Dibalik Pembuatan Cerbung Sebuah Cinta di Pulau Tak Berpenghuni

Behind the scene cerbung​Sumber gambar : behindthescenes.org.uk

Akhirnya cerbung Sebuah Cinta di Pulau Tak Berpenghuni selesai juga. Cerbung tersebut dimulai tahun 2015 dan selesai di tahun 2017. Bukan karena saya menitikberatkan pada kualitasnya, melainkan rasa malas dan terkadang lupa bahwa saya memiliki cerita yang belum diselesaikan.

Karena ini merupakan cerbung pertama, maka saya bersemangat untuk mendokumentasikannya. Dan bagi Anda yang ingin tahu cerita dibalik cerbung tersebut, maka Anda bisa melanjutkan membaca.

Ide Penulisan Cerbung

Suatu malam saya menonton acara TV. Kemudian ada sebuah promosi mengenai film terbaru yang akan diputar di stasiun televisi tersebut. Kalau tidak salah di NET TV.

Film tersebut berkisah tentang kecelakaan pesawat di Indonesia. Beberapa penumpang yang selamat harus bertahan hidup di pulau tak berpenghuni. Menurut obrolan dengan bintang tamu, pulau semacam itu benar-benar ada di Indonesia. Sayangnya saya tidak begitu ingat di daerah mana pulau tersebut berada.

Berbekal informasi tersebut, akhirnya saya membuat sebuah cerpen dengan latar pulau tak berpenghuni. Hanya saja dalam cerita yang saya buat tokoh utama yang terdampar bukan korban kecelakaan pesawat, tetapi korban kecelakaan kapal.

Baiklah…. sampai di sini saya merasa ide tersebut cukup masuk akal dan akhirnya saya mengeksekusinya. Namun karena di tahun 2015 saya masih belum cukup pandai menulis, cerita yang harusnya menjadi cerpen pun terpaksa menjadi cerbung karena saya merasa kesulitan menyelesaikan ide-ide di dalam pikiran saya.

Bagian buruknya….. Saya melupakannya. Baru di akhir tahun 2016 saya ingat punya cerbung yang tidak terselesaikan. Dan akhirnya, setiap bulan saya menulis lanjutan cerbung sebuah cinta di pulau tak berpenghuni. Dan syukurlah, di bulan maret 2017, selesailah cerbung pertama saya.

Penulis yang Kebingungan

Begitu saya menyadari punya cerbung yang belum selesai, hal pertama yang saya pikirkan adalah bagaimana menyelesaikan cerbung tersebut. Awalnya saya akan keluar dari ide awal dan membuat cerita fantasi panjang, namun saya mengurungkannya karena idenya tidak begitu menarik. Dan yang lebih mengejutkan, saya tidak punya gambaran apapun tentang cerita yang saya buat.

Saya pikir rencana akan berjalan dengan baik dan cerbung akan selesai sesuai pikiran saya. Tapi tidak demikian kejadiannya. Semua berantakan. Pada akhirnya saya tidak pernah memikirkan apapun dan menulis berdasarkan episode yang telah ada. Jadi, saya hanya menggunakan cocoklogi tanpa menggunakan riset apapun.

Kisah-Kisah di Dalam Cerbung

Ada beberapa kejadian yang saya adaptasi dari kisah-kisah kehidupan sehari-hari yang penah saya baca dan tonton. Mari saya ceritakan beberapa hal yang saya ingat :

1. Adegan Vina di Gigit Ular

Adegan ini terinspirasi dari teman saya yang benar-benar tergigit ular. Gambaran yang ada di dalam cerbung merupakan gambaran yang saya tangkap dari teman saya tersebut. Kejadiannya pun sama persis, yakni digigit ular yang melilit di pohon. Untungnya teman saya tidak apa-apa. Hanya jari tangannya menjadi bengkak. Bahkan setelah berobat ke dokter.

2. Adegan Thomas Tidak Sengaja Mengintip Vina Mandi

Gambaran sungai di dalam cerbung merupakan gambaran salah satu sungai yang tidak jauh dari rumah saya. Di masa kecil, saya sering bermain-main di sungai. Dan melihat gadis mandi di sungai bukanlah masalah besar. Lagipula saat itu saya tidak pernah tahu tentang menariknya wanita yang sedang telanjang untuk diamati.

3. Pisang di Dalam Hutan

Sebenarnya saya tidak tahu kalau di hutan itu ada pisang. Sampai saya melihat acara di MNC TV tentang kancil dan binatang-binatang hutan lainnya. Ada suatu episode di mana kancil dan kura-kura berebutan pisang dengan monyet. Dan adegan tersebut menginspirasi penemuan pisang di hutan oleh Thomas dan Vina.

4. Percakapan-Percakapan Vina dan Thomas

Ini pertama kalinya saya berusaha meniru Danielle Steel. Sebagai penggemar Danielle Steel, saya ingin memasukan percakapan-percakapan romantis seperti di buku-buku bacaan saya. Dan meskipun ini pertama kali saya melakukannya, saya menyukai hasilnya. Walau tidak bagus, tapi saya cukup puas dan ingin terus belajar menulis percakapan-percakapan yang bagus.

5. Vina dan Seks

Adegan Vina yang putus asa dan ingin berhubungan intim untuk pertama kalinya merupakan adaptasi dari adegan penjaga yang menikmati makanan lezat di serial Shokugeki No Souma.  Karena begitu lezat, penjaga tersebut kembali ke masa mudanya dan adegan semacam Vina pun terjadi.

Untuk membuatnya masuk akal, maka saya menggunakan imajinasi dari buku Mawar Jepang. Di saat perang, keinginan para pria hanya tidur dengan wanita sebelum benar-benar meninggal.

Begitulah bagaimana cerita Vina yang sekarat pun berimajinasi tentang hubungan intim terjadi.

Mungkin itu saja. Saya lupa detail lainnya ha ha ha….. mungkin di lain waktu saya akan mencatat semua ide dulu agar bisa menuliskan jurnal-jurnal kepenulisan karya saya.

Kepuasan dan Cerbung-Cerbung Selanjutnya

Karena merasa berhasil, tentu saya ingin membuat cerbung-cerbung lainnya di masa depan. Sebagai koleksi pribadi saja.

Terkadang, ketika saya tidak ada kerjaan dan punya banyak waktu luang, membaca tulisan diri sendiri begitu menyenangkan.

Di masa depan sebenarnya saya ingin mendalami ilmu-ilmu kepenulisan cerbung para profesional. Hanya saja referensi mengenai hal tersebut sangat terbatas di internet. Sedangkan tutorial cerbung berbahasa Inggris, saya pun kesulitan memahaminya.

Kalau pun ada yang harus saya lakukan, itu pasti menemukan blog penulis cerbung lainnya. Kemudian mengamati karya-karya mereka dan mempelajari. Atau bertanya jika saya menghadapi hambatan-hambatan yang sulit. Yang jelas saya begitu bersemangat untuk berkarya.

Untuk saat ini, biarlah saya menulis bebas tanpa teori apapun dulu. Setelah merasa pandai merangkai kata, barulah saya menyempurnakan dengan teori-teori para profesional.

Sekadar pemberitahuan, sepertinya saya tidak akan membuat cerbung lagi dalam waktu dekat. Setelah tantangan Jeff Goins selesai bulan ini, rencananya saya akan menyusun E-book gratis pertama Shiq4 berdasarkan postingan-postingan blog yang sudah dipublikasikan. Jika Anda merupakan pembaca setia blog ini, Anda pasti sudah tahu judulnya : Panduan Idiot untuk Bloger Pemula.

Terima kasih sudah menyimak postingan kali ini. Semoga hari Anda menyenangkan.

Iklan

20 tanggapan untuk “Dibalik Pembuatan Cerbung Sebuah Cinta di Pulau Tak Berpenghuni

      1. asiiiiiikkkkk beneran ya mas Shiq.

        Ada surat cintanya loh. *eh mksudnya Surat dari Cinta (dr sahabat). Di salah satu postingannya mas Shiq, Cinta ingat loh katanya mas Shiq pgn dpt surat dr perempuan kan? Makanya Cinta tulis tangan. Tapi jelek tulisan tangan Cinta. Hehe.

        Maafkan…maafkan… 😁

        Suka

  1. Sebenarnya sudah lama, mungkin sejak sibuk jadi ibu rumah tangga dan guru saya tidak lagi menyukai karya fiksi seperti cerpen, cerbung atau novel. Tapi saat ada postingan cerbung mas shiq4 entah mengapa aku tertarik untuk membacanya. Saat tahu yang kutahu isinya ada sepasang manusia terdampar di sebuah Pulau terpencil dan saling tertarik, aku merasa sepertinya pernah melihat film di TV dengan ide cerita mirip seperti itu, tapi entah mengapa aku tetap melanjutkan membaca, mungkin rangkaian kata-kata yang mas shiq4 tulis memang dapat menyihir pembaca. Tetapi aku menjadi lebih tertarik, karena kemudian ada ide yang sangat berbeda dari dugaanku semula dan tak pernah aku membaca atau melihat ide itu dari sumber lain, yakni keinginan Vina melakukan sex di saat dia merasa akan meninggal. tetapi di sini mas shiq benar-benar bisa menjaga supaya ceritanya tidak menjadi cerita vulgar (porno), Dan syukurnya lagi happy ending…yang pasti akan memuaskan pembaca pada umumnya. Terus menulis mas shiq semoga semakin sukses. Aamiin…

    Suka

  2. Saya belum baca cerbungnya sih, tapi kayaknya menarik.

    Mas Shiq4 punya kemampuan marketing yg bagus. Saya yang sebelumnya tak tertarik untuk membaca cerbung sekarang jadi penasaran gara-gara baca postingan ini. 😁

    Suka

  3. Dulu saya tidak menyukai fiksi. Namun kemudian krn sya diingatkan tentang pentingnya membaca, khususnya mulailah dg baca fiksi dulu, dan setelah saya terdampar ke blog Shiq ini, maka saya semakin menyadari bahwa membaca, terlebih baca fiksi ini sangat mengasyikkan.

    Jujur, pada awalnya saya kurang tertarik dengan judul yg dibuat mas Shiq4 dalam cerbungnya ini, lantaran saya berasumsi bahwa isi ceritanya bisa mudah saya tebak. Namun, setelah bbrpa kli membaca, akhirnya saya benar2 terpukau. Saya merasa bahwa gaya Shiq4 berkisah (dlm merangkai kata) sangat bagus, mengalir, dan cukup bernas.

    Saya suka Cerbung ini. Dari 5 kisah di balik Cerbung ini, semuanya saya suka. Memang, sempat merasa sedikit aneh ketika membaca ada pisang di dalam hutan seperti itu. Trus smpat tdk bgtu memperhatikan agedan Vina digigit ular, tahunya pas baca Vina tampak sakit/demam.

    Kalau untuk adegan Thomas tak sengaja memergoki Vina mandi tanpa busana, dan Vina merinkukan seks, saya terkesan sekali, semakin menambah isi Cerbung ini. Beneran, saya terpukau dengan gaya penceritaannya, tidak vulgar atau porno, cuma saya saja yang lalu membayangkannya. Apa karena naluri lelaki yang suka dengan visualisasi ya mkanya bgtu, pokoknya saya suka. Entahlah, itu terasa natural aja, nurutku apalagi di saat berdua dlm keadaan sprti saat itu, haha…..

    Begitu juga untuk dialog2 romantis kedua insan yg terdampar itu, saya kira Anda berhasil mas Shiq4. Tak saya sangka, Anda bisa melakukannya dengan baik.

    Hanya mungkin bagian 8, nurut saya, itu kesannya tergesa-gesa mau diakhiri, padahal mungkin bisa ditambah 1 atau 2 episode lagi biar genap 10.

    Ditunggu ni Ebook Panduan Idiotnya. Emang sih judulnya aneh dan unik, tapi saya pikir itu ide judul yg cerdas dan menggugah kuriositas pembaca.

    BRAVO Shiq4.

    Suka

    1. Judul bukunya niru buku2 Diluad mas desfortin. Dulu saya kira “idiot guide” bla bla itu buku khusus pemula, ternyata isinya bagus sekali. Jadi saya terjemahkan kata per kata kemudian jadilah judul panduan idiot.

      Iya cerbungnya emang sisa saru episode lagi sebenarnya, cuma saya pas dalam kondisi buruk. Eh tiba2 langsung selesai begitu saja ceritanya. Jadi ya gak papa deh. Lagian masih pemula sekali. Jadi nggak baik terlalu perfectionis. :).

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s