa mesin pencari bisa membaca isi situs Anda. Tinggal mencari beberapa backlink berkualitas dan beberapa waktu kemudian situs Anda akan tampil di halaman pertama google.

3. Pertanda bahwa Anda pandai menulis. Google tidak menyukai duplikat konten alias konten yang sama dan serupa dengan website lain. Kebanyakan, google tidak akan mengindeks dengan cepat konten yang tidak orisinil.

Oleh karena itu, Anda bisa bangga jika banyak artikel Anda yang diindeks oleh google. Sebuah prestasi yang menandakan Anda adalah seorang penulis yang mampu menciptakan konten berkualitas.

Lalu, bagaimana cara agar blog kita terindeks mesin pencari? Tanpa berbuat apapun, cepat atau lambat blog Anda akan terindeks mesin pencari. Namun, untuk beberapa alasan, seorang webmaster lebih menyukai jika blognya cepat terindeks mesin pencari segera setelah mempublikasikan artikelnya sehingga ditempuh cara-cara berikut:

1. Update Secara Berkala

Crawler google akan mengunjungi situs Anda sesering Anda update artikel di blog Anda.

Biasanya, jika Anda update artikel setiap hari, maka crawler google akan mengunjungi situs Anda setiap hari. Butuh waktu 1 X 24 jam agar artikel Anda sepenuhnya terindeks oleh mesin pencari.

Hal itu juga berlaku jika Anda update artikel setiap 2 hari. Berarti butuh waktu 2 X 24 jam agar artikel Anda sepenuhnya terindeks mesin pencari. Begitu seterusnya.

2. Gunakan google add-url

Anda bisa mendaftarkan artikel terbaru Anda di google add url, tetapi cara ini tidak menjamin artikel blog Anda akan cepat terindeks oleh google.

Seperti apa yang dikatakan google:

Google menambahkan situs baru pada indeks kami, dan mengupdate situs yang sudah terindeks, setiap kali kami crawl situs tersebut. Jika Anda memiliki url baru, beritahu kami tentang url itu disini. Kami tidak menambahkan semua url yang didaftarkan pada indeks kami. Kami tidak bisa memberikan prediksi atau jaminan tentang kapan url yang Anda daftarkan masuk dalam indeks kami.

Jika Anda memiliki konten baru pada situs Anda dan ingin cepat terindeks, cara ini cukup efektif untuk digunakan.

3. Mendapatkan Backlink dari Situs Berkualitas

Cara termudah untuk memastikan Anda mendapat perhatian google adalah dengan mendapat backlink dari situs lain.

Pada kenyataannya, sangat sulit untuk mendapatkan satu backlink berkualitas jika kita tidak memiliki konten berkualitas. Blogger lain hanya mau memberi backlink jika artikel kita lain dari yang lain, unik dan terperinci.

Bila Anda kesulitan di poin ini, cara termudah adalah mencari blog dengan tema sejenis. Kemudian hubungi pemilik blog dan katakan kalau Anda beeminat menjadi blogger tamu. Cara ini sangat efektif dan kebanyakan blogger akan dengan senang hati menerbitkan artikel Anda di blognya karena akan memberi warna baru untuk pembaca setianya.

Satu lagi cara agar mendapatkan backlink dari blogger lain adalah saling mereview blog. Katakan pada blogger lain Anda akan mereview blognya dengan syarat mereka juga harus mereview blog Anda. Biasa cara seperti ini akan berhasil jika e-mail yang Anda tulis ditulis dengan sopan dan jelas.

4. Blogwalking

Ketika Anda blogwalking, gunakan url poatingan Anda, jangan hanya url untuk halaman depan.

Semakin banyak klik yang Anda dapatkan melalui url yang Anda pasang saat berkomentar, semakin banyak pengunjung yang membaca postingan terbaik Anda.

Google akan segera mengindeks artikel Anda segera setelah mendapatkan banyak klik. Itu merupakan pertanda bahwa ada konten baru yang tidak mereka indeks. Apalagi jika blog Anda mendapatkan banyak komentar, itu adalah konten aktif yang membuat menyukai blog Anda. Semakin banyak komentar, semakin cepat google akan mengindeks artikel tersebut.

5. Gunakan Theme SEO Friendly

Kode-Kode java dan flash tidak dikenali oleh crawl google sehingga jika Anda terlalu banyak memakai javascript dan flash, konten Anda tidak akan diindeks oleh google.

Carilah theme yang menggunakan kode-kode html sederhana agar blog Anda bisa dirayapi oleh crawler google.

Sangat banyak theme yang memiliki fitur SEO-friendly. Pastikan saja Anda memilih theme yang tepat diantara ribuan theme yang menawarkan fitur SEO friendly. Segera setelah Anda mengaktifkan theme tersebut, jangan banyak mengubah kodenya atau fitur SEOnya akan hilang karena kecerobohan Anda memasang script-script yang tidak SEO friendly.

6. Submit Sitemap Anda ke Mesin Pencari

Sitemap merupakan daftar isi sebuah blog yang tersusun rapi dan biasanya dimulai dari postingan paling lama dan diakhiri dengan yang paling baru.

Untuk submit sitemap, Anda bisa menggunakan submit express. Tools ini akan mendaftarkan sitemap Anda ke hampir semua mesin pencari.

7. Bagikan Blog Anda ke Sosial Media

Untuk mendapatkan link gratis Anda bisa memanfaatkan situs sosial media seperti facebook dan twitter.

Jangan malu untuk membagikan poatingan Anda ke sosial media karena banyak calon pembaca potensial bertebaran di sosial media.

Syaratnya, jangan nyepam. Cukup sekali saja. Jika blog Anda mendapat kunjungan yang berlimpah dari sosial media, itu akan menjadi sinyal kuat untuk mesin pencari agar secepatnya mengindeks seluruh blog Anda.

8. Terakhir, Bagikan ke Sosial Bookmarking

Untuk blog yang seumur jagung, sosial bookmarking adalah tempat paling tepat untuk mempromosikan artikel Anda.

Untuk sementara, Fokuskan membagikan konten Anda di sosial bookmarking karena blog Anda belum sepenuhnya terindeks oleh mesin pencari sehingga tidak bisa bersaing di halaman hasil pencarian.

Setelah satu bulan berpromosi, Anda bisa berhenti mempromosikan konten Anda melalui situs sosial bookmarking dan berfokus pada SEO onpage dan SEO offpage.

4 thoughts on “Cara agar Blog Terindeks Mesin Pencari

  1. Tipsnya banyak ya Mas, tapi benang merah yang bisa saya tarik adalah bahwa konten harus berkualitas :hehe. Setuju dengan yang ini, jadi pemacu buat saya sendiri juga supaya menulis dengan lebih baik lagi dan konten juga makin beragam, jadi kemungkinan kata kunci yang “nyasar” ke blog saya juga makin banyak :hehe. Terima kasih sudah berbagi!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s